Disusun oleh

:
Satrio p d Bryan m Darwin W m multazam ayu s Esra o lina s tyo m

Kelas x-7 Tahun 2010/2011

Sma N 103 jakarta

4 PERUMUSAN MASALAH PEMBAHASAN 2.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR PENDAHULUAN 1.2 IDENTIFIKASI MASALAH 1. 1.1 LATAR BELAKANG 1.4 KETERBATASAN DAN KEUNGGULAN METODE ILMIAH PENUTUP 3.2 SARAN .2 UNSUR METODE ILMIAH 2.1 KESIMPULAN 3.3 PEMBATASAN MASALAH.1 PENGERTIAN METODE ILMIAH 2.3 LANGKAH-LANGKAH OPERASIONAL METODE ILMIAH 2.

Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ . Terima kasih.KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum wr wb. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada teman – teman kelompok yang telah membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. tata cara pembuatan metode ilmiah dan hal – hal apa saja yang harus di lakukan dalam pembuatan metode ilmiah. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Wassalamu’alaikum wr wb. Makalah ini memuat tentang Keterbatasan dan Keunggulan Metode Ilmiah. Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui mengenai metode ilmiah dan bagaimana cara membuat serta menyusunnya .

sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat yang besar. kreatif. memungkinkan kita berpikir kritis. harus terbentuk masyarakat belajar. Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Supaya suatu metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah IDENTIFIKASI MAKALAH Sesuai dengan judul makalah ini “Makalah Keterbatasan dan Keunggulan Metode Ilmiah”. Untuk mencapai bangsa yang cerdas. Metode Ilmiah merupakan suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dengan sistem pendidikan yang mapan. dan produktif. teratur dan terkontrol.PENDAHULUAN Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan.Metode ini menggunakan langkah-langkah yang sistematis. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Yang berisi tentang semua pengertian metode ilmiah serta keterbatasan dan keunggulan apa saja yang ada dalam metode ilmiah Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ PEMBATASAN MASALAH .

masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Apakah metode Ilmiah itu ? 2. Apakah keunggulan dan keterbatasan metode ilmiah ? Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ PEMBAHASAN . Tahap – tahap pembuatan metode Ilmiah PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut. Apakah unsure utama metode ilmiah ? 3. maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah : a. Pengertian metode ilmiah b.Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan.

Bebas dari prasangka 3. Menggunakan hipolesa 5.” Namun ada juga yang berpendapat bahwa metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis.” metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan. 3.Pengertian Metode Ilmiah Menurut Almadk (1939). Supaya suatu metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Unsur Metode Ilmiah Unsur utama metode ilmiah adalah pengulangan empat langkah berikut: 1. Menggunakan prinsip-prinsip analisa 4. 4. Ilmuwan melakukan observasi serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Menggunakan teknik kuantifikasi Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ Salah satu aspek tujuan dalam mempelajari ilmu alamiah adalah pembentukan sikap ilmiah. Karakterisasi Hipotesis Prediksi Eksperimen Metode ini menggunakan langkah-langkah yang sistematis. Menggunakan ukuran objektif 6. Berdasarkan fakta 2. Sedangkan Ostle (1975). maka metode tersebut harus mempunyai kriteria sebagai berikut: 1. Orang yang berkecimpung . 2. metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi. teratur dan terkontrol. pengesahan dan penjelasan kebenaran. hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.

Masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan. Untuk meyakinkan kebenaran hipotesis melalui hasil percobaan perlu dilakukan uji ulang. Sering disebut juga mengkaji teori atau kajian pustaka. yaitu sesuai dengan logika/aturan berfikir yang ditetapkan dalam cabang ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Mengumpulkan keterangan. Apabila hasil uji senantiasa mendukung hipotesis maka hipotesis itu bisa menjadi kaidah (hukum) dan bahkan menjadi teori. hukum.Hipotesis merupakan jawaban sementara yang disusun berdasarkan data atau keterangan yang diperoleh selama observasi atau telaah pustaka. 5. yaitu ilmu pengetahuan merupakan himpunan fakta. yaitu dapat diuji kembali secara terbuka menurut persyaratan yang ditentukan dengan hasil yang dapat diandalkan. Obyektif. yaitu segala informasi yang mengarah dan dekat pada pemecahan masalah. c.Hasil penelitian dengan metode ini adalah data yang objektif. 3. b. Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ . Merumuskan masalah. tidak dipengaruhi subyektifitas ilmuwan peneliti dan universal (dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja akan memberikan hasil yang sama). yang berkumpul sedikit demi sedikit tergantung pada Pelaksanaan Metode Ilmiah Pelaksanaan metode ilmiah ini meliputi 7 tahap. Mengolah data (hasil) percobaan dengan menggunakan metode statistik untuk menghasilkan kesimpulan. e. Menguji hipotesis dengan melakukan percobaan atau penelitian. d Sistematis. Menyusun hipotesis. 4. Menguji kesimpulan. dll. prasangka/pertimbangan nilai pribadi. Dirancang. teoritis. yaitu : 1. yaitu adanya konsistensi dan keteraturan internal Andal. Logis/masuk akal. yaitu ilmu pengetahuan tidak berkembang dengan sendirinya Akumulatif. yaitu ilmu pengetahuan berkenaan dengan sikap yang tidak suasana hati. 2.dalam ilmu alamiah akan terbentuk sikap alamiah yang antara lain adalah :  Jujur  Terbuka  Toleran  Skeptis  Optimis  Pemberani  Kreatif Ada juga sifat ilmu pengetahuan dan metode ilmiah: a. 6. f.

Langkahlangkah dalam menerapkan metode initidak harus selalu berurutan. Menurut Drs. atau pertimbangan lain.7. langkah demi langkah. Penyusunan Hipotesis Yang dimaksud dengan hipotesis adalah suatu pernyataan yangmenunjukkan kemungkinankemungkinan jawaban untuk memecahkanmasalah yang telah ditetapkan dengan kata lain. d. Penarikan Kesimpulan Penarikan kesimpulan ini didasarkan atas penilaian melalui analisis darifakta-fakta (data) untuk melihat apakah hipotesis yang diajukan itu diterima atau tidak Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ . seperti yang tercantumberikut ini. Langkah-langkah Operasional Metode Ilmiah Salah satu syarat ilmu pengetahuan ialah bahwa materi pengetahuan ituharus diperoleh melalui metode ilmiah. Menentukan dan memberikan batasan kepada masalah Menentukan hipotesis atau rumusan pemecahan masalah yang bersifat sementara 4. Ini berarti bahwa cara memperoleh pengetahuan itu menentukan. yang penting ialah pemecahan masalah untuk mendapatkankesimpulan umum (generalisasi) hanya berdasarkan atas data dan diuji dengandata. Perumusan Masalah Yang dimaksud dengan masalah disini adalah merupakan pertanyaan apa. Menguji dan mengadakan verifikasi kesimpulan. c. yaitu : 1. bukan oleh keinginan. hipotesis merupakandugaan tertentu didukung oleh pengetahuan yang ada. b. Menulis laporan Ilmiah. Untuk mengkomunikasikan hasil penelitian kepada orang lain sehingga orang lain tahu bahwa kita telah melakukan suatu penelitian ilmiah. mengapa ataupun bagaimana tentang obyek yang diteliti. Fakta-fakta yangdiperoleh melalui pengamatan langsung dengan mata atau melaluitelescope atau dapat juga melalui uji coba atau eksperimen. 2. prasangka. Pengujian Hipotesis Yaitu berbagai usaha pengumpulan fakta-fakta yang relevan denganhipotesis yang telah diajukan untuk dapat memperlibatkan apakah fakta-fakta yang mendukung hipotesis tersebut atau tidak. Adapun langkah-langkah operasional nya adalah sebagai berikut : a. kepercayaan. Maskoeri Jasin langkah-langkah penerapan metode ilmiah itu ada 3 (tiga).

Menyadari bahwa kebenaran ilmu itu tidak absolut hal ini dapat menjurus ke arah mencari kebenaran itu terus menerus. kita mengetahui pula bahwa panca indera kita mempunyai keterbatasan kemampuan untuk menangkap suatu fakta. artinya tidak akan berubah sepanjang masa  Keunggulan Adapun keunggulan yang akan membimbing kita pada sikap ilmiah yang terpuji sebagai berikut : a. bersikap adil dan itu semua akan menjurus ke arah hidup yang bahagia. Kita telah mengetahui bahwa data yang dipergunakan untuk mengambil kesimpulan ilmiah itu berasal dari pengamatan. sehingga tidak disangsikan lagi bahwa fakta-fakta yang dikumpulkan adalah kekeliruan sehingga itu juga akan keliru. sehingga tidak mustahil suatu kesimpulan ilmiah bisa saja berubah sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri. Metode ilmiah juga membimbing kita selalu bersikap optimis. maka kesimpulan itu dianggap benar. c.Keterbatasan dan Keunggulan Metode Ilmiah Metode ilmiah mempunyai keterbatasan maupun keunggulan :  Keterbatasan Keterbatasan metode ilmiah adalah ketidaksanggupannya menjangkau untuk menguji adanya Tuhan. teliti. Ilmu pengetahuan membimbing kita untuk tidak berfikir secara prasangka tetapi berfikir secara terbuka dan obyektif. Artinya. Dengan metode ilmiah dapat dihasilkan pengetahuan yang ilmiah. d. dan berani membuat suatu pernyataan Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ . Mencintai kebenaran yang obyektif. Sebaliknya. Kebenaran dari pengetahuan ini bersifat mutlak. Jadi kemungkinan keliru dari suatu kesimpulan ilmiah atau dengan kata lain kebenaran ilmu pengetahuan termasuk ilmu pengetahuan alam (IPA) bersifat tentatif. b. kesimpulan itu. sebelum ada kebenaran itu yang dapat menolak kesimpulan itu. maka kesimpulan itu dapat menolak kesimpulan terdahulu menjadi kebenaran ilmu yang baru.

Supaya suatu metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Penelitian yang dilakukan dengan metode ilmiah disebut penelitian ilmiah. terima kasih.Metode ini menggunakan langkah-langkah yang sistematis. teratur dan terkontrol. oleh karena itu penulis berharap kepada para penulis – penulis yang lain agar memberikan yang lebih baik lagi untuk penulisan penulisan yang selanjutnya demi kemajuan bangsa dan negara. Apabila ada kesalahan penulis meminta maaf yang sebesar – besarnya.Penutup Kesimpulan Berdasarkan uraian bahasan “Makalah Metode Ilmiah” dapat disimpulkan bahwa : Metode Ilmiah merupakan suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Makalah Fisika „‟Metode Ilmiah‟‟ . Suatu penelitian harus memenuhi beberapa karakteristik untuk dapat dikatakan sebagai penelitian ilmiah Saran Makalah ini masih belum sempurna dan masih banyak kekurangan yang ada di makalah ini.