P. 1
aLJABAR pROPOSISI

aLJABAR pROPOSISI

|Views: 69|Likes:

More info:

Published by: Nanda Aditya Sugianto on Apr 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2012

pdf

text

original

ALJABAR PROPOSISI

? Logika Logika = teori berpikir. Suatu bidang ilmu yang mengkaji prinsip-prinsip penalaran yang benar dan penarikan kesimpulan yang sah.

Pernyataan-pernyataan

Simbol Matematika

Konklusi yang sah

Simbol-simbol Matematika digunakan untuk mewakili bahasa. dengan bantuan simbol-simbol khusus. yang diolah sesuai dengan aturan-aturan matematika untuk menetapkan kebenaran dari penyataan tunggal atau majemuk  . Ilmu tentang penyimpulan yang sah.

Membicarakan tentang pernyataan tunggal dan pernyataan majemuk (pernyataan-pernyataan dengan perangkai). Logika Sebutan Menelaah tata cara dalam penyimpulan dan menentukan sahnya suatu argumen.◦ Logika Pernyataan (Propositional Logic). ◦ .

◦ Logika Himpunan Kaitannya dengan teori himpunan. operasi-operasi pada himpunan-himpunan dan hukum/aturan-aturan yang berlaku.◦ Logika Hubungan Membicarakan hubungan antar pernyataan. . refleksif. Membicarakan tentang unsur-unsur suatu himpunan.(hubungan simetris. transitif ).

Kalimat ke dua bernilai benar kalimat ke tiga bernilai salah.   Hari ini adalah hari sabtu 2+2=4 13 adalah bilangan genap Kalimat pertama bernilai benar. .

? Kata Rangkaian huruf yang mengandung arti ? Kalimat Rangkaian kata yang disusun menurut aturan tata bahasa dan mengandung arti Kalimat yang dibicarakan dalam logika Matematika adalah kalimat-kalimat yang menerangkan (declarative sentences). .

Kalimat pengharapan “Mudah-mudahan saya lulus ujian” . Kalimat perintah “Keluarlah saudara dari ruangan ini!” 4. Kalimat yg mengungkapkan suatu perasaan. “Alangkah indahnya lukisan itu!” 3. Kalimat tanya.Dalam Logika Matematika tidak akan membicarakan kalimat-kalimat dalam bentuk : 1. “Siapa nama saudara?” 2.

 Kalimat-kalimat tersebut tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya. . Nilai benar diartikan adanya kesesuaian antara apa yang dikatakan dengan keadaan sesungguhnya.

3 lebih besar dari 10. 1. Rina sedang sakit keras (punya makna dan punya nilai kebenaran) 4. kedua dan ketiga merupakan pernyataan Kalimat keempat bukan merupakan pernyataan . 17 adalah bilangan ganjil (punya makna & bernilai benar) 2.Contoh 2. 6 mencintai 9 (tidak bermakna & tidak punya nilai kebenaran) Kalimat pertama. (punya makna & bernilai salah) 3.

? Pernyataan atau Proposisi Kalimat deklaratif yang mempunyai nilai kebenaran. . yaitu nilai benar saja atau nilai salah saja tetapi tidak kedua-duanya.

 Untuk menyingkat suatu penulisan pernyataan-pernyataan diberi simbol dengan huruf alfabet kecil: p. s. … Untuk nilai kebenaran pernyataan disimbolkan dengan F atau T  F yang berarti False T yang berarti True . q. r.

p: “15 habis dibagi 3” (T) q: “5 kurang dari 3” (F) r: “ Ibunya sedang sakit keras” (F or T) .

Kalimat Pernyataan/Proposisi Bukan Pernyataan Faktual Non Faktual Bernilai Benar Bernilai Salah .

4. 3. (a .Apakah kalimat-kalimat berikut suatu pernyataan? Jika ya.b) 7. tentukan nilai Kebenarannya! 1. Astaga ! 9. 2. 8. Jakarta terletak di pulau jawa . Berapakah hasil 9 ditambah 7? 6. 14 adalah bilangan prima. Semoga hari tidak hujan. 8 adalah bilangan asli. Napoleon habis dibagi 13. 2x < 12 5.

? Pernyataan sederhana (simple statement) Pernyataan yang hanya menyatakan satu pikiran tunggal dan tidak mengandung kata hubung kalimat. ?Pernyataan majemuk (composite/compound statement) Pernyataan yang terdiri dari satu atau lebih pernyataan sederhana dengan kata penghubung kalimat . Pernyataan sederhana = pernyataan primer = pernyataan atom = proposisi atomik.

” disimbolkan dg “ ” ” ”    “jika dan hanya jika” disimbolkan dg “ ” . maka…. “ atau ” disimbolkan dg “ “ dan ” disimbolkan dg “ “Jika ….

