P. 1
Jenis-jenis pesawat

Jenis-jenis pesawat

|Views: 64|Likes:
Published by BARUAJA

More info:

Published by: BARUAJA on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2012

pdf

text

original

JENIS-JENIS TRANSPORTASI UDARA (PESAWAT) DI S U S U N OLEH : JULIANSYAH PUTRA KELAS : IV SD NEGERI 5

TAHUN AJARAN 2012/2013

Pesawat #46-602 adalah model yang sekarang dipamerkan di atrium utama di National Air and Space Museum di Washington. 1. Pesawat supersonik lainnya tersebut adalah Tupolev Tu-144 milik Rusia yang juga ditengarai adalah hasil spionase dari Concorde. nicknamed “Glamorous Glennis”. pesawat apa saja itu? yuk. Dia merupakan X-plane pertama. Apabila Kamu bisa berpindah tempat sejauh 1km dalam waktu kurang dari 3 detik! itu berarti Kamu memiliki kecepatan supersonik. Supersonik adalah kecepatan di atas kecepatan suara. namun pesawat-pesawat berikut sudah memiliki kecepatan supersonik. berdampingan dengan Spirit of St. Pesawat ditenagai roket tersebut diluncurkan dari perut pesawat Boeing B-29 Superfortress yang telah dimodifikasi. Pada 14 Oktober 1947. Untuk saat ini manusia belum bisa memiliki kecepatan supersonik.225 km/jam).. awalnya XS-1 adalah pesawat terbang pertama yang melampaui kecepatan suara. atas istrinya. 761 mpj. Concorde Concorde adalah sebuah pesawat terbang supersonik yang merupakan satu dari dua jenis pesawat penumpang supersonik yang pernah melayani jalur transportasi secara komersial. . yang dia namakan ‘Glamorous Glennis’.Macam-Macam Pesawat Supersonik Menurut Wikipedia. kita baca sama-sama dibawah ini Bell X-1 Bell-X1. X-1 #46-062. DC. satu seri pesawat yang dirancang untuk pengetesan teknologi baru dan biasanya sangat dirahasiakan. Louis dan SpaceShipOne. Chuck Yeager dari United States Air Force menerbangkan pesawat #46-062.087 kaki/detik. yang kira-kira adalah 343 m/detik (1.

Tu-144 menjadi satu-satunya perusahaan pesawat penumpang komersial supersonik yang dibangunkan oleh Tupolev. bersamasama dengan pesawat Concorde. Ia dibangunkan pada waktu yang sama.700 meter) dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi mesin yang dilengkapi dengan mesin jet afterburner awalnya dikembangkan untuk pesawat pengebom strategis (bomber) Avro Vulcan. memberi nama gelaran Tu-144 dengan nama “Konkordski” atau “Concordski”. Tu-144 menyerupai dengan pesawat Aérospatiale / British Aircraft Corporation Concorde.Penerbangan komersial yang dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada 21 Januari 1976 dan berakhir pada 24 Oktober 2003.04 Mach (kecepatan suara) dan ketinggian terbang hingga 60.Concorde memiliki kecepatan jelajah 2.000 kaki (17. di mana kebanyakan pesawat supersonik besar yang lain dibina berdasarkan spesifikasi tentera. . TU-144 Tupolev Tu-144 (nama pengenalan NATO: “Charger’”) adalah sebuah dari dua buah pesawat penumpang berkelajuan supersonik (SST) yang digunakan dalam perkhidmatan komersial. dengan penerbangan terakhir pada 26 November tahun yang sama. dan terdapat banyak tuduhan mengatakan perisik Soviet telah memainkan peranan penting. Pesawat ini dibina di bawah pengawasan Alexei Tupolev dari biro rekabentuk Tupolev di Kesatuan Soviet.

McDonnell Douglas. tetapi tidak berjaya. . yang mungkin telah mewakili kemajuan yang signifikan atas Concorde. lingkungan dan ekonomi. tetapi desain keduanya bersaing dan akhirnya dibatalkan karena alasan politik. Presiden John F. Direktur Federal Aviation Administration (FAA). SST. terpilih untuk memperbaiki desain Concorde daripada bersaing head-to-head dengan pesawat Boeing 2707. Lockheed L-2000 Lockheed L-2000 adalah pesawat supersonik rancangan Lockheed Corporation dalam kompetisi yang didanai pemerintah untuk membangun transportasi supersonik pertama Amerika Serikat ‘(SST) pada tahun 1960. Pada tahun 1961. Institut Aerohidrodinamik Pusat. Kennedy berkomitmen untuk subsidi 75% dari pengembangan pesawat komersial untuk bersaing dengan Concorde. Lockheed dan Boeing merupakan tiga buah pengeluar lain yang cuba untuk merekabentuk pesawat penumpang SST untuk pasaran Amerika Syarikat pada tahun 1960-an.Kesemua pesawat ini mendapat manfaat dari input saintifik dan teknikal dari TsAGI. Najeeb Halaby. L-2ዀ kehilangan kontrak dengan Boeing 2707.

Tetapi Produksi pesawat ini dibatalkan. Boeing. terbang di Mach 2. namun desain Boeing dan Lockheed dipilih untuk studi lebih lanjut. sedikitnya biaya dan kurangnya pemasaran menyebabkan pembatalan produksi pada tahun 1971. Desain Amerika Utara itu segera ditolak. dan memiliki jangkauan dari 4.0.400 km). Program ini diluncurkan pada tanggal 5 Juni 1963.pesawat ini dimaksudkan untuk membawa 250 penumpang (dalam jumlah besar pada waktu itu). Washington. Lockheed dan Amerika Utara menanggapi secara resmi.7-3. Boeing memulai pembangunan di fasilitas di Seattle. Boeing 2707 Boeing 2707 dikembangkan sebagai pesawat supersonik pertama Amerika (SST). Setelah memenangkan sebuah kompetisi untuk kontrak yang didanai pemerintah untuk membangun SST Amerika.000 nm (7. . dan FAA memperkirakan bahwa pada tahun 1990 akan ada pasar untuk 500 SST.

"Artinya : Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah. maka pasti Allah mengharamkan Surga kepadanya. bernadzar.SYIRIK DAN MACAM-MACAMNYA Syirik yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam Rububiyyah dan Uluhiyyah Allah Subhanahu wa Ta'ala. berdo'a dan sebagainya kepada selainNya. maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar".[An-Nisaa': 48] Surga-pun Diharamkan Atas Orang Musyrik. niscaya akan hapus amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi"[Az-Zumar: 65] Orang Musyrik Itu Halal Darah Dan Hartanya. "Artinya : Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (Nabi-Nabi) sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Allah). tidaklah ada bagi orang-orang zhalim itu seorang penolong pun"[ Al-Maa'idah: 72] Syirik Menghapuskan Pahala Segala Amal Kebaikan. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah. Karena itu. barangsiapa menyembah selain Allah berarti ia meletakkan ibadah tidak pada tempatnya dan memberikannya kepada yang tidak berhak. dan tempatnya ialah Neraka. Umumnya menyekutukan dalam Uluhiyyah Allah. atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti menyembelih (kurban). *Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. *Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. seperti berdo'a kepada selain Allah disamping berdo'a kepada Allah. *Allah Azza wa Jalla berfirman. dan itu merupakan kezhaliman yang paling besar. bagi siapa yang dikehendaki-Nya. "Artinya : Sesungguhnya menyekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar"[ Luqman: 13] Allah tidak akan mengampuni orang yang berbuat syirik kepadaNya. niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan"[Al-An'aam: 88] *Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. yaitu hal-hal yang merupakan kekhususan bagi Allah. "Artinya : Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik. *Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. "Artinya : Seandainya mereka mempersekutukan Allah. jika ia meninggal dunia dalam kemusyrikannya. dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu. .

dan tangkaplah mereka. seperti berdo'a kepada selain Allah atau mendekatkan diri kepadanya dengan penyembelihan kurban atau nadzar untuk selain Allah. [a]. baik untuk kuburan. yang tidak kuasa memberikan manfaat maupun mudharat. mendirikan shalat. dan membayar zakat. Keinginan dan Tujuan.Maka bunuhlah orang-orang musyirikin dimana saja kamu jumpai mereka. jin atau syaitan. Syirik Ada Dua Jenis : Syirik Besar dan Syirik Kecil. [3] [b]... "Artinya : Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq melainkan Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah. Syirik besar adalah memalingkan sesuatu bentuk ibadah kepada selain Allah. yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal kecintaan. Jika mereka telah melakukan hal tersebut. Syirik Do'a. atau mengharap sesuatu selain Allah. Kepunglah mereka dan intailah di tempat pengintaian. yaitu ia menunjukkan suatu ibadah untuk selain Allah Subhanahu wa Ta'ala [4] [c].*Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman. [1]. kezhaliman yang paling zhalim dan kemungkaran yang paling mungkar. yaitu di samping dia berdo'a kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala... Syirik Besar Syirik besar bisa mengeluarkan pelakunya dari agama Islam dan menjadikannya kekal di dalam Neraka. Syirik Niat. JENIS-JENIS SYIRIK. ia juga berdo'a kepada selainNya."[At-Taubah: 5] *Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda. [6] . "Artinya : . Syirik Besar Itu Ada Empat Macam. Syirik Mahabbah (Kecintaan). yaitu mentaati kepada selain Allah dalam hal maksiyat kepada Allah [5] [d]. jika ia meninggal dunia dan belum bertaubat daripadanya. Syirik Ketaatan. maka darah dan harta mereka aku lindungi kecuali dengan hak Islam dan hisab mereka ada pada Allah Azza wa jalla"[2] Syirik adalah dosa besar yang paling besar.

seperti riya' (ingin dipuji orang) dan sum'ah (ingin didengar orang) dan lainnya. dan berkata: "Sesungguhnya kamu sekalian melakukan perbuatan syirik. kemudian karena kehendak si fulan" Kata (kemudian) menunjukkan tertib berurutan. dan yang benar adalah.Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "Yaitu riya'"[10] .[9] [b]. [a]. maka ia telah berbuat kufur atau syirik"[7] *Qutailah Radhiyallahuma menuturkan bahwa ada seorang Yahudi yang datang kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Kamu mengucapkan: "Atas kehendak Allah dan kehendakmu" dan mengucapkan: "Demi Ka'bah". yaitu perkataan. Dalam bentuk ucapan misalnya. Syirik Kecil. bersumpah dengan nama selain Allah. "Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil. Syirik kecil tidak menjadikan pelakunya keluar dari agama Islam. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda. "Artinya : Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Allah. yaitu syirik dalam hal keinginan dan niat. "Kalau bukan karena kehendak Allah dan kehendak fulan" Ucapan tersebut salah.[2]. "Mereka (para Shahabat) bertanya: "Apakah syirik kecil itu. Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan para Shahabat apabila hendak bersumpah supaya mengucapkan. yang berarti menjadikan kehendak hamba mengikuti kehendak Allah. Syirik Zhahir (Nyata). yaitu syirik kecil yang dalam bentuk ucapan dan perbuatan. Syirik Khafi (Tersembunyi). "Demi Allah Pemilik Ka'bah" dan mengucapkan: "Atas kehendak Allah kemudian atas kehendakmu"[8] Syirik dalam bentuk ucapan. "Kalau bukan karena kehendak Allah. tetapi ia mengurangi tauhid dan merupakan wasilah (perantara) kepada syirik besar. *Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda. ya Rasulullah?" . Syirik Kecil Ada Dua Macam.

Keberadaan mitos sangat erat kaitannya (jadi inget mapel sosiologi SMA hehehe) dengan adat istiadat yang masih bersifat tradisional. melamun. Perbedaan Antara Narsisme dan Tahayul Definisi Narsisme : “Narsisme adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Tetunya tidak semudah menutup buku. Orang yang narsisme tidak selalu percaya diri di depan umum. yang narsisme adalah seorang model. Biasanya orang Definisi Tahayul : “Tahayul adalah sembarangan percaya omongan atau hal-hal yang sifatnya negatif tanpa diselidiki lebih lanjut kebenaran atau sebab-sebabnya”. Terutama pada sebagian masyarakat yang masih meyakini ajaran animisme dan dinamisme. Orang bilang menentang mitos itu ”pamali” (dosa) bisa kualat.Pengertian Tahayul Kata tahayul berasal dari bahasa Arab yang artinya: berangan-angan tinggi. atau keyakinan) yang keberadaannya satu paket dengan pantangan yang tidak boleh dilanggar. bisa dikatakan mitos ialah sesuatu berupa wacana (bisa berupa cerita. . h. asal-usul. Benarkah mitos selalu memiliki alasan yang logis? Berbeda dengan masyarakat tradisional yang masih meyakini adanya mitos sebagai sesuatu yang harus diperlakukan hati-hati. Dalam KKBI. lebih menitik beratkan pada analisis pikiran dan kemajuan persepsi dengan kata lain lebih menonjolkan peran pikiran yang masuk akal dan angka kemungkinannya lebih tinggi dibanding angka ketidakmungkinannya. 361). (dari berbagai sumber) Contoh tahayul Istilah mitos sudah lama dikenal. membayangkan atau menghayal (Kamus Munawwir. kepercayaan kepada sesuatu yang dianggap ada (tetapi sebenarnya tidak ada atau dianggab sakti tetapi sebenarnya tidak). tahayul adalah sesuatu yang ada hanya di khayal belaka. Logika. akan banyak hal yang harus dilalui untuk menciptakan perubahan itu. namun bisa juga ditunjukkan dengan memfoto diri sendiri. Mitos dengan aturan yang telah lampau tidak bisa begitu saja disisihkan. karena mereka sering sekali mendapatkan pujian dan itu menyebabkan mereka merasa percaya diri dan akhirnya berlebihan”.

Karena itu ga jadi nglamar.masyarakat modern tidak begitu adanya. kan makannya kuda berdiri). kalau keadaan kotor pasti bikin malas. nanti kalo sudah kena batunya aja baru nyesel ”. calon pengantin perempuan dilarang keras keramas ketika dekat hari H kenapa ? katanya supaya tidak turun hujan deras ketika resepsi berlangsung yang bisa mengacaukan acara. katanya bisa batal dilamar orang alias balik kucing. Hubungan dengan yang nglamar balik lagi apa ya ? otomatis balik. kalau rambut yang akan disanggul itu di keramasi maka tekstur rambut jadi halus dan lembek ini menyulitkan si penata rambut memasang sanggul. atau buyut kamu soal ini jangan marah dulu. * Mitos lain. (kalau aku mah kerudungan aja pas nikah. katanya mitos lah. Kalau dimarahin sama Ibu. Nenek. (ini mitosnya). lah kalau makannya di depan pintu dan berdiri pasti ilfeel (ntar disangka kuda. dikasih tau orang tua kok malah ngeyel. Jadi ketika hari H si calon pengantin tidak boleh keramas supaya lebih mudah disasak dan dipasang sanggul. ”kalau makan jangan depan pintu nanti yang mau nglamar kamu balik lagi. * Kalau nyapu harus sampai tuntas jangan dikumpulin dipojokan. . Kalau memang makan ya di ruang makan atau di tempat yang layak untuk makan. fungsi pintu hanya untuk jalan keluar masuk saja. akhirnya rejeki baik untuk dapat nilai bagus terhambat kan ? anggap saja begitu. Pernah mengalami kejadian yang serupa ? sebetulnya kalau dipikir-pikir lagi kata-kata si Nenek ada benernya juga alias masuk akal. biar bisa keramas sesukaku hehehe) urusan hujan cuekin aja. semua cowok pasti pengen calon istri yang punya sopan santun. Masuk akal tidak ya ? keramas dan hujan ? logikanya kenapa calo pengantin perempuan dilarang membasahi rambutnya (keramas) karena kata penata rias pengantin. cari bulan nikahnya dimusim kemarau biar ga keujanan. pikirin aja yang masuk akal. Misalnya : * Anak gadis dilarang keras makan di depan pintu. misalnya gara-gara kamar kotor malas belajar bisa jadi kan. Jadinya tidak bisa melakukan sesuatu hal yang bisa menguntungkan. yang disapu pasti kotoran dan debu kan ? kalau terlalu lama dikumpulin di pojokan setiap kamu nyapu jadinya rumah atau kamar kamu bakal kotor. Kata seorang Nenek pada cucunya. nanti biar rejekinya tidak mampet (ini mitosnya). Kalau dipikir-pikir memang tidak pantas makan di depan pintu. Dasar anak muda zaman sekarang. Tidak ada salahnya menganalisis sebentar tentang hubungan mitos dengan logika dengan cara mengambil beberapa contoh mitos dan mengkaitkannya dengan pemikiran yang lebih masuk akal. mungkin karena telah banyak fasilitas canggih yang bisa menepis kepercayaan tentang mitos. tahayul lah.

mitos dan logika bukanlah sesuatuyang perlu diperdebatkan. Ini hanya beberapa contoh. baru timang-timang anak tersayang. santai saja karena pada setiap mitos pasti punya alasan yang logis. lebih baik lagi kalau mandi dulu. jadinya anak muda seperti kita suka ngeyel…. Bayi yang baru lahir belum memiliki anti body yang kuat jadi rentann terkena berbagai macam penyakit. jadi harus dihilangkan dulu dengan cara cuci tangan dan kaki. katanya supaya setan dari luar yang ikit di badan si Ayah tidak menakuti bayinya. Logika untuk itos ini mudah saja tentu saja orang yang pulang kerja lewat jalan yang penuh dengan debu dan kotoran. Mungkin cara penyampaiannya saja yang kurang tepat. Debu dan kotoran yang menempel di baju si Ayah ialah sarang kuman dan virus.* Seorang Ayah yang pulang kerja.hehehehe . belum lagi kalau macet dan asap kendaraan menempel di baju. ketika punya baby harus ke kamar mandi dulu untuk cuci tangan dan kaki.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->