P. 1
ADAPTASI TUMBUHAN

ADAPTASI TUMBUHAN

5.0

|Views: 2,542|Likes:
Published by wiwik_2slamet9454

More info:

Published by: wiwik_2slamet9454 on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

ADAPTASI TUMBUHAN

Adaptasi tumbuhan pada umumnya bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup dan melindungi diri dari musuh/pemangsa. 1. tumbuhan beradaptasi untuk kelangsungan hidup a. Meranggas Meranggas adalah penyesuaian diri tumbuhan pada saat kekurangan air/musim kemarau dengan cara menggugurkan daunnya. Meranggas bertujuan untuk memperkecil terjadinya penguapan air. Daun akan kembali bersemi saat memasuki musim penghujan /saat tersedia air. Contoh tanaman adalah Jati, mahoni, randu dan kedondong. b. Kaktus Tumbuhan kaktus yang hidup di lingkungan yang panas dan tandus beradaptasi dengan: 1) Memiliki daun yang kecil seperti duri. Ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya penguapan. 2) Batang yang berbentuk sperti spons dan dilindungi oleh lapisan lilin. Batang berspons berguna untuk menyimpan cadangan air, sedangkan lapissan lilin dapat mencegah terjadinya penguapan. 3) Akar yang panjang digunakan untuk mencari sumber air di dalam tanah. c. Tumbuhan hidup di lingkungan berair Daun yang lebar akan mempercepat proses penguapan karena bentuk penampang yang lebar memperbanyak daerah terkena cahaya matahari. Contoh tanaman yang memiliki daun yang lebar dan tipis adalah teratai, pisang dan talas. d. Insektivor(tumbuhan pemakan serangga) Tumbuhan pemakan serangga bertujuan untuk mencukupi kebutuhan zat-zat hara/nitrogen yang tidak diperoleh dari tanah. Contoh dari tumbuhan ini adalah kantong semar dan venus.

ADAPTASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGAN
Makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungan bertujuan untuk menjaga kelestarian hidupnya. Berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan maka cara beradaptasinya dibedakan menjadi 2 yaitu: 1. Hewan beradaptasi dengan lingkungan untuk memperoleh makanana. Kupu-kupu Makanan kupu-kupu adalah nektar yang merupakan cairan manis pada tumbuhan, dan biasanya terletak di dasar bunga. Untuk mendapatkan nektar, kupu-kupu beradaptasi dengan cara memiliki bentuk mulut penghisap. Tipe mulut seperti belalai dan berfungsi sebagai alat penghisap pada kupu-kupu disebut probosis. b. Lebah, tawon dan lalatLebah dan tawon memiliki persamaan dengan kupu-kupu yaitu memakan nektar. namun memliki bentuk mulut yang berbeda dengan kupu-kupu. Tipe mulut lebah, tawon dan lalat adalah penjilat. c. Nyamuk Nyamuk memiliki tipe mulut penususk dan penghisap. Artinya mulut yang berfungsi untuk menusuk sekaligus menghisap. Nyamuk jantan menusuk buah-buahan kemudian menghisap cairan yang terdapat di dalam buah tersebut. Sedangkan nyamuk betina menusuk kulit manusia kemudian menghisap darahnya. Nyamuk betina membutuhkan darah untuk membantu proses pembentukan telur(untuk perkembangbiakan) d. BurungBurung memiliki bentuk paruh dan kaki yang berbeda-beda. Bentuk kaki burung menyesuaikan dengan lingkungan dan jenis makanan burung. Burung elang sebagai burung

Kemampuan merubah warna tubuh dipengaruhi oleh cahaya. Bebek dan angsa hidup dan mencari makan di daerah berair. Dilain untuk mendapatkan makanan. Kemampuan merubah warna kulit tubuh sehingga sesuai dengan warna lingkungan yang ditempati ini disebut mimikri.Cadangan makanan Unta merupakan hewan yang hidup di daerah yang tandus dan panas dengan jumlah air yang terbatas. hewan beradaptasi terhadap lingkungan untuk melindungi diri dari musuh.pemangsa maka memiliki bentuk kaki yang kuat dengan cakar yang tajam. Walang daun memiliki warna dan bentuk tubuh yang menyerupai daun. Pada saat minum. Unta Punuk ------Lemak ------. Walang daun akan terlindungi jika berada di lingkungan aslinya(daun). . 2. b. Bunglon Bunglon melidungi diri dari musuh dengan cara merubah warna kulit tubuh sesuai dengan warna lingkungan sehingga keberadaannya tersamarkan. Perhatikan ciri-ciri bentuk kaki dan fungsi di bawah ini! Tabel 1 Bentuk kaki dan fungsi Tabel 2 Bentuk paruh dan fungsi e. Hewan beradaptasi dengan lingkungan untuk melindungi diri dari musuh. maka memiliki kaki yang berselaput dan berfungsi untuk berenang dan menahan tubuh agar saat jalan di tanah berlumpur tidak tenggelam. Walang daun Kamuflase adalah kemampuan makhluk hidup menyamarkan diri dengan cara menyesuaikan dengan warna dan bentuk lingkungan. unta dapat meneguk air yang banyak dan menyimpannya dalam tubuh serta memiliki punuk yang berisi lemak dan dapat digunakan sebagai cadangan makanan bagi unta. suhu dan refleks bunglon. a.

Saat terancam maka siput akan memasukan tubuhnya ke dalam rumahnya. Alat ini digunakan juga untuk mencari mangsa. Sedangkan ular yang tidak berbisa menggunakan kekuatan lilitannya untuk membelit musuhnya. yaitu ular berbisa dan ular tidak berbisa. Siput Siput melindungi diri menggunakan rumah cangkannya. i. Sapi. rusa dan kambing Hewan mamalia ini melindungi diri dengan menggunakan tanduknya. d. . Sengat ini beracun yang mampu melumpuhkan musuh bahkan membunuh musuhnya. singa dan anjing Hewan mamalia ini melindungi diri dengan menggunakan cakar dan taringnya untuk menyerang musuh. cangkang siput mempunyai sifat yang keras. Saat air keruh maka cumi-cumi akan melarikan diri. e. Musang dan kumbang Hewan ini berpura-pura mati saat terancam. 2). Hewan ini melindungi diri dengan menggunakan sengat yang dimiliki. Walang sangit Walang sangit melindungi diri dengan cara mengeluarkan bau yang menyengat saat terancam. Pemangsa akan tertipu dengan gerakan ekor yang ditangkapnya. Ular Ular terdiri dari 2 jenis. Ular berbisa melindungi diri dengan menggunakan racun/bisanya untuk membunuh musuh. Harimau. Kemampuan memutuskan ekor oleh cecak ini disebut Autotomi.c. Kalajengking dan lebah. cicak akan melepaskan ekor dan melarikan diri. h. Tanduk akan digunakan untuk menyerang musuh yang menyerangnya. Kelabang. saat ekornya tertangkap musuh. Mamalia darat 1). sehingga pemangsa tidak dapat melihat keberadaannya. g. dengan cara ini pemangsa meninggalkan dan tidak jadi memakan musang/kumbang. Cicak/kadal Cicak melndungi diri dari musuh dengan cara mengecoh musuhnya. f. Cumi-cumi Mengeluarkan cairan hitam seperti tinta saat terancam. j. Cairan ini akan menyebabkan air di sekitar cumi-cumi akan menjadi keruh. kerbau.

BENDA DAN SIFATNYA Berdasarkan jenisnya benda dibedakan menjadi 3 yaitu : a. yaitu: 1. permukaan selalu datar dan dapat meresap melalui celah-celah yang kecil. Coba cari sifat-sifat benda cair yang lainnya. Benda cair Air yang kita gunakan untuk mandi setiap hari dan air minum merupakan contoh benda cair yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Air selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Menempati ruang 3. c. Bentuk dan volumenya tetap 2... Benda padat Benda padat banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita misalnya kursi dan meja di kelas. oksigen dan karbon monoksida. batu-batuan di sekitar rumah. Serat Serat adalah untaian terkecil dari benang/tali yang tidak dapat diuariakan lagi dengan tangan. (kepompong dipintal menjadi benang sutera.. digunakan untuk membuat kain sutera. Serat alami berasal baik dari tumbuhan maupun hewan. . dapat dimampatkan dan mempunyai massa. Contoh Benda gas adalah uap air.Rami: adalah serat yang berasal dari tumbuhan. Coba cari contoh serat alami lainnya! . Dapat digunakan untuk membuat goni . benang sutera ditenun menjadi kain sutera dan kain sutera dijahit menjadi pakaian sutera) proses pemintalan ulat sutra menjadi benang.Bulu biri-biri: adalah bahan pembuat benang wol yang nantinya dapat digunakan untuk membuat kain wol..betul sekali. Serat dibedakan menjadi 2.. Bentuk berubah sesuai dengan tempatnya.. Benda padat memiliki sifat : 1. Sifat tali temali a.. Serat alami Serat alami adalah serat yang tidak dibuat oleh manusia. Contoh serat alami adalah : . Benda gas Ciri-ciri benda gas adalah berubah-ubah bentuk sesuai dengan tempatnya.Kepompong: adalah bahan pembuat benang sutera. Memiliki berat b. Coba sifat-sifat apa saja yang dapat kita temukan dari benda padat? Yup.

. Es di kutub bumi mencair karena adanya pemanasan global. Tali/Tambang Beberapa benang yang dipilin menjadi satu akan membentuk tali/tambang. Benang Benang adalah gabungan dari beberapa serat. Perubahan benda Perubahan sifat benda Bagan perubahan benda 1. Es yang berbentuk balok akan menjadi air. -Es yang dibiarkan diruang terbuka akan mencair. mencair Padat----pemanasan----cair -Batangan coklat merupakan contoh benda padat yang dapat berubah menjadi cair karena adanya pemanasan.2. Serat buatan Serat buatan adalah serat yang dibuat oleh manusia. Contoh serat buatan adalah nilon. C. Sifat benang akan mengikuti sifat serat yang dipakai untuk membuat benang. Serat buatan memiliki sifat yang lebih kuat dari pada serat alami. Perubahan benda karena adanya pemanasan a. B. Nilon terbuat dari olahan minyak bumi. Senar biasanya digunakan untuk tali pancing yang mempunyai sifat kuat dan tahan air. senar dan kabel listrik(kabel listrik untuk radio).

Kamper merupakan contoh perubahan wujud padat menjadi gas. Kamper yang dibiarkan di ruang terbuka lama-kelamaan akan habis. Menyublim Padat----gas = menyublim Menyublim adalah perubahan benda dari wujud padat ke wujud gas. Bau yang muncul menandakan adanya suatu gas. lama-kelamaan uap air akan menetes 3. Membuat hujan buatan 1. 5. b. sebagai contoh adalah air laut yang terkena panas matahari akan menguap 2.b. sediakan panci dan es batu 3. namun ruangan menjadi harum/berbau. Arahkan uap air(gas) pada panci yang berisi es(pengembunan) 4. Masaklah air hingga mendidih dan keluar uap airnya 2. Es kering dibuat oleh pabrik dan sering digunakan untuk memberikan efek asap pada pertunjukkan panggung. Sebagai contoh adalah Karbon dioksida(benda gas)dimampatkan menjadi es kering(benda padat). Penguapan cair----pemanasan----uap air menguap merupakan perubahan benda dari wujud cair ke wujud gas. Sebagai contoh adalah air yang dimasukakan ke dalam frezer akan membeku menjadi es. Mengkristal Pembuatan garam merupakan contoh perubahan wujud mengkristal. Deposisi Gas------padat = deposisi Deposisi adalah perubahan benda dari wujud gas ke wujud padat. Mengembun Uap air(gas)----pendinginan----embun/hujan(cair) Uap air yang terbawa angin sampai di daerah yang lebih dingin(pegunungan) akan berubah menjadi tetesan-tetesan air yang sering kita namakan embun/hujan. 4. Membeku Cair-----pendinginan------padat Benda dapat mengalami perubahan wujud karena adanya pendinginan. Air merupakan wujud benda cair sedangkan es merupakan wujud benda padat. Perubahan benda karena adanya pendinginan a. Proses pembuatan garam adalah : .

Usaha menghambat terjadinya korosi : * melapisi besi dengan cat * dipernikel * membuat logam campuran 6. Makhluk hidup tersebut bisa dari tumbuhan maupun hewan. misalnya formalin dan boraks.keringkan: padi agar dapat disimpan lama harus dikeringkan dulu .dimaniskan: makanan manisan dapat bertahan beberapa minggu . Perkaratan/korosi Perkaratan dapat menyebabkan perubahan sifat benda. Besi yang berkarat akan mempunyai sifat yang rapuh. tinggalah mineral di dasar bak dan sedikit pemrosesan akan terbentuklah kristal-kristal garam. kekerasan dan kelenturan. 5. Bakteri/mikroba merupakan contoh hewan yang dapat menyebabkan terjadinya pembusukan. Jamur merupakan tumbuhan yang dapat mengakibatkan suatu benda (makanan) mengalami pembusukan. warnanya pun berubah kecoklat-coklatan. Cara buatan dengan bahan kimia Pengawetan makanan dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Perubahan itu dapat berupa warna. .diasinkan: ikan laut diasinkan agar bertahan lama .Air laut-----pemanasan-----air laut menguap. Pembusukan Pembusukan merupakan perubahan sifat benda karena adanya aktivitas makhluk hidup(bakteri/mikroba dan jamur) di dalam suatu benda. Usaha-usaha menghambat pembusukan: Cara alami .diasapi: petani bawang merah menyimpan hasil panennya di atas pengapian dapur .didinginkan : bahan sayuran yang dimasukkan di dalam kulkas. bau.

.) yang berfungsi...... c........................................ .... e.... f.......... Pencernaan artinya .......................................... 4........................... 8............................................................... ............................... .. 9. Gigi taring = .................... ........................... Tanggal : 1..................... d............... Pencernaan mekanis adalah ...................................... ...................................................................... Macam-macam bentuk gigi dan fungsinya a.................................................... 3......................................... ................ c........................ .............. Urutan alat pencernaan manusia adalah a..... b......................................................... c............... b.... Pencernaan kimia adalah ................. Tugas alat pencernaan makanan adalah a.. ........... b............ 5............................ ........................................ Gigi geraham =................. 2................................... Fungsi lidah : a...................... Bagian saluran pencernaan yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung adalah ............................................................... ........ .............................................................................................. Gigi seri = ........... ............................................... c............ Gerakan peristaltik adalah .....................(..............................................................................Alat Pencernaan Manusia Nama :.................. No absen : ........................................................ Kelenjar ludah menghasilkan enzim .......................................................................... b........ 7................ 6............ Dua jenis proses pencernaan makanan adalah : a.............................................................. b........................... ...........

........... Enzim amilase berfungsi ............. Enzim Asam klorida berfungsi ............................................................................. 17.... Enzim pepsin berfungsi ........... b.. ............................................................................. Enzim tripsin berfungsi .................................. 14..... Gejala dari penyakit mag adalah a. c......................................................... Penyerapan sari-sari makanan terdapat dalam usus .... 12........... ……………………………………………… d....yang berfungsi ……………..... Penyerapan air terdapat dalam usus ..... 16............................................ ……………………………………………… b........... ……………………………………………… ..... ............. Usus halus terdiri dari 3 bagian yaitu : ................ 13....... 15....10....... b............................. 18. ……………………………………………………………………………… b........................ ……………………………………………………………………………… 19............ Enzim lipase berfungsi ...... Cara memelihara kesehatan alat pencernaan : a.. d............................................ ……………………………………………………………………………… c.................................... b. Gejala dari penyakit tifus adalah a.. ……………………………………………… c............................... Di dalam usus besar terdapat bakteri …………….................................................... c................. 11.............. Enzim renin berfungsi ....... Permulaan usus besar disebut ... ……………………………………………………………………………… 20...... .... Beberapa penyakit alat pencernaan : a....................... Di dalam lambung terdapat enzim yaitu : a........................ ............ Di dalam getah pankreas terdapat 3 enzim yaitu : a. ……………………………………………………………………………… b..................................... c........

dan lengkung insang: mengedarkan O2 ke seluruh tubuh . 1.pembuluh napas . lumba-lumba dan paus bernapas dengan paru-paru 13. Pernapasan perut adalah pernapasan yang menggunakan bantuan diafragma 8.tenggorakan . 2. Pernapasan dada adalah pernapasan yang menggunakan pergerakan otot antar tulang rusuk 7.ALAT PERNAPASAN Nama :…………………… No presensi : …………………. berudu bernapas dengan insang 18. Organ pernapasan manusia adalah hidung – tenggorokan – bronkus – bronkeolus alveolus 5. Fungsi dari alveolus adalah tempat terjadinya pertukaran gas oksigen dan karbondioksida 9. lembar insang: pertukaran gas O2 dengan CO2. Sisa hasil pembakaran adalah Karbondioksida(CO2 ) dan uap air 4. Katak saat di dalam air bernapas dengan rongga mulut dan paru-paru 17. Katak saat di darat bernapas dengan kulit yang basah dan paru-paru 16. Hewan mamalia bernapas dengan paru-paru 23. Alat pernapasan cacing adalah permukaan kulit yang licin 22. bagian-bagian insang adalah rigi-rigi insang: tempat menyaring O2. Sekat antara rongga dada dan rongga perut disebut diafragma 10.(paru-paru) . Organ pernapasan burung adalah hidung . saat terbang benapas dengan pundipundi udara 20. Selapu tipis yang membungkus paru-paru disebut pleura 11. Saat istirahat burung benapas dengan paru-paru. Alat pernapasan ikan adalah insang 12.. Stomata adalah lubang kecil pada daun sebagai tempat masuk dan keluarnya udara/mulut daun . Ikan lele dapat bertahan lama di daerah yang berlumpur karena mempunyai labirin 15. Serangga bernapas menggunakan corong hawa/trakea 21. Kelas : …………………… Tanggal : ……………………. 14. Manfaat oksigen dalam tubuh manusia adalah sebagai zat pembakaran makanan dalam tubuh/proses metabolisme 3. Fungsi dari rambut halus dan selaput lendir pada hidung adalah untuk menyaring dan membersihkan kotoran dalam udara yang kita hirup 6. Pernapasan / respirasi adalah proses menghirup oksigen dan menghembuskan karbondioksida.pundi-pundi udara 19.

Jawablah dengan jelas! 26. Mengapa saat terbang burung masih dapat bernapas? 29. Bagaimanakah cacing dapat bernapas dalam tanah? 30. Tumbuhan bernapas menghisap karbondioksida dan mengeluarkan pada siang hari. Jelaskan proses pernapasan manusia! 27. Pori-pori pada cabang dan ranting tumbuhan disebut lentisel 25. Sebutkan bagian-bagian insang! 28. Apakah yang dimaksud dengan alveolus itu? .24. II. dan menghisap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida pada malam hari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->