ALJABAR PROPOSISI

? Logika Logika = teori berpikir. Suatu bidang ilmu yang mengkaji prinsip-prinsip penalaran yang benar dan penarikan kesimpulan yang sah.

Pernyataan-pernyataan

Simbol Matematika

Konklusi yang sah

Simbol-simbol Matematika digunakan untuk mewakili bahasa. Ilmu tentang penyimpulan yang sah. yang diolah sesuai dengan aturan-aturan matematika untuk menetapkan kebenaran dari penyataan tunggal atau majemuk  . dengan bantuan simbol-simbol khusus.

Membicarakan tentang pernyataan tunggal dan pernyataan majemuk (pernyataan-pernyataan dengan perangkai). Logika Sebutan Menelaah tata cara dalam penyimpulan dan menentukan sahnya suatu argumen. ◦ .◦ Logika Pernyataan (Propositional Logic).

. transitif ).◦ Logika Hubungan Membicarakan hubungan antar pernyataan. Membicarakan tentang unsur-unsur suatu himpunan. ◦ Logika Himpunan Kaitannya dengan teori himpunan. refleksif. operasi-operasi pada himpunan-himpunan dan hukum/aturan-aturan yang berlaku.(hubungan simetris.

.   Hari ini adalah hari sabtu 2+2=4 13 adalah bilangan genap Kalimat pertama bernilai benar. Kalimat ke dua bernilai benar kalimat ke tiga bernilai salah.

? Kata Rangkaian huruf yang mengandung arti ? Kalimat Rangkaian kata yang disusun menurut aturan tata bahasa dan mengandung arti Kalimat yang dibicarakan dalam logika Matematika adalah kalimat-kalimat yang menerangkan (declarative sentences). .

Kalimat perintah “Keluarlah saudara dari ruangan ini!” 4.Dalam Logika Matematika tidak akan membicarakan kalimat-kalimat dalam bentuk : 1. “Alangkah indahnya lukisan itu!” 3. Kalimat tanya. Kalimat yg mengungkapkan suatu perasaan. Kalimat pengharapan “Mudah-mudahan saya lulus ujian” . “Siapa nama saudara?” 2.

Nilai benar diartikan adanya kesesuaian antara apa yang dikatakan dengan keadaan sesungguhnya. Kalimat-kalimat tersebut tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya. .

Rina sedang sakit keras (punya makna dan punya nilai kebenaran) 4. (punya makna & bernilai salah) 3. 1. 3 lebih besar dari 10. 6 mencintai 9 (tidak bermakna & tidak punya nilai kebenaran) Kalimat pertama. kedua dan ketiga merupakan pernyataan Kalimat keempat bukan merupakan pernyataan . 17 adalah bilangan ganjil (punya makna & bernilai benar) 2.Contoh 2.

? Pernyataan atau Proposisi Kalimat deklaratif yang mempunyai nilai kebenaran. yaitu nilai benar saja atau nilai salah saja tetapi tidak kedua-duanya. .

 Untuk menyingkat suatu penulisan pernyataan-pernyataan diberi simbol dengan huruf alfabet kecil: p. … Untuk nilai kebenaran pernyataan disimbolkan dengan F atau T  F yang berarti False T yang berarti True . r. s. q.

p: “15 habis dibagi 3” (T) q: “5 kurang dari 3” (F) r: “ Ibunya sedang sakit keras” (F or T) .

Kalimat Pernyataan/Proposisi Bukan Pernyataan Faktual Non Faktual Bernilai Benar Bernilai Salah .

4. 3. Berapakah hasil 9 ditambah 7? 6. 2. Jakarta terletak di pulau jawa . 8. Napoleon habis dibagi 13. Semoga hari tidak hujan. (a . Astaga ! 9. 8 adalah bilangan asli. 2x < 12 5. 14 adalah bilangan prima. tentukan nilai Kebenarannya! 1.b) 7.Apakah kalimat-kalimat berikut suatu pernyataan? Jika ya.

? Pernyataan sederhana (simple statement) Pernyataan yang hanya menyatakan satu pikiran tunggal dan tidak mengandung kata hubung kalimat. ?Pernyataan majemuk (composite/compound statement) Pernyataan yang terdiri dari satu atau lebih pernyataan sederhana dengan kata penghubung kalimat . Pernyataan sederhana = pernyataan primer = pernyataan atom = proposisi atomik.

” disimbolkan dg “ ” ” ”    “jika dan hanya jika” disimbolkan dg “ ” . “ atau ” disimbolkan dg “ “ dan ” disimbolkan dg “ “Jika …. maka….

Kata Penghubung Negasi “ tidak benar bahwa ” Simbol : “¬” Simbol “ ¬ ” ditulis di depan pernyataan yang diingkar. .? Negasi suatu pernyataan Suatu pernyataan yang mempunyai nilai kebenaran berlawanan dengan nilai kebenaran pernyataan semula.

“Ida tidak suka makan bakso”  q : “3 < 5” ¬q : “ 3 ≥ 5” (tidak benar bahwa 3<5) r : “2 + 2 = 4” ¬r : “2 + 2 ≠ 4  . ¬p : “Tidak benar bahwa Ida suka makan bakso”.Contoh:  p : “Ida suka makan bakso”.

p ¬p T F F T .

Tulis ingkaran dari pernyataan berikut:  Beberapa mahasiswa tidak mengikuti kuliah  Kuliah Log Inf untuk Minggu depan ditiadakan. .  Cat rumah Wenny berwarna kuning  Semua tumbuhan membutuhkan oksigen  Tidak semua orang melaksanakan ibadah puasa.

Konjungsi dua Pernyataan p dan q Dinotasikan dengan “p Dibaca : “p dan q” q” Konjungsi dua pernyataan p dan q akan bernilai benar. . dan untuk nilai-nilai kebenaran p dan q lainnya. hanya jika kedua pernyataan tunggalnya bernilai benar. maka “p  q ” bernilai salah.

p : “ 3 adalah bilangan prima (T) q : “ 3 adalah bilangan ganjil (T) p  q : “ 3 adalah bilangan prima dan ganjil “ (T) .

p T q T p  T q T F F F T F F F F .

maka “p atau q” bernilai benar (disjungsi inklusif)  .Disjungsi dua Pernyataan p dan q Ditulis : “p  q” Dibaca: “p atau q” Disjungsi dua pernyataan p dan q akan bernilai salah hanya jika dua pernyataan tunggalnya bernilai salah. sedangkan untuk nilai-nilai kebenaran p dan q lainnya.

p : Diagonal bujur sangkar berpotongan saling tegak lurus (T) q : Diagonal bujur sangkar sama panjangnya (T) p  q : Diagonal bujur sangkar berpotongan saling tegak lurus atau sama panjangnya (T) .

p T T F F q T F T F p  T T T F q .

atau keduanya bernilai benar .disjungsi ekslusif Disjungsi dua pernyataan p dan q akan bernilai salah jika dua pernyataan tunggalnya bernilai salah.

.Notasi Disjungsi Eksklusi : p q Contoh : p : ia lahir di Purwokerto q : ia lahir di Bandung p q : Ia lahir di Purwokerto atau di Bandung Dua perbuatan yang tidak dapat diselesaikan dalam waktu yang bersamaan.

p q p q T T F F T F T F F T T F .

 Nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk ditentukan oleh 1. . Cara menghubungkan pernyataanpernyataan sederhana itu. Nilai kebenaran dari setiap pernyataan sederhana yang dikandungnya dan 2.

 Nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk TIDAK ditentukan oleh keterkaitan isi pernyataanpernyataan sederhana tersebut .

Benar bahwa 2+2≠4 dan 3+3=6 5. Tidak benar bahwa 3+2=5 3. Kuadrat dari semua bilangan riil adalah lebih besar atau sama dengan nol 2.Tentukan nilai kebenaran dari pernyataan berikut 1. Tidak benar bahwa 3 bilangan prima atau 3 bilangan genap . Akar dari bilangan 49 adalah 7 4.

Ani adalah gadis periang tetapi tidak mempunyai banyak teman 8. Tidak benar bahwa Ani gadis periang atau mempunyai banyak teman 9. Ani adalah gadis periang yang mempunyai banyak teman 7. Ani bukan gadis periang dan mempunyai banyak teman .Perhatikan pernyataan p : Ani adalah gadis periang q : Ani mempunyai banyak teman Nyatakan dengan simbol-simbol untuk setiap pernyataan berikut: 6.

….     1 pernyataan tunggal punya 2 baris 2 pernyataan tunggal punya 4 baris 3 pernyataan tunggal punya 8 baris 4 pernyataan tunggal punya 16 baris.dst n pernyataan tunggal punya 2n baris .

Kolom ke -3 memuat pernyataan r. baris berikutnya dg F. 2n-n =1 (baris pertama) diisi dengan T. …dst secara berselang seling. baris sisanya diisi dangan F Kolom ke-2 memuat pernyataan q. 2n-2 baris pertama diisi dengan T. …dst secara berselang seling. …dst secara berselang seling. 2n-1 baris pertama diisi dengan T. 2n-3 baris berikutnya dg F. …dst Kolom ke-n memuat pernyataan ke n.    Kolom ke-1 memuat pernyataan p. 2n-3 baris pertama diisi dengan T. . 2n-2 baris berikutnya dg F.

 Jika proposisi majemuk memuat 3 penyataan p. maka tabel kebenaran terdiri dan 8 baris sbg berikut: p T T T T F F F F q T T F F T T F F r T F T F T F T F . q dan r.