P. 1
Belajar Tutorial Photoshop

Belajar Tutorial Photoshop

|Views: 465|Likes:
Published by Say UrickyUdyn

More info:

Published by: Say UrickyUdyn on Apr 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2013

pdf

text

original

Sections

  • Seleksi Dengan Channel
  • Memperhalus tepian seleksi
  • Membuat seleksi dengan path
  • Menggunakan Magnetic Lasso Tools
  • Membuat seleksi dengan channel dan layer mask
  • Membuat seleksi kotak dalam ukuran tertentu
  • Menyeleksi Dengan Color Range
  • Cara menggunakan Magic Wand
  • Seleksi dengan Lasso tools
  • Daftar tombol pintas Photoshop
  • Mengatasi masalah pada Photoshop
  • Efek foto sephia
  • Membuat foto hitam putih dengan Lab Color
  • Membuat efek foto glamor
  • Membuat refleksi bayangan – versi sederhana
  • Efek bayangan di atas air
  • Mengubah warna lipstik dengan Photoshop
  • Membuat efek bayangan secara manual
  • Mengubah Warna Mata
  • Membuat efek chrome
  • Membuat vignette
  • Penghilang Noda
  • Efek teks logam dengan Photoshop
  • Membuat efek tulisan Godzilla

Belajar Tutorial Photoshop

Tempat mempelajari Photoshop dengan mudah

Disusun Oleh INSANISLAMI TEAM
Bersama Mencerdaskan Bangsa

Author & Copyright : insanislami Status : FREE tutorial All Rights Reserved

Belajar Tutorial Photoshop - insanislami

1

Perlindungan Virus Oleh :
– – Kaspersky Anti Virus Bitdefender Anti Virus – – Avira Anti Virus Vaksin Anti Virus – – Smadav Anti Virus Ansav Anti Virus

Catatan :
 Garansi bebas virus selama minimal 6 Bulan (apabila kena virus selama masa garansi, kami siap dipanggil kapan saja online 24 Jam untuk membasami virus.  Tiap dua bulan sekali akan dilakukan update Anti Virus secara berkala dan gratis… tis… tis….  Melayani pelatihan cara membasmi virus computer secara gratis… tis… tis…. dengan berbagai teknik.  Memperbaiki / recovery data yang sudah diinfeksi virus / terhapus / format.

Belajar Tutorial Photoshop - insanislami

2

Bagian I : Pewarnaan

Kalibrasi monitor dengan Adobe Gamma
Adobe Gamma merupakan program yang dapat digunakan untuk mengkalibrasi monitor, program ini biasanya sudah disertakan saat Anda menginstall Adobe Photoshop. Kalibrasi disini maksudnya adalah membuat agar monitor agar mampu menampilkan warna yang standar.

Setting monitor yang diatur pada saat mengkalibrasi monitor adalah sebagai berikut: Brightness and Contrast, pengaturannya seperti pada televisi, yang tentu sudah biasa Anda lakukan. Program ini akan mengatur Brightness dan Contrast agar bisa optimal. Gamma, merupakan pengaturan nilai range warna midtones. Phosphors, merupakan substansi yang digunakan oleh monitor CRT. White Point, menentukan intensitas terang warna putih.

Cara mengkalibrasi monitor
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengkalibrasi monitor: 1. Tampilkan warna monitor Anda dalam 24 bit atau lebih (gunakan Display Properties untuk mengaturnya). 2. Ubah gambar background/wallpaper dengan warna abu-abu (atur dari Display Properties). 3. Gunakan software Adobe Gamma (ada di Control Panel). Ikuti langkah-langkahnya pada program tersebut. Pastikan monitor sudah dihidupkan paling tidak setengah jam. Atur juga penerangan di ruang yang Anda gunakan) Setelah dikalibrasi, maka akan dibuatkan sebuah profile yang bisa Anda simpan. Usahakan untuk mengkalibrasi monitor secara berkala.

Belajar Tutorial Photoshop - insanislami

3

Langkah 3 Belajar Tutorial Photoshop . Kontras disini maksudnya adalah kontras antara warna latar belakang dengan obyek yang akan diseleksi.Bagian II : Seleksi Seleksi Dengan Channel Berikut ini adalah tutorial photoshop tentang cara untuk membuat seleksi dengan menggunakan channel. Channel yang dipilih tidak harus seperti contoh gambar dibawah ini. Langkah pembuatan seleksi dengan menggunakan Channel Langkah 1 Setelah gambar dibuka dengan Photoshop. Tehnik seperti ini akan dapat menghasilkan seleksi yang lebih akurat dibandingkan dengan tool pembuat seleksi biasa. Namun cara pembuatannya akan lebih rumit. tapi tergantung dari kondisi foto yang Anda seleksi. Langkah 2 Pilih Channel yang paling kontras warnanya. pilihlah menu Channel (Window > Channel).insanislami 4 . seperti lasso dan magic wand.

Untuk membuat berwarna putih : Pilihlah Dodge tool. Belajar Tutorial Photoshop . Untuk membuat berwarna gelap : Pilihlah Burn tool. dengan pengaturan Range = Highlights.insanislami 5 . dengan cara menarik nama channel ke arah icon Create New Channel. Exposure kecil. dengan pengaturan Range = Shadow. Exposure kecil. disapukan pada gambar. disapukan pada gambar. Langkah 4 Buatlah agar Channel ini berwarna hitam dan putih yang pekat.Gandakan / duplikat channel yang paling kontras tersebut.

jika warnanya hitam akan menjadi daerah yang tidak terseleksi. Kemudian klik nama Channel RGB. Karena kondisi gambar ini justru terbalik warnanya maka kita balik dulu dengan memilih menu Image > Adjustment > Invert. bisa dengan menggunakan Brush tool yang disapukan dengan warna hitam dan putih. Langkah 6 Klik icon Load channel as selection. Jika kondisi gambar tidak terbalik warnanya.insanislami 6 .Pada area gambar yang lain. Langkah 5 Prinsip penggunaan channel ini. Belajar Tutorial Photoshop . sementara putih akan menjadi daerah seleksi. langkah diatas tidak perlu dilakukan.

sehingga relatif lebih sulit dilakukan. Tepian seleksi ini bisa diperhalus. kita tinggal kembali ke palet Layer dan siap menggunakan foto yang sudah diseleksi ini sesuai dengan keinginan dan kreativitas kita. pastikan layer yang Anda seleksi dalam keadaan aktif. Jika layer yang Anda seleksi adalah layer background. tentu akan mendapatkan sebuah tepian seleksi yang bergerigi. Belajar Tutorial Photoshop . Namun pada Photoshop untuk memberikan Feather tidak langsung mendapatkan previewnya. Pada CorelPhotopaint. maka klik dua kali pada nama layer background. lasso. Dan pastikan bahwa layer ini bukan merupakan layer background. Cara untuk memperhalus tepian seleksi pada photoshop Setelah Anda selesai membuat seleksi.Seleksi sudah jadi. Memperhalus tepian seleksi Jika anda pernah menggunakan magic wand. ataupun selections tools lainnya untuk membuat seleksi pada foto dengan Photoshop. kemudian klik OK. ini dapat diminimalir dengan memberikan Feather pada seleksi. Selamat mencoba tutorial photoshop membuat seleksi dengan channel ini.insanislami 7 .

Tentukan seberapa banyak tingkat kehalusan gambar yang Anda inginkan.Setelah gambar diseleksi. Pilihlah menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Belajar Tutorial Photoshop . Dan pastikan Anda selalu aktif di layer mask. Jika tepian halus yang Anda inginkan hanya pada perbagian dari gambar. kemudian klik icon Add Layer Mask pada palet layer. maka gunakanlah Blur Tool untuk membuat kesan halus tersebut. Layer mask itu adalah gambar thumbnail hitam putih di Palet layer. letaknya tepat disamping thumbnail layernya. bukan pada gambar aslinya.insanislami 8 .

biasanya hasil seleksi yang terjadi justru terbalik areanya.insanislami 9 . Pilih Pen tool pada toolbox-nya photoshop. Pilihlah path dari tiga icon tersebut (saya tandai lingkaran merah pada gambar dibawah ini). Pada icon tersebut saya sarankan untuk memilih yag paling kiri. atau sebenarnya bisa juga dibuat dengan memanfaatkan seleksi yang sudah ada. fill pixel. maka akan terbuat sebuah bangun. karena pasti ngedit per titiknya akan lebih banyak. terdapat tiga icon yaitu shape. klik gambar icon segitiga kecil (geometri option) kemudian beri tanda cek pada pilihan Rubber band (pada gambar diatas saya tandai dengan lingkaran warna biru). Belajar Tutorial Photoshop . sekarang buatlah gambar garis path seperti garis seleksi yang akan dibuat. path. Path yang dimaksudkan disini adalah sebuah garis yang dibentuk dengan pen tool. terdapat 4 icon (saya tandai dengan lingkaran hijau). relatif lebih sulit. Jika menghendaki munculnya garis pada saat membuat gambar. Karena jika menggunakan icon yang lainnya. Pada sebelah kanannya lagi. Jika Anda terus melakukan klik hingga melakukan klik pada titik awal. Kalau mengubah dari seleksi yang sudah ada. Pada option bar. 2. Setelah Pen tool sudah kita persiapkan berikut pengaturannya tadi. Tiap klik akan membuat sebuah garis bersambung. yaitu Add to path area. Pada tutorial photoshop berikut ini saya akan membahas tentang cara untuk membuat seleksi dengan path pada Photoshop : 1.Membuat seleksi dengan path Sebuah cara yang efektif untuk membuat seleksi pada photoshop adalah dengan menggunakan path. Pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah.

kita bisa mengatur letak tiap titik anchor point.insanislami 10 . klik kanan pada garis path. demikian juga dengan arah lengkungan tiap garis bantu. Dengan direct selection tool. Belajar Tutorial Photoshop .0 dengan versi-versi berikutnya. Garis path yang sudah selesai. maka saat melakukan klik. Letak tool di tool box ini berbeda antara di Photoshop 7. Untuk menambah titik. pilih Add Anchor Point. bisa diedit lagi dengan Direct Selection Tool. tombol mouse ditahan sambil digeser.Jika ingin membuat garis yang melengkung.

yang bisa Anda gunakan untuk menentukan feather dan mengatur penerapan seleksi tersebut. path bisa dijadikan seleksi. menambah area seleksi. Jika path sudah jadi. klik kanan pada titik. klik kanan pada gambar (tidak harus tepat pada path). buatlah garis path ini mengikuti bentuk obyek / model foto yang ingin diseleksi. pilih Make Selection Kemudian akan muncul kotak dialog.insanislami 11 . Penerapan yang saya maksudkan adalah bahwa seleksi bisa merupakan seleksi baru. Pastikan garis path tersebut membentuk sebuah bangun. Belajar Tutorial Photoshop . pilih Delete Anchor Point. atau membuat area perpotongan antar seleksi. Untuk membuat seleksi.Untuk menghapus titik. mengurangi. Dengan menggunakan pen tool atau direct selection tool.

ini untuk mengatur seberapa kontras tingkat perbedaan warna yang akan dideteksi oleh Magnetic lasso sebagai tepian seleksi.insanislami 12 . bulu. Atur ukuran feather. Atur ukuran Width. asap. ini digunakan untuk mengatur jarak antara tiap-tiap tepian seleksi yang dianggap sebagai garis tepi. Karena bila dibuat path yang baru. gampang sekali. Cara mengatur Magnetic Lasso pada Photoshop Agar tool ini akurat. Path untuk membuat seleksi ini hanya efektif pada seleksi pada bidang/gambar yang pinggirannya solid. tidak efektif jika tepian seleksi yang akan dibuat berbentuk halus atau abstrak. kemudian pointer mouse digeser tanpa harus menekan tombol mousenya terus-terusan. Jika menginginkan ada lebih dari 1 path. Buatlah path yang baru dari palet ini. Pada tutorial Photoshop kali ini. 3. Atur ukuran Edges Contrast. 2. Sama seperti sebelumnya. Ini akan membuat Magnetic Lasso hanya akan mendeteksi ujung dari garis yang masih berada dalam jangkauan pointer. maka path ini akan menghapus path yang terdahulu. karena Anda tetap harus memperhatikan kondisi gambar yang Anda seleksi. path yang ada hanya ada satu. Tinggal klik di tempat yang akan kita seleksi.Harap diingat! bahwa untuk membuat path pada photoshop sebagai seleksi. 4. akan tergantung dari kondisi gambar dan kepekaan tool ini sendiri. ini digunakan untuk mengurangi ujung seleksi yang bergerigi dan tidak rata. Kaalau cara pakainya. saya sarankan untuk menggunakan nilai kecil pada pengaturan ini. maka coba kita mulai melakukan pengaturan pada bagian Option bar : 1. kita akan belajar cara mengatur tool ini. Menggunakan Magnetic Lasso Tools Magnetic Lasso tool adalah sebuah tool yang bisa digunakan untuk membuat seleksi secara cepat pada gambar yang kontras. ini digunakan untuk mengatur transparansi pada tepi seleksi. Namun ini tidaklah baku. Klik pilihan anti-aliasing. Akurat atau tidaknya hasil seleksi. Saya menyarankan untuk menggunakan nilai kecil pada pengaturan ini. Belajar Tutorial Photoshop . misalnya menyeleksi rambut. atau yang lainnya. maka buat dulu path yang baru dari menu Window > Path untuk menampilkan palet path. karena Anda tetap harus memperhatikan kondisi gambar yang Anda seleksi. Namun ini tidaklah baku.

5. Seleksi ini dibuat dengan membuat sebuah gambar hitam-putih yang digunakan sebagai dasar dari pembuatan seleksi-nya. Saya sering menggunakan nilai yang banyak pada Frequency ini. Membuat seleksi dengan channel dan layer mask Pada tutorial kali ini kita akan belajar lagi tentang pembuatan seleksi pada Photoshop dengan mengggunakan layer mask. 6. • Jika ingin menghapus semua titik yang telah dibuat. Cara membuat seleksi rambut pada Photoshop dengan detil Bukalah gambar yang akan dibuat seleksi-nya dengan Adobe Photoshop. tidak pernah saya atur karena saya menggunakan mouse (mogamoga iso tuku stylus tablet). Tablet pressure.insanislami 13 . Belajar Tutorial Photoshop . hingga 100 titik. gunakan nilai yang rendah • Saat membuat seleksi. misalnya gambar kartun. tekan tombol ESC. Catatan • Pada gambar dengan tepian kontras tinggi. Pada contoh berikut ini saya menggunakan sebuah gambar foto wanita. lakukan dengan menekan tombol Delete di keyboard. tekan tombol ] untuk meningkatkan Width sebanyak 1 pixel. • Pada gambar foto dengan tepian yang nampak kabur/lembut. Atur Frequency. Seleksi dengan tehnik ini cocok digunakan untuk menyeleksi bagian yang sifatnya halus seperti ujung rambut ataupun bulu. gunakan nilai Edges Contrast yang tinggi. tekan [ untuk mengurangi sebanyak 1 pixel. ini digunakan untuk mengatur jumlah titik-titik yang muncul sebagai ujung seleksi. • Jika ingin menghapus beberapa titik yang telah terbuat. Gambar di bawah ini sudah kupotong sebagian dengan Crop tool agar lebih memfokuskan pada bagian rambut yang akan diseleksi.

pilihlah sebuah channel yang kamu anggap paling kontras.insanislami 14 . Untuk membuatnya benar-benar hitam putih yang pekat. Saat menggunakan Burn tool Pilihlah pada option bar. gunakanlah Burn tool. Belajar Tutorial Photoshop . 1. dan/atau Dodge tool pada tool box-nya Photoshop.Aktifkan palet Channels (Window > Channels). Pada palet ini. Buatlah agar gambar yang hitam putih pada foto yang sedang kita edit pake Photoshop ini menjadi semakin pekat dan nampak perbedaan antara bagian hitam dan putihnya. range = Shadow. sekitar 10-20% aja. Gunakan tool ini untuk menghitamkan area gambar. Exposurenya jangan terlalu banyak. Kemudian duplikat-lah channel yang paling kontras tersebut (dengan menariknya ke icon new channel di sebelah bawah dari palet channel).

Jika perlu membalik warnanya. maka gunakan adalah Burn tool terlebih dulu. sekarang buatlah seluruh bagian dalam dari gambar benar benar berwarna hitam dan putih seperti contoh gambar dibawah ini. Belajar Tutorial Photoshop . Kedua tool ini digunakan karena mengingat sulitnya mengisikan warna pada tempat yang sangat kecil atau sempit. Untuk mempertahankan bagian rambut yang agak transparan. Exposurenya juga jangan terlalu banyak. Saat menggunakan Dodge tool Pilihlah pada option bar. Saat menggunakan Brush tool. pastikan warna Foreground dan Background adalah hitam dan putih (ini bisa dilakukan dengan menekan tombol D pada keyboard. Untuk mengisikan warnanya. sekitar 10-20% aja. tekan huruf X di keyboard). Gunakan tool ini untuk memutihkan area gambar.2.insanislami 15 . Berganti-gantilah antara kedua tool tersebut hingga didapat bagian tepi dari gambar tersebut berwarna hitam dan putih. Tool ini kupakai untuk menghitamkan lebih dulu dengan tujuan agar bagian rambut yang agak transparan tidak keburu tertutup oleh Dodge tool. range = Highlite. utamakan untuk menghitamkan bagian itu terlebih dulu. gunakanlah Brush tool. Setelah bagian-bagian tepi dari gambar sudah nampak kontras dan berwarna hitam dan putih. Bagian ujung dari rambut sangatlah kecil.

Maka gambar ini perlu kita balik warnanya. mengingat bahwa prinsip penggunaan mask adalah: Hitam berarti tidak menjadi seleksi. kliklah icon Load channel as selection.Langkah berikutnya. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.insanislami 16 . dengan cara meng-klik channel RGB yang ada pada di urutan paling atas di palet channel. Setelah menjadi seperti gambar diatas. Kemudian aktifkan lagi channel RGB. Belajar Tutorial Photoshop . letaknya di bagian bawah kiri pada palet Channels. dan Putih menjadi seleksi. Lakukan ini dengan memilih menu Image > Adjustment > Invert.

Untuk melihat hasilnya akurat atau tidak. Setelah ini. Belajar Tutorial Photoshop . pilihlah warna yang mirip dengan warna rambut model ini (gunakan saja Eyedropper tool). Pada saat menyapukan warna ini.insanislami 17 . mode blending sapuan brush kuganti dengan Darken (pengaturan ini ada pada option bar).ternyata ada bagian dari rambut yang nampak putih tepinya. Ini karena pada bagian tersebut gambar rambut sudah bercampur dengan background yang warnanya agak putih juga.Sekarang pindahlah ke palet Layer. kemudian sapukan warna ini dengan Brush tool. layer ini kemudian diletakkan urutannya di bawah layer yang sudah kita kerjakan tadi. Berikut ini adalah hasilnya yang sudah terpotong dengan seleksi dan kuhilangkan warna putih di tepi rambutnya tadi. Untuk menghilangkan warna putih ini. Hii. maka klik dua kali pada nama layer-nya kemudian klik OK.. klik icon Add layer mask. buatlah sebuah layer baru yang diisi dengan warna abu-abu. letaknya di bagian bawah dari palet layer. Jika gambar ini merupakan layer background.

Tool ini biasanya digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk kotak.insanislami 18 . Pilihan yang ketiga adalah Fixed Size. setelah kita mengisikan nilai pada kotak isiannya. Isikan disini angka yang kita inginkan sebagai perbandingannya. saat kita membuat seleksi. Pada kotak pilihan Style. Salah satu dari Marque ini adalah Rectangular Marque. Sedangkan pada pilihan kedua. Setelah itu. point. centimeter. dan Fixed Size. Cara membuat seleksi kotak dalam Photoshop Setelah kita memilih Rectangular Marque tool. maka ukuran seleksi akan selalu sebesar perbandingan / skala yang kita tentukan. walaupun memang agak njlimet dan perlu ketelitian.Mudah kan caranya. maka saat kita klik di gambar untuk membuat Belajar Tutorial Photoshop . yaitu: Normal. Membuat seleksi kotak dalam ukuran tertentu Salah satu tool seleksi pada photoshop adalah Marque. Yang akan kubahas dalam post kali ini adalah bagaimana cara membuat sebuah seleksi kotak dalam ukuran yang sudah kita tentukan. dan persen. terdapat tiga pilihan. picas. Ukuran yang bisa digunakan adalah dalam satuan pixel. Nilai perbandingannya bisa diisikan pada kotak isian Width dan Height. inchi. Fixed Aspect Ratio. milimeter. yaitu Fixed Aspect Ratio. digunakan jika kita ingin membuat seleksi kotak dalam perbandingan atau skala tertentu. Pilihan Normal adalah pilihan default yang sudah selalu aktif dan mungkin sudah biasanya kita gunakan saat menggunakan Photoshop. Pilihan ini digunakan kalau kita ingin agar seleksi yang kita buat mempunyai ukuran yang sudah pasti. lakukanlah pengaturan pada option bar.

Setelah muncul kotak pilihan Color Range.seleksi. Misalnya gambar dibawah ini. Color Range untuk menyeleksi gambar Bukalah sebuah gambar dengan Photoshop. Kemudian pilih menu Select > Color Range. Belajar Tutorial Photoshop . Color Range ini adalah sebuah fasilitas dalam Adobe Photoshop yang bisa digunakan untuk menyeleksi gambar. Menyeleksi Dengan Color Range Tutorial Photoshop kali ini akan kuisi dengan membahas tentang Color Range. bentuk pointer akan berubah menjadi eyedropper tool.insanislami 19 . seleksi pada photoshop tersebut pasti mempunyai ukuran yang sudah kita isikan tadi. Terutama pada area yang warnanya sama/mirip. Jadi penggunaan Color range ini mirip dengan pengggunaan Magic Wand Tool. Gambar ini diambil dari salah satu gambar wallpaper punya Windows. Warna yang ada pada bagian yang Anda klik tadi akan muncul sebagai area berwarna putih di kotak dialog Color Range. Klikkan pointer ini pada salah satu area pada bidang gambar.

kliklah dulu icon eyedropper dengan tanda + (plus). Pada bagian Select. untuk mengurangi area seleksi. misalnya Red.insanislami 20 . Untuk menambah area yang dipilih.Area yang berwarna putih ini menunjukkan bahwa area tersebut akan dijadikan sebuah seleksi. Berikut ini contoh gambar yang sudah dibuat hitam dan putih. bisa juga dipilih beberapa preset warna yang bisa digunakan. dan yang lainnya. Usahakanlah untuk membuat area gambarnya berwarna hitam dan putih sesuai dengan area gambar yang akan diseleksi. kemudian kliklah area yang akan ditambahkan dalam seleksi. gunakanlah eyedropper dengan tanda – (minus). Belajar Tutorial Photoshop . Demikian juga sebaliknya.

Terutama pada area yang warnanya sama/mirip. maka seleksinya sudah jadi. Color Range ini adalah sebuah fasilitas dalam Adobe Photoshop yang bisa digunakan untuk menyeleksi gambar. mirip dengan penggunaan Color Range. Sesuai dengan fungsi Magic Wand. Cara penggunaannya mudah sekali. Cara menggunakan Magic Wand Langkah 1 Bukalah gambar yang akan diseleksi. Belajar Tutorial Photoshop . Gambar ini adalah sebuah gambar dari image sample milik Adobe Photoshop (secara default terletak di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS2\Samples\Ducky. pilihlah gambar yang mempunyai warna-warna dominan yang luas. Magic Wand adalah sebuah tool pembuat seleksi dalam Photoshop. area seleksi bisa dibalik dengan memilih menu Select > Inverse. Tool ini bisa digunakan untuk menyeleksi bidang gambar yang mempunyai kemiripan warna. Tutorial Photoshop pada post ini akan membahas tentang Magic Wand. Jika bidang seleksi yang Anda inginkan justru terbalik. tinggal di klikkan pada bidang gambar yang akan diseleksi.insanislami 21 . yang mungkin agak rumit adalah cara untuk mengatur kepekaan tool ini. Jadi penggunaan Color range ini mirip dengan pengggunaan Magic Wand Tool. Cara menggunakan Magic Wand Tutorial Photoshop kali ini akan kuisi dengan membahas tentang Color Range. Misalnya seperti gambar dibawah ini.Tinggal klik OK. Gambar ini mempunyai background / latar belakang berwarna putih pekat.tif).

Semakin kecil nilainya. Pengaturan yang bisa dilakukan adalah : Tolerance Digunakan untuk menentukan tingkat kepekaan tool ini. aturlah terlebih dulu tool ini. Begitu juga sebaliknya. maka saat Anda memilih sebuah warna. Anti Alias Digunakan untuk membuat tepi seleksi yang halus. termasuk bagian mata.insanislami 22 . maka seluruh bidang gambar yang berwarna putih. Pada ilustrasi gambar tutorial dibawah ini. hanya daerah warna lain yang benar-benar mirip saja yang akan terpilih. ikut terpilih. Contiguous Digunakan untuk memilih hanya daerah warna yang bedekatan saja. dengan Contiguous tidak aktif maka seluruh bidang gambar yang mempunyai warna sama akan terpilih. Nilai standarnya adalah 32. seleksi dilakukan pada background yang putih dalam kondisi Contiguous tidak aktif. Atau sebaliknya. Belajar Tutorial Photoshop . maka tool ini akan semakin peka. namun bisa diisi sendiri dengan nilai dari 0 hingga 255. Dalam arti bahwa dengan nilai toleransi kecil.Langkah 2 Pilihlah Magic Wand Tool di toolbox Photoshop. Langkah 3 Sebelum tool ini digunakan.

kliklah area pada gambar yang akan diseleksi. Belajar Tutorial Photoshop . setelah seluruh background-nya terseleksi. maka yang diseleksi kali ini justru pada bagian bakground-nya yang putih. Langkah 4 Dengan menggunakan pointer magic wand. maka tool ini juga akan mampu menyeleksi warna pada layer-layer yang lain. baliklah area seleksinya dengan memilih menu Select > Inverse.insanislami 23 . Untuk mempermudah pembuatan seleksi.Sample All Layers Digunakan jika gambar yang sedang Anda olah dengan Photoshop terdiri dari banyak layer. Berikut ini gambar bebek yang sudah diseleksi dan dimodifikasi gambarnya. Ini dilakukan karena yang sebenarnya ingin kita seleksi adalah bagian gambar bebeknya.

Selamat mencoba.

Seleksi dengan Lasso tools
Tutorial Photoshop ini akan membahas tentang pembuatan seleksi menggunakan lasso. Tool seleksi ini sebenarnya sudah umum diketahui. Namun karena dari beberapa pertanyaan yang sudah saya terima, saya merasa ada beberapa teman para pembaca blog Belajar Tutorial Photoshop ini yang masih awal dalam menggunakan Photoshop, maka saya akan mencoba menuliskan beberapa tutorial Photoshop dari dasar. Hal ini agar para pembaca yang belum lama mengenal Photoshop bisa mengikuti langkah-langkah pada tutorial yang saya tulis dengan lebih mudah. Seleksi itu sendiri menurut saya adalah memilih sebuah area pada gambar. Area seleksi bisa di edit tanpa mempengaruhi area lain diluar seleksi. Lasso tool adalah sebuah perangkat seleksi yang sudah disediakan oleh Photoshop. Lasso tool berada pada toolbox Photoshop.

Tool seleksi ini dibagi menjadi 3 buah, yaitu: 1. Lasso Tool ini digunakan untuk membuat seleksi dengan cara menekan dan tahan tombol mouse, sambil digerakkan mengikuti bentuk gambar yang akan diseleksi. Cocok digunakan untuk membuat seleksi dengan cepat namun tidak memerlukan bentuk yang akurat. Belajar Tutorial Photoshop - insanislami 24

2. Polygonal Lasso Tool ini digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk garis-garis lurus. Hanya cocok digunakan untuk menyeleksi bidang / bentuk yang lurus. Caranya dengan melakukan klik pada satu titik, kemudian klik lagi pada titik di daerah yang lain.

3. Magnetic Lasso Tool ini hampir mirip dengan lasso. Tool ini bisa mengetahui perbatasan gambar dengan cara melihat tingkat perbedaan kontras warna gambar. Secara lebih lanjut tentang tool ini bisa dibaca pada Menggunakan Magnetic Lasso Tools, pada tutorial tersebut saya tuliskan cara melakukan pengaturan Magnetic Lasso.

Seleksi menggunakan ketiga tool tersebut diatas haruslah membentuk sebuah bangun, maksudnya tidak hanya berupa sebuah garis. Misalnya kita akan menyeleksi wajah orang, maka tool seleksi tersebut harus melingkari wajah tersebut.

Belajar Tutorial Photoshop - insanislami

25

Jika seleksi yang kita buat dengan lasso tersebut sampai pada titik awal pembuatan seleksi, maka seleksi akan membentuk sebuah bangun. Apabila tidak menemukan titik awal pembuatan seleksi, maka sebagai gantinya bisa dengan melakukan klik dua kali.

Daftar tombol pintas Photoshop
Berikut ini adalah beberapa tombol-tombol pintas ( short key ) pada program Photoshop. Sebenarnya tombol-tombol ini dengan dapat Anda munculkan sendiri. Caranya dengan memilih menu Edit > Keyboard Shortcuts. Setelah muncul kotak dialognya, klik tombol Summary. Maka akan dibuatkan sebuah file yang memuat daftar tombol-tombol tersebut.

Tinggal Anda simpan di komputer Anda file tersebut. Berikut ini tampilan dari file tersebut setelah dibuka.

Berikut ini daftar beberapa tombol pada tool Photoshop.
• • • • • • • • • • • •

Rectangular Marquee tool = M Elliptical Marquee tool = M Move tool = V Lasso tool = L Polygonal Lasso tool = L Magnetic Lasso tool = L Magic Wand tool = W Quick Selection tool = W Crop tool = C Slice tool = K Slice Select tool = K Spot Healing Brush tool = J

Belajar Tutorial Photoshop - insanislami

26

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Healing Brush tool = J Patch tool = J Red Eye tool = J Brush tool = B Pencil tool = B Color Replacement tool = B Clone Stamp tool = S Pattern Stamp tool = S History Brush tool = Y Art History Brush tool = Y Eraser tool = E Background Eraser tool = E Magic Eraser tool = E Gradient tool = G Paint Bucket tool = G Blur tool = R Sharpen tool = R Smudge tool = R Dodge tool = O Burn tool = O Sponge tool = O Path Selection tool = A Direct Selection tool = A Horizontal Type tool = T Vertical Type tool = T Horizontal Type mask tool = T Vertical Type mask tool = T Pen tool = P Freeform Pen tool = P Rectangle tool = U Rounded Rectangle tool = U Ellipse tool = U Polygon tool = U Line tool = U Custom Shape tool = U Notes tool = N Audio Annotation tool = N Eyedropper tool = I Color Sampler tool = I Measure tool = I Hand tool = H Zoom tool = Z Rectangle Image Map tool = P Circle Image Map tool = P Polygon Image Map tool = P Image Map Select tool = J Mengatasi masalah pada Photoshop Masalah dengan “Undo”? Belajar Tutorial Photoshop .insanislami 27 .

insanislami 28 . Jika ini tidak mengatasi masalahnya. setelah beberapa lama digunakan. Ubahlah nilai pada History States (yang default-nya adalah 20). Jika 20 kali dirasa masih kurang. jadi jika anda ingin melakukan proses Undo berulangkali. pointer tidak menampilkan ukuran diameter. Bagian III : Praktek Belajar Tutorial Photoshop . Ini bisa diatasi dengan menonaftifkan tombol Capslock. maka simpan semua pekerjaan Anda kemudian restart komputer Anda. Langkah Step Backward ini bisa dilakukan hingga 20 kali.Dalam Photoshop hanya terdapat satu kali Undo. Diameter Brush yang menghilang Saat menggunakan Brush Tools. maka pilihlah menu Edit > Step Backward or by pressing Ctrl+Alt+Z. atau tools lain. bisa diperbanyak dengan melakukan pengarutan pada menu Edit > Preferences > General.

itu adalah cara menyeleksi gambarnya. Langkah 2 Buatlah seleksi pada obyek atau modelnya dengan Photoshop. Belajar Tutorial Photoshop . Yang dimaksud dengan siluet disini adalah sebuah gambar yang mempunyai latar belakang kontras dengan obyek atau model fotonya. Berikut ini tutorial tentang prinsip pembuatannya dengan Photoshop yang mudah.insanislami 29 .Membuat efek foto siluet Pada tutorial photoshop kali ini kita akan membuat efek foto siluet dengan Photoshop. Kalau sulit. Langkah 1 Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. terserah yang kita suka. Cara membuat seleksi ini ada banyak.

Misalnya dengan Anda sapukan Brush tool atau dengan menggunakan Layer style.Langkah 3 Pilih menu Edit > Copy kemudian Edit > Paste. pilih Black kemudian klik OK. Langkah 6 Hilangkan seleksi ( Select > Deselect ). kemudian tekan ALT + Backspace. Langkah 4 Munculkan seleksi pada layer baru tersebut dengan cara melakukan CTRL + klik pada thumbnail layernya. ada banyak cara lagi yang bisa digunakan untuk membuat layer ini berwarna hitam. Kita isi dengan warna hitam yang pekat. Langkah 5 Isi seleksi tersebut dengan dengan warna hitam. Caranya menu Edit > Fill.insanislami 30 . Selain cara-cara diatas. Pada bagian Use. kemudian ulangi langkah ke-5. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar foto berada pada layer yang berbeda. Belajar Tutorial Photoshop . dengan memilih Secara alternatif Anda juga bisa menekan D di keyboard. Langkah 7 Pilih layer background.

Belajar Tutorial Photoshop .Langkah 8 Beri efek dengan memilih menu Filter > Render > Lens Flare. Berikut ini gambar yang sudah diberi filter Lens Flare.insanislami 31 . Atur seperti gambar dibawah ini.

Caranya mudah. Belajar Tutorial Photoshop . Ada bagian yang nampak masih berwarna. Anda bisa mencoba mengkreasikannya lagi.Gambar dengan efek foto siluet sudah selesai kita buat dengan Photoshop. foto tersebut tidak sepenuhnya hitam. Pada gambar ini. Asal Anda memahami tujuan dari tiap langkah yang dilakukan pada tutorial photoshop di atas pasti bisa membuatnya. misalnya seperti gambar dibawah ini.insanislami 32 . ada juga yang nampak transparan.

pilih warna White pada bagian Use. Saturation=25. Pada kotak dialognya pilihlah warna hitam. • Sekarang gabunglah kedua layer tersebut dengan memilih menu Layer > Flatten Image. caranya dengan memilih menu Layer > Layer Style > Stroke.Selamat mencoba efek foto siluet ini dengan Photoshop. berilah efek dengan Filter > Noise > Add Noise. yaitu cara untuk membuat sebuah foto nampak terlihat lama dan usang. • • Belajar Tutorial Photoshop . • Pada layer ini diberi garis tepi warna putih. • Kemudian untuk menambah kesan lama. dengan ketebalan 1 px saja. Caranya mudah sekali. Aturlah ukuran layer hasil duplikat ini agar ukurannya lebih kecil daripada layer aslinya. Klik dulu pilihan Colorize di sebelah bawah kanan kotak dialog. Isi dengan warna putih. • Kemudian pilih / aktifkan lagi layer aslinya. dengan cara memilih menu Edit > Fill. Lightness=0. Nilai pengaturan pada noise bisa diatur sesuka Anda • • Gambar bisa juga dengan ditambah bingkai berwarna putih. Kemudian atur Hue=30. Caranya dengan menduplikat layer gambar tersebut. yaitu seperti berikut ini: Bukalah gambar foto yang akan diedit dengan Photoshop Atur warnanya dengan memilih menu Image > Adjutment > Hue/Saturation. Efek foto sephia Pada tutorial Photoshop kali ini akan saya bahas tentang efek foto sephia.insanislami 33 .

Namun ada juga teknik lain. Kemudian piiihlah menu Image > Mode > Lab color.insanislami 34 . Foto hitam putih bisa didapat dengan cara memilih menu Image > Adjustment > Desaturate.Membuat foto hitam putih dengan Lab Color Berikut ini adalah cara untuk membuat foto berwarna menjadi hitam putih dengan Photoshop. Hasilnya. foto masih tidak berubah apapun. Caranya : Bukalah gambar yang akan dibuat menjadi hitam putih. Belajar Tutorial Photoshop . Nah sekarang aktifkan palet Channel (bisa dilakukan dengan memilih menu Window > Channel). yaitu dengan cara mengubahnya dulu menjadi mode warna Lab Color.

yaitu Lightness . sebelah kiri pengaturan Opacity (secara default nilainya adalah Normal). Biasanya ini digunakan untuk membuat kesan glamor pada foto. Berikut ini contoh sebuah gambar yang sudah dibuat menjadi hitam putih dengan Photoshop. Kliklah channel Lightness. ubahlah mode blending layer menjadi Screen. Klik OK jika muncul kotak dialog konfirmasi. Membuat efek foto glamor Tutorial Photoshop kali ini akan saya gunakan untuk membahas tentang cara pembuatan efek foto “glow” pada foto. • • Belajar Tutorial Photoshop . Berikut ini adalah caranya : Duplikat layer Background. Jika pengaturan yang dilakukan terlalu over. Sekarang ubah lagi menjadi RGB. Jika gambar nampak terlalu gelap.Pada palet tersebut. dan b. Misalnya seperti efek pada pada foto-foto pernikahan (kayaknya saya sering dapat kiriman undangan pernikahan dengan model efek seperti itu). Aktifkan layer background copy. • Beri Filter > Blur > Gaussian Blur. Blending option ini terletak di palet layer. Kemudian pilih palet Layer. Atur sendiri nilainya sambil melihat gambar asli yang Anda edit. Kemudian pilih menu Image > Mode > Grayscale. a. Jika nampak terlalu gelap. terdapat tiga buah channel.insanislami 35 . ubahlah menjadi Multiply. Duplikat layer background. ubah blending option menjadi screen. dengan cara memilih menu Image > Mode > RGB. dengan melakukan Ctrl+J. kurangi opacity-nya.

Langkah 2 Setelah seleksinya jadi. kecuali pada bagian rambut. Berikut ini adalah cara yang saya gunakan untuk membuat refleksi dalam versi yang sederhana. Yang dimaksud refleksi disini adalah bayangan tapi berwarna mirip seperti obyek/model aslinya. Pada gambar tersebut. tekan saja Ctrl+J).insanislami 36 . Langkah 1 Buatlah seleksi pada gambar. yang digunakan adalah seleksi adalah Channel. Untuk membuat sebuah refleksi bayangan seperti contoh gambar berikut ini sebenarnya cukup mudah. Belajar Tutorial Photoshop . Yang pokok adalah bagaimana membuat seleksi pada gambar.Contoh gambar efek foto glamor yang dibuat dengan Photoshop Membuat refleksi bayangan – versi sederhana Tutorial photoshop berikut ini adalah cara untuk membuat refleksi dari bayangan sebuah obyek atau model foto. kemudian Edit > Paste. yang saya gunakan untuk membuat seleksi adalah Pen Tool. duplikat hasil seleksi tadi (pilih menu Edit > Copy. Atau kalau mau lebih gampang.

insanislami 37 . kemudian OK (ini untuk mengisikan warna putih pada background). Pilih menu Edit > Fill. pilih white pada bagian Use. Belajar Tutorial Photoshop . Bisa juga dengan menekan D.Langkah 3 Aktifkan layer Background. kemudian Ctrl + Backspace. Langkah 4 Aktifkan layer 1 (gambar model). Duplikat layer ini.

Sudah jadi? …gampang ya. Gambar asli yang digunakan pada contoh tutorial ini adalah gambar yang diambil dari film Ultra Violet (Mila Jovovich) Belajar Tutorial Photoshop .insanislami 38 .Kemudian letakkan layer ini dibawah layer 1 (layer hasil seleksi yang diduplikat) Langkah 5 Ubah ukuran layer 1 copy sesuai keinginan Anda ( lakukan dengan menu Edit > Transform ). Free Langkah 6 Ubah nilai pada opacity pada layer yang besar.

Kemudian pilih satuannya menjadi percent.Efek bayangan di atas air Pada tutorial Photoshop ini. Klik posisi Anchor di sebelah atas tengah. Misalnya yang kita gunakan sebagai contoh adalah gambar orang ngganteng di bawah ini. tapi aku lupa judulnya. soalnya udah agak lama. jadi kalau gambar ini bukan layer background. dan bukunya juga cuma minjem. Langkah 2 Duplikat layer yang akan diberi efek (bagusnya kalau ini layer background-nya. Langkah 3 Kemudian. atau dengan cara yang lain). isi height dengan nilai 200. maka jadikan layer background. Belajar Tutorial Photoshop . Caranya dengan memilih menu Image > Canvas Size. yang akan saya bahas adalah efek untuk membuat efek bayangan dari sebuah obyek atau model gambar agar nampak seperti mempunyai bayangan di air.insanislami 39 . Seperti gambar di bawah ini. dengan cara Layer > Flatten Image. Efek ini dulu aku baca di buku photoshop. Langkah Pembuatan Efek Bayangan di Air Langkah 1 Buka foto/gambar yang akan diedit dengan Adobe Photoshop. buatlah agar gambar yang kita olah ini menjadi dua kali lipat tingginya ke arah bawah.

insanislami 40 . Seperti pada gambar di bawah ini. Atau klik kanan pada thumbnail layer tersebut kemudian pilih Select Layer Transparency. Dengan cara: Ctrl + Klik pada gambar thumbnail layer di palet layer. Atur agar nilainya yang sebelah atas -19 dan yang bawah adalah +12. Pastikan pilihan pada kotak dialog Polar Coordinate berada pada pilihan Rectangular to polar. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini: adalah Belajar Tutorial Photoshop . Langkah 6 Pilih menu Filter > Distort > Zig Zag. Langkah 5 Pilih menu Filter > Distort > Polar Coordinate.Langkah 4 Munculkan seleksi pada layer hasil duplikat.

Tekan Enter jika sudah selesai. Langkah 9 Ubah agar posisi gambar menjadi terbalik.Nilai-nilai ini tidaklah baku. dan mungkin akan lebih bagus juga jika diberi prespektif dengan cara memilih menu Edit > Transform > Prespective. Sekarang pilih pada pilihan Polar to Rectangular. Setelah terbalik ubahlah letak dan ukuran gambar tersebut agar berada di sebelah bawah dari gambar aslinya. Eksperimen saja pada nilai-nilai ini. dengan cara memilih menu Edit > Transform > Flip Vertical. untuk menerapkan proses transform-nya. Langkah 8 Hilangkan seleksi. Langkah 7 Pilih menu Filter > Distort > Polar Coordinate.insanislami 41 . dengan cara memilih menu Select > Deselect. Seperti gambar dibawah ini. nanti hasilnya akan berlainan. Belajar Tutorial Photoshop . jadi Anda bisa memilih atau mengatur sesuka Anda.

. hanya saja yang agak memerlukan perhatian lebih adalah pembuatan seleksinya. menerima servis sepeda motor dan perpanjangan STNK “.insanislami 42 . Bukan benar-benar mengubah warna lipstik sungguhan. Lumayan juga kan. Kira-kira gimana ya kalau diberi tulisan : “Mbah Dukun Sakti. Wua. Tapi mungkin cara ini tepat digunakan jika Anda ingin mencari atau mencoba-coba warna lipstik yang sesuai dengan wajah Anda tanpa harus pergi ke toko kosmetik. potong/hilangkan bagian gambar yang dirasa tidak perlu atau hingga di dapat bagian gambar yang lebih bagus dan diinginkan. Bisa dilihat pada gambar hasil jadinya seperti di bawah ini. tinggal ngasih tulisan di sampingnya. Cara ini sangat mudah dilakukan. Tapi pada tutorial tentu saja ini cuma cara mengubah warna gambarnya dengan Photoshop. nggak nyambung… Mengubah warna lipstik dengan Photoshop Berikut ini adalah cara untuk mengubah warna lipstik. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengubah warna lipstik : Belajar Tutorial Photoshop .Langkah 10 Jika perlu.

Pada contoh gambar dibawah ini.insanislami 43 . Buat seleksi pada bagian bibir. maka dari hasil seleksi kukopi dulu dan di-paste dua kali (bisa dilakukan dengan menekan Ctrl + J). Belajar Tutorial Photoshop . Layer hasil kopi kuberi nama bibir dan lipstik.1. Buka foto yang warna lipstiknya ingin diubah dengan Adobe Photoshop. aku menggunakan path untuk membuat seleksi. Gambar seleksi pada bibir 3. Gambar yang akan diubah warna lipstiknya 2. Kemudian kuberi feather 1 px (Select > Feather). Agar aku masih punya cadangan gambar bibir.

Untuk mengubah warna bibir/lipstik kugunakan Hue/Saturation dengan memilih Image > Adjustment > Hue/Saturation. atau Lightness dengan cara menggeser slidernya hingga ditemukan warna lipstik yang diinginkan. bayangan yang akan dibuat berwarna hitam sehingga layaknya seperti bayangan sesungguhnya. gambar bayangan masih menampilkan warna dari obyek / model-nya. Ubah saja nilai pada Hue. Saturation.insanislami 44 . Pada post kali ini. Bukalah gambar yang akan diberi bayangan dengan program Photoshop. Belajar Tutorial Photoshop . Dalam post Membuat Refleksi Bayangan terdahulu. Untuk membuat sebuah bayangan secara manual: 1.4. Buatlah seleksi pada gambar tersebut. 2. Mudah kan caranya? Membuat efek bayangan secara manual Berikut ini adalah cara untuk membuat efek bayangan pada photoshop secara manual ( manual disini kuartikan sebagai: membuat sendiri baik bentuk maupun arahnya ).

Ubahlah nilai opacity hingga bayangan nampak lebih transparan. Tapi kok malah hitam pekat kayak ada “gendruwo“. Pada kotak dialog yang muncul pilih warna hitam (Black). Belajar Tutorial Photoshop . dengan memilih menu Select > Inverse. Duplikat gambar yang sudah diseleksi tadi dengan cara copy paste atau dengan menekan Ctrl+J. Hilangkan seleksi dengan memilih menu Select > Deselect 8.insanislami 45 . Ulangi sebanyak dua kali 4. Ubah bentuknya dengan sambil menekan tombol Ctrl (untuk melakukan distorsi atau memiringkan).3. Ubahlah sehingga bentuknya sesuai dengan bentuk bayangan yang diinginkan 9. Ubah letak atau bentuk dari bayangan dengan memilih menu Edit > Free Transform. bukan kayak bayangan. Pilih layer hasil duplikat yang letaknya ada di bawah 5. atau Ctrl+klik pada nama layernya di palet layer 6. Munculkan lagi seleksi pada layer tersebut. kemudian klik OK 7. Pilih menu Edit > Fill. Itu karena belum diubah nilai pada Opacity-nya.

Cara yang digunakan untuk mengubah warnanya. Menurutku hal ini karena mata adalah sesuatu yang paling mudah dikenali dari orang lain.insanislami 46 .Untuk lebih bagusnya lagi. Belajar Tutorial Photoshop . Gambar hasil jadinya bisa dilihat pada gambar dibawah ini: Tapi kok gambarnya jelek? …biarin. memang model fotonya yang jelek Mengubah Warna Mata Dalam artikel tutorial berikut ini aku pengin mengulas tentang cara mengubah warna mata. bisa ditambah dengan memberi efek Filter > Blur > Gaussian Blur. sebenarnya sama dengan artikel terdahulu tentang mengubah warna lipstik. Lagi pula ada yang mengatakan bahwa mata adalah jendela hati bukan? Walau buatku sendiri mata adalah jendela tadi malam. karena kalo pagi ngajar gampang ketahuan habis begadang atau tidak. Hanya saja. kali ini yang kita ubah dengan Photoshop adalah gambar mata. Mengubah warna mata adalah sesuatu yang lumayan sering dilakukan saat mengolah foto dengan photoshop.

agar tepian seleksi menjadi agak kabur. isikanlah 1 hingga 4. klik kanan garis path tadi (dengan pen tool atau direct selection tool). Pada kotak isian Feather radius. Seleksi bisa dibuat dengan menggunakan Magnetic Lasso Tool.Langkah mengubah warna mata dengan Photoshop Buka gambar foto yang ingin diubah warna matanya dengan Photoshop. Pada contoh kali ini. kemudian pilih make selection.insanislami 47 . Gunakan pen tool untuk membuat sebuah garis path yang melingkari seluruh mata. Belajar Tutorial Photoshop . buatlah seleksi pada gambar mata tersebut. Setelah itu. seleksi kubuat dengan mengunakan Pen tool. atau dengan Pen tool. Jika garis path sudah jadi.

Untuk seleksi yang kedua kalinya. karena ada foto yang matanya cuma nampak sebelah karena difoto dari samping kan). kemudian Edit > Paste). Sehingga didapat 2 layer. Belajar Tutorial Photoshop . maka pada kotak dialog Make selection pilihlah Add to selection. kemudian aturlah nilai Hue sampai didapat warna yang diinginkan.insanislami 48 . Layer 1 (gambar mata) kemudian diubah warnanya dengan memilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. kopilah area seleksi tadi ( Edit > Copy.Ulangi seleksi pada mata yang sebelah (hanya kalo nampak. jika Anda menggunakan pen tool. yang satu layer aslinya. Kemudian atur juga tingkat kontras gambar. yang satunya lagi hasil copian pada mata tadi. Geserlah gambar garisnya hingga didapat kondisi gambar yang Anda inginkan. Klik pada pilihan colorize. Setelah semua seleksi dibuat. Lakukan ini dengan memilih menu Image > Adjustment > Curves.

insanislami 49 . Bisa orang. Gambar bisa menggunakan gambar apa saja. pastikan permukaan obyek tadi nggak terlalu kasar atau ada banyak variasi warnanya. Membuat efek chrome Pada tutorial kali ini tentang membuat efek chrome Berikut ini adalah cara untuk membuat efek ini.Gambar dibawah ini adalah gambar yang sudah diubah warna matanya. Kalau menggunakan gambar obyek. Buka dulu gambarnya dengan Photoshop. Belajar Tutorial Photoshop . atau obyek yang lain.

Setelah seleksinya jadi. atau bisa juga nanti. copy-lah hasil seleksi ini. karena proses membuat jadi hitam putih ini tidak terlalu pokok. Gambarnya bisa dilihat di bawah ini.Setelah gambar dibuka. dan paste sebanyak 6 kali. Seleksi yang dibuat tidak harus detil sekali. misalnya Lasso atau Magic wand tool.insanislami 50 . Belajar Tutorial Photoshop . Pada tutorial ini yang kupakai untuk membuat seleksi adalah Pen tool. ubahlah agar gambar ini menjadi hitam putih dengan cara memilih menu Image > Adjustment > Desaturate. Tapi bisa juga menggunakan tool seleksi yang lain. Kemudian buatlah seleksi pada gambar tersebut.

Belajar Tutorial Photoshop . Ubah layer blending-nya menjadi Darken (layer blending yang mana ya? Itu lho yang ada di palet layer sebelah atas kiri. Kemudian pilihlah layer 1 copy 2. berilah efek chrome dengan pengaturan sebagai berikut: Detail:0. Pada layer ini. Pilih menu Image > Adjustment > Invert. Isikan 6 pada kotak dialog Posterize. Smoothness:5. Pada layer ini juga (layer 1 copy 4). Lakukan pengaturan seperti dibawah ini.insanislami 51 . Pada layer ini. Smoothness:10. berilah efek chrome dengan pengaturan sebagai berikut: Detail:10. Sebelum diberi efek chrome. yang defaultnya adalah Normal). Ubah layer blending-nya menjadi Softlight. Ubah layer blending-nya menjadi Darken juga.Kemudian berilah efek chrome pada beberapa layer dengan cara memilih menu Filter > Sketch > Chrome. Ubah layer blending-nya menjadi Multiply. Atur opacity hingga 50% agar tidak nampak terlalu pekat gambarnya dan bisa menampilkan layer dibawahnya. berilah efek chrome dengan pengaturan sebagai berikut: Detail:5. Pada layer ini. Kemudian pilihlah layer 1 copy 4. Smoothness:0. Kemudian pilihlah layer 1 copy 3. Pilih layer 1 copy. terlebih dulu aturlah gambar ini dengan memilih menu Image > Adjustment > Posterize. Smoothness:10. berilah efek chrome dengan pengaturan sebagai berikut: Detail:0.

atau bisa juga menggunakan pengaturan yang lain terserah yang diinginkan. layer ini tidak akan kita beri efek chrome.insanislami 52 . Sapukan brush ini pada semua bagian gambar kecuali bagian wajahnya. Untuk ini kugunakan filter Cutout. maka akan menghilangkan detil bentuk wajahnya. urutan semua layer bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Gunakan pengaturan seperti pada gambar dibawah ini. Untuk membuat ini kugunakan layer mask. Karena yang kita butuhkan hanya bentuk wajahnya saja maka pada layer tampilkanlah hanya pada bagian wajahnya saja. Jika layer ini diberi efek chrome. Secara keseluruhan. untuk mengatur agar warnanya nampak lebih menyatu dengan gambar yang lainnya. Belajar Tutorial Photoshop .Kemudian pada layer 1 copy 5. Kemudian pilih Brush tool. Setelah diberi efek dengan Cutout. Caranya. Caranya pilih menu Filter > Artistic > Cutout. Untuk membuat agar layer ini nampak menyatu dengan layer-layer yang sudah diberi efek chrome sebelumnya. maka aturlah warnanya dengan Levels. maka ubahlah gambar ini agar tidak terlalu detil. Layer ini akan digunakan untuk membuat bagian wajah. klik icon Add layer mask (terletak di bagian bawah dari palet layer). kemudian pilih warna hitam pada warna Foreground.

Belajar Tutorial Photoshop .insanislami 53 . Pada contoh di tutorial ini. bisa dibuat agar lebih menarik lagi dengan memberi efek gradasi atau efek yang lainnya. kugunakan Gradient tool untuk membuat warna gradasi pada gambar. Gambar dibawah ini adalah hasil dari tutorial photoshop untuk membuat efek chrome.Pada layer background.

Langkah 2 Buatlah seleksi pada gambar foto tersebut. seleksi yang digunakan adalah seleksi menggunakan Elliptical Marque Tool.insanislami 54 . Cara yang akan kubahas dalam post kali ini adalah dengan menggunakan seleksi dalam bentuk kotak.Membuat vignette Yang dimaksud vignette dalam judul tutorial photoshop di atas adalah sebuah gambar yang memudar dan melebur pada bagian tepinya. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya. Belajar Tutorial Photoshop . Efek seperti ini sering kali digunakan. seolah kelihatan menyatu dengan background/latar belakangnya. Cara membuat efek Vignette Langkah 1 Bukalah gambar yang akan digunakan sebagai latihan dengan menggunakan program Adobe Photoshop. Gunakan tool ini untuk membuat sebuah seleksi dalam bentuk lingkaran. dan ada banyak teknik/cara untuk membuatnya dalam Photoshop. pilihlah daerah seleksi yang ingin Anda tampilkan sebagai vignette.

Untuk contoh latihan ini kuisi dengan nilai 30. Langkah ini untuk membuat bagian tepi dari seleksi agak kabur. Belajar Tutorial Photoshop . Langkah 3 Pilih menu Select > Feather. Jika seleksi diatur ulang dengan transform selection. atau dengan menekan Ctrl + J. akhiri pengubahan ukuran tadi dengan menekan Enter. bisa diatur ulang dengan cara memilih menu Select > Transform Selection. Langkah 4 Gandakanlah hasil seleksi tadi dengan Edit > Copy kemudian Edit > Paste.Jika dirasa ukuran atau posisinya kurang sesuai.insanislami 55 . Isikan nilai angka yang lumayan banyak pad kotak dialog Feather.

Langkah 5 Efek vignette sudah jadi. Belajar Tutorial Photoshop . Tehnik ini sebenarnya sudah sering dibahas namun. background-nya kuisi dengan warna putih. yaitu menghilangkan noda pada sebuah gambar. kemudian menekan Ctrl + Backspace. Juga mengingat bahwa tools ini. Healing brush. Caranya dengan menekan huruf D di keyboard. tetap saya tulis disini sebagai masukan bagi para peminat foto digital ataupun gambar-gambar di komputer. bisa merupakan sebuah solusi yang bisa digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar perbaikan kondisi foto. dan saya harap tidak Anda lakukan. tinggal diberi gambar background sesuai selera Anda. seperti deterjen saja. berikut ini saya sertakan sebuah fotoku sendiri. Penghilang Noda Dari judulnya. Kalau pada contoh hasilnya dibawah. Jadi nggak usah susah-susah mencari foto berjerawat.insanislami 56 . Beberapa fungsi dari Healing Brush ini misalnya untuk: • • • Menghilangkan jerawat Memperbaiki foto yang robek atau terlipat Menghilangkan watermark/tulisan copyright sebuah gambar *) *) Ini termasuk tidak etis dilakukan. Tools yang akan dibahas ini adalah Healing Brush. Untuk membantu Anda latihan. Namun sebuah fasilitas dari Adobe Photoshop yang akan kita bahas ini fungsinya memang seperti itu.

