P. 1
Pecahan Dalam Bentuk Aljabar

Pecahan Dalam Bentuk Aljabar

|Views: 316|Likes:

More info:

Published by: Heru Prihatmoko Trlalu B'semangad on Apr 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2014

pdf

text

original

Pecahan dalam Bentuk Aljabar

1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Bentuk Aljabar
Di Kelas VII, kamu telah mempelajari cara menjumlahkan dan mengurangkan pecahan. Pada bagian ini, materi tersebut dikembangkan sampai dengan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar. Cara menjumlahkan dan mengurangkan pecahan bentuk aljabar adalah sama dengan menjumlahkan dan mengurangkan pada pecahan biasa, yaitu dengan menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Agar kamu lebih memahami materi ini, pelajari contoh-contoh soal berikut. Contoh Soal :

Contoh Soal :

Contoh Soal : .2. yaitu Agar kamu lebih memahami materi perkalian pecahan bentuk aljabar. Perkalian Cara mengalikan pecahan bentuk aljabar sama dengan mengalikan pecahan biasa. pelajari contoh soal berikut. Perkalian dan Pembagian Pecahan Bentuk Aljabar a.

yaitu : Contoh Soal : . Pembagian Aturan pembagian pada pecahan bentuk aljabar sama dengan aturan pembagian pada pecahan biasa.b.

Perpangkatan Pecahan Bentuk Aljabar Pada bagian sebelumnya. pelajari uraian berikut.3. kamu telah mengetahui bahwa untuk a bilangan riil dan n bilangan asli. Untuk lebih jelasnya. berlaku: Definisi bilangan berpangkat tersebut berlaku juga pada pecahan bentuk aljabar. Contoh Soal : .

4. Penyederhanaan Pecahan Bentuk Aljabar Masih ingatkah kamu materi penyederhanaan pecahan yang telah dipelajari di Kelas VII? Coba jelaskan dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Untuk itu. pelajari uraian berikut ini. Sekarang kamu akan mempelajari cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar. .

a. Faktor persekutuan dari 5x dan 10 adalah 5. pelajari contoh soal berikut. Faktor persekutuan dari 9p dan 27q adalah 9. c. Untuk menyederhanakan bentuk . bagilah pembilang dan penyebutnya dengan faktor persekutuan tersebut. Jadi. Untuk menyederhanakan bentuk tentukan faktor penyebutnya sehingga Jadi. Agar kamu lebih memahami materi penyederhanaan pecahan bentuk aljabar. Jadi. b. tentukan faktor persekutuan dari pembilang dan penyebutnya. Kemudian. Contoh soal : .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->