A.

JUDUL PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK

MENINGKATKAN CARA HIDUP SEHAT ANAK DI KELOMPK B PADA BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA DI TK YKS ALFADILAH KECAMATAN KARANGJAYA KABUPATEN

TASIKMALAYA.

B. BIDANG KAJIAN Bidang kajian dalam penelitian ini adalah penerapan hidup sehat anak melalui metode bermain peran.

C. PENDAHULUAN Masa usia anak TK adalah masa yang paling tepat untuk mengembangkan semua potensinya. Salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak dini pada anak TK adalah tentang Pembiasaan dan Sosial emosional. Berdasarkan itulah melalui materi Bermain Peran anak mampu mengungkapkan gagasan dan rasa kebersamaan juga memiliki keinginan melakukan sendiri bagaimana cara hidup sehat itu. Tetapi anak cenderung masih enggan dan malu-malu. Anak masih perlu bimbingan dari guru untuk bermain peran. Berdasarkan hasil identifikasi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu : 1. Anak masih bingung dengan apa yang akan dilakukannya. 2. Anak kurang menguasai cara-cara Bermain Peran. 3. Anak cenderung segan dan malu-malu untuk melakukannya. Untuk mengatasi kesulitan tersebut anak diberi pengarahan dan caracara yang harus dilakukan dalam bermain peran dalam imajinasi yang dimiliki anak. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penulis menganggap perlu untuk mengadakan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas tentang Peran

TUJUAN PENELITIAN Tujuan penerapan Bermain Peran dalam materi menanamkan cara hidup sehat pada bidang pengembangan bahasa adalah : 1. Seberapa besar hasil proses pembelajaran anak kelompok B TK YKS AlFadilah dalam Metode Bermain Peran pada Bidang Pengembangan Bahasa sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah perbaikan pembelajaran? Rencana pemecahan masalah dilaksanakan dengan 3 siklus dimana siklus I RPP 1 ditetapkan pada pemahaman anak tentang bermain peran. D. Untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran anak dalam kelompok B TK YKS AL-FADILAH dalam materi Bermain Peran pada bidang .” Dari rumusan masalah tersebut diatas dijabarkan dalam pernyataan sebagai berikut : 1. Siklus III RPP 3 ditetapkan kepada mendorong minat anak dan motivasi untuk mengembangkan keterampilan dalam Bermain Peran untuk mengembangkan perkembangan bahasanya supaya terbiasa hidup sehat. RUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH Berdasarkan Pendahuluan di atas maka dirumuskan perbaikan pembelajarannya adalah “Bagaimana Meningkatkan Motivasi dan Kreativitas Anak Tentan Bermain Peran untuk Meningkatkan Pengembangan Bahasa Tentang Cara Hidup Sehat Sejak Dini. Siklus II RPP 2 ditetapkan pada pemberian contoh cara menggunakan alat peraga yang dipakai untuk Bermain Peran.untuk meningkatkan motivasi dan kreatifitas anak dalam bidang Pengembangan bahasa. Bagaimana hasil dari proses pembelajaran anak kelompok B TK YKS AlFadilah dalam Metode Bermain Peran? 2. E. Bagaimana hasil dari penerapan cara hidup sehat anak setelah Bermain Peran? 3.

Bagi Sekolah. sosial) melalui serangkaian tindakan pemeranan. Mengeksplorasi peranan-peranannya. 2. dan 3. KAJIAN PUSTAKA Bermain peran dalam proses pembelajaran ditunjukan sebagai usaha memecahkan masalah (diri. 2. F. Secara eksplisit bila ditinjau dari tujuan pendidikan maka diharapkan anak dapat : 1. yaitu untuk meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran di taman kanak-kanak serta dapat dijadikan alternatif pendekatan pembelajaran pengembangan bahasa dikelas lainnya. dan 3. pelaksanaan penerapan metode Bermain Peran akan lebih meningkatkan motivasi anak untuk memahami cara hidup sehat sesuai yang diinginkannya. MANFAAT PENELITIAN Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak diantaranya : 1. . Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil dari proses pembelajaran anak kelompok B TK YKS AL-FADILAH dalam materi Bermain Peran pada bidang pengembangan bahasa sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah perbaikan pembelajaran pada penanam cara hidup sehat. G.pengembangan bahasa untuk menanamkan cara hidup sehat dengan menggunakan alat perlengkapan kebersihan. Bagi Anak. Untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran anak dalam kelompok B TK YKS AL-FADILAH dalam materi Bermain Peran pada bidang pengembangan bahasa dengan melibatkan anak pada kegiatan cara hidup sehat. dapat menambah wawasan serta keyakinan dalam menjalankan tugas sebagai guru diantaranya adalah untuk mencapai alternatif pembelajaran. Bagi Penulis.

Waktu Penelitian 9 Mei s/d 1 Juni 2011 selama 20 hari. H. tempat penelitian dilakukan di Sekolah TK YKS ALFADILAH Kecamatan Karangjaya Kabupaten Tasikmalaya. Setiap siklus pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur sebagai berikut : a. Pelaksanaan (Acting). 3. Rencana Penelitian Subjek penelitian ini adalah anak taman kanak-kanak kelompok B sebanyak 15 orang. Metaih daya konsentrasi. 2. menyusun lembar observasi dan menyusun alat evaluasi. 4. . Mengembangkan keterampilan sikap dalam memecahkan masalah yang terjadi. menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Menciptakan suasana yang menyenangkan. Perencanaan (Planning). dan 3. 2. 5. Melatih membuat kesimpulan. nilai-nilai dan persepsinya. dan 7. b. Adapun pelaksanaan bermain peran dalam pengembangan bahasa di taman kanak-kanak bertujuan untuk : 1. 6. Membantu perkembangan fantasi. Membantu mengembangkan intelegensi. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN 1.2. melaksanakan scenario pembelajaran yang telah direncanakan. Melatih anak berbicara lancar. Prosedur Penelitian Prosedur penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus atau daur pembelajaran. Melatih daya tangkap. Memperoleh wawasan (insight) tentang sikap-sikap.

Refleksi (Reflecting). Pengamatan (Observing). .c. dianalisis untuk melihat kemampuan anak dan untuk melakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya. dilakukan oleh teman sejawat sebagai pengamat dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi yang telah disusun oleh peneliti. dan d. hasil yang diperoleh dari observasi yang telah dilaksanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

Bagan siklus pembelajaran yang dilaksanakan mengacu pada modul PTK Universitas Terbuka I.K Wardhani dan Kuswaya Wiradhit sebagai berikut : PERENCANAAN REFLEKSI S I K L U S 1 PERBAIKAN PERENCANAAN REFLEKSI S I K L U S 2 PERBAIKAN PERENCANAAN REFLEKSI S I K L U S 3 PERBAIKAN PELAKSANAAN TINDAKAN I & PENGAMATAN PELAKSANAAN TINDAKAN II & PENGAMATAN PELAKSANAAN TINDAKAN III & PENGAMATAN .G.A.

000 100.000 250.000 .750. BIAYA PENELITIAN No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Rencana Pengeluaran Biaya Penyusunan proposal penelitian Penyusunan instrumen penelitian Alat tulis kantor (ATK) Transportasi Akomodasi dan konsumsi Upah kerja / honorarium Penyusunan laporan penelitian Pengadaan laporan penelitian Lain-lain Jumlah Jumlah Pengeluaran Rp. Rp.000 700. Rp.000 700.000 3. Rp. JADWAL PENELITIAN Rencana Penelitian No 1 2 3 4 5 6 7 Jenis Kegiatan Penyusunan proposal Observasi lapangan Penyusunan instrument Konsolidasi dengan observer Pelaksanaan penelitian Penyusunan laporan Pengadaan dan pelaporan hasil Minggu 1 Minggu 2 Minggu 3 J. Rp.000 400. Rp.Gambar 1 Sprila Penelitian Tindakan Kelas I.000.000 350. Rp. 100. Rp. Rp. Rp.000 1.000 150.

As’ad. Ansyar.K. Kuswara Wihardit (2008).G. 4. Majalah Anak Pintar Belajar. Dhieni dkk. PT. Nurbiana. PERSONALIA PENELITIAN Biodata Personalia Penelitian 1 2 3 4 5 6 7 Nama NIM Pangkat / Golongan Jabatan Unit Kerja Bidang Keahlian Alamat HADSIH MULYATI 820105599 Pengatur Muda / II a Guru TK TK YKS Al-Fadilah Pendidikan Taman Kanak-kanak Sirnajaya L. (2008). . Metode Pengembangan Bahan. Universitas Terbuka. Peneliti Tindakan Kelas Cetakan keempat. (2006) kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal. Anak Pintar Indonesia Jakarta. Modul PGTK 2203 : Jakarta Universitas Terbuka. DAFTAR PUSTAKA 1. I. 3. Departemen Pendidikan Nasional.A. Jakarta.K. Wardhani. Modul IDIK 4008. 2. Jakarta : Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

d. Tujuan Perbaikan 1. memiliki pembendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis. Guru memberikan penjelasan cara bermain peran. Anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lafal yang benar E. Guru mempersiapkan alat peraga yang akan dipergunakan. c. . Anak memahami cara-cara mengembangkan sikap 2. berkomunikasi secara lisan. c. Kompetensi Dasar Anak mampu mendengarkan. b. Guru memberi kesempatan untuk memilih teman. C. 2. Anak-anak mempunyai keberanian untuk mengembangkan fantasinya 3. Guru mengadakan percakapan tentang materi yang akan diberikan. Indikator Menceritakan pengamalam/kejadian secara sederhana dengan berurutan D. Kegiatan Inti (20 menit) a. b. Guru mengkondisikan anak kedalam situasi belajar.Lampiran 1 RPP SIKLUS 1 BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA Bidang Pengembangan Kelompok Semester/Minggu Tema Alokasi Waktu Hari / Tanggal : : : : : : Bahasa B I / 12 Bermain Peran 1 x 30 Menit Nopember 2012 A. B. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran. Guru memperlihatkan alat-alat yang akan digunakan untuk bermain peran. Kegiatan Awal (5 menit) a. Langkah-langkah Pembelajaran 1. Hasil Belajar Dapat berkomunikasi/berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar.

sikat gigi. F. gunting kuku. lap. Alat-alat kebersihan : sapu. Nopember 2012 Praktikan HADSIH MULYATI . Guru membagi kelompok untuk bermain peran secara bergiliran. Kegiatan akhir (5 menit) a. : guru mengajak anak bercakap-cakap secara langsung. Proses 3. Anak diberi kesempatan untuk mengekspresikan imajinasinya bersama-sama dengan teman. 2. 3. pasta gigi. Akhir : : mengamati keaktifan anak dalam pembelajaran bermain peran dengan imajinasi dan kreatifitas anak. Awal 2. b. Evaluasi 1. Guru mengajak anak bercakap-cakap tentang kegiatan bermain peran. dan anak diberi kesempatan untuk menceritakan tentang bermain peran. Guru bertanya. Buku petunjuk cara-cara bermain peran. e. G. Tasikmalaya. Sarana dan Sumber Belajar 1.d. ember.

d. c. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran. c. B. berkomunikasi secara lisan. Kegiatan Inti (20 menit) a. Guru mempersiapkan alat peraga yang akan dipergunakan. 2. Tujuan Perbaikan 1. Guru memperlihatkan alat-alat yang akan digunakan untuk bermain peran. C. Guru memberikan penjelasan cara bermain peran. Hasil Belajar Dapat berkomunikasi/berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar. Indikator Menceritakan pengamalam/kejadian secara sederhana dengan berurutan D.Lampiran 2 RPP SIKLUS II BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA Bidang Pengembangan Kelompok Semester/Minggu Tema Alokasi Waktu Hari / Tanggal : : : : : : Bahasa B II / 12 Bermain Peran 1 x 30 Menit Nopember 2012 A. b. Guru mengadakan percakapan tentang materi yang akan diberikan. Anak memahami cara-cara mengembangkan sikap 2. Anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lafal yang benar E. Anak-anak mempunyai keberanian untuk mengembangkan fantasinya 3. memiliki pembendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis. . Guru mengkondisikan anak kedalam situasi belajar. Guru memberi kesempatan untuk memilih teman. Langkah-langkah Pembelajaran 1. b. Kompetensi Dasar Anak mampu mendengarkan. Kegiatan Awal (5 menit) a.

lap. 2. Guru mengajak anak bercakap-cakap tentang kegiatan bermain peran. Awal 2. Alat-alat kebersihan : sapu. Evaluasi 1. e. Kegiatan akhir (5 menit) c. Nopember 2012 Praktikan HADSIH MULYATI . Guru membagi kelompok untuk bermain peran secara bergiliran. Guru bertanya. pasta gigi. Sarana dan Sumber Belajar 1. Buku petunjuk cara-cara bermain peran. gunting kuku. sikat gigi. Anak diberi kesempatan untuk mengekspresikan imajinasinya bersama-sama dengan teman. ember. 3. F. d. Proses 3. Tasikmalaya. G. : guru mengajak anak bercakap-cakap secara langsung. Akhir : : mengamati keaktifan anak dalam pembelajaran bermain peran dengan imajinasi dan kreatifitas anak.d. dan anak diberi kesempatan untuk menceritakan tentang bermain peran.

Kegiatan Awal (5 menit) a. berkomunikasi secara lisan. Kegiatan Inti (20 menit) a. Anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lafal yang benar E. Kompetensi Dasar Anak mampu mendengarkan. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran. c. memiliki pembendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis. Guru memberikan penjelasan cara bermain peran. Hasil Belajar Dapat berkomunikasi/berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar. b. Guru memperlihatkan alat-alat yang akan digunakan untuk bermain peran. Anak memahami cara-cara mengembangkan sikap 2. Guru mempersiapkan alat peraga yang akan dipergunakan. d. 2.Lampiran 3 RPP SIKLUS III BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA Bidang Pengembangan Kelompok Semester/Minggu Tema Alokasi Waktu Hari / Tanggal : : : : : : Bahasa B II / 12 Bermain Peran 1 x 30 Menit Nopember 2012 A. c. Anak-anak mempunyai keberanian untuk mengembangkan fantasinya 3. Guru mengkondisikan anak kedalam situasi belajar. Langkah-langkah Pembelajaran 1. . Guru memberi kesempatan untuk memilih teman. Indikator Menceritakan pengamalam/kejadian secara sederhana dengan berurutan D. B. Guru mengadakan percakapan tentang materi yang akan diberikan. Tujuan Perbaikan 1. b. C.

Awal 2. Tasikmalaya. Guru membagi kelompok untuk bermain peran secara bergiliran. Kegiatan akhir (5 menit) a. dan anak diberi kesempatan untuk menceritakan tentang bermain peran. sikat gigi. pasta gigi. Akhir : : mengamati keaktifan anak dalam pembelajaran bermain peran dengan imajinasi dan kreatifitas anak. Evaluasi 1. : guru mengajak anak bercakap-cakap secara langsung. Guru mengajak anak bercakap-cakap tentang kegiatan bermain peran.d. Alat-alat kebersihan : sapu. Nopember 2012 Praktikan HADSIH MULYATI . Sarana dan Sumber Belajar 1. gunting kuku. Guru bertanya. Anak diberi kesempatan untuk mengekspresikan imajinasinya bersama-sama dengan teman. lap. ember. b. 3. e. F. Buku petunjuk cara-cara bermain peran. 2. G. Proses 3.

Nopember 2012 Observer .Lampiran 4 LEMBAR OBSERVASI SIKLUS 1 (Pedoman Observasi Mengajar Guru Melalui Penerapan Bermain Peran) Bidang Pengembangan Kelompok/Semester Hari / Tanggal Fokus Observasi : Bahasa : B /II : : Aktivitas Guru dan Anak Petunjuk : Berilah tanda (√) pada kolom ya dan tidak berdasarkan aspek kemunculan yang diamati dan diberikan komentar kalau perlu pada kolom keterangan. No 1 Guru Aspek yang Diamati mengkondisikan anak kedalam Ya Tidak Keterangan situasi belajar 2 3 Guru mengenalkan cara bermain peran Guru memberikan pengarahan cara bermain peran 4 Guru memotivasi anak untuk bermain peran 5 Guru melayani anak yang mengalami kesulitan dalam bermain peran 6 Guru memotivasi anak yang belum mendapat giliran untuk bermain peran 7 Guru menggunakan waktu pembelajaran yang tersedia dengan efisien Tasikmalaya.

Nopember 2012 Observer .Lampiran 5 LEMBAR OBSERVASI SIKLUS II (Pedoman Observasi Mengajar Guru Melalui Penerapan Bermain Peran) Bidang Pengembangan Kelompok/Semester Hari / Tanggal Fokus Observasi : Bahasa : B /II : : Aktivitas Guru dan Anak Petunjuk : Berilah tanda (√) pada kolom ya dan tidak berdasarkan aspek kemunculan yang diamati dan diberikan komentar kalau perlu pada kolom keterangan. No 1 Guru Aspek yang Diamati mengkondisikan anak kedalam Ya Tidak Keterangan situasi belajar 2 3 Guru mengenalkan cara bermain peran Guru memberikan pengarahan cara bermain peran 4 Guru memotivasi anak untuk bermain peran 5 Guru melayani anak yang mengalami kesulitan dalam bermain peran 6 Guru memotivasi anak yang belum mendapat giliran untuk bermain peran 7 Guru menggunakan waktu pembelajaran yang tersedia dengan efisien Tasikmalaya.

Nopember 2012 Observer .Lampiran 5 LEMBAR OBSERVASI SIKLUS III (Pedoman Observasi Mengajar Guru Melalui Penerapan Bermain Peran) Bidang Pengembangan Kelompok/Semester Hari / Tanggal Fokus Observasi : Bahasa : B /II : : Aktivitas Guru dan Anak Petunjuk : Berilah tanda (√) pada kolom ya dan tidak berdasarkan aspek kemunculan yang diamati dan diberikan komentar kalau perlu pada kolom keterangan. No 1 Guru Aspek yang Diamati mengkondisikan anak kedalam Ya Tidak Keterangan situasi belajar 2 3 Guru mengenalkan cara bermain peran Guru memberikan pengarahan cara bermain peran 4 Guru memotivasi anak untuk bermain peran 5 Guru melayani anak yang mengalami kesulitan dalam bermain peran 6 Guru memotivasi anak yang belum mendapat giliran untuk bermain peran 7 Guru menggunakan waktu pembelajaran yang tersedia dengan efisien Tasikmalaya.

1 UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ BANDUNG 2012 .PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN CARA HIDUP SEHAT ANAK DI KELOMPK B PADA BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA DI TK YKS AL-FADILAH KECAMATAN KARANGJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA. Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas (IDIK 4008) Penyusun : Nama NIM Program Studi Pokjar Masa Registrasi : : : : : HADSIH MULYATI 820105599 S1. PAUD Singaparna 2012.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.