P. 1
Kamera Video

Kamera Video

|Views: 208|Likes:
Published by Marfiano Liku

More info:

Published by: Marfiano Liku on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2015

pdf

text

original

1

Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA

Setiap orang bisa membuat karya film video asalkan tahu dan Asalkan dan paham proses

pembuatannya peralatannya.

cara-cara ada

penggunaan dan

kemauan

peralatan tidak susah untuk mempelajarinya. Apalagi saat ini kamera video sudah bukan

barang asing lagi. Dalam lingkup keluarga pun sudah dikenal handycam, peralatan

sederhana yang sudah dipenuhi beberapa fasilitas. Pertama kali yang perlu kita ketahui untuk pengambilan gambar adalah pengenalan terhadap kamera. Kamera merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah pengambilan gambar. Tanpa

menyepelekan bagian yang lain, tanpa kamera sebuah produksi tidak bisa berjalan, karena di kamera inilah gambar dan suara direkam ke dalam film atau pita video.

Ada berbagai macam jenis kamera yang beredar, mulai dari kamera handycam sampai kamera professional broadcast. Kamera

By: Winda S. Reni_TP UNESA

Kompetensi Keahlian Multi Media

Australia. Standard Secam PAL NTSC Ragion Prancis. Standard broadcast video Frame per second (FPS) 25 fps 25 fps 29.2 Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA handycam disebut juga kamera keluarga karena lebih banyak digunakan untuk kepentingan keluarga dan pengoperasiannya juga mudah. gambar dan sura digital direkam dalam pita magnetic. dan Korea By: Winda S. Video Analog adalah Gambar dan Audio direkam dalam bentuk sinyal Magnetik pada pita magnetik.97 fps Video Digital adalah juga serupa dengan Video analog. Kamera handycam ada beberapa jenis sesuai dengan format kasetnya. sehingga disebut pula salah satu perangkat digitizer yang memiliki kemampuan mengambil input data analog berupa frekuensi sinar dan mengubah ke mode digital elektronis. Reni_TP UNESA Kompetensi Keahlian Multi Media . Mexico. Uni Eropa Amerika. Video/Film adalah rangkaian banyak Frame gambar yang diputar dengan cepat. meskipun ada beberapa jenis handycam yang bisa digunakan untuk kualitas broadcast (seperti : Sony seri DSR DVCam dan Canon XL-1). Sedangkan kamera professional dipakai oleh seorang yang professional dibidangnya. Semakin cepat perputarannya semakin halus gerakannya. China. karena penggunaannya perlu beberapa ketrampilan dan pengetahuan khusus tentang fasilitas kamera itu sendiri.Jepang. Kamera Video adalah perangkat perekam gambar video yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog. walaupun sebenarnya terdapat jeda antara frame namun kita sebagai manusia tidak bisa menangkap jeda tersebut. Masing-masing Frame merupakan rekaman dari tahapantahapan dari suatu gerakan. Timur tengan dan Afrika Indonesia. tetapi menggunakan sinyal digital berupa kombinasi angka 0&1. Kanada. Kamera Video termasuk salah satu produk teknologi digital.

Analog format yang terdiri dari standar VHS. Teknik Non-Linear. begitu juga untuk memasukan effect. Harddisk. tetapi jauh lebih mudahkarena tinggal drag and drop tanpa kerja dari nol.3 Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA Teknik Penyuntingan Video Teknik Linear dilakukan dengan memotong-motong bahan video yang diberi istilah klip dan disusun dengan menggunakan video player dan perekam (VCR-Video Cassete Recorder). Putaran HDD Kompetensi Keahlian Multi Media . Contoh : Pinacle. PC sekelas P4 atau AMD Athlon. sebaiknya menggunakan teknologi Hyper Trading.Digital8. 3. sedangkan untuk yang standar gunakan saja HDD serial By: Winda S. USB2. sehingga bisa diatur sesuai dengan potongan yang ada. digunakan untuk proses transfer dari camcoder ke PC. Digital format yang terdiri dari MiniDV.VHS-C. DVD Komputer yang dianjurkan untuk editing video terdiri dari : 1. bisa juga menggunakan dua player bila kita ingin memasukan effect. Super VHS. serupa dengan linear kita memotong-motong klip dalam editing. Capture Video Card dan Port. kita tinggal drag and drop dengan effect yang sudah tersedia. 8mm. 2. Port Fire Wire IEEE 1394. Hi-8 2. Super VHS-C. Bahkan kita dapat mengatur dengan mudah durasi dari effect yang kita pakai. Kabel Firewire atau USB 4. untuk pengolahan Video Intensif lebih baik menggunakan SCSI Harddisk. Reni_TP UNESA ATA. Format dalam kamera video dibagi atas 2 bagian : 1.

Kompresi kontra kerugian = Perbedaan antara rekaman dengan aslinya 7. 2. Reni_TP UNESA . Sound Card 6. White balance = untuk daylight dan sinar lampu dengan menggunakan testchart yang telah distandarisasi dan selanjutnya melakukan penilaian true color 4. 5. Analisa gambar bergerak = kualitas gambar bergerak yang telah direkam 2. Menghitung noise = perbandingan antara signal dan noise power dituliskan dalam decibel (dB).4 Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA minimal 7200 rpm. 4. semakin lama ulang waktu penyesuaian semakin buruk pula setting diafragma otomatisnya 6. 3. CD-ROM dan CD-RW/DVD-RW Performa video kamera (camcoder) dilihat dari : 1. dan hanya sedikit menguji warna warni 3. Titik lemah resolusi = menetukan nilai yang horizontal dan vertikal. VGA card 7. Camera Standar Broadcast Camera Semi Broadcast Camera Home Use Camera handy Cam Kompetensi Keahlian Multi Media Tombol Power yang berfungsi menghidupkan dan mematikan kamera video By: Winda S. Kualitas gambar dalam uji ketahanan Macam-Macam Kamera Video Macam-macam video dilihat dari fungsinya dapat dibedakan menjadi : 1. semangkin tinggi nilai dBnya berarti semangkin tinggi noise distance dan semakin baik pula gambar videonya 5. Cahaya sensitif = Berapa lama waktu yang dibutuhkan camcoder untuk menyesuaikan ulang kecerahan.

Camcoder Product Information 1/6" CCD imager with 290K effective pixels. Memory Stick slot Eyepiece (dudukan mata) : dudukan untuk mata kita disaat melihat keviewfinder 2. Carl Zeiss Vario-Tessar lens. 20X optical zoom lens with 800X digital zoom. 2. 20X optical zoom lens with 990X digital zoom. 2. Camcoder MiniDV Product Information 1/6” Advanced HAD CCD imager with 340K effective pixels. 2. Carl Zeiss Vario-Sonnar lens. 20X optical zoom lens with 800X digital zoom.5 Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA Pembagian berdasarkan format kamera video 1.5" touch panel SwivelScreen LCD display.5” touch panel SwivelScreen LCD display 3. Camcoder DVD Product Information 1/6" Advanced HAD CCD imager with 800K Pixel still image capabilities. Reni_TP UNESA Kompetensi Keahlian Multi Media .5" touch panel Wide Hybrid LCD display By: Winda S.

Macam kamera jenis ini atas rangkaian 1 (on) dan 0 (off). antara lain VHS. Secara umum terdapat 2 jenis kamera : Analog (AV) Data yang disimpan kuat Digital (DV) sebagai Kamera perekam video digital sinyal menyimpan data dalam format pancaran berbagai (gelombang) pada pita kamera kode biner bit per bit yang terdiri perekam. DV. Tempat kaset By: Winda S. Bagian-Bagian Kamera Kamera jenis ini menyimpan data gambar dan suara pada pita magnetik. S – VHS. Jenis kamera ini antara lain mini dan Hi – 8. Reni_TP UNESA Kompetensi Keahlian Multi Media .6 Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA Jenis/type lain dari Handycam : Image sensor (sensor penangkapan gambar) : sebuah sensor yang digunakan untuk mengolah dan menangkap suatu gambar yang terdapat di dalam sebuah kamera. Secara umum bagian-bagian kamera video terdiri atas : 1. dan Digital 8. 8mm. Baterai untuk catu daya 2.

11. Tombol Zoom 4. Jangan meninggalkan kaset camcorder di dalam mobil yang terkena udara panas 5. Jangan tingalkan kaset di dalam camcorder Anda saat tidak digunakan. Kaset bisa menyebabkan gesekan dan hal ini bisa mengakibatkan masalah pada proses merekam dan memutar 2. Beberapa camera menarik energi baterai dalam jumlah kecil. Terminal DC Input. Tombol kontrol cahaya 10. Tips dan Trik Kamera Video Merawat kamera video dilakukan dengan enam langkah berikut ini : 1. Mikrofon 9. Jangan menaruh label pada kaset camcorder dimana label ini kemungkinan berlawanan dengan pembuka pintu kaset. Tombol Player (untuk memainkan kembali video). Cincin Fokus 7. Jendela preview (View Fender) 8. Hal ini By: Winda S. Port Output video / audio (bisa berupa analog ataupun digital) 6. Tombol Recorder 5. Pelembab dari udara yang hangat dapat membut kaset menempel pada bagian drum sehingga merusak kaset dan dapat merusak video head 3. Jangan memasukkan kaset video dalam kondisi benar-benar dingin. Jangan meninggalkan baterai di dalam camcorder saat tidak digunakan. namun konstan sehinga dapat menghabiskan baterai 4.7 Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA 3. Reni_TP UNESA Kompetensi Keahlian Multi Media .

Apakah diperlukan sebuah memory card untuk menyimpan foto 7. Apakah tersedia setting manual untuk fokus. Apakah lensanya memiliki wide angle sejati 9. pilih resolusi yang tinggi SVGA 3. pilih dengan ANSI Lumens yang lebih besar 4. pilih yang paling lengkap 5. Seberapa lama baterainya dapat bertahan Bagaimana memilih Kamera Video dengan tepat perlu diperhatikan : 1.LDP dan LCOS. pilih ukuran yang kecil Viewfinder (jendela bidik): untuk melihat gambar yang akan direkam By: Winda S.SVideo.aperture dan white balance 3. Brightness (pencahayaan) dengan ukuran ANSI Lumens.SXGA dan UXGA. Koneksi mempengaruhi kualitas gambar VGA. Rawat handycam Anda dengan menyerahkannya pada teknisi untuk membersihkan tape head saat kotor. Sebaik apakah image stabilizernya 5.RCA.8 Modul “VIDEO” ESEMKAMUDA dapat menyebabkan kaset menyangkut di dalam kamera 6. Perlengkapan apa yang tersedia 6. Apakah ada input analog dan digital 8. Apakah tersedia input untuk mikrophone dan headphone 10.CRT.XVGA. Reni_TP UNESA Kompetensi Keahlian Multi Media . Teknologi Image Engine diantaranya LCD.DVI. Resolusi SVGA. Ukuran (besar kecil) Kamera Video. Perawatan semacam ini dapat membuat kamera Anda lebih tahan lama Yang harus diperhatikan dalam membeli kamera video adalah : 1. Berapa besar resolusi displaynya 4. RGB. Cukup nyamankan anda memegang kamera tersebut 2. pilihlah LCD 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->