TUGAS KEPERAWATAN MATERNITAS KEHAMILAN DAN PERSAINAN KEMBAR Dosen : Sri Handayani S.kep,Ns,M.

kes

Disusun Oleh : F KP VI LUH PUTU HERLYN ASMARAYANI SYAWDESI DWI ARINI FADMAWATI (04.07.1811) (04.07.1821) (04.07.1840)

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SURYA GLOBAL
1

YOGYAKARTA 2010 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselesainya penulisan makalah kami yang berjudul’’KEHAMILAN DAN PERSALINAN KEMBAR”. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah maternitas. Penyusun mangucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah bekerja sama sekaligus membantu dalam proses penyusunan makalah ini. Khususnya kepada ibu Dr.Sri Handayani Skep.Ns,M.kes yang telah membimbing kami sehingga makalah kami yang berjudul ’’KEHAMILAN DAN PERSALINAN KEMBAR” terselesaikan. Makalah ini kami persembahkan untuk : 1. Tuhan YME pencipta alam semesta. 2. Seluruh orang tua kami yang selalu mendoakan dan mendukung kami. 3. Dosen pembimbing mata kuliah kami. 4. Seluruh anggota kelompok dan seluruh teman – teman mahasiswa. Kami sadar makalah ini ,masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca guna perbaikan dan penyususnan laporan selanjutnya.

Yogyakarta, 20 mei 2010

Penulis

2

............3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.................. PENYEBAB......................................11 3 .............................................................5 C.............1 DAFTAR ISI.....................................................9 F...................................................... PATOFISIOLOGI......................................................................................... PENATALAKSANAAN.................................................................................................10 I.......................................................9 H........................................................................... PEMERIKSAAN.. PERAWATAN...............................9 G........................5 A....... ASUHAN KEPERAWATAN.......................... LATAR BELAKANG....................... PEMERIKSAAN PENUNJANG....................................................5 B........................................................... KLASIFIKASI................................................................................................................................................................................................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR......................................2 BAB I PENDAHULUAN.......................................................6 D................................. PENGERTIAN.....................................................6 E...............................................................................................................................3 A..................................................

. Djamil......19 BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Kehamilan ganda atau hamil kembar adalah kehamilan dengan dua janin atau lebih (Rustam Mochtar.. Jadi........ satu kasus kembar siam terjadi untuk setiap 200 ribu kelahiran.. Persalinan dengan kehamilan kembar memiliki risiko lebih tinggi dari pada persalinan dengan janin satu....... di negara maju kembar siam biasanya langsung digugurkan begitu terdeteksi. Jadi kemungkinan terjadinya beyi premature akan tinggi...... Kehamilan kembar mempengaruhi ibu dan janin. Dari semua kelahiran kembar siam....... 75% pada quadruplet..... ada peluang 1000 kasus kembar siam.... Dari mereka yang lahir hidup......... terhadap janin yaitu usia kehamilan tambah singkat dengan bertambahnya jumlah janin pada kehamilan kembar : 25% pada gemeli...... semakin tinggi risiko yang akan ditanggung ibu.. Kasus kembar siam memang lebih sering ditemukan di negara-negara berkembang daripada di negara maju............. 1998)....... 50% pada triplet.... yang akan lahir 4 minggu sebelum cukup bulan.................. Pasalnya.......... Menurut sejumlah kesimpulan medis. Kebanyakan dari mereka (75%) berjenis kelamin perempuan..... 75 4 .................... Alasannya karena bisa membahayakan kehidupan si ibu saat melahirkan dan kalau dibiarkan hidup...... Di RSUP Dr..... terdapat beberapa orang yang melakukan persalinan melalui section caesarea atas indikasi kehamilan kembar ini.......18 DAFTAR PUSTAKA. Semakin banyak jumlah janin yang dikandung ibu................ M.... diyakini tak lebih dari 12 pasangan kembar siam yang hidup di dunia........... diantaranya adalah kebutuhan akan zat-zat ibu bertambah sehingga dapat menyebabkan anemia dan iii defisiensi zat-zat lainnya........ akan menyulitkan kehidupan bayi siam itu sendiri...... jika Indonesia berpenduduk 200 juta............... Saat dilahirkan kebanyakan kembar siam sudah dalam keadaan meninggal dan yang dapat lahir dalam keadaan hidup hanya sekitar 40 persen........BAB III PENUTUP....