.? Negasi suatu pernyataan Suatu pernyataan yang mempunyai nilai kebenaran berlawanan dengan nilai kebenaran pernyataan semula. Kata Penghubung Negasi “ tidak benar bahwa ” Simbol : “¬” Simbol “ ¬ ” ditulis di depan pernyataan yang diingkar.

¬p : “Tidak benar bahwa Ida suka makan bakso”.Contoh:  p : “Ida suka makan bakso”. “Ida tidak suka makan bakso”  q : “3 < 5” ¬q : “ 3 ≥ 5” (tidak benar bahwa 3<5) r : “2 + 2 = 4” ¬r : “2 + 2 ≠ 4  .

p ¬p T F F T .

.  Cat rumah Wenny berwarna kuning  Semua tumbuhan membutuhkan oksigen  Tidak semua orang melaksanakan ibadah puasa.Tulis ingkaran dari pernyataan berikut:  Beberapa mahasiswa tidak mengikuti kuliah  Kuliah Log Inf untuk Minggu depan ditiadakan.

hanya jika kedua pernyataan tunggalnya bernilai benar. maka “p  q ” bernilai salah.Konjungsi dua Pernyataan p dan q Dinotasikan dengan “p Dibaca : “p dan q” q” Konjungsi dua pernyataan p dan q akan bernilai benar. . dan untuk nilai-nilai kebenaran p dan q lainnya.

p : “ 3 adalah bilangan prima (T) q : “ 3 adalah bilangan ganjil (T) p  q : “ 3 adalah bilangan prima dan ganjil “ (T) .

p T q T p  T q T F F F T F F F F .

sedangkan untuk nilai-nilai kebenaran p dan q lainnya. maka “p atau q” bernilai benar (disjungsi inklusif)  .Disjungsi dua Pernyataan p dan q Ditulis : “p  q” Dibaca: “p atau q” Disjungsi dua pernyataan p dan q akan bernilai salah hanya jika dua pernyataan tunggalnya bernilai salah.

p : Diagonal bujur sangkar berpotongan saling tegak lurus (T) q : Diagonal bujur sangkar sama panjangnya (T) p  q : Diagonal bujur sangkar berpotongan saling tegak lurus atau sama panjangnya (T) .

p T T F F q T F T F p  T T T F q .

disjungsi ekslusif Disjungsi dua pernyataan p dan q akan bernilai salah jika dua pernyataan tunggalnya bernilai salah. atau keduanya bernilai benar .

.Notasi Disjungsi Eksklusi : p q Contoh : p : ia lahir di Purwokerto q : ia lahir di Bandung p q : Ia lahir di Purwokerto atau di Bandung Dua perbuatan yang tidak dapat diselesaikan dalam waktu yang bersamaan.

p q p q T T F F T F T F F T T F .

Nilai kebenaran dari setiap pernyataan sederhana yang dikandungnya dan 2. . Nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk ditentukan oleh 1. Cara menghubungkan pernyataanpernyataan sederhana itu.

 Nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk TIDAK ditentukan oleh keterkaitan isi pernyataanpernyataan sederhana tersebut .

Kuadrat dari semua bilangan riil adalah lebih besar atau sama dengan nol 2. Benar bahwa 2+2≠4 dan 3+3=6 5.Tentukan nilai kebenaran dari pernyataan berikut 1. Akar dari bilangan 49 adalah 7 4. Tidak benar bahwa 3 bilangan prima atau 3 bilangan genap . Tidak benar bahwa 3+2=5 3.

Tidak benar bahwa Ani gadis periang atau mempunyai banyak teman 9. Ani adalah gadis periang yang mempunyai banyak teman 7.Perhatikan pernyataan p : Ani adalah gadis periang q : Ani mempunyai banyak teman Nyatakan dengan simbol-simbol untuk setiap pernyataan berikut: 6. Ani adalah gadis periang tetapi tidak mempunyai banyak teman 8. Ani bukan gadis periang dan mempunyai banyak teman .

….     1 pernyataan tunggal punya 2 baris 2 pernyataan tunggal punya 4 baris 3 pernyataan tunggal punya 8 baris 4 pernyataan tunggal punya 16 baris.dst n pernyataan tunggal punya 2n baris .

2n-1 baris pertama diisi dengan T. 2n-2 baris pertama diisi dengan T. 2n-2 baris berikutnya dg F. …dst secara berselang seling. 2n-3 baris berikutnya dg F. …dst Kolom ke-n memuat pernyataan ke n. …dst secara berselang seling. baris sisanya diisi dangan F Kolom ke-2 memuat pernyataan q. 2n-3 baris pertama diisi dengan T. …dst secara berselang seling. Kolom ke -3 memuat pernyataan r. .    Kolom ke-1 memuat pernyataan p. 2n-n =1 (baris pertama) diisi dengan T. baris berikutnya dg F.

q dan r. maka tabel kebenaran terdiri dan 8 baris sbg berikut: p T T T T F F F F q T T F F T T F F r T F T F T F T F . Jika proposisi majemuk memuat 3 penyataan p.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->