Install Realtek Audio Driver Di Windows XP SP3

On January 13, 2011, in Windows, by Johan

Posting berikut adalah lanjutan dari posting sebelumnya tentang memperbaiki GRUB2 setelah mengistall dual boot di laptop saya. Setelah sukses menginstall windows maka sekarang saatnya menginstall driver-driver bawaan laptop agar semua device bisa berfungsi dengan normal. Semua driver telah terinstall dengan baik dan berjalan normal, giliran satu driver yang tidak normal. Driver tersebut adalah driver audio. [...]
Posting berikut adalah lanjutan dari posting sebelumnya tentang memperbaiki GRUB2 setelah mengistall dual boot di laptop saya. Setelah sukses menginstall windows maka sekarang saatnya menginstall driver-driver bawaan laptop agar semua device bisa berfungsi dengan normal. Semua driver telah terinstall dengan baik dan berjalan normal, giliran satu driver yang tidak normal. Driver tersebut adalah driver audio. Proses penginstallan sih tidak ada yang gagal. Tidak ada error segala macam. Tapi tetap tidak bisa mengeluarkan suara. Setelah mencari-cari tau penyebabnya, beruntung saya mendarat di suatu blog yang menjelaskan fenomena aneh ini. Berikut rincian dari blog tersebut. Sound Realtek HD tidak bisa diinstall pada Windows XP SP3. Setelah melakukan upgrade Windows XP ke SP3, awalnya instalasi berjalan lancar. Selesai instalasi, sound tidak berfungsi. Tidak ada suara yang keluar dari speaker. Aplikasi yang menggunakan suara seperti Mediaplayer, Winamp tidak bisa digunakan.

kemudian melakukan instalasi kb888111xpsp2. instalasi driver sound tanpa mengulangi instalasi Windows XP ke SP2. 11.kebiasaan Microsoft terulang lagi. dengan cara merubah registryWindows. Bagian “Value Data” ganti “300″ menjadi “200″.exe (utk SP2) setelah itu baru menginstal kembali SP3. klik 2 kali “CSDVersion” 10.Pemeriksaan pada device manager terlihat tanda seru pada pci device. menunjukkan banyak juga yang mengalami permasalahan ini. Selesai. Hati-hati dengan cara ini. Huuh merepotkan. Ternyata ada cara yang lebih praktis. 5. Klik tombol “Start”. karena jika salah dalam mengubah registry dapat menyebabkan Windows tidak bisa boot. Pada dialog box yg tampil. Windows anda sudah dianggap SP2 Kemudian install file kb888111xpsp2. ketik “regedit”. Pilih dan klik “Run” 3. Klik tombol OK. Di box sebelah kanan. . di pojok kiri bawah. Pilih dan buka “SYSTEM” 6. Ada apa ini? Pencarian solusi dengan melakukan selancar di internet dan bertanya kepada mbah Google. Pilih dan buka “Control” 8. 4. 2. dan buka dengan mengklik tanda “+”. ternyata driver sound Realtek HD tidak terinstall.exe Lalu install driver audio realtek tersebut. Mayoritas solusi yang ditawarkan menyarankan untuk mengembalikan instalasi Windows XP ke SP2 terlebih dahulu. Langkah-langkahnya : 1. Pilih dan buka “CurrentControlSet” 7. Hmm…. Aplikasi registry editor akan ditampilkan. 9. Di kotak sebelah kiri pilih “HKEY_LOCAL_MACHINE”. Klik tombol “OK”. Penyebab masalah ini adalah Microsoft lupa/mengabaikan masalah sound Realtek HD untuk SP3. Setelah selesai menginstall ubah kembali nilai CSDVersion tadi ke nilai 300. Pilih “Windows”.

Kali ini suaranya muncul .Restart windows.