MATA KULIAH : TEORI AKUNTANSI (TA

)

KBA 610 Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning

Pengajar : Jeni Wardi.SE.Ak Semester : VI/Tahun Ajaran 2009/2010

dan siklus akuntansi. dan 2 x 50 siklus akuntansi dengan menit benar . SISTEM PENILAIAN: • • • • Kehadiran Tugas Individu + Diskusi Ujian Tengah Semester (1 kali) Ujian Akhir Semester (1 kali) : 5% : 25% : 30% : 40% 9. Neraca. Accounting Theory. Sejarah Perkembangan akuntansi. Teori Akuntansi dan Perumusannya. Toppan Company Ltd. Model Penilaan dan Penentuan Laba. 6. 4. 3. Accounting Theory. Ahmed. Struktur Teori Akuntansi. Mata ajaran ini berfokus pada: Pengantar Teori Akuntansi dan Proses akuntansi. Hendriksen. Arus Kas. mengingat kembali pemahaman terhadap pengertian. Akuntansi Proses Akuntansi dan pengertian. SUMBER BELAJAR/REFERENSI. sifat dasar. Jurusan/Program Studi: Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Jumlah Satuan Kredit Semester Jumlah Tatap Muka Perkuliahan : : : : : Ekonomi/ S1 Teori Akuntansi KBA 610 3 SKS 14 kali (UTS-UAS). Laporan Rugi Laba. akuntansi Inflasi. sifat dasar.RENCANA KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP) TEORI AKUNTANSI PROGRAM STUDI EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING KBA 610 1. 2. Edisi 5. 3. Trend dalam Akuntansi. Tujuan Laporan Keuangan. 2. mahasiswa memiliki kemampuan untuk menerapkan konsep dan teori-teori terkait yang berhubungan dengan teori akuntansi 8. Konsep Laba. 7. 1. Standar Akuntansi Keuangan 2007 KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) menjelaskan Pengantar Teori Dapat ALOKASI WAKTU Mahasiswa dapat 1. 5. STANDAR KOMPETENSI : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini. DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata kuliah Teori Akuntansi diberikan pada semester VI (enam) dengan bobot 3 SKS. Belkaoui. Laporan Keuangan. Standar Akuntansi.

isi tujuan akuntansi dari berbagai sumber. metode dan pendekatan dalam perumusan teori akuntansi. dan sifat postulat akuntansi. proses penyusunan standar akuntansi di berbagai 2. pembuat kebijakan akuntansi. Sejarah Perkembangan Akuntansi: Dapat menjelaskan sejarah munculnya akuntansi 2 x 50 double entry dan menit perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia dengan benar Dapat menjelaskan elemen- 3. Mahasiswa dapat menjelaskan lembaga yang menyusun standar akuntansi di berbagai negara. tujuan laporan menit keuangan. dan konsep-konsep dasar dalam penyusunan laporan keuangan. dan perumusan teori akuntansi di Indonesia. dan sifat postulat akuntansi dengan benar Dapat menjelaskan perlunya 4. penyusunan kerangka konseptual akuntansi. penyusunan kerangka konseptual akuntansi. isi tujuan menit akuntansi dari berbagai sumber. metode dan pendekatan dalam perumusan teori akuntansi. Struktur Teori Akuntansi elemen struktur teori 2 x 50 akutansi. Teori Akuntansi dan Perumusannya teori akuntansi. sifat menit dasar dan periodisasi teori akuntansi. proses penyusunan standar akuntansi di berbagai negara terutama Indonesia dengan benar 6. dan konsepkonsep dasar dalam penyusunan laporan keuangan dengan benar Standar Akuntansi dapat menjelaskan lembaga yang menyusun standar 2 x 50 akuntansi di berbagai menit negara. Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan perlunya teori akuntansi. Mahasiswa dapat menjelaskan proses perumusan tujuan laporan keuangan. 5. Tujuan Laporan Dapat menjelaskan proses Keuangan perumusan tujuan laporan 2 x 50 keuangan. pembuat 2 x 50 kebijakan akuntansi. tujuan laporan keuangan. dan perumusan teori akuntansi di Indonesia. hubungan antara standar akuntansi dan perangkat peraturan lainnya. hubungan antara standar akuntansi dan perangkat peraturan lainnya. sifat dasar dan periodisasi teori akuntansi. .Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan sejarah munculnya akuntansi double entry dan perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan elemenelemen struktur teori akutansi.

keterbatasan laporan keuangan dengan benar dapat menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. unsur-unsur neraca dan konsep yang mendasarinya. isi dan bentuk laporan arus kas dengan benar Laporan Laba Rugi 2 x 50 menit Laporan Arus Kas 2 x 50 menit Konsep Laba dapat menjelaskan beberapa kontroversi pendapat 2 x 50 tentang laba antara laba menit menurut konsep ekonomi dengan laba menurut konsep akuntansi dengan benar dapat menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan 2 x 50 keuangan konvensional. menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi sebagai akibat dari perkembangan sosial ekonomi. isi dan jenis laporan keuangan baik secara umum maupun yang diwajibkan. menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan keuangan konvensional. budaya dan politik bangsa dengan benar 2 x 50 menit Akuntansi Inflasi. Model Penilaian dan Penentuan Laba Trend dalam Akuntansi .negara terutama Indonesia. income smoothing. Mahasiswa dapat 7. budaya dan Laporan Keuangan : Neraca dapat menjelaskan konsep. pengakuan penghasilan. Mahasiswa dapat 10. dan perubahan akuntansi dengan benar dapat menjelaskan tujuan. menit model-model akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan pada saat inflasi. pengakuan penghasilan. konsep panandingan penghasilan dengan biaya. menjelaskan beberapa kontroversi pendapat tentang laba antara laba menurut konsep ekonomi dengan laba menurut konsep akuntansi. isi dan jenis laporan 2 x 50 keuangan baik secara umum menit maupun yang diwajibkan. income smoothing. konsep panandingan penghasilan dengan biaya. keterbatasan laporan keuangan Mahasiswa dapat 8. menjelaskan tujuan. Mahasiswa dapat 11. menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. unsur-unsur neraca dan konsep yang mendasarinya. dan perbandingan antara berbagai model tersebut. model-model akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan pada saat inflasi. Mahasiswa dapat 12. menjelaskan konsep. dan perubahan akuntansi. Mahasiswa dapat 9. isi dan bentuk laporan arus kas. dan perbandingan antara berbagai model tersebut dengan benar dapat menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi sebagai akibat dari perkembangan sosial ekonomi.

dan perumusan teori akuntansi di Indonesia. Menjelaskan konsep. 9. isi dan jenis laporan keuangan baik secara umum maupun yang diwajibkan. 4. Menjelaskan dan mengingat kembali pemahaman terhadap pengertian. Menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. Menjelaskan tujuan. . penyusunan kerangka konseptual akuntansi. Menjelaskan dan memahami dan dapat menjelaskan sejarah munculnya akuntansi double entry dan perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia 3. Menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan keuangan konvensional. 6. isi tujuan akuntansi dari berbagai sumber. pembuat kebijakan akuntansi. mahasiswa memiliki kemampuan untuk menerapkan konsep-konsep dan teori-teori terkait yang berhubungan dengan teori akuntansi KOMPETENSI DASAR MATAKULIAH : Kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti mata ajar teori akuntansi adalah mahasiswa dapat: 1. 5. dan perubahan akuntansi. unsur-unsur neraca dan konsep yang mendasarinya. income smoothing. Menjelaskan dan memahami dan dapat menjelaskan perlunya teori akuntansi.politik bangsa. 10. Menjelaskan lembaga yang menyusun standar akuntansi di berbagai negara. sifat dasar. hubungan antara standar akuntansi dan perangkat peraturan lainnya. konsep panandingan penghasilan dengan biaya. dan konsep-konsep dasar dalam penyusunan laporan keuangan. isi dan bentuk laporan arus kas. Menjelaskan beberapa kontroversi pendapat tentang laba antara laba menurut konsep ekonomi dengan laba menurut konsep akuntansi 11. dan siklus akuntansi 2. tujuan laporan keuangan. sifat dasar dan periodisasi teori akuntansi. proses penyusunan standar akuntansi di berbagai negara terutama Indonesia. model-model akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan pada saat inflasi. 7. dan perbandingan antara berbagai model tersebut. RENCANA PEMBELAJARAN (RP) MATAKULIAH TEORI AKUNTANSI KBA 610 PROGRAM STUDI EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS LANCANG KUNING STANDAR KOMPETENSI MATA KULIAH : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini. Menjelaskan proses perumusan tujuan laporan keuangan. keterbatasan laporan keuangan 8. dan sifat postulat akuntansi. metode dan pendekatan dalam perumusan teori akuntansi. pengakuan penghasilan. Menjelaskan dan memahami dan dapat menjelaskan elemen-elemen struktur teori akutansi.

12. Menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi sebagai akibat dari perkembangan sosial ekonomi. budaya dan politik bangsa .

sifat dasar. dan siklus akuntansi dengan benar Dapat menjelaskan 3 2 Kuliah mimbar Pencatatan 2. Sejarah Akuntansi di Indonesia  Zaman Kolonial  Zaman Penjajahan Belanda  Zaman Penjajahan Jepang  Zaman kemerdekaan  Pengaruh Pola Belanda  Pengaruh Pola Amerika  Standar Akuntansi di Indonesia  Pendidikan Akuntansi  Tantangan Baru Akuntansi sejarah munculnya akuntansi double entry dan perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia dengan benar . Akuntansi diskusi. Pengertian Akuntansi 2. Sifat Dasar Akuntansi 3. Siklus Akuntansi Sejarah Perkembangan Akuntansi: 1. sifat dasar. dan siklus akuntansi. 1. Perkembangan Ilmu Akuntansi 3.RENCANA PEMBELAJARAN (RP) MATA KULIAH TEORI AKUNTANSI KODE: KBA 610 MINGGU KE KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN BENTUK PEMBELAJARAN KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) Dapat menjelaskan BOBOT NILAI (%) 3 1 Mahasiswa dapat mengingat kembali pemahaman terhadap pengertian. Akuntansi dan Double Entry Praktek Akuntansi Sejarah Metode Double Entry   pengertian. Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan sejarah munculnya akuntansi double entry dan perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia Pengantar Teori Akuntansi dan Proses Kuliah mimbar.

Tujuan Akuntansi atau Laporan laporan keuangan. sifat dasar 4. penyusunan kerangka konseptual akuntansi. Mahasiswa dapat Tujuan Laporan Keuangan Kuliah mimbar menjelaskan proses 1. sifat dasar dan periodisasi teori akuntansi.  Menurut Standar Akuntansi penyusunan kerangka Keuangan konseptual akuntansi. tujuan laporan keuangan. Elemen Struktur Teori Akuntansi 2. Pembuat Kebijakan Akuntansi pembuat kebijakan 3. dan perumusan teori akuntansi di Indonesia. dan sifat postulat akuntansi. 2. pembuat kebijakan akuntansi. Pendekatan dalam Perumusan Teori pendekatan dalam Akuntansi perumusan teori 7. isi tujuan akuntansi dari berbagai sumber. Periodisasi Teori Akuntansi dan periodisasi teori 5. elemen-elemen struktur teori akutansi. Sifat Postulat Akuntansi  Postulat Akuntansi  Konsep Teoritis Akuntansi  Prinsip Dasar Akuntansi  Standar Akuntansi Mahasiswa dapat Teori Akuntansi dan Perumusannya Kuliah mimbar memahami dan dapat menjelaskan perlunya 1. tujuan laporan keuangan. dan konsep-konsep .3 Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan elemenelemen struktur teori akutansi. dan perumusan teori akuntansi di Indonesia. Tujuan Laporan Keuangan 3. Metode Perumusan Teori Akuntansi akuntansi. Perumusan Tujuan Akuntansi perumusan tujuan 2.  Menurut ASOBAT dan konsep-konsep  Menurut APB Statement No. Dapat menjelaskan 3 proses perumusan tujuan laporan keuangan. dan sifat postulat akuntansi dengan benar Dapat menjelaskan 3 perlunya teori akuntansi. metode dan pendekatan dalam perumusan teori akuntansi. metode dan 6. isi Keuangan tujuan akuntansi dari  Menurut PAI berbagai sumber. Struktur Teori Akuntansi : Kuliah mimbar Dapat menjelaskan 3 4 5 1. Perumusan Teori Akuntansi di Indonesia akuntansi. Difat Teori Akuntansi akuntansi. Teori Akuntansi teori akuntansi.

hubungan antara standar akuntansi dan perangkat peraturan lainnya. isi dan jenis laporan keuangan 3 . proses penyusunan standar akuntansi di berbagai negara terutama Indonesia dengan benar 3 dapat menjelaskan konsep. Penyusunan Standar Akuntansi di Indonesia 8. Penyusunan Kerangka Konseptual untuk Akuntansi Keuangan  Tujuan Laporan Keuangan untuk Lembaga yang Mencari Laba  Tujuan Laporan Keuangan untuk Lembaga yang bukan Mencari Laba 4. Pengukuran Akuntansi di Amerika akuntansi di berbagai Serikat negara terutama 6. isi dan jenis laporan 1. Perkembangan Pihak yang Menyusun Indonesia. Hubungan Standar Akuntansi dengan antara standar Perangkat Peraturan Lainnya akuntansi dan 3. Jenis Laporan Keuangan  dalam laporan 4 dasar penyusunan keuangan benar dalam laporan dengan dapat menjelaskan lembaga yang menyusun standar akuntansi di berbagai negara. Konsep Dasar Laporan Keuangan Mahasiswa dapat Standar Akuntansi Kuliah mimbar menjelaskan lembaga yang menyusun standar 1. Pengertian dan Sumber Standar akuntansi di berbagai Akuntansi negara. hubungan 2. Penyusunan Metode Standar Akuntansi di Inggris Mahasiswa dapat Laporan Keuangan : Neraca Kuliah mimbar menjelaskan konsep. Penyusunan Standar Akuntansi di USA perangkat peraturan 4. proses di Amerika Serikat penyusunan standar 5.dasar penyusunan keuangan. Standar Akuntansi 7. 6 7 Menurut Laporan Trueblood Committe 3. Penyusunan Metode Standar Akuntansi lainnya.

unsurunsur neraca dan konsep yang mendasarinya. 2. dan perubahan akuntansi. konsep panandingan penghasilan dengan biaya. income smoothing. Isi dan Bentuk Laporan Arus Kas Mahasiswa dapat Konsep Laba Kuliah mimbar menjelaskan beberapa kontroversi pendapat 1. konsep panandingan penghasilan dengan biaya. isi dan bentuk laporan 1. isi dan bentuk laporan arus kas dengan benar dapat menjelaskan beberapa kontroversi pendapat tentang laba antara laba menurut 30 3 Laporan Laba Rugi 1. dan perubahan akuntansi dengan benar dapat menjelaskan tujuan. 3. Laba Ekonomi 3 3 . 4. Catatan dan Penjelasan Laporan Keuangan 6. 7. Pengelompokan dalam Laporan Arus Kas 3. Biaya dan Laba Pengakuan Penghasilan Bentuk Penyajian Laba Rugi Income Smoothing Perubahan Akuntansi 10 11 Mahasiswa dapat Laporan Arus Kas Kuliah mimbar menjelaskan tujuan. Isi dan Elemen Laporan Keuangan. Keterbatasan Laporan Keuangan UJIAN TENGAH SEMESTER baik secara umum maupun yang diwajibkan. pengakuan penghasilan. 5. income smoothing. 6. unsurunsur neraca dan konsep yang mendasarinya. Jenis Laporan Keuangan 3. Laporan Periodik yang Diwajibkan SEC 5. Hubungan Rugi Laba dan Neraca Konsep Matching Definisi Hasil. Polemik tentang Laba tentang laba antara laba 2. pengakuan penghasilan. Khusus untuk Neraca 4. Peristiwa Kemudian 7.keuangan baik secara umum maupun yang diwajibkan. keterbatasan laporan keuangan dengan benar Kuliah mimbar dapat menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. 2. keterbatasan laporan keuangan 8 9 Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. 2. Tujuan Laporan Arus Kas arus kas.

Efficiensi Market Hypothesis 7. Krisis Akuntansi Masa Depan konsep ekonomi dengan laba menurut konsep akuntansi dengan benar dapat menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan keuangan konvensional. Model Akuntansi 5. modelmodel akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan pada saat inflasi. Akuntansi Perilaku 4. 3. Akuntansi Inflasi • General Price Level • Current Cost Accounting 3. budaya dan • Employee Reporting politik bangsa. Monetary Non Monetary Items 4. Penilaian dan Perbandingan terhadap Model Akuntansi 6. Laba Menurut Konsep Akuntansi Akuntansi Inflasi. Ilustrasi Beberapa Alternatif Model Akuntansi Mahasiswa dapat Trend dalam Akuntansi Kuliah mimbar menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan keuangan konvensional. Model Penilaian dan Penentuan Laba Kuliah mimbar 13 1. • Value Added Reporting 3. dan perbandingan antara berbagai model tersebut. budaya dan politik bangsa dengan benar 3 3 . Multidicipline Paradigm 5. Laba Akuntansi dan Money Income • Modal (capital) • Replacement Cost Income 4.12 menurut konsep ekonomi dengan laba menurut konsep akuntansi. dan perbandingan antara berbagai model tersebut dengan benar dapat menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi sebagai akibat dari perkembangan sosial ekonomi. modelmodel akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan pada saat inflasi. Trend Akuntansi sebagai akibat dari 2. Akuntansi dan Pembangunan Berkelanjutan 6. Beberapa Topik Baru dalam Akuntansi perkembangan sosial • Triple Entry System ekonomi. Perubahan dari Konsep Stable Monetary Unit 2.

14 UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) 30 .

Pembimbing dan nara sumber dapat ditemui kapan saja untuk memfasilitasi pembelajaran atau sesuai perjanjian yang telah disepakati sebelumnya dengan mahasiswa. Ak PELAKSANAAN PERKULIAHAN : 1. Jumlah total kehadiran tidak boleh kurang dari 80%. Mahasiswa yang terlambat setelah 30 menit kuliah dimulai tidak dibenarkan masuk ruangan dan apabila dosen terlambat lebih dari 30 menit tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tugas Terstruktur : Terdiri dari tugas mandiri di kelas dan tugas di rumah. Mid Semester : Materi UTS adalah seluruh materi yang telah diajarkan sebelum pelaksanaan UTS. 6. Kriteria Penilaian Akhir : Nilai Akhir mata kuliah menggunakan sistem Nilai Patokan. 5. tugas kelompok dan diskusi. D = 40 – 55 dan E < 40 .. Mahasiswa wajib bersikap baik selama mengikuti perkuliahan dan berhak mendapatkan bimbingan dari nara sumber. Akhir Semester : Materi UAS adalah semua materi yang telah diajarkan setelah UTS. b. JENI WARDI. Mahasiswa tidak dibenarkan memasuki ruangan kuliah dengan menggunakan baju kaos oblong (tanpa kerah). c. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan. 7. SE. Setiap mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk aktif dalam belajar dalam mengikuti setiap metode pembelajaran. C = 56 – 69 . Sistem Nilai dan Kriteria Penilaian Akhir : Sistem Penilaian : a. Melaksanakan dan mengerjakan penugasan yang diberikan dengan baik (dilarang keras mencontek dan mengkopi laporan teman). 2. mahasiswa dipersilahkan pulang dan dianggap tidak ada pertemuan. memakai sendal dan merokok. 3. 4.KONTRAK PERKULIAHAN TEORI AKUNTANSI KBA 610 PROGRAM STUDI EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS LANCANG KUNING DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH : 1. dengan kriteria : A > 80 : B = 70 – 80 .

metode dan pendekatan dalam perumusan teori akuntansi. dan siklus akuntansi. sifat dasar dan periodisasi teori akuntansi. penyusunan kerangka konseptual akuntansi. dan konsepAspek Berpikir Tertinggi C1 C2 C3 C4 C5 ˅ ˅ FAKULTAS EKONOMI 2 ˅ ˅ 3 Tugas 3 (kelompok) ˅ ˅ 4 Tugas 4 (kelompok) ˅ ˅ ˅ 5 Tugas 5 (kelompok) ˅ ˅ ˅ . dan sifat postulat akuntansi. pembuat kebijakan akuntansi.EVALUASI PEMBELAJARAN TUGAS MANDIRI DAN KELOMPOK TEORI AKUNTANSI KBA 610 UNIVERSITAS LANCANG KUNING TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK NO 1 Jenis Evaluasi Tugas 1 (mandiri) Tugas 2 (mandiri) Kompentensi Dasar Mahasiswa dapat mengingat kembali pemahaman terhadap pengertian. Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan perlunya teori akuntansi. Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan sejarah munculnya akuntansi double entry dan perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan elemen-elemen struktur teori akutansi. Mahasiswa dapat menjelaskan proses perumusan tujuan laporan keuangan. tujuan laporan keuangan. sifat dasar. dan perumusan teori akuntansi di Indonesia. isi tujuan akuntansi dari berbagai sumber.

model-model akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan pada saat inflasi. Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa trend ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ ˅ . Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa kontroversi pendapat tentang laba antara laba menurut konsep ekonomi dengan laba menurut konsep akuntansi. unsur-unsur neraca dan konsep yang mendasarinya. isi dan jenis laporan keuangan baik secara umum maupun yang diwajibkan. hubungan antara standar akuntansi dan perangkat peraturan lainnya. keterbatasan laporan keuangan Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. pengakuan penghasilan. income smoothing. Mahasiswa dapat menjelaskan lembaga yang menyusun standar akuntansi di berbagai negara. dan perubahan akuntansi. konsep panandingan penghasilan dengan biaya. proses penyusunan standar akuntansi di berbagai negara terutama Indonesia. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep. isi dan bentuk laporan arus kas. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan keuangan konvensional.6 Tugas 6 (kelompok) 7 Tugas 7 (mandiri) 8 Tugas 8 (mandiri) 9 10 Tugas 9 (kelompok) Tugas 10 (mandiri) 11 Tugas 11 (mandiri) 12 Tugas 12 (mandiri) konsep dasar dalam penyusunan laporan keuangan. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan. dan perbandingan antara berbagai model tersebut.

Ket : C1 : Pengetahuan / Pengenalan C2 : Pemahaman C3 : Penerapan C4 : Analisis C5 : Evaluasi . budaya dan politik bangsa.dalam akuntansi sebagai akibat dari perkembangan sosial ekonomi.

Pembahasan matakuliah ini meliputi : Pengantar Teori Akuntansi dan Proses akuntansi. Tujuan Laporan Keuangan. Model Penilaan dan Penentuan Laba. Arus Kas. 4. . Tujuan Instruksional Pada akhir perkuliahan ini. Laporan Rugi Laba. metode dan pendekatan dalam perumusan teori akuntansi. Teori Akuntansi dan Perumusannya. akuntansi Inflasi. Standar Akuntansi. Sejarah Perkembangan akuntansi. Standar Akuntansi. Laporan Rugi Laba. 2. sifat dasar. Konsep Laba. tujuan laporan keuangan. matakuliah ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa mengenai akuntansi serta aplikasinya didunia kerja. akuntansi Inflasi. Laporan Keuangan. Struktur Teori Akuntansi. sifat dasar dan periodisasi teori akuntansi. Sejarah Perkembangan akuntansi. Manfaat Mata Kuliah Teori Akuntansi merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi akuntansi. Menjelaskan dan memahami dan dapat menjelaskan elemen-elemen struktur teori akutansi. SE. Struktur Teori Akuntansi. Laporan Keuangan. 3. Menjelaskan dan mengingat kembali pemahaman terhadap pengertian. dan perumusan teori akuntansi di Indonesia.KONTRAK PERKULIAHAN Nama Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Pengajar Semester Hari Pertemuan / Jam Tempat Pertemuan Teori Akuntansi KBA 610 Jeni Wardi. Anda diharapkan mampu : 1. Konsep Laba. Ak VI (enam) 1. Menjelaskan dan memahami dan dapat menjelaskan sejarah munculnya akuntansi double entry dan perkembangannya sebagai ilmu akuntansi serta perkembangan akuntansi di Indonesia 3. Tujuan Laporan Keuangan.. Model Penilaan dan Penentuan Laba. Untuk mendapatkan kejelasan dari fase penting ilmu ini dan menentukan alat yang dapat memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan Teori Akuntansi perlu dilakukan pengamatan. Trend dalam Akuntansi. Teori Akuntansi dan Perumusannya. Trend dalam Akuntansi. Neraca. Deskripsi Perkuliahan Mata kuliah Teori Akuntansi diberikan pada semester VI (enam) dengan bobot 3 SKS. Arus Kas. pembuat kebijakan akuntansi. Mata ajaran ini berfokus pada: Pengantar Teori Akuntansi dan Proses akuntansi. dan sifat postulat akuntansi. untuk menyelesaikan masalah yang sering muncul dalam hal proses penyusunan anggaran. Menjelaskan dan memahami dan dapat menjelaskan perlunya teori akuntansi. Neraca. Pengamatan dilakukan dalam bentuk abstrak maupun nyata. dan siklus akuntansi 2.

Tugas 1. hubungan antara standar akuntansi dan perangkat peraturan lainnya. unsur-unsur neraca dan konsep yang mendasarinya. 2. 10. income smoothing. Disamping itu juga dilakukan tanya jawab untuk menggali pertanyaan dan permasalahan yang terjadi selama interaksi pengajaran dengan memancing mahasiswa untuk merumuskan pertanyaan dan permasalahan yang terjadi di seputar masalah Akuntansi. 12. 5. proses penyusunan standar akuntansi di berbagai negara terutama Indonesia. Quis akan dilakukan sebanyak dua kali untuk melihat sejauh mana mahasiswa dapat menangkap materi yang diberikan dan untuk merangsang mahasiswa mengulang materimateri kuliah yang diberikan. konsep panandingan penghasilan dengan biaya. dan perubahan akuntansi. model-model akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan pada saat inflasi. Evaluasi tengah semester akan diadakan setelah tujuh kali pertemuan. Menjelaskan hubungan antara laporan laba rugi dengan neraca. Materi / Bacaan Perkuliahan 6. Kriteria Penilaian . Sedangkan evaluasi akhir semester dilakukan setelah tujuh kali pertemuan dan berbentuk esai. Menjelaskan proses perumusan tujuan laporan keuangan. Evaluasi akan menggunakan bentuk esai dan pilihan berganda. penyusunan kerangka konseptual akuntansi. Menjelaskan beberapa kontroversi pendapat tentang laba antara laba menurut konsep ekonomi dengan laba menurut konsep akuntansi 11. Menjelaskan tujuan. Strategi Perkuliahan Metode perkuliahan ini lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan disertai contoh sehingga setiap peserta mengerti tentang pentingnya Teori Akuntansi pada suatu perusahaan. 6. 3. isi dan bentuk laporan arus kas. 7. 9. isi dan jenis laporan keuangan baik secara umum maupun yang diwajibkan. Menjelaskan konsep. Setiap bacaan perkuliahan yang disebutkan sebelumnya harus sudah dibaca dari berbagai literatur yang sudah disampaikan pada awal perkuliahan. Menjelaskan beberapa trend dalam akuntansi sebagai akibat dari perkembangan sosial ekonomi. dan perbandingan antara berbagai model tersebut. Menjelaskan pengaruh inflasi terhadap laporan keuangan konvensional. keterbatasan laporan keuangan 8. dan konsep-konsep dasar dalam penyusunan laporan keuangan. 7. budaya dan politik bangsa 4. Menjelaskan lembaga yang menyusun standar akuntansi di berbagai negara.5. Untuk memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap seluruh aspek pengajaran perlu diperkuat dengan praktek lapangan. isi tujuan akuntansi dari berbagai sumber. pengakuan penghasilan. Diskusi literatur juga dlakukan untuk menunjukkan kepada mahasiswa topik-topik penelitian yang berkaitan dengan akuntansi serta mempresentasikan ke depan untuk melatih mahasiswa mengungkapkan pendapat dan pandangannya terhadap topik permasalahan yang ditemukan di dalam jurnal atau literatur.

Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan Kriteria sebagai berikut : Nilai A B C D E Point 4 3 2 1 0 Range ≥ 80 70 – 79 60 – 69 50 – 59 ≤ 49 Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut : Paper jurnal Evaluasi tengah semester Evaluasi akhir semester Quis Tugas kelompok 10% 30% 40% 10% 10% .