ini akan kita gunakan sebagai sumber gambar. Untuk menghilangkan jerawat tersebut. Jika sumber gambar sudah tidak mecukupi. Langkah penggunaannya : 1. gunakanlah antara Clone Stamp Tools atau Healing Brush Tools. Cara penggunaannya mirip.Pada foto diatas. Titik lingkaran adalah sumber gambar. ulangi langkah 3 pada area yang bisa kita gunakan sebagai sumber gambar. Tentukan sebuah area pada gambar yang berkondisi baik. saking banyaknya jerawat. namun pada post kali ini akan saya batasi dulu pada penggunaan Healing Brush. perhatikanlah bahwa ada dua titik pointer yang bergerak bersamaan. Pada saat menyapukan pointer ini. 4. Pilih Healing Brush tools pada tool box-nya Photoshop 2.insanislami 57 . ada banyak jerawat (malah terlalu banyak) yang akan kita hilangkan. 3. Setelah Anda menentukan areanya. Jangan sampai titik sumber sampai masuk ke area-area yang lain yang tidak kita inginkan sebagai sumber gambar. Belajar Tutorial Photoshop . sedangkan titik plus adalah area yang akan diperbaiki. ataupun noda-noda pada foto. Sapukan pointer pada area yang akan kita perbaiki. lakukan Alt + klik pada area tersebut. 5. Dalam gambar contoh agak susah.

insanislami 58 . kira-kira cukup untuk membuat sebuah tulisan. Tehnik seperti ini sudah diketahui lama dan sudah dibahas juga dalam buku-buku efek photoshop maupun di internet. Ukuran file-nya terserah Anda. Usahakan untuk memilih jenis tulisan (font) yang karakteristiknya tebal. bisa dilihat perbedaan pada kedua gambar dibawah ini. ternyata bisa juga untuk mencukur kumis. kira-kira 640×480 atau lebih besar lagi.Sesaat setelah Anda melepas tombol mouse. Sebagai contoh. Cara pembuatan efek logam/chrome pada tulisan dengan Photoshop Langkah 1 Buatlah sebuah file baru dengan photoshop. maka area yang kita bersihkan sudah menampakkan hasilnya. Langkah 3 Pilihlah menu Layer > Rasterize > Type*) *) Anda bisa memilih Type ataupun Layer Langkah 4 Pilih menu Filter > Stylize > Emboss Belajar Tutorial Photoshop . Efek teks logam dengan Photoshop Pada tutorial photoshop kali ini. Kalau yang pada foto.. Walah. karena akan kugunakan sebagai materi penunjang pada tutorial berikutnya. dulu sudah pernah kubuatkan tutorialnya sebelumnya. Efek ini kubahas sekarang. antara yang terawat dan yang tidak terawat. Efek krom / chrome ini mungkin sudah agak basi. akan kubahas tentang pembuatan efek chrome pada tulisan. Langkah 2 Pilihlah text tool. kemudian buatlah sebuah tulisan pada file baru tersebut. Ulangi seperti itu hingga gambar sudah Anda bersihkan.

Jika perlu. Langkah 5 Pilih menu Filter > Artistic > Plastic Warp Pengaturan pada kotak dialog Plastic Warp ini juga tidak baku.insanislami 59 . langkah pemberian filter ini bisa diulang lagi. Buatlah sebuah kurva seperti gambar tutorial berikut ini. pengaturannya terserah keinginan Anda. Langkah 6 Ubah kontras warnanya dengan menggunakan menu Image > Adjustment > Curves (Ctrl + M).Pengaturan pada kotak dialog emboss ini tidak baku. Belajar Tutorial Photoshop . namun dengan nilai pengaturan yang berbeda. Silahkan mencoba-coba pengaturannya sendiri untuk membuat kesan lekukan logam. bisa diubah-ubah sendiri sekehendak Anda.

Belajar Tutorial Photoshop .insanislami 60 . Gambar dibawah ini adalah gambar hasil tutorial photoshop yang sudah jadi.Ulangi lagi pengaturan warna dengan Curves ini dengan bentuk kurva yang agak berbeda dengan sebelumnya. Beri gambar background atau latar belakang yang berwarna gelap agar kesan chrome tadi lebih nampak jelas.

Langkah 3 Pilih Type tool pada toolbox Photoshop. Belajar Tutorial Photoshop . kubuat jenis hurufnya Arial Black dengan warna putih. pilih warna Black untuk diterapkan. Ukuran file disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini cara pembuatan efek tersebut. Tulisan ini mempunyai background berwarna kuning kehijauan yang menyala. Selamat mencoba. pengaturan warnanya bisa dilakukan dengan memilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. Pada contoh tutorial ini. Klik pilihan Colorize. Caranya dengan menekan huruf D pada keyboard.insanislami 61 . Langkah Pembuatan Efek Tulisan Godzilla Langkah 1 Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. kemudian atur nilai Hue. kemudian ketiklah tulisan yang akan diberi efek pada file yang hitam tadi. Langkah 2 Buatlah agar file baru ini berwarna hitam. Pada gambar contoh tutorial dibawah ini. 72 dpi. dan Saturation-nya.Catatan Jika Anda menginginkan kesan logam yang berwarna. Atau dengan memilih menu Edit > Fill. Membuat efek tulisan Godzilla Pada tutorial photoshop kali ini saya akan membahas tentang cara membuat efek tulisan yang mirip dengan tulisan pada film Godzilla. kugunakan sebuah file berukuran 450 x 300 pixel. kemudian menekan Alt + Backspace.

berikan efek Emboss pada tulisan ini. Buatlah agar tulisan tersebut menjadi agak kehijauan. Saat muncul kotak dialog peringatan. klik OK untuk mengkonfirmasikan perintah rasterize.insanislami 62 . bisa Anda rubah sendiri sesuai selera). Langkah 5 Pilihlah menu Image > Adjustment > Color Balance. Belajar Tutorial Photoshop .Langkah 4 Pastikan layer tulisan dalam kondisi aktif. caranya dengan memilih Menu Filter > Stylize > Emboss. Aturlah nilai pengaturannya seperti gambar dibawah ini (bukan nilai mutlak.

Isikan nilai secukupnya. Pada gambar ilustrasi tutorial dibawah ini kuberi angka 10.insanislami 63 .Langkah 6 Munculkan seleksi pada layer tulisan. Akan didapatkan hasil seleksinya seperti dibawah ini. Belajar Tutorial Photoshop . Langkah 7 Lebarkan area seleksi. Lakukan ini dengan cara memilih menu Select > Modify > Expand. Cara yang termudah untuk memunculkan seleksinya adalah dengan melakukan Ctrl + klik pada tumbnail layernya.

Kemudian tekan D pada keyboard.Langkah 8 Isikan warna putih pada layer background pada area yang berada dalam seleksi. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.insanislami 64 . Setelah muncul warna putih pada area seleksi tersebut. Pastikan layer background dalam kondisi aktif dulu. Caranya dengan memilih menu Select > Deselect. hilangkan seleksinya. kemudian tekan Ctrl + Backspace. Belajar Tutorial Photoshop .

Caranya dengan memilih menu Filter > Distort > Wave. Cara untuk memberikan efek ini adalah dengan memilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Untuk mencari secara acak bentuk distorsi yang lain. sesuai dengan ukuran tulisan anda). Aturlah nilai radiusnya hingga didapat gambar seperti dibawah ini (bisa berubah-ubah. Langkah 11 Buatlah agar background menjadi agak berlekuk. Geserlah slider pengaturannya kearah Green dan Yellow. dan Highlight. Midtone. Buatlah pengaturannya seperti gambar dibawah ini. Caranya dengan memilih menu Image > Adjustment > Color Balance.insanislami 65 . Langkah 10 Sekarang buatlah agar warna background-nya tadi berwarna kuning kehijauan.Langkah 9 Berikan efek kabur pada layer background. kliklah tombol Randomize. Nilai pengaturannya terserah keinginan Anda. Lakukan ini pada setiap range warna Shadow. Belajar Tutorial Photoshop .

Selamat belajar dan berkreasi dengan Photoshop.insanislami 66 . Belajar Tutorial Photoshop .Berikut ini gambar tutorial photoshop tentang pembuatan efek tulisan Godzilla yang sudah jadi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->