yakni kulit. jantung. hidung dan telinga. atau mesoderm yang mencakup otot. Itu pun sering kali disertai dengan kelainan bawaan dalam tubuhnya. atau bisa juga indoderm. paru dan otak. tulang dan saraf.persen meninggal pada hari-hari pertama dan hanya 25 persen yang bertahan hidup. Apakah itu organ pada bagian ektoderm. yakni bagian organ dalam seperti hati. 5 .

kembar dibagi menjadi dua. 2. dimana satu telur tersebut akan membelah dua. Kehamilan kembar adalah kehamilan dengan 2 janin atau lebih. Ciri-ciri : • • Jenis kelamin sama Rupanya sama (seperti bayangan) 6 . Kehamilan kembar lebih banyak terjadi pada kehamilan yang berasal dari fertilisasi in vitro (bayi tabung) daripada kehamilan spontan. 1998). sepertiganya adalah Monozigot.288 persalinan terdapat 197 persalinan gemelli (kembar 2) dan 6 persalinan triplet (kembar 3). PENGERTIAN Kehamilan ganda atau hamil kembar adalah kehamilan dengan dua janin atau lebih (Rustam Mochtar. Monozigot dan Dizigot. Kembar Monozigot Kehamilan kembar monozigot atau disebut juga identik adalah kehamilan kembar yang terjadi dari 1 telur yang dibuahi oleh 1 sperma.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 1. Dari seluruh jumlah kelahiran kembar. KLASIFIKASI Secara garis besar. A. Prawirohardjo (1948) melaporkan bahwa diantara 16. Kembar identik pada umumnya memiliki ari-ari yang sama tetapi kantung amnion yang terpisah pada rahim.

 2 amnion. Jenis kelamin dapat sama atau berbeda. Kembar Dizigot Kehamilan kembar dizigotik adalah kehamilan yang berasal dari 2 telur yang dibuahi sperma yang berbeda.• • Golongan darah sama. Jumlah kehamilan ini kira-kira 2/3 dari total kehamilan kembar. 2 korion. 2 plasenta. cap kaki dan tangan sama Sebagian hamil ganda dalam bentuk :  2 amnion. 2 plasenta. 2 korion. Obat-obatan dapat merangsang indung telur 7 . PENYEBAB • • Faktor Genetik Terapi infertilitas baik menggunakan obat peningkat kesuburan ataupun In Vitro Fertilization <IVF> (bayi tabung). 1 korion. Ciri-ciri : • • • • • Jenis kelamin dapat sama atau berbeda Persamaan seperti adik-kakak Golongan darah tidak sama Cap tangan dan kaki tidak sama Sebagian hamil ganda dalam bentuk :  2 amnion.  2 amnion. B. 3. 1 plasenta. 1 plasenta.  2 amnion. 2 korion. 2 korion. 1 plasenta.

Uterus dan 8 . Kembar dempet atau kembar siam terjadi bila hambatan pembelahan setelah diskus embrionik dan sakus amnion terbentuk. 4. derajat dari perubahan fisiologis maternal lebih besar pada kehamilan kembar dibanding dengan kehamilan tunggal. sehingga melewati batas toleransi dan seringkali terjadi putus prematurus. Secara umum. 5% triplet (kembar 3).untuk mengeluarkan telur lebih dari satu yang dapat dibuahi pada waktu yang sama. Bila terdapat satu amnion yang tidak dipisahkan dengan korion maka bayi tesebut adalah monozigotik. Pada trimester 1 sering mengalami nausea dan muntah yang melebihi yang dikarateristikan kehamilan-kehamilan tunggal. Sekitar 25-30% kehamilan dari IVF adalah kembar. PATOFISIOLOGI Pada kehamilan kembar distensi uterus berlebihan. kuadriplet 1400gram. yang menimbulkan” anemia fisiologis” yang lebih nyata. dan rata-rata kehilangan darah dengan persalinan vagina adalah 935 ml. Kadar haemoglobin kehamilan kembar dua rata-rata sebesar 10 g/dl dari 20 minggu ke depan. bagian tubuh yang dimiliki bersama dapat. cardiac output meningkat sebagai akibat dari peningkatan denyut jantung serta peningkatan stroke volume. Massa sel darah merah meningkat juga. Perluasan volume darah maternal normal adalah 500 ml lebih besar pada kehamilan kembar. Berat lahir rata-rata kehamilan kembar ± 2500gram. Lama kehamilan kembar dua rata-rata 260 hari. IVF adalah prosedur memasukkan embrio multipel ke dalam rahim untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. triplet 246 hari dan kuadruplet 235 hari. triplet 1800gram. Penentuan zigositas janin dapat ditentukan dengan melihat plasenta dan selaput ketuban pada saat melahirkan. Sebagaimana diperbandingkan dengan kehamilan tunggal. atau hampir 500 ml lebih banyak dibanding dengan persalinan dari janin tunggal. Ukuran uterus yang lebih besar dengan janin banyak meningkatkan perubahan anatomis yang terjadi selama kehamilan. Bila selaput amnion dipisahkan oleh korion. maka janin tersebut bisa monozigotik tetapi lebih sering dizigotik. dan <1% adalah kuadriplet (kembar 4) atau lebih.2 Pada kehamilan kembar dizigotik hampir selalu berjenis kelamin berbeda.1. namun secara proporsional lebih sedikit pada kehamilan-kehamilan kembar dua dibanding pada kehamilan tunggal.

dapat terjadi akumulasi yang cepat dari jumlah cairan amnionik yang nyata sekali berlebihan. yaitu hidramnion akut. Khusus dengan kembar dua monozygot.terdapat 2 kepala. Pada kehamilan kembar yang dengan komplikasi hidramnion. Kadar kreatinin plasma serta urin output maternal dengan segera kembali ke normal setelah persalinan. akan membantu 9 . 6. amniosintesis terapeutik dapat dilakukan untuk memberikan perbaikan bagi ibu dan diharapkan untuk memungkinkan kehamilan dilanjutkan. besar kemungkinannya sebagai akibat dari uropati obstruktif. 2 bokong.isinya dapat mencapai volume 10 L atau lebih dan berat lebih dari 20 pon. PEMERIKSAAN • Secara klinis .terdengar 2 DJJ di tempat yang berjauhan dengan perbedaan 10 denyut per menit atau lebih • USG atau foto roentgen : bayangan janin lebih dari 1. Dalam kasus hidramnion berat. PERAWATAN • Nutrisi yang mencukupi: BBLR atau berat badan lahir rendah adalah salah satu dari kebanyakan permasalahan dengan kelahiran kembar. Dengan memberikan nutrisi makanan yang cukup dan sehat dengan diet yang seimbang. Dalam keadaan ini mudah terjadi kompresi yang cukup besar serta pemindahan banyak visera abdominal selain juga paru dengan peninggian diaphragma. dan 1 atau 2 punggung . Ukuran dan berat dari uterus yang sangat besar dapat menghalangi keberadaan wanita untuk lebih sekedar duduk. 5. Berbagai macam stress kehamilan serta kemungkinan-kemungkinan dari komplikasi-komplikasi maternal yang serius hampir tanpa kecuali akan lebih besar pada kehamilan kembar. fungsi ginjal maternal dapat mengalami komplikasi yang serius.

Dengan melakukan pemeriksaan ANC teratur anda dapat lebih yakin bahwa anda dalam monitor dan penanganan medis yang terbaik sedapat mungkin.menurunkan kemungkinan komplikasi. • Istirahat Yang Cukup: Pada kehamilan kembar tubuh anda bekerja dua kali lebih keras. Dokter anda mungkin akan menganjurkan anda untuk mengambil cuti kerja lebih awal bila anda bekerja. Begitu juga untuk kehamilan kembar anda perlu untuk melakukan pemeriksaan ANC yang teratur sesuai jadwal yang diberikan untuk memonitor kehamilan kembar anda sehingga dapat membantu untuk menurunkan resiko atau komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan kembar. untuk itu anda juga memerlukan istirahat dua kali lebih banyak. dan bila diagnosis telah ditegakkan pemeriksaan ulangan harus lebih sering (1 x seminggu pada kehamilan > 32 minggu) • Setelah kehamilan 30 minggu.500 kalori perhari. • Perawatan prenatal yang baik untuk mengenal kehamilan kembar dan mencegah komplikasi yang timbul. Carilah bantuan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga anda. dalam kehamilan ini anda memerlukan tambahan 300 . dan bahkan mungkin untuk melakukan istirahat tidur dirumah. Cobalah untuk mencari waktu untuk beristirahat selama aktivitas anda sehari-hari. koitus dan perjalanan jauh sebaiknya dihindari. karena akan merangsang partus prematurus. makan dengan variasi makanan seimbang. • Pemeriksaan Antenatal Care yang teratur: Setiap kehamilan sebaiknya melakukan pemeriksaan antenatalcare yang teratur sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan dan pemantauan terhadap kehamilan baik ibu dan bayi. 10 . Makan dengan nutrisi yang mencukupi.

PEMERIKSAAN PENUNJANG Sesudah kehamilan kembar dicurigai melalui pemeriksaan fisik. maka pemeriksaan penunjang berupa ultrasonografi (USG) dilakukan untuk memastikan. • • Lakukan pemeriksaan darah lengkap. ASUHAN KEPERAWATAN PADA KEHAMILAN DAN PERSALINAN KEMBAR Anamnesis 11 . Pemeriksaan roentgen abdomen (perut) dapat juga dilakukan untuk melihat kehamilan kembar. Hb. Pemeriksaan serum alfa-fetoprotein juga meningkat (> 4 kali normal) pada kehamilan kembar.• Pemakaian korset gurita yang tidak terlalu ketat diperbolehkan. Pematangan paru janin bila ada tanda-tanda partus prematurus yang mengancam dengan pemberian betamethason 24 mg/hari. dan golongan darah. 7. Peningkatan hormon hCG juga dapat menjadi penunjang untuk kehamilan kembar. janin dapat diperiksa kemungkinannya menderita kecacatan ataupun penyakit keturunan. supaya terasa lebih ringan. Pada akhir triwulan pertama atau awal triwulan kedua.

• • • • Riwayat adanya keturunan kembar Mendapat pengobatan infertilitas Uterus yang membesar lebih dari 4 cm dari amenore Gerakan janin yang banyak Pemeriksaan klinis • • • • • • Besarnya kehamilan melebihi lamanya terlambatnya menstruasi Besarnya rahim bertambah lebih cepat dari biasanya Berat badan bertambah lebih cepat Dapat diraba banyaknya bagian kecil janin Dapat diraba tiga bagian janin dan teraba dua ballotemen Terdengar 2 DJJ dengan perbedaan 10 denyut atau lebih Pemeriksaan USG Terlihat dua bayangan janin dengan 1 atau 2 kantong amnion. Diagnosis dengan USG sudah dapat ditegakkan pada kehamilan 10 minggu. Pemeriksaan X-ray Sudah jarang dilakukan karena terdapat bahaya radiasi dari penyinaran Diagnosis pasti • • • • Teraba 2 kepala Teraba 2 bokong atau 2 punggung Terdengar dua denyut jantung janin dengan perbedaan jumlah lebih dari 10 denyut Dengan alat bantu ultasonografi dan foto abdominal akan tempak dua janin dalam rahim Komplikasi kehamilan • • Hidramnion Prematuritas 12 .

karena keregangan otot rahim yang melampaui batas. kehamilan ganda lebih mungkin terkait dengan komplikasi kehamilan. Persalinan dapat berlangsung lebih lama.• • • • Kelainan letak Plasenta pervia Solusio plasenta Monster fetus Komplikasi Post Partum • • • • • Atonia uteri Retensio plasenta Plasenta rest Perdarahan postpartum Mudah infeksi Penatalaksanaan Sebelum persalinan Dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Ada argumen kuat yang menyatakan bahwa pasien harus mendapat asam folat 5 mg dan satu tablet zat besi setiap hari. terjadi gangguan kontraksi otot rahim yang menyebabkan atonia uetri yang menimbulkan perdarahan dan retensio plasenta. Pada kehamilan kebutuhan ibu untuk pertumbuhan hamil kembar lebih besar sehingga terjadi defisiensi nutrisi seperti anemia dalam kehamilan yang dapat mengganggu pertumbuhan janin dalam rahim. 13 . Frekuensi hidramnion pada hamil kembar sekitar 10 kali lebih besar dari kehamilan tunggal. Setelah persalinan. Solusio plasenta dapat terjadi setelah persalinan anak pertama karena retraksi otot yang berlebihan.

14 . Frekuensi DJJ kedua terus dipantau. pembesaran pembuluh darah (varises). persalinan dibiarkan berlanjut. bokong-kepala. peregangan otot rahim yang menyebabkan iskemia uteri yang dapat meningkatkan kemungkinan preeklampsia dan eklampsia. dan dipotong. Untuk presentasi kepala-kepala. coitus ditinggalkan pada 3 bulan terakhir. Untuk memperkecil kemungkinan penyulit ibu dan janin. Bial kontraksi rahim tidak efektif. yang dikenali sebagai kembar A. Ibu yang bekerja sebaiknya berhenti bekerja pada umur kehamilan 28 minggu . misalnya 2 jam pada sore hari. Frekuensi DJJ harus dipantau terus menerus selama persalinan. tali pusat dengan segera di klem. Presentasi kepala paling sering terjadi (50% dari semua kombinasi). Pemeriksaan dalam kemudian dilakukan untuk menilai presentasi dan stasion kembar kedua. diharapkan dapat mengurangi resiko hipertensi yang di induksi kehamilan dan persalinan preterm. Persalinan Untuk memilih metode yang optimal untuk kelahiran presentasi janin-janin itu harus diketahui dengan tepat.Seorang wanita dengan kehamilan ganda mempunyai volume darah yang lebih besar dan mendapatkan beban ekstra pada sistem kardiovaskuler. Kalau kembar kedua masih dalam presentasi kepala. sering BAK. edema tungkai. Dengan janin yang berat badannya relatif lebih rendah menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang tinggi. istirahat yang cukup. pada kehamilan ganda penanganan yang lebih intensif dengan melakukan pengawasan hamil lebih sering. Setelah kelahiran dari kembar yang pertama. diikuti dengan kelahiran kepala-bokong. persalinan pervaginam diperbolehkan seperti halnya pada presentasi kepala tunggal. oksitosin harus diberikan dalam larutan encer dan persalinan dibiarkan berjalan. bokong-bokong. Keluhan pada kehamilan ganda biasanya terasa sesak nafas. melakukan pemeriksaan laboratorium dasar dan pengobatan intensif terhadap kekurangan nutrisi dan preparat Fe. Biasanya dokter menganjurkan ibu dengan kehamilan ganda agar beristirahat lebih banyak.

Syarat versi luar : • • • • • • • • Pada letak lintang usia kehamilan 34 minggu atau lebih Tidak ada bekas jaringan parut operasi Tidak hipertensi Tidak preeklampsi dan eklampsia Tidak ada perdarahan antepartum Tidak polihidramnion dan oligohidramnion Hati-hati dalam melakukan versi luar pada kehamilan ganda SC merupakan pilihan bijaksana untuk dilakukan Bila anak kedua presentasi sungsang (frank breech). Selain itu.Selang waktu optimal antara kehamilan kembar pertama dan kedua adalah 5-15 menit. Pada presentasi lain Ditangan yang kurang berpengalaman . 15 . Kelahiran kembar kedua setelah 30 menit dapat mengakibatkan insufisiensi uteroplasenta yang daapt mengakibatkan menurunnya aliran darah uteroplasenta yang diakibatkan oleh berkurangnya volume dalam rahim. Setelah kelahiran kembar yang pertama. Selang waktu yang lebih lama hanya dapat dibiarkan melalui kembar kedua dengan cermat dipantau. selang waktu terlalu lama dapat mengakibatkan perdarahan janin dari kembar kedua sebagai akibat pelepasan plasenta dini. dahulu dilakukan ekstaksi bokong (dengan syarat jika bokong sudah turun didasar panggul). karena meningkatkan morbiditas dan mortalitas janin. USG dapat berguna untuk menentukan presentasi kembar kedua dan letak tungkai janin secara tepat. Kalau janin letak oblik atau melintang lakukan versi luar agar menjadi presentasi kepala dan kelahiran kepala berikutnya mungkin dapat dilakukan. SC merupakan pilihan yang bijaksana. Ekstraksi bokong sudah tidak dilakukan pada sekarang ini. SC rutin harus dilakukan untuk mencegah cedera kelahiran dan asfiksia potensial yang mungkin terjadi pada versi kaki dan ekstraksi sungsang total.

Disamping komplikasi potensial pada persalinan sungsang pervaginam. Suatu pengecualian dari petunjuk yang tersebut diatas melibatkan kelahiran gestasi ganda yang disertai komplikasi persalinan kurang bulan aktif dan ketidakmatangan janin (misalnya umur gestasi 25-26 minggu). karena jenis presentasi ini disertai dengan insidensi yang lebih tinggi terhadap prolaps tali pusat dan terperangkapnya kepala berikutnya. Makanan dianjurkan mengandung banyak protein dan porsi makan disarankan lebih sedikit namun dilakukan lebih sering. Selain itu. Interlocking anak kembar dapat terjadi jika kembar yang pertama lahir sebagian dagunya tersangkut pada leher dan dagu kedua. Hidramnion (cairan amnion berlebihan) menyebabkan rahim tegang sehingga dapat menyebabkan partus prematurus atau perdarahan pasca melahirkan. dan pada kehamilan 36 minggu dilakukan setiap minggu agar tandatanda komplikasi dapat diketahui lebih dini dan lebih cepat ditangani. Bila kembar pertama terletak melintang. Untuk kepentingan ibu dan janin maka pemeriksaan kehamilan dilakukan lebih sering. SC diindikasikan tidak peduli pada presentasi kembar kedua.Untuk presentasi sungsang-kepala. frank breech (bokong murni) atau footling breech (bokong kaki). SC juga diindikasikan. Kalau kembar yang pertama complete breech (bokong sempurna). dan anemia. Mulai kehamilan 24 minggu dilakukan setiap 2 minggu. Peregangan rahim yang berlebihan menyebabkan iskemia pembuluh darah rahim sehingga menyebabkan pre-eklampsia atau eklampsia. partus prematurus (melahirkan lebih dini). TERAPI Kebutuhan ibu akan nutrisi bertambah pada kehamilan kembar sehingga suplemen tambahan seperti zat besi perlu diberikan untuk mencegah anemia. SC diindikasikan untuk menghindari fenomena anak kembar yang saling mengunci. 16 . tatalaksana yang diperlukan adalah pencegahan ibu akan terjadinya komplikasi kehamilan seperti eklampsia dan pre-eklampsia.

maka produksi ASI akan berlipat ganda. Beberapa dokter menganjurkan untuk menghentikan aktivitas fisik setelah 24 minggu kehamilan 4. Istirahat cukup terutama setelah minggu ke-24 kehamilan 5. Hindari alkohol. karena itu seorang wanita yang mengandung 2 janin atau lebih di rahimya harus mengenali tanda-tanda kelahiran dini. Salah satu komplikasi tersering dari kehamilan kembar adalah partus prematurus (persalinan dini. Yang harus dilakukan untuk kehamilan kembar 1. yaitu : 1. Untuk mencegah terjadinya persalinan dini maka dianjurkan untuk mambatasi aktivitas fisik dan bermalam di rumah sakit untuk pengawasan lebih ketat lagi Kehamilan kembar dapat dilahirkan secara normal. zat besi. seperti salah satu janin sungsang. obat-obatan. sebelum saatnya). asam folat. kafein berlebihan. dan bahan makanan yang terkontaminasi 3. dan kalsium 2. Peningkatan flek vagina Apabila didapatkan tanda-tanda di atas maka segera pergi ke dokter atau ke rumah sakit bila terjadi perdarahan dari vagina atau pecah dan keluarnya cairan amnion. roentgen xray. operasi caesar hanya dilakukan bila diperlukan. Keram perut bagian bawah yang dapat disertai diare 2. produk kosmetik. kalori. Mengkonsumsi nutrisi yang cukup. dimana apabila janin yang dikandung adalah kembar. Kurangi aktivitas fisik. Penekanan pada punggung bawah 4. merokok.Kelahiran prematur cukup umum terjadi pada kehamilan kembar diabandingkan kehamilan dengan 1 janin. bahan-bahan kimia. sebanyak 4 kali atau lebih dalam 20 menit atau 8 kali atau lebih dalam 1 jam 3. Kontrol teratur ke dokter Menyusui Bayi Kembar Tubuh seorang wanita dapat memproduksi Air Susu Ibu (ASI) sebanyak yang dibutuhkan oleh bayi. 17 . Kontraksi dari rahim yang terus-menerus dan tidak hilang-hilang.

18 .

telur yang sudah dibuahi membelah menjadi dua atau lebih embrio pada perkembangan tahap pertama. Pada kasus yang jarang terjadi. Kehamilan kembar adalah kehamilan dengan 2 janin atau lebih. Prawirohardjo (1948) melaporkan bahwa diantara 16. Jenis Kehamilan Kembar ada 2: 1. Kehamilan Kembar Monozigotik Kehamilan kembar monozigotik atau disebut juga identik adalah kehamilan kembar yang terjadi dari 1 telur yang dibuahi oleh 1 sperma.BAB III PENUTUP KESIMPULAN Kehamilan ganda atau hamil kembar adalah kehamilan dengan dua janin atau lebih (Rustam Mochtar. Kembar identik pada umumnya memiliki ari-ari yang sama tetapi kantung amnion yang terpisah pada rahim. 1998). Kehamilan kembar lebih banyak terjadi pada kehamilan yang berasal dari fertilisasi in vitro (bayi tabung) daripada kehamilan spontan. kembar identik memiliki 1 kantung 19 . Untuk alasan yang tidak diketahui.288 persalinan terdapat 197 persalinan gemelli (kembar 2) dan 6 persalinan triplet (kembar 3).

klikdokter.php?option=com_content&view=article&id=223:kehamilankembar&catid=53:kesehatan-pada-ibu&Itemid=86 http://drosalina.html 20 .com/index.com/2009/09/secsio-caesarea-atas-gemelli-kehamilan. Jenis kelamin dapat sama atau berbeda. Kedua anak tersebut memiliki jenis kelamin yang sama.blogspot.htm http://id. sidik jari dan telapak sama. rupa sama.infoibu.Kehamilan Kembar Fraternal (Dizigotik) Kehamilan kembar dizigotik adalah kehamilan yang berasal dari 2 telur yang dibuahi sperma yang berbeda. dan mereka berbeda seperti anak-anak lain dalam keluarga. Kehamilan ini jarang terjadi 2.wikipedia.com/2010/02/27/kehamilan-gandakembar/ http://www.akbidnet.com/tipsinfosehat/kehamilan%20kembar.wordpress. DAFTAR PUSTAKA http://www.html http://askep-askeb-kita. Jumlah kehamilan ini kira-kira 2/3 total kehamilan kembar.com/2006/10/peningkatan-angka-kelahiran-kembar.blogspot.org/wiki/Kembar_siam http://www.amnion.com/illness/detail/25 http://lenteraimpian.

21 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful