P. 1
RPP Gejala Alam Biotik & Abiotik

RPP Gejala Alam Biotik & Abiotik

|Views: 1,134|Likes:
Published by berdoea

More info:

Published by: berdoea on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Alokasi waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

: : : : : :

SMP VII (tujuh)/Semester II IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) 2 X 40’ 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik. Setelah melakukan pengamatan, peserta didik diharapkan dapat: 1. Menjelaskan pengertian komponen biotik. 2. Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik. 3. Menjelaskan pengertian komponen abiotik. 4. Menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik. 5. Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 6. Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Disiplin ( Discipline ) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness)

Tujuan Pembelajaran

:

Karakter siswa yang diharapkan :

Materi Pembelajaran Metode Pembelajaran

: : -

Gejala Alam Biotik dan Abiotik Model Direct Instruction (DI) Cooperative Learning Metode Observasi / Pengamatan Diskusi kelompok

Langkah-langkah Kegiatan a. Kegiatan Pendahuluan . Guru mengajak peserta didik Berdoa terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar dimulai . Guru mengecek kehadiran peserta didik . Guru menanyakan alas an ketidakhadiran peserta didik saat pembelajaran hari ini atau yang tidak hadir pada pertemuan sebelumnya . Apersepsi : Peserta didik diminta untuk menyebutkan objek dan kejadian apa saja yang bisa kalian temukan di lingkungan sekitar

tekun.Motivasi : Peserta didik diminta untuk mengelaborasi adakah objek dan kejadian yang diamati tadi termasuk kedalam komponen makhluk hidup (biotik) dan komponen makhluk tak hidup (abiotik)? . teliti dan mandiri  Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan mengenalkan karakter yang akan dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran. antara lain disiplin. teliti. kemudian mendiskusikannya dengan teman satu kelompok . tekun. kerjasama dan bertanggung jawab b. saling menghormati (respek). bekerja sama dan penuh rasa tanggung jawab  Guru memeriksa pekerjaan setiap kelompok  Kelompok menyelesaikan pengamatan dengan tepat waktu (disiplin)  Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompoknya membedakan gejala alam biotik dan gejala alam abiotik  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas dengan suasana demokratis (guru memodelkan dan memfasilitasi kebebasan berpendapat dan menghargai persamaan hak orang lain dalam kegiatan diskusi) . rasa hormat (respek). apakah kalian dapat menemukan gejala – gejala alam biotik dan abiotic dalam kehidupan sehari – hari?  Peserta didik menanggapi pertanyaan guru  Guru mengarahkan jawaban peserta didik dan meminta peserta didik untuk membaca buku paket BSE Kelas VII tentang gejala alam biotik dan abitik. teliti.  Elaborasi  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. Kegiatan Inti  Eksplorasi  Guru menempelkan / menayangkan gambar tentang gejala alam biotik dan abiotic  Peserta didik mengamati gambar secara cermat. setiap kelompok terdiri dari 4 orang  Setiap kelompok terdiri atas 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan  Setiap kelompok merupakan gabungan dari peserta didik yang dikategorikan memiliki kemampuan akademis lebih dan kurang  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian komponen biotik dan abiotik  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik dan abiotik  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gejala alam biotik maupun gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari  Guru menjelaskan langkah – langkah pengamatan pada suatu objek  Guru membagikan lembar observasi / pengamatan pada tiap kelompok  Guru meminta peserta didik melakukan pengamatan di lingkungan sekitar sekolah untuk menemukan gejala alam biotik dan abiotic secara berkelompok dengan pembagian tugas yang seimbang (kerjasama)  Peserta didik melakukan pengamatan di lingkungan sekitar sekolah dengan disiplin. tekun.

 Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber  Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada hari ini  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. program pengayaan. Lingkungan c. c. guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Buku IPA Terpadu BSE Kelas VII Karangan Wasis.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. guru:  Guru memberikan penghargaan terhadap keberhasilan peserta didik..  memberikan tes lisan  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.  mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama Sumber Belajar a. dkk b.  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup. layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. Lembar Observasi .

.Penilaian Hasil Belajar Indikator Pencapaian Kompetensi . Kepala SMP Subang. Guru IPA Januari 2012 __________________________ NIP. ukuran Mengetahui. warna d. bau b.Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan . _______________________ NIP.Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan Teknik Penilaian Observasi Bentuk Instrumen Lembar observasi Instrumen/ Soal Tes Tulis PG Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik? a. tumbuh c.

4. BIOTIK ABIOTIK NAMA OBJEK 1.LEMBAR OBSERVASI Kelompok Kelas Nama : : : 1. Hari/Tanggal : 3. Amati lingkungan di sekitar kalian! . 2.

kemudian cek list pada kolom apakah termasuk gejala alam biotik atau abiotik! . 3.2. Adakah yang termasuk gejala alam biotik dan abiotik? Buat kesimpulan dari hasil pengamatan kalian tersebut! Keterangan : Catat nama objek yang kalian temukan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->