P. 1
Proses Pembentukan Urine

Proses Pembentukan Urine

|Views: 736|Likes:
Published by Andersonz77

More info:

Published by: Andersonz77 on Apr 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2015

pdf

text

original

nefron Struktur Ginjal: kapsul cortex medula arteri renalis vena renalis pelvis renalis ureter . di sebelah kiri dan kanan tulang belakang. berjumlah sepasang. berat ginjal orang dewasa sekitar 120150 gram.Ginjal adalah organ pengeluaran (ekskresi) utama pada manusia yang berfungsi untik mengekskresikan urine. Ginjal berbentuk seperti kacang merah. terletak di daerah pinggang .

Pada setiap ginjal diperkirakan terdapat 1 juta nefron. Struktur nefron: tersusun atas badan malphigi and saluran panjang (tubulus ) .Nefron merupakan alat yang berfungsi untuk menyaring dan menghasilkan urine yang terletak di cortex ginjal.

Badan Malphigi: . .1. pembuluh tersebut membawa darah yang akan disaring menjadi urine. Di badan malphigi terjadi proses Penyaringan (Filtrasi) urine .Glomerulus: anyaman pembuluh-pembuluh kapiler darah.Kapsula Bowman (simpai Bowman): cawan berdinding tebal yang mengelilingi glomelurus. berguna untuk menyaring darah.

. tempat terjadinya proses Rearbsorbsi urine. Saluran ini turun ke arah medula (lengkung henle descendence). berfungsi untuk menampung urine yang terbentuk dan menyalurkannya ke ureter.Tubulus kontortus distal: saluran setelah lengkung Henle yang jauh dari badan malphigi. tempat terjadinya proses Augmentasi.Tubulus Pengumpul: bagian akhir dari tubulus ginjal.Lengkung Henle: Saluran penghubung antara tubulus proximal dengan tubulus distal. Di saluran juga terjadi proses Rearbsorbsi. . Tubulus (saluran panjang) .Tubulus kontortus proximal: saluran setelah badan malphigi. .2. . kemudian naik lagi ke arah cortex (lengkung henle ascendence).

Hasil saringan berupa filtrat glomelurus atau sering disebut urine primer yang mengandung: air. urea dan ion anorganik. ion anorganik dan asam amino adalah zat-zat masih diperlukan tubuh. protein. Glukosa. Filtrasi Proses penyaringan darah pertama kali yang terjadi di badan malphigi. . Urine primer selanjutnya mengalir ke tubulus proximal di bagian medula ginjal untuk proses rearbsorbsi. glukosa.1. sedangkan molekul-molekul yang berukuran lebih kecil seperti: garam. asam amino. asam amino dan gula dapat disaring. Selama terjadi filtrasi sel-sel darah dan molekul protein tidak dapat disaring. mineral garam. Plasma darah dan zat yang terlarut didalamnya disaring oleh glomelurus bersama kapsula bowman.

ion-ion Na+. Zat-zat yang direabsorpsi antara lain adalah: glukosa. Banyaknya zat yang direabsorpsi tergantung kebutuhan tubuh saat itu. Rearbsorbsi Filtrat glomerulus atau urine primer mengalami tahap reabsorpsi atau penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna dan diperlukan bagi tubuh. Proses ini terjadi di dalam tubulus kontortus proksimal dan lengkung Henle. kadar urea pada urine menjadi lebih tinggi. Zat-zat tersebut masuk kembali ke dalam pembuluh darah di sekitar tubulus.2. Pada proses ini. terutama di daerah lengkung Henle.Cl-. dan HbO42-. Urine hasil proses ini disebut urine sekunder. . HCO3-. asam amino. K+. Ca2+ .

Augmentasi Dari lengkung Henle naik (asenden). NH3. Zat sisa yang dikeluarkan dari pembuluh darah kapiler adalah ion hidrogen (H+). Di dalam tubulus distal urin sekunder mengalami augmentasi. ion kalium(K+). Pengeluaran H+ ini membantu menjaga pH yang tetap dalam darah. kreatinin. dan zat-zat sisa metabolisme lainnya. urin sekunder akan masuk ke tubulus distal. . yaitu proses penambahan zat-zat yang tidak diperlukan maupun zat yang berbahaya bagi tubuh ke dalam urine di tubulus kontortus distal.3.

.

maka dinding sebelah dalam kantong kemih akan tertekan. yang menyebabkan dinding luar dan otot pada kantong kemih merenggang yang mengakibatkan timbul rasa ingin buang air kecil. Jika kantong kemih telah penuh dengan urine. urin tersier ‒ urin yang sesungguhnya dan siap untuk dibuang ‒ dikumpulkan di tubulus pengumpul.Setelah proses Augmentasi di saluran tubulus distal. Selanjutnya. . kemudian mengalir ke rongga ginjal (pelvis renalis). urine akan keluar melalui saluran kecing (uretra). selanjutnya menuju ke kantong kemih melalui ureter sebagai saluran ginjal.

Air (96%) 2. Urea (2.Hormon berlebih .5%) 4. Sisa Metabolisme lain: .Zat warna empedu .Penisilin . terutama NaCl (1.Vitamin yang berlebihan .Sisa obat-obatan .Asam urat . Mineral Garam.5%) 3.Amonia (NH4) .Kreatin .1.

Jumlah urine yang dihasilkan kira-kira 1 sampai 1. Dalam sehari.5 liter. Oleh karena itu.Dalam sehari semalam.500 liter. maka beberapa zat sisa dapat mengendap di ginjal atau kantong kemih. . ginjal menyaring darah kira-kira 1. membentuk batu ginjal. sangat disarankan minum paling sedikit 8 gelas air. Jika kita kekurangan air. perbanyaklah minum air untuk menghindari terbentuknya batu ginjal di dalam ginjal atau kantong kemih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->