P. 1
Pengertian Profesi, Profesional Profesionalisme Profesionlitas Dan Profesionalisasi

Pengertian Profesi, Profesional Profesionalisme Profesionlitas Dan Profesionalisasi

|Views: 1,777|Likes:
Published by mas_dimas

More info:

Published by: mas_dimas on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/11/2015

pdf

text

original

PENGERTIAN PROFESI, PROFESIONAL, PROFESIONALME, PROFESIONALITAS, DAN PROFESIONALISASI Ada beberapa istilah yang sering dikaitkan dengan kata

“profesi”, yaitu profesi, profesional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi. Untuk lebih mengetahui perbedaan dari beberapa istilah tersebut, berikut penjelasannya: 1. Profesi Profesi adalah suatu pekerjaan tertentu yang membutuhkan pelatihan terhadap suatu pengetahuan khusus. Profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi yaitu pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknik dan desainer. Sejalan dengan pengertian diatas, Prayitno dan Erman Amti (2004: 38) menjelaskan juga bahwa “profesi adalah suatu pekerjaan atau atau jabatan yang menuntut keahlian dari para petugasnya”. Sementara dalam Dirjen Dikti Depdiknas (2004: 5) juga dijelaskan bahwa “profesi merupakan pekerjaan atau karir yang bersifat pelayanan bantuan keahlian dengan tingkat ketepatan yang tinggi untuk kebahagiaan pengguna berdasarkan norma-norma yang berlaku”. 2. Profesional Profesional menunjuk kepada dua hal. Pertama, orang yang menyandang suatu profesi. Jika orang tersebut benar-benar ahli, maka disebut seorang “profesional”. Kedua, penampilan seorang dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya. Dalam pengertian kedua ini, istilah profesional sering dipertentangkan dengan istilah nonprofesional atau amatiran.

Profesionalitas Profesionalitas mengacu kepada sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya. Profesionalisme Profesionalisme menunjuk kepada komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terusmenerus mengembangkan strategi-strategi yang digunakannya dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya. 4. profesionalisasi merupakan proses yang berlangsung sepanjang hayat dan tanpa henti.3. 5. . Profesionalisasi Profesionalisasi menunjuk pada proses peningkatan kualifikasi maupun kemampuan para anggota suatu profesi dalam mencapai kriteria yang standar dalam penampilannya sebagai anggota suatu profesi. Profesionalisasi pada dasarnya merupakan serangkaian proses pengembangan pendidikan/latihan keprofesionalan. pra-jabatan baik (pre-service dilakukan training) melalui maupun pendidikan/latihan dalam jabatan (in-service training). Oleh sebab itu.

(2004) Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Prayitno dan Amti. Jakarta: Rineka Cipta. Erman.DAFTAR PUSTAKA Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. (2007) Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. . Jakarta: Depdiknas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->