ASPEK PASAR DAN PEMASARAN DALAM STUDI KELAYAKAN BISNIS

PAPER Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis yang dibimbing oleh Sumiati, SE, MSi Oleh: Kutut Prastyo Karismajid Nur Laksana Dhanang Tri Harsono Abdullah Ahadish S.M. (105020200111079) (105020200111080) (105020200111096) (105020200111099)

UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JURUSAN MANAJEMEN Maret 2012

Di sisi lain penawaran diartikan sebagai berbagai kuantitas barang yang ditawarkan dipasar pada berbagai tingkat harga. .ASPEK PASAR DAN PEMASARAN ASPEK PASAR A. PENGERTIAN PASAR Menurut para ahli. uang untuk belanja. Tujuan perusahaan Jika tujuan perusahaan adalah memaksimumkan keuntungan. barang-barang ada yang saling bersaing (jika barang subtitusi) dalm emmnuhi kebutuhan masyarakat. B. Barang-barang ini dapat menimbulkan pengaruh penting kepada penawaran suatu barang. tindakan ini dapat mengurangi penawaran di dalam suatu kegiatan ekonomi tertentu. daya belinya. Bila harga naik maka produsen akan berusah meningkatkan jumlah barang yang dijualnya. Biaya faktor produksi Jjika pengeluaran untuk factor produksi tdak efisien. dapat saja ia tidak berusaha menggunakan kapasitas produksinya secara maksimal. sehingga terbentuk suatu harga. yaitu orang-orang dengan segala keinginanya. Pendapat ahli lain mengatakan bahwa pasar merupakan suatu sekelompok orang yang diorganisasikan untuk melakukan tawar menawar. serta tingkahlaku dalam pembelianya. Jadi ada tiga factor utama yang menunjang terjadinya pasar. dan kemauan untuk membelanjakanya. PENGERTIAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN Permintaan dapat diartikan jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan untuk membeli pada berbagai tingkat harga. tetapi pada tingkat kpasitas yang memaksimumkan keuntungannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran: Harga barang-barang lain Pada permintaan barang. Stanton. mengemukakan pasar merupakan kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas. merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli atau saling bertemunya antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga.

mempertinggi produktifitas dan mutu yang cenderung mengakibatkan terjadi kenaikan penawaran.ini merupakan bentu Pasar Monopoli Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh serang penjual saja. pasar ini mirip dengan monopoli. C.- Tingkat teknologi Kemajuan teknologi dapat mengurangi ongkos produksi. dalam menentukan harga dan kuantitas produksi.  Bentuk pasar dilihat dari sisi konsumen Pasar Konsumen Pasar ini merupakan pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan atau keluarga dalam rangka penggunaan pribadi (tidak untk dibisniskan) Pasar Industri . Karena barang-barang heterogen itu dimiliki oleh perusahaan besar saja. selain itu barng yang dijual pun tidak homogen. dan ada hambatan masuknya pesaing dari luar. sehingga di pasar ini tidak ada gunya mengadakan persaingan. karena pengaruh pesaing sangat terasa. Pasar Oligopoli Pasar oligipoli merupakan perluasan dari pasar monopoli . BENTUK PASAR  Bentuk pasar dilihat dari sisi produsen atau penjual: Pasar Persaingan Sempurna Pada pasar ini jumlah produsen tidak terbatas dan konsumen dapat menjual atau membeli berapa saja tanpa ada batas asal bersedia membeli atau menjual pada harga pasar. tindakan atau aktivitas pesaing perlu diamasukan dalam perhitungan. Dikatakan miri dengan pasar persaingan sempurna karena ada kebebasan bagi perusahaan untuk keluar masuk pasar. Pasar Persaingan Monopolistik Pasar ini merupakan bentuk campuran dari pasar persangan sempurna dan monopoli. Tidak ada barang subtitusi terhadap barang yang dijual oleh penjual tunggal tersebut.

q dimana: Q = Total permintaan pasar. PasarPemerintah Merupakan pasar yang terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli atu menyewa barang atau jasa untuk menjalankan tugas-tugas pemerintah. Salah satu metode praktis dengan mengunakan persamaan: Q=n. Sedangkan Metode Market Factor Index digunakan terutama . Mengukur Permintaan Pasar Saat Ini Ada tiga metode praktis untuk mengestimasi permintaan saat ini: Mengestimasi Total Permintaan Pasar Total permintaan pasarr suatup roduk adalah volume yang dibeli oleh sekelompok konsumen tertentu dalam suatu wilayah geogafis tertentu selama jangka waktu tertentu dan dalam lingkungan pasar tertentu. retailer. yaitu metode Market – Build Up digunakan terutama oleh perusahaan barang industri untuk mengidentifikasikan semua pembeli potensial dalasetip pasar dan mengestimasikan pembelian potensialnya. MENGUKUR DAN MERAMAL PERMINTAAN 1. grosir. agen. distributor. D.Pasar ini merupakan pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan aatau organisasi untuk digunakan pada produksi barang dan jasa lain. Pasar Pejual Kembali (Reseller) Suatu pasar yang terdiri dari perorangan atau organisasi yang bisa disebut para pedagang menengahyang tersiri dari dealer. baik untuk dijual maupun disewakan. n = jumlah pembeli di pasar p = harga rata-rata satuan q = jumlah yang dibeli oleh rat-rata pembeli per tahun - Mengestimasi Wilayah Permintaan Pasar Dalam memilih wilayah yang terbaik dapat dilakukaan dengan dua metode.p.

E. Untuk mengetahui pendapat para ahli digunakan teknik Delphi. Mampu menentukan produk atau jasa yang akan dijadikan benchmark bagi rancangan produk / jasa yang akan dijual. Mengestimasi Penjualan Aktual dan Pangsa Pasar. IMPLIKASI PADA SKB Tugas dari analisis dalam melakukan studi kelayakan bisnis (SKB) dari aspek pasar hendaknya: 1. Meramal Permintaan Mendatang Ada banyak cara untuk meramal penjualan masa datang: Survei niat pembeli Dengan menanyakan kepada mereka langsung dengan harapan mereka akan menjawab secara obyektif. dengan mengidentifikasikan factor-faktor pasar yang ada korelasinya deengan potensi dan menghungkanya ke dalam sebuah indek tertimbang.oleh perusahaan barang konsumsi. 2. Pendapat para tenaga penjual (wiraniaga) Perusahaan meminta para tenaga penjualnya untuk mengestimasi penjualan tiap produk untuk daerah mereka masing-masing kemudian semua estimasi individu dijumlahkan untuk mendapat ramalan penjualan decara keseluruhan. Analisis deret waktu Analisi yang memakai data kuantitatif masa lalu diman data dirinci menjadi komponen-komponen trend. Perusahaan perlu mengetahui penjualan sebenarnya dari industry bersangkutan yang terjadi dipasar. Pedapat para ahli Pendapat yang dihasilkan berdasarkan data dan analisis yang lengkap yang ilmiah baik dari para akademisi maupun dari para praktisi. siklus. jadi ia harus mengidentifikasi pesaingnya dan mengestimasi penjualan mereka. musim dan residu yang prosesnya dapat menggunakan prosedur matematika. .

maksudnya perushaan harus mengumpulkan dan menganalisis data tentang penjualan terakhir. analisis hendaknya mampu memberikan informasi tentang pangsa pasar (market-share) produk-produk sejenis yang dianggap sebagai pesaing baik untuk saat ini maupun prakiraan ke depan.2. Mampu menentukan pasar yang akan dipilih. demografis (usia. Beberapa aspek utama untuk mensegmentasikan pasar adalah aspek geografis (bangsa. Negara. Dapat dilaksanakan. maksudnya berapa besar segmen yang harus dijangkau agar penjualan produk dapat menguntungkan. propinsi. Menetapkan Pasar Sasaran Dalam menetapkan pasar sasaran dari segmen-segmen pasar yang telah diketahui harus melakukan analisis dengan menelaah tiga faktor. dan perilaku (kesempatan. Selain PLC-nya. tingkat penggunaan. walaupun ada kelompok pangsa pasar potensial yang sulit dijangkau. 4. maksudya perusahaan harus mempelajari factor-faktor structural yang utama .gaya hidup. margin laba yang diharapkan untuk berbagai segmen. SEGMENTASI TERGET POSISI DI PASAR 1. dan kabupaten). lalu pilih segmen yang diharapkan paling sesuai. proyeksi laju pertmbuhan penjualn. 2. Dapat terjangkau. ASPEK PEMASARAN A. maksudnya besar pasar dan daya beli pada segmen ini dapat diukur walaupun ada ada bebrapa komponen yan gsulit diukur. maksudnya sejauh mana segmen ini secara efektif dapat dicapai dan dilayani oleh produsen. jenis kelamin.tahap daur hidup. Besar segmen. karena perbedaan ini perlu dilakukan segmentasi pasar. yaitu Ukuran dan Pertumbuhan Segmen. Segmentasi Pasar Pasar terdiri dari banyak sekali pembeli yang berbeda. kepribadian) . psikografis (kelas sosial. tahap kesiapan pembeli) Agar segmentasi pasar dapat berguna harus mempunayai karakteristik: Dapat diukur. 3. maksudnya sejauh mana program efektif itu dilaksanakan untuk mengelola segmen ini. baik dari sisi produsen maupun sisi konsumen. status kesetiaan.pendapatan). Pembuatan PLC sangat dibutuhkan untuk mengetahui pergerakan permintaan konsumen. Mampu melakukan analisis unuk dapat menentukan pergerakan konsumen akan produk yang akan dijual serta pergerakan kemampuan para produsen dalam penawaranya dipasar baik untuk masa sekarang maupun masa depan. Kemenarikan Struktural Segmen.

fungsi pertahanan ego. B.Sumber sikap Sumber sikap bisa berasal dari pengalaman pribadi dan pengalaman kelompok. Kepuasan Konsumen Kepuasan Konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang diterima dengan apa yang diharapkanya. Dengan mempelajari sikap. memiliki petunjuk. .Karakteristik sikap Karakteristik sikap sebagi berikut: memiliki obyek dan tujuan. . . perusahaan harus mengambil langkah-langkah untuk mewujudkan dan mengomunikasikan posisi yang diinginkan itu kepada konsumen sasaran. fungsi pengekspresian nilai dan fungsi pengetahuan. SIKAP. Sasaran dan sumberdaya. PERILAKU DAN KEPUASAN KONSUMEN 1. . . maksudnya perusahaan harus memperimbangkan sasaran dan sumberdyanya dalam kaitan dengan segmen pasar. Menentukan Posisi Pasar.Memilih Keunggulan Kompetitif Jika perusahaan telah menemukan beberapa keunggulan kompetitif yang potensial.Mengidentifikasi Keunggulan Kompetitif Jika perusahaan dapat menentukan posisinya sendiri sebagai yang memberikan nilai superior kepada sasaran terpilih.Mewujudkan dan Mengomunikasikan Posisi Setelah penentuan posisi dipilih.yang mempengaruhi daya terik segmen dalam jangka panjang.Komponen sikap Komponen sikap ada komponen kognitif. memilik struktur.Fungsi sikap Ada bebrapa fungsi sikap seperti fungsi penyesuaian. maka ia memperoleh keunggulan komparatif. derajat dan intensitas. selanjutnya harus dipilih satu keunggulan kompetitif sebagai dasar bagi kebijakan penentuan posisinya.seseorang diharapkan dapat menentukan apa yang akan dilakukanya. 2. Tiga langkah dalam menentukan posisi pasar: . 3. Sikap Konsumen Sikap memainkan peranan penting dalam membentuk suatu perilaku. Factor yang mempengaruhi . komponen afektif dan komponen perilaku. dapat dipelajari. .

Perusahaan yang bersaing merebut uang dari konsumen yang sama. pelayanan setelah penjualan. Selain itu ada beberapa cara untuk mempertahankan pelanggan.Perusahaan yang membuat produk atau kelas produk yang sama. kepuasan fungsional dan kepuasan psikologis.kepuasan pelanggan adalah mutu produk dan pelayananya. .Perusahaan yang menawarkan produk dan harga yang sama. .Menentukan tingkat bertahanya pelanggan. Kepuasan dibagi menjadi dua macam. dan nilai-nilai perusahaan. hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang atau jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembel baik yang aktual maupun yang potensial (Stanton.  Mengidentifikasikan Strategi Pesaing . .Menghitung biaya untuk mengurangi tingkat kehilangan pelanggan.Menyulitkan pelanggan untuk mengganti pemasok. C.Membedakan berbagi penyebab hilangnya pelanggan dan menentukan penyebab utama yang bisa dikelola dengan baik. Analisis Persaingan Berikut adalah langkah-langkah analisis produk menurut Kotler:  Mengidentifikasikan pesaing Perusahann dapat mengidentifikasikan pesaing nya sebagai perusahaan lain yang mempunyai salah satu atau lebih cirri-ciri berikut ini: .Memberikan kepuasan yang tinggi.Memperkirakan kehilagan keuntungan dari pelanggan yang hilang. MANAJEMEN PEMASARAN Pemasaran meliputi keseluruhan system yang berhubungan dengan kegiatankegiatan usaha. .Perusahaan yang membuat produk dan memasok yang sama. menetukan harga. . Langkah-langkah dalam mengendalikan tingkat kehilangan konsumen: . . 1995). 1.  Menentukan Sasaran Pesaing Dengnan mengetahui sasaran pesaing beserta penekan-penekananya dapat menunjukan apakah mereka puas dengan situasinya sekarang serta bagaimana kemungkinan reaksinya atas berbagai tindakan kompetitif. yang bertujuan merencanakan. antara lain: . kegiatan penjualan. .

c. sasaran pelanggan. tidak mahal.   Perusahaan perlu menelaah semua dimensi strategi dari pesaing. perlu dipahami dulu hubungan antara harga dengan permintaan terhadap produk tersebut baik untuk pasar yahng berbeda maupun persepsi konsumenya . dan dan mengevaluasi alternatif berdasarkan criteria ekonomi. seperti mendesain system saluran. 2. Memilih Pesaing Setelah perusahaan mengetahui pesaing utamanya melalui keputusan sebelumya mengenai. . Perushaan harus mengindentifikasikan secara akurat kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan mereka melalui data sekunder. Bauran Pemasaran Produk Barang Bauran pemasaran meliputi empat kebijakan pemasaran yang sering disebut marketing mix: a. perantara. sederhana dan ekonomis dalam proses produksi dan distribusinya. sasaran distribusi. Kebijakan Produk Produk barang tidak hanya memperhatikan penampilanya. pengalaman pribadi dan desas desus. Menilai Keakuratan dan Kelemahan Pesaing. yaitu periklanan (advertising). Mengestimasi Pola Reaksi Pesaing Prusahaan perlu tahu tentang mentalitas pesaing tertentu kalau inngin mengantisipasi bagaimana pesaing akan bertindak atau bereaksi terhadap tindakan pesaing lainya. Sebelum menentukan harga. b. aman. hubungan masyarakat (public relations) dan penjualan perorangan (Personal selling). Kebijakan Distribusi Dalam kebijakan distribusi desain saluran perlu ditetapkan. bauran pemasaran. atau ditetapkan oleh penjual. d. Kebijakan Promosi Untuk mengomunikaiskan produk perlu disusun suatu strategi Bauran Promosi (Promotion Mix) yang 5tersiri dari 4 komponen utama. lalu dianalisis dengan mengunakan metode yang sesuai. tetapi hendaknya juga produk yang simpel. Kebijakan Harga Harga adalah sejunlah nilai yang ditukarkan konsumen dengan anfaat memiliki atau menggunakan produk yang nilainya ditetapkan oleh pembeli dan penjual melalui tawar-menawar. Karena semakin mirip strategi suatu perusahaan dengan perusahaan lain maka semakin ketat persaingan diantara mereka. promosi penjualan (sales promotion). selanjutnya harus diputuskan pesaing mana yang akan diserang.

maka dianjurkan bisnis ini untuk tidak dilanjutkan. Perkiraan market share yang bisa dikuasai oleh perusahaan. Jika layak maka akan diteruskan untuk melanjutkan analisis aspek selanjutnya. namu jika tidak layak maka perlu dicarikan usaha-usaha baru yang realistis dan positif agar aspek ini dapat menjadi layak. Kajian dapatdilakukan dengan menggunakan AIDA. Bagaiman segmentasi. dan posisi produk diterapkan. perilaku. 3. . Selain aspek pemasaran. 4. Perkiraan penjualan yang bisa dicapai perusahaan. Bagaiman strategi bersaing ditentukan. perlu dialakukan consumer behavior untuk mengetahui masalah-masalah seperti: 1. 5. Pengetahuan. IMPLIKASI PADA Studi Kelayakan Bisnis Hasil studi untuk aspek pemasaran memberikan informasi: 1. target. termasuk consumer bihaviornya adalah suatu pernyataan layak atau tidak layak rencana bisnis dari aspek ini.atau AIDCA 2. Hasil Analisis Hasil analisis untuk aspek pemasaran.3. dan keinginan terhadap produk. Bauran Pemasaran Produk Jasa Bauran pemasaran unruk produk jasadapat diperluas lagi dengan menambah tiga elemen lagi yaitu orang (people): semua partisipan yang menyediakan sebagian jasa. D. 2. proses jasa itu sendiri (process): proses ini mencerminkan bagaiman semua elemen bauran pemasaran jasa di kordinasikan untuk menjamin kualitas dan konsdistensi jasa yang diberikankepada konsumen. Bagaiman program pemasaran dianalisis melalui bauran pemasaran. dan kepuasan terhadap produk pesaing saat ini. kebutuhan. Sikap. bukti fisik (physical evidence): suatu lingkungan fisk dimana jasa disampaikan dan diman perusahaan dan konsumenya berinteraksi dan setiap komponen tangible memfasilitasi penampilan dan komunikasi jasa tersebut. Jika tidak ada jalan lain.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama . Studi Kelayakan Bisnis. 1997.DAFTAR PUSTAKA Umar. Husein.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful