Oleh : WELLY PRANATA

Dengan mengobarkan semangat italia iredenta untuk mempersatukan bangsa italia. Fasisme Italia Dibawah pimpinan Benito Mussolini italia berkembang menjadi negara fasis . 2. Selain itu juga menganut totaliterisme yaitu paham yang melaksanakan prinsip bahwa semua diutus oleh negara. . rakyat tidak memiliki kebebasan. Fasisme Jerman Jerman menganut faham Chauvinisme yaitu paham yang menganggap dirinya lebih unggul dari ras lainnya. Lahirnya Negara-negara Fasis : 1.

Fasisme di Jepang Berkat Restorasi Meiji jepang berkembang menjadi negara industri yang kuat. yaitu dunia sebagai keluarga yang dipimpin oleh jepang. . Majunya industri tersebut membawa jepang menjadi negara imperialis. jepang menjadi negara fasis dan menganut Hako I Chiu.3.

2. 4. 3. 5.1. Pertentangan antara paham Liberalisme dan Totalisme. Kegagalan liga bangsa-bangsa dlam mewujudkan perdamaian dunia . Semangat untuk membalas dendam karena kekalahan PD I Perlombaan senjata antarnegara. 6. Persekutuan mencari kawan. Pertentangan antarnegara imperialis untuk memperebutkan daerah jajahan.

Pada tanggal 5 Maret 1942 kota Batavia jatuh ke tangan Jepang. Untuk mewujudkan cita-cita itu jepang menyerang pusat Angkatan Laut Amerika. dan Kragan (Jawa Timur). . Pada tanggal 1 Maret 1942.Pearl Harbour tanggal 7 desember 1941. di eretan (Jawa Barat). Akhirnya tanggal 8 Maret 1942 belanda secara resmi menyerah kepada Jepang. Pendudukan jepang di Indonesia ditujukan untuk mewujudkan persemakmuran bersama Asia Timur Raya. jepang berhasil mendarat di Jawa yaitu teluk Banten.Masa pendudukan jepang merupakan periode yang penting dalam sejarah Indonesia.

Memobilisasi rakyat Indonesia demi kemenangan jepang dalam perang Pasifik. Politik imperialisme Jepang di Indonesia berorientasi ada eksploitasi sumber daya alam dan manusia. Menghapus pengaruh-pengaruh barat di kalangan rakyat Indonesia. dan 2. yaitu : 1.Kebijakan jepang terhadap rakyat Indonesia pada prinsipnya diproritaskan pada 2 hal. . Dengan berbagai cara. Jepang melalukan eksploitasi sampai tingkat pedesaan. jepang menguras kekayaan alam dan tenaga rakyat melalui janji-janji maupun kekerasan.

Aspek sosial ekonomi ditujukan dengan kesengsaraan akibat kebijakan penyerahan wajib padi. Aspek mentalitas masyarakat yang semakin tertekan bahkan muncul ketakutan kolektif dan kegelisahan komunal terhadap keharusan kerja paksa (romusha) . yaitu : 1. mengadakan gerakan bawah tanah. sampai berjuang secara fisik melawan tentara Jepang terjadi di berbagai daerah. Pendudukan jepang berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan rakyat. Memanfaatkan organisasi bentukan Jepang untuk menggembleng rakyat. 2. Aspek politik yang ditandai memudarnya peran dan fungsi lembaga politik tradisional. 3.Pada masa pendudukan Jepang berbagai strategi perjuangan dilakukan oleh para pemimpin nasional. dan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful