Penggolongan karbohidrat

Penggolongan Karbohidrat Secara alami, ada tiga bentuk karbohidrat yang penting yaitu 1. Monosakarida Monosakarida adalah karbohidrat yang sederhana, dalam arti molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom karbon saja dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis dalam kondisi lunak menkjadi karbohidrat lain. Monosakarida yang paling sederhana ialah gliseraldehida dan dihidroksiaseton Macam-macam contoh monosakarida adalah a. Glukosa Glukosa adalah suatu aldoheksosa dan erring disebut dekstrosa karena mempunyai sifat dapat memutar cahaya terpolarisasi kea rah kanan. Di alam glukosa terdapat pada buahbuahan dan madu lebah. b. Fruktosa Fruktosa adalah suatu ketohektosa yang mempunyai sifat memutar cahaya terpolarisasi ke kiri dan karenya disebut levulosa. Fruktisa mempunyai rasa manis lebih dari gluosa, juga lebih manis dari pada gula tebu atau sukrosa

sedangkan xilosa diperoleh dari proses hidrolisis terhadap jerami atau kayu. terdiri atas tiga molekul monosakarida yang berikatan. Sukrosa Sukrosa berasal dari tebu. Keempat pentose ini terdapat dalam keadaan bebas di alam. Dua molekul monosakarida yang berikatan satu dengan yang lain. Arabinosa diperoleh dari gom arab dengan jalan hidrolisis. 2. . Galaktosa Galaktosa jarang terdapat bebas di alam.bit dan tumbuhan. Pentosa Beberapa pentose yang penting adalah arabinosa. Oligosakarida Senyawa yang termasuk oligosakarida mempunyai molekul yang terdiri atas beberapa molekul monosakarida. Maltose Maltose adalah suatu disakarida yang terbentuk dari dua molekul glukosa. Maltose mudah larut dalam air dan mempunyai rasa lebih manias daripada laktosa. Apabila dihidrolisis sempurba. glukosa dan fruktosa e. Rafinosa Rafinosa adalah suatu trisakarida yang penting. selanjutnya atom karbon 1 pada glukosa berikatan dengan atom karbon 2 pada fruktosa. xilosa. yaitu gula yang terdapat dalam susu.c.karena laktosa adalah suatu disakarida. biasanya berikatan dengan glukosa dalam bentuk laktosa. Atom karbon 1 pada galaktosa berikatan dengan atom karbon 6 pada glukosa. Contoh Oligosakarida yaitu : a. ribose dan 2-deoksiribosa. Stakiosa Stakiosa adalah suatu tetrasakarida stakiosa tidak mempunyai sifat mereduksi. yaitu galaktosa-glukosa-fruktosa. Laktosa Hidrolisis laktosa menghasilkan D-galaktosa dan D-glukosa. dengan demikian laktosa mempunyai sifat mereduksi dan mutarotasi c. Galaktosa mempunyai rasa kurang manis daripada glukosa dan kurang larut dalam air d. membentuk satu molekul disakarida. tetapi kurang manis daripada sukrosa d. misalnya dalam buah nanasa dan dalam wortel b. Oleh karenanya molekul laktosa masih mempunyai gugus -OH gkikosidik. Ikatan galaktosa dan glukosa terjadi antara atom karbon nomor 1 pada galaktosa dan atom karbon nomor 4 pada glukosa. rafinosa akan menghasilkan galaktosa.

Polisakarida Polisakarida mempunyai molekul besar dan lebih kompleks daripada mono dan oligosakarida. sedangkan yang mengandung senyawa lain disebut heteropolisakarida.html .blogspot. Dekstrin d. tidak mempunyai rasa manis dan tidak mempunyai sifat mereduksi.com/2011/03/makalah-kimia-tentang-karbohidrat-lemak. Beberapa polisakarida yang penting di antaranya adalah a.Galaktosa-galaktosa-glukosa-fruktosa (stakiosa) Galaktosa-galaktosa glukosa+fruktosa (manotriosa) 3. http://matematika-ipa. Polisakarida yang terdiri atas satu macam monosakarida saja disebut homopolisakarida. Selulosa DAFTAR PUSTAKA 1.com/karbohidrat-penggolongan-karbohidrat-monosakaridadisakarida-polisakarida/ 2. Amilum b. Umumnya polisakarida berupa senyawa berwarna putih dan tidak berbentuk Kristal. polisakarida yang dapat larut dalam air akan membentuk larutan koloid. Glikogen c. http://yusup-paizal. Molekul polisakarida terdiri atas banyak molekul monosakarida.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful