PROPOSAL KEGIATAN PRAMUKA Assalamualaikum Wr Wb PROPOSAL KEGIATAN OUT BOND A. PENDAHULUAN 1.

Latar Belakang Pendidikan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka merupakan pendidikan non formal yang dilakukan yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang menarik dikalangan anak dan pemuda, yang pada hakekatnya merupakan legiatan dari mereka dan dipimpin sendiri oleh mereka, dengan pengawasan dan tanggung jawab orang dewasa atau para Pembimbing Pramuka. Tugas Pembina mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dibuat, dilaksanakan dengan banyak praktek, dan disesuaikan dengan perkembangan rohani dan jasmani anak dan pemuda sehingga tidak membosankan. Dan juga bahwa akhir-akhir ini kegiatan pramuka di gugus depan cenderung membosankan dan banyak kegiatan yang dilaksanakan di dalam klelas. Hal tersebut sangat tidak sesuai dengam Scout Spirit yang dibawa oleh Boden Powell. Sehubung dengan itu maka Kwartir Gugus Depan……………..bermaksud mengadakan Kegiatan Out Bond. 2. Dasar Pemikiran a. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka b. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka c. Program Kerja Kwartir Cabang Kota Pati 3. Maksud dan Tujuan a. Memberikan pengalaman lapangan kepada peserta didik di tingkat Gugus Depan. b. Merealisasi Program Gugus Depan c. Mengasah kreativitas dan meningkatkan rasa kerja sama antar anggota pramuka. 4. Sasaran Sasaran yng ingin dicapai adalah menggairahkan kembali kegiatan Pramuka di Gugus Depan ……… B. KHUSUS 1. Nama Kegiatan Nama kegiatan ini adalah “OUT BOND” , Gugus Depan………….. 2. Tema Ketangkasan dalam Team Work 3. Motto

Mentaati tata tertib kegiatan. .4. Pati 5. Syarat peserta kegiatan tersebut adalah : a. Penasehat a. c. Menyerahkan surat izin dari Orang Tua/Wali siswa. Peserta Peserta adalah selluruh anggota Siaga yang berdomisili di Gugus Depan Sekolah SD Negeri 03 Karaban. Giat Bidang 1 () 2. Giat Bidang 1 () 8. 7. Membawa perlengkapan kebutuhan masing-masing. Giat Bidang 1 () 3. b. Tugas dan Tanggung Jawab Panitia Penyelenggara A. Waktu dan Tempat Hari : Minggu Tanggal : 29 April 2012 Tempat : Bumi Perkemahan Jolong Kab. Bentuk Kegitan Kegiatan yang dikemas dalam acara ini siswa akan lebih mengenal rasa kerja sama dalam tim. 6. Penyelenggara Pelindung dan Penasehat : Mabigus () Penanggung Jawab : Pembina Gugus Depan () Ketua Pelaksana : () Sekretaris : () Bendhara : () Giat Bidang : 1. Jadwal Acara 9. Memberi nasehat kepada panitia pelaksana baik diminta maupun tidak diminta b. Memberi dukungan dengan dorongan para mabigus untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Latgab ….

Dalam melaksanakan tugasnya sekretaris melakukan koordinator dengan bendahara dan bidang – bidang lain dalam kepanitiaan. dan mabisa. Pandega. d. b. Melakukan hubungan dengan instansi atau pihak swasta guna memperlancar jalannya kegiatan. c. e. d. berupa usaha untuk mencari sumber dana lainnya agar dapat mendukung jalannya kegiatan. Dalam melaksanakan tugasnya bendahara melakukan melakukan koordinator dengan bendahara dan bidang – bidang lain dalam kepanitiaan. Bidang I . Pembina. Giat Penegak. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan dan acara. Dalam melaksakan tugasnya dibantu oleh Wakil Ketua. Ketua Pelaksana a. b. b. G. Mabigus. Bertanggung jawab kepada Ketua pelaksana. c. Mengatur dan menggerakan semua sistem yang dibuat untuk melaksanakan kegiatan.B. & Mabisa dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. Para waka bertanggung jawab kepada Kwatir Ranting. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan Penegak. Ketua Bidang Kegiatan a. Mabigus. b. Kegiatan F. Bertanggung jawab kepada Ketua pelaksana. Bertanggung jawab kepada Ketua Pelaksana. Bendahara a. Penanggung Jawab a. Sekretaris : a. C. . Dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. Mengawasi semua sistem agar tidak terjadi penyimpangan dalam kegiatan. D. Memberi dukungan dengan mendorong para mabigus untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Taman Pramuka Taman Kami. Pembina. Membantu Ketua dalam Mengatur dan menggerakkan semua sistem yang dibuat untuk melaksanakan kegiatan khususnya masalah keuangan dan pembiayaan kegiatan. c. E. Menjadi penanggung jawab kepada instansi Terkait dan Kwatir cabang kota Cimahi. b. Membantu ketua dalam mengatur dan menggerakkan semua sistem yang dibuat untuk melaksanakan kegiatan khususnya masalah surat menyurat dan kesekretariatan. Pandega. a. Berfungsi sebagai dana. c. Dalam melaksanakan tugasnya ketua bidang dibantu oleh seksi – seksi yang berada di bawahnya serta melakukan koordinasi dengan bidang lain.

b. Seksi Kebersihan dan Air a.b. Seksi Konsumsi . Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Perlengkapan dibantu oleh seksi – seksi yang berada di bawahnya serta melakukan koordinasi dengan bidang lain. Sarana Pendukung I. L. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Kegiatan. K. c. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan Perlengkapan Kegiatan. b. a. Seksi Perlengkapan a. b. c. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan Keamanan Kegiatan. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh bidang lain serta melakukan koordinasi dengan bidang Sarpen dan Keprotokolan. dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Sarpen. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kebersihan dan pengadaan air. J. Ketua Bidang Sarpen. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh bidang lain serta melakukan koordinasi dengan bidang Kegiatan dan Keprotokolan. Giat Penggalang a. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Kegiatan. c. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Kegiatan. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan Sarana Pendukung Kegiatan dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. c. Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Keamanan dibantu oleh seksi – seksi yang berada di bawahnya serta melakukan koordinasi dengan bidang lain. b. Dalam melaksanakan tugasnya ketua bidang dibantu oleh seksi – seksi yang berada di bawahnya serta melakukan koordinasi dengan bidang lain. Seksi Keamanan a. b. dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. M. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan Penggalang dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. H. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Kegiatan. dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh bidang lain serta melakukan koordinasi dengan bidang Sarpen dan Keprotokolan. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Kegiatan. Bidang II . c. c.

N. dengan harapan kegiatan ini akan berjalan dengan baik dan tanpa halangan apapun. ………….. c. PENUTUP Demikian Proposal kegiatan Camping Pendidikan Dasar ( CPD ) Tahun …………. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh bidang lain serta melakukan koordinasi dengan bidang Kegiatan dan Keprotokolan.a. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan Konsumsi Kegiatan. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh bidang lain serta melakukan koordinasi dengan bidang Kegiatan dan Keprotokolan. dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. Kamipun mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pembuatan proposal ini . dengan menjalankan semua sistem agar dapat berjalan dengan lancar. c. Mengetahui/Menyetujui: Kepala Sekolah Selaku Mabigus ……………………… ……………………… Pembina Gudep . dan kami sangat mengharapkan apabila ada masukan dari pihak manapun untuk kegiatan berikutnya kedepan.. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Sarpen. Atas Perhatiannya Kami Ucapkan Terimakasih. Mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan Kesehatan Kegiatan. Ketua Pelaksana ……………………… Sekertaris : ……………………. Pati . b. Seksi Kesehatan a. b. Bertanggung jawab kepada Ketua Bidang Sarpen. kami buat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful