Fungsi Bilinear

Makalah Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Fungsi Kompleks yang dibimbing Oleh Ibu Indriati N. H

Oleh: 1. Dyah Setianingrum 2. Adi Santo Prasetyo 3. Isrokah 4. Dwi Susanti (309312417505) (309312422760) (309312422764) (309312426744)

Universitas Negeri Malang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Matematika Oktober 2011

. fungsi bilinear. 1. Mengetahui contoh dan bukan contoh dari fungsi bilinear. fungsi elementer.3 Tujuan 1. fungsi analitik. 2. fungsi pangkat. Pemahaman tentang fungsi elementer sendiri sangant diperlukan dalam menganalisis suatu kurva secara geometris.PENDAHULUAN 1. Apa definisi dari fungsi bilinear? 2. Mengetahui teorema yang ada dalam fungsi bilinear. diperlukan sistem bilangan baru yaitu sistem bilangan kompleks.2 Rumusan Masalah 1. fungsi logaritma. fungsi trigonometri dan fungsi hiperbola. Dalam makalah ini akan dibahas tentang Fungsi Bilinear dalam bilangan kompleks. integral fungsi kompleks. deret kompleks. Teorema apa saja yang terdapat dalam fungsi bilinear? 1. Apa saja yang termasuk contoh dan bukan contoh fungsi bilinear? 3. fungsi linear. Sistem bilangan kompleks terdiri dari bilangan kompleks. Mengetahui definisi fungsi bilinear. Oleh karena itu. Fungsi elementer diantaranya. tetapi sistem bilangan real ternyata masih belum cukup untuk menyelesaikan semua bentuk permasalahan dalam berbagai operasi dan persamaan dalam matematika. 3. Dalam sistem bilangan kompleks fungsi elementer sangat penting dan sebagai penunjang untuk mempelajari sistem bilangan kompleks yang lainnya. fungsi eksponensial. dan metode pengintegralan residu.1 Latar Belakang Sistem bilangan yang sudah dikenal sebelumnya adalah sistem bilangan real.

. maka pemetaan bilinear menjadi menyatakan fungsi 1-1 yang memetakan bidang z perluasan ke bidang w perluasan. pada . Karena merupakan fungsi rasional yang analitik dimana-mana kecuali di fungsi linear. Maka berdasarkan teorema 2. Untuk titik sehingga dipetakan ke titik digunakan tingkah fungsi laku pada titik dan untuk pada .PEMBAHASAN Fungsi Bilinear Jika n bilangan bulat tak negatif dan komplek maka fungsi dinamakan fungsi menyeluruh. . Fungsi yang berbentuk dinamakan fungsi bilinear.9 fungsi merupakan fungsi rasional analitik yang penyebutnya tidak sama dengan nol. Misalkan dan adalah dua fungsi dengan . Persamaan . yang akan disamakan dengan tingkah yang terdapat pada fungsi balikan. Jika . sebagai berikut Jadi. adalah konstanta menyeluruh. Untuk mencari solusinya.

3. Contoh : 1. fungsi bilinear merupakan gabungan dari fungsi linear diikuti dengan fungsi kebalikan dan dilanjutkan dengan fungsi linear lagi.  Jika bilinear. 2. Bukan contoh: 1. Bukti: adalah fungsi bilinear maka invers fungsi . juga . 2.Pemetaan bilinear merupakan gabungan dari fungsi-fungsi sehingga diperoleh dapat dijabarkan sebagai berikut yang Dengan demikian.

merupakan fