P. 1
Windi Ppt Ekosistem

Windi Ppt Ekosistem

|Views: 328|Likes:
Published by Windi Triana

More info:

Published by: Windi Triana on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

EKOSISTEM

WINDI TRIANA 10310784 KELAS C SEMESTER 4

hewan. tanah dsb) dialam. Ia mengemukakan bahwa hubungan timbal balik antara komponen biotik (tumbuhan. . manusia. mikroba) dengan komponen abiotik (cahaya. udara.PENGERTIAN Istilah ekosistem pertama kali di kemukakan oleh Tansley (1935). air.

Ekosistem bisa dijenengke tatanan kesatuan secara utuh lan 'menyuluruh' antara segenap unsur lingkungan hidup kang podo ngaruhi.Ekosistem yaiku sistem ekologi kang dibentuk karo hubungan timbal balik mboten terpisahke antara mahluk hidup karo lingkungane. .

.

Komponen autotrof (Auto = sendiri dan trophikos = menyediakan makan). Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/ mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. suatu ekosistem tersusun atas komponen sebagai berikut. contohnya tumbuhtumbuhan hijau. . Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen. a.SUSUNAN EKOSISTEM Dilihat dari susunan dan fungsinya.

Heterotrof merupakan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai makanannya dan bahan tersebut disediakan oleh organisme lain. Komponen heterotrof (Heteros = berbeda. hewan. sinar matahari. dan mikroba. Pengurai adalah organisme heterotrof yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati (bahan organik kompleks). Bahan tak hidup yaitu komponen fisik dan kimia yang terdiri dari tanah.b. Pengurai (dekomposer) . trophikos = makanan). Organisme pengurai menyerap sebagian hasil penguraian tersebut dan melepaskan bahan-bahan yang sederhana yang dapat digunakan kembali oleh produsen. udara. Bahan tak hidup (abiotik) d. Bahan tak hidup merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan. Termasuk pengurai ini adalah bakteri dan jamur. jamur. atau lingkungan tempat hidup. Yang tergolong heterotrof adalah manusia. air. c.

KONSEP SISTEM Konsep sistem adalah suatu cara untuk menguraikan suatu masalah yang besar dan rumit menjadi masalah-masalah yang lebih kecil dan lebih mudah dipelajari. . bisa sederhana dan bisa bula kompleks atau rumit. sistem bisa kecil dan bisa pula besar. Dengan demikian. Sistem dapat dikatakan sebagai suatu bagian dari alam universal yang dapat diisolasi dari bagian alam universal yang lain untuk keperluan observasi dan mengukur perubahan.

Ekosistem Air Tawar Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok. . estuari. penetrasi cahaya kurang. Berdasarkan letak geografisnya (garis lintangnya). dan terumbu karang. pantai. dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Ekosistem air laut Ekosistem air laut dibedakan atas lautan.Macam-macam Ekosistem Ekosistem darat Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan.

Bumi adalah contoh alam dari sistem tertutup ini.  Sistem terbuka yaitu sistem dengan batas yang memungkinkan terjadinya pertukaran energi dan materi melintasi batas. Sub-sistem Bumi merupakan contoh alam dari sistem terbuka ini. tetapi tidak memungkinkan pertukaran materi antara sistem dengan lingkungannya.  .  .EKOSISTEM TERTUTUP DAN EKOSISTEM TERBUKA Sistem tertutup yaitu sistem dengan batas yang memungkinkan untuk terjadinya pertukaran energi.

2 umpan balik negatif Jarang sekali terjadi.3.UMPAN BALIK DALAM EKOSISTEM umpan balik positif Mengakibatkan menurunya percepatan perubahan dan memprakarsai terjadinya keseimbangan yang dinamis Contoh : ekosistem padang rumput. over grazing II. perubahan salah satu komponen sistem akan menyebabkann serangkaian perubahan dari komponenkomponen lainya. dan perubahan ini mengarah pada .

TERIMAKASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->