P. 1
rudi pkm

rudi pkm

|Views: 143|Likes:
Published by Roedi Harjono

More info:

Published by: Roedi Harjono on Apr 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2012

pdf

text

original

BAB I LATAR BELAKANG MASALAH

Di era globalisasi sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju pesatnya selalu membawa dampak bagi kehidupan manusia, baik dampak positif maupun negatif. Dampak positifnya dapat kita rasakan yaitu kualitas hidup manusia meningkat, sedangkan dampak negatifnya terjadi krisis moral, yaitu turunnya nilai-nilai kemanusiaan, etika maupun kegotong royongan yang saat ini jarang kita jumpai. Untuk mencegah meluasnya dampak negative pendidikan merupakan sarana untuk mengatasinya. Melalui pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, etika dalam masyarakat dapat dipelihara dan dilestarikan. Profesi yang sangat berperan dalam dunia pendidikan adalah guru. Gurulah yang memiliki posisi yang sangat vital dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga peningkatan kualifikasi pendidikan guru di tingkat Sekolah Dasar diharapkan mampu meningkatkan kemampuan professional mengajar guru.

Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono

Page 1

Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi secara tepat. 2. 6. Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam mengajar melalui refleksi. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah dibuat. termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan PKM secara rinci. Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan moral yang diacunya. Sehubungan dengan hal tersebut peningkatan kemampuan mengajar bagi guru khususnya guru Sekolah Dasar sangat diharapkan. Sebab apa yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran mempengaruhi perkembangan dan prilaku dalam kehidupan sehari-hari. 3. Melalui mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajara ( PKM ) dapat membawa kearah peningkatan kualifikasi mengajar bagi guru. Mempersiapkan pembelajaran. diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan sebagai berikut : 1. 4. 5. Memperbaiki tindak pembelajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 2 .BAB II TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN Mengajar merupakan manajerial yang harus dilakukan secara professional. Mengajar menentukan masa depan peserta didik.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai seharusnya mahasiswa aktif dan sungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran mata kuliah PKM. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 3 .

Memiliki ketrampilan dalam member masukan terhadap rencana pembelajaran yang dibuat mahasiswa. c. d. Menumbuhkan semangat untuk mempelajari materi PKM. Mempunyai kemampuan untuk keunggulan dan kelemahan diri dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya melalui tindak mengajar yang dipraktekkannya. b. 2. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 4 . Meningkatkan pertimbangan dan kerja sama yang lebih baik dengan mahasiswa. Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya oleh mahasiswa. Berusaha memperbaiki segala kekurangannya dalam mengajar. Adapun manfaat PKM secara menyeluruh dapat diuraikan sebagai berikut: 1. c. Memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam membuat rencana pembelajaran. Manfaat PKM bagi mahasiswa adalah : a. e. Bahkan selain bagi mahasiswa PKM juga bermanfaat bagi teman sejawat dan sekolah. b. Mengembangkan pengalaman belajarnya terhadap pelaksanaan praktik mengajar oleh mahasiswa dengan memberikan penilaian. d.BAB III MANFAAT PKM Mata kuliah PKM memberikan manfaat yang besar terutama bagi mahasiswa. Manfaat PKM bagi teman sejawat adalah sebagai berikut : a.

Mempermudah dalam mengkoordinasikan pengelolaan pembelajaran. c. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 5 . b. Proses pembelajaran semakin terencana dan terarah sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Manfaat PKM bagi sekolah antara lain : a. Kualifikasi kemampuan mengajar meningkat untuk terciptanya guru professional di sekolah. d. Meningkatkan prestasi dan kualitas pembelajaran di sekolah.3.

Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan sebelumnya. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 6 . Tematik 2 a. 2. b. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Guru berusaha merancang suasana pembelajaran supaya berjalan dengan menyenangkan. bimbingan dan tambahan informasi atau pengalaman teman guru sejawat yang lebih senior. f. kritikan dan masukan dari siswa. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam proses pembelajaran berlangsung. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Kurang pendekatan ke siswa.BAB IV LAPORAN REFLEKSI PKM Temuan-temuan dalam Pembelajaran Pertemuan 1 1. c. d. e. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Kelemahan tersebut terjadi karena Kurang persiapan yang matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Tematik I a. Kekuatan tersebut terjadi karena motivasi dari kepala sekolah.

c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Guru berusaha merancang suasana pembelajaran supaya berjalan dengan menyenangkan. kritikan dan masukan dari siswa. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam proses pembelajaran berlangsung. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 7 . Pertemuan 2 1. b. d. Kekuatan tersebut terjadi karena motivasi dari kepala sekolah. e. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Kurang memberikan pengalaman ketrampilan langsung terhadap siswa. f. b. bimbingan dan tambahan informasi atau pengalaman teman guru sejawat yang lebih senior.Kurangnya pendekatan terhadap siswa yang tidak memiliki kemampuan awal sama sekali. Kelemahan tersebut terjadi karena Kurang persiapan yang matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Kelemahan tersebut terjadi karena Fokus dengan metode demonstrasi yang sedikit melibatkan siswa menjadikan perhatian siswa ke materi kurang. Ke depan saya akan berusaha lebih sering memberikan pengalaman dengan memberikan ketrampilan seara langsung. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Tematik 3 a. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.

c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Guru berusaha merancang suasana pembelajaran supaya berjalan dengan menyenangkan. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. 2. Kekuatan tersebut terjadi karena Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 8 . Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Guru berusaha merancang suasana pembelajaran supaya berjalan dengan menyenangkan. Kelemahan tersebut terjadi karena Meski metode. proses f. d. e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. Kekuatan tersebut terjadi karena motivasi dari kepala sekolah. d. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa kurang memahami penjelasan b. Tematik 4 a. kritikan dan masukan dari siswa. media pembelajaran dan pengelolaan kelas yang Guru gunakan kurang tepat namun Guru mencoba untuk mengembangkan kemampuan secara optimal dan menjelaskan pelajaran sejelas mungkin kepada siswa. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan sebelumnya. bimbingan dan tambahan informasi atau pengalaman teman guru sejawat yang lebih senior. c.

c. kritikan dan masukan dari siswa. bimbingan dan tambahan informasi atau pengalaman teman guru sejawat yang lebih senior. b. e. bimbingan dan tambahan informasi atau pengalaman teman guru sejawat yang lebih senior. proses f. kritikan dan masukan dari siswa. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. e. Kekuatan tersebut terjadi karena motivasi dari kepala sekolah. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang Guru harapkan meskipun mereka kurang antusias. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa kelihatan kurang antusias dan cepat bosan dalam melakukan tugas. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Pertemuan 3 1. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 9 . Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. proses f. Kelemahan tersebut terjadi karena Metode yang Guru gunakan kurang bervariasi.motivasi dari kepala sekolah. d. Tematik 5 a. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.

proses f. Pertemuan 4 1. c. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Tematik 6 a. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Sebagian besar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang Guru harapkan meskipun mereka kurang antusias d. b. Kelemahan tersebut terjadi karena Kurangnya penjelasan-penjelasan yang realistik c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 10 . Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa kurang mampu menguasai kemampuan yang diharapkan b. Kelemahan tersebut terjadi karena Guru kurang dapat memotivasi mereka dalam belajar. Kekuatan tersebut terjadi karena Meski metode pembelajaran yang Guru gunakan kurang tepat namun Guru mencoba untuk menjelaskan pelajaran sejelas mungkin kepada siswa e. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I. Tematik 7 a.2. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa kelihatan kurang antusias dan cepat bosan dalam melakukan tugas.

rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa kurang mampu menguasai kemampuan yang diharapkan b. 2. proses f. d. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. Kekuatan tersebut terjadi karena Meski metode pembelajaran yang Guru gunakan kurang tepat namun Guru mencoba untuk menjelaskan pelajaran sejelas mungkin kepada siswa e. Kekuatan tersebut terjadi karena Meski metode pembelajaran yang Guru gunakan kurang tepat namun Guru mencoba untuk menjelaskan pelajaran sejelas mungkin kepada siswa e. d. proses Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 11 . Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. Tematik 8 a. Kelemahan tersebut terjadi karena Kurangnya penjelasan-penjelasan yang realistik c. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Sebagian besar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang Guru harapkan.Sebagian besar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang Guru harapkan.

Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa kurang mampu menguasai kemampuan yang diharapkan b. Pertemuan 5 1. Kekuatan tersebut terjadi karena Meski metode pembelajaran yang Guru gunakan kurang tepat namun Guru mencoba untuk menjelaskan pelajaran sejelas mungkin kepada siswa e. Tematik 9 a. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung. Tematik 10 a. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung.f. proses f. Kelemahan tersebut terjadi karena persiapan yang kurang matang c. d. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Siswa kurang memahami penjelasan Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 12 . Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Sebagian besar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang Guru harapkan. 2.

b. I. Kelemahan tersebut terjadi karena persiapan yang kurang matang c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Sebagian besar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang Guru harapkan. d. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Alhamdulillah tidak ada kejadian apapun dalam pembelajaran berlangsung. proses f. Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah : Guru kurang bisa mengelola pembelajaran dengan baik dan penggunaan waktu tidak sesuai dengan alokasi yang tercantum dalam RPP serta media pembelajaran masih kurang / terbatas. KESIMPULAN 1. Kekuatan tersebut terjadi karena Meski metode pembelajaran yang Guru gunakan kurang tepat namun Guru mencoba untuk menjelaskan pelajaran sejelas mungkin kepada siswa e. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 13 . Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah : Guru kurang bisa memotivasi siswa dan penggunaan media yang masih kurang maksimal serta waktu pembelajaran yang kurang efektif sehingga siswa kadang jenuh dalam belajar 2. rencana saya berikutnya adalah Lebih meningkatkan persiapan segalanya dengan matang sebelum proses pembelajaran berlangsung.

Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah Sebelum masuk kegiatan inti Guru mengajukan berbagai pertanyaan berdasarkan pengalaman siswa yang Guru kaitkan dengan materi yang akan dibahas sehingga ada perhatian dari siswa dan dalam proses KBM Guru menggunakan metode yang bervariasi dan menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya serta menyadari tingkat IQ siswa berbeda dalam menerima dan memahami materi. Di akhir pembelajaran Guru melaksanakan proses tindak lanjut (PR. Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah : Dalam kegiatan apersepsi dalam membuat kaitan dan menata kegiatan KBM semenarik mungkin dan menyadari tingkat pemahaman siswa dalam menerima materi berbeda. 5. tugas individu / kelompok ) agar tingkat pemahaman siswa lebih meningkat.3. 4. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 14 . Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan adalah : Guru berusaha menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi serta memilih metode yang tepat dan bervariasi.

KEOTENTIKAN / KEASLIAN LAPORAN PKM ( dibuat sendiri/tidak menjiplak/tidak menyontek sesama mahasiswa ) Dengan selesainya laporan ini saya ingin membuktikan bahwa keaslian laporan saya ini benar-benar hasil kerja saya sendiri bukan dari menyontek atau meniru pekerjaan teman. Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 15 . dengan melampirkan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah tempat saya melakukan praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) dan Surat Kesediaan Menjadi Teman Sejawat. Laporan ini saya dapat pertanggung jawabkan baik dalam hal pengambilan keputusan maupun tindakan dalam kegiatan pembelajaran yang sudah terlaksana.

Materi Pokok Perspektif Pendidikan SD. Sri. Buku Ilmu Pengetahuan Alam BSE 6. Universitas Terbuka. Anitah W. 2010. Buku Matematika BSE Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 16 . Universitas Terbuka. Buku Pendidikan Kewarganegaraan BSE 8. K. Jakarta. dkk. Jakarta. Jakarta. 2011. 4. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) PGSD. 2. Universitas Terbuka. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial BSE 7. TIM FKIP. dkk. IG. 2009. Bku Bahasa Indonesia BSE 5. A.Daftar Pustaka 1. 3. Wardani. Materi Pokok Strategi Pembelajaran SD.

Laporan PKM-PGSD-Roedi Harjono Page 17 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->