P. 1
Ekologi

Ekologi

|Views: 206|Likes:

More info:

Published by: Tantiana Dewi Rahayu on Apr 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2015

pdf

text

original

1. Sejarah dan perkembangan ekologi sanpai dengan sekarang.

Jawab: Kata ekologi atau Oecologie dalam bahasa Jerman ditelurkan oleh seorang naturalis bernama Ernst Haeckel pada tahun 1866. Oikos, kata Yunani yang berarti rumah/rumah tangga, dengan logos, sebuah kata lain Yunani yang menggunakan untuk menyebutkan bidang ilmu apa saja. Jadi, ekologi berarti ilmu yang mempelajari rumah. Ekologi mempunyai perkembangan yang berangsur-angsur sepanjang sejarah. Namun sejarah perkembangannya kurang begitu jelas. Catatan Hipocratus, Aristoteles, dan filosof lainnya merupakan naskah-naskah kuno yang berisi rujukan tentang masalah-masalah ekologi. Walaupun pada waktu itu belum diberikan nama ekologi. Dimulai pada abad ke-16 dan ke-17 yang timbul dari natural history dan kemudian berkembang menjadi satu ilmu yang sistematik, analitik dan obyektif mengenai hubungan organisme dan lingkungan yaitu EKOLOGI. Pada awal kemunculannya, ekologi jarang menjadi berita utama. Tidak seperti ahli kimia atau ahli fisika, para ekolog bekerja dengan hal-hal yang sulit diukur, dan banyak kesimpulan mereka yang sulit dipastikan kebenarannya. Akan tetapi, meskipun ada kesulitankesulitan itu, penelitian ekologis perlahan-lahan memicu perubahan cara berfikir dalam biologi. Ekologi, menunjukkan bahwa makhluk hidup terhubung dalam berbagai caara yang sama dan tidak terduga, dan bahwa gangguan apapun terhadap hubungan-hubungan itu dapat mendatangkan akibat-akibat yang besar dan seringkali merusak. Sekitar tahun 1900, ekologi diakui sebagai ilmu dan berkembang terus dengan cepat. Apalagi disaat dunia sangat peka dengan masalah lingkungan dalam mengadakan dan memelihara mutu peradaban manusia. Ekologi merupakan cabang ilmu yang mendasarinya dan selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pada paruh kedua abad ke-20, perubahan tekhnologi dan populasi manusia yang bertambah cepat telah merusak system-sistem alamiah pada tingkatan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Sebagai akibatnya, minat terhadap ekologi meroket. Setelah bertahuntahun diliputi bayang-bayang, ekologi telah menjadi bagian kunci ilmu hayati.

Tidak ada satu cabang ilmu yang dapat mengabaikan pentingnya ekologi. 2. genetika. pencemaran air. dituntutnya kesadaran lingkungan bagi setiap orang antara lain tentang penghematan sumber daya. dan informasi.hari. kebutuhan suatu tumbuhan agar tumbuhan itu bisa tumbuh subur sehingga bisa menjaga keseimbangan alam dan bisa bermanfaat untuk bumi. Peranan prinsip-prinsip ekologi di berbagai bidang kehidupan Jawab: Dengan ilmu ekologi kita dapat memahami lingkungan dan dapat mengatur pemakaian sumber daya alam dengan cara-cara yang dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu ekologi dapat juga dikatakan ekonomi alam. di mana selama ini hanya menjadi penunjang. masalah pencemaran udara. sehingga ilmu ini menjadi “bintang” di antara cabang ilmu. Apalagi sejak timbulnya gerakan kesadaran lingkungan di seluruh dunia mulai dari tahun 1968. fisiologi. yaitu dengan mempertimbangkan jangka pendek dan jangka panjang dalam pemakaian sumber daya alam demi terciptanya kelestarian lingkungan hidup. salah satu manfaat ekologi adalah di bidang ekonomi. adanya masalah globalisasi lingkungan akan mengakibatkan perhatian semakin mendalam kepada ekologi.Pada dewasa ini semua orang semakin wajib mengetahui ekologi. Prinsip-prinsip ekologi dapat menerangkan dan memberikan ilham dalam mencari jalan untuk mencapai kehidupan yang lebih layak. yang melakukan transaksi dalam bentuk materi. penghematan energi. Contohnya ilmu arsitektur lansekap. Begitupula dengan ilmu ekologi yang erat kaitannya dengan ilmu-ilmu biologi lainnya seperti taksonomi. taksonomi. Dari ilmu ekologi dapat menghasilkan nilai ekonomi. fisiologi. Kedudukan ekologi di antara cabang-cabang biologi lainnya Jawab: Semua ilmu mempunyai tujuan dan antara ilmu yang satu dengan ilmu yang lainnya saling berkaitan dan saling ketergantungan serta membentuk satu kesatuan secara keseluruhan. genetika suatu tumbuhan kita dapat menyesuaikan habitat. dengan . morfologi. 3. Contohnya dengan kita mengetahui ilmu morfologi. yaitu ilmu dan seni yang mempelajari pengaturan ruang dan masa di alam terbuka. Ekologi sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari . Selain nilai ekonomi alam ekologi juga bermanfaat pada nilai ekonomi yang memiliki nilai jual. energi. pencemaran tanah dan lain sebagainya. Jelasnya.

Pangan merupakan kebutuhan yang esensial bagi manusia. azas pengelolaan lingkungan untuk melestarikan kemampuan lingkungan untuk mendukung pembangunan yang terlanjutkan bukanlah merupakan hal yang abstrak. Selain itu dalam kehidupan sehari-hari juga ekologi bermanfaat untuk pangan. efektif. sebagai sumber energy dan zat tertentu untuk mengatur proses metabolisme. Dalam ilmu arsitektur lansekap kita harus mempertimbangkan berbagai masalah seperti pencemaran. Ia sangat peka terhadap kerusakan lingkungan. jika jumlah korbon dioksida di atmosfer meningkat. ekologi. yaitu kualitas lingkungan yang maksimal. dan kerusakan pemandangan oleh penebangan hutan. masalah sumber daya alam. dan tata letak bangunan lainnya agar terciptanya keseimbangan lingkungan. sampah yang bertumpuk. Tanpa lingkungan yang baik. Dengan ilmu arsitektur lansekap yang dimiliki seseorang akan menghasilkan keuntungan materi juga memperoleh keuntungan alam. misalnya pencemaran oleh limbah domestic yang berbau dan nampak kotor. Karena itu di dalam pengembangan pariwisata. Seperti halnya dalam industry lain dalam pariwisata pun barang yang dijual menjadi tidak laku. Selain dalam pembangunan ilmu ekologi juga bermanfaat dalam bidang pariwisata. gulma air di danau. Pangan diperlukan untuk menyusun tubuh. sehingga tercipta karya lingkungan yang secara fungsional berguna dan secara estetis indah. gedung yang letak arsitekturnya tidak sesuai. sebab dalam industry pariwisata lingkungan itulah yang sebenarnya di jual. Misalnya. Karena itu pengembangan pariwisata haruslah memperhatikan terjaganya mutu lingkungan. sampah. gangguan suara. tamantaman lingkungan.mengkomposisikan elemen . 4.elemen lansekap alami maupun buatan manusia. ekosistem. Tumbuhan itu menyingkirkan karbon . takmungkinlah pariwisata berkembang. pertumbuhan tumbuhan juga meningkat. teratur dan tertib. melainkanbenar-benar konkret dan sering mempunyai efek jangka pendek. Konsep Gaia Jawab: Tidak ada keraguan bahwa terdapat mekanisme umpan balik yang bekerja pada skala yang luar biasa besar di dunia ini. seimbang. Pariwisata adalah industry yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh baik buruknya lingkungan. gangguan pemandangan. sehingga tercapai kepuasan jasmaniah dan rohaniah manusia dan makhluk hidup lainnya. Dengan ilmu ekologi keseimbangan alam bisa terjaga dan ketersediaan pangan pun bisa terpenuhi. jika mutunya tidaklagi memadai. serta sikap penduduk yang tidak ramah. Contohnya dalam penataan taman-taman kota. serasi. erosi.

Hipotesis Gaia menyarankan adanya suatu kerjasama global antara makhluk hidup sesuatu yang berlawanan dengan gagasam Darwinian tentang perjuangan mempertahankan keberadaan diri. Bahkan jika biosfer sesungguhnya bukan suatu entitas tunggal. Penemuan itu kemudian diperkenalkan dengan nama Hipotesis Gaia.dioksida dari udara. hipotesis Gaia te. terkadang secara misterius biosfer berlaku seolah-olah seperti itu. Serupa dengan itu. Hipotesis ini menyodorkan pendapat. Hal tersebut meningkatkan luas tutupan awan sehingga mengerm kenaikan suhu. komposisi keseluruhan atmosfer menjadi seperti itu hanya karena ada kehidupan di bumi. biosfer (lingkungan kehidupan) memiliki kemampuan mengatur dirinya sendiri secara berkelanjutan dalam menjaga kesehatan Bumi. Berkat fotosintesis. jika suhu bumi meningkat. Meskipun sambutannya bermacam-macam. Sejak pertama kali dicetuskan. Di tahun 1970-an. Bumi melakukan itu dengan memanipulasi lingkungan fisik dan kimiawi. demikianlah atmosfer bumi menopang keseimbangan yang stabil dari gas-gas dan temperatur yang mendukung kehidupan. tumbuhan mengeluarkan lebih banyak uap air. seorang ahli kimia dan insinyur berkebangsaan Inggris. dan dengan demikian membantu menghentikan kenaikan kadar karbon dioksida. Seperti alat pengatur panas yang menjaga temperatur menjadi konstan. Hipotesis Gaia telah terbukti sebagai suatu spekulasi yang berharga. James Lovelock menyimpulkan segala tingkatan kehidupan di Bumi harus dipandang sebagai suatu entitas kehidupan tunggal yang mampu memanipulasi atmosfer Bumi untuk mencocokkan semua kebutuhannya. Lovelock dan Margulis telah mengidentifikasi berbagai mekanisme umpan balik yang sepertinya mendukung hipotesis tersebut. Bumi memiliki suatu atmosfer yang bersifat dinamik dan menata diri sendiri. Gagasan bahwa organism-organisme yang berkompetisi ternyata bekerja sama untuk mempertahankan kesetimbangan telah membuat banyak ekolog bersikap skeptic terhadap Hipotesis Gaia. tapi para penentang gagasan juga telah menemukan banyak mekanisme lain yang justru menjatuhkan Hipotesis Gaia. Nama Gaia diambil dari nama Dewa Bumi dalam mitos Yunani kuno. Lebih rumit lagi. . yaitu melanjutkan kehidupan.ah menjadi kontroversi.

REFERENSI Irwan. . Ekologi. Ekologi. 1996. 2001. David. Soemarwoto. Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Zoer’aini Djamal. 2005. Jakarta: Djambatan. Prinsip-prinsip Ekologi. Jakarta: Erlangga. Oktto. Burnie. Jakarta: Bumi Aksara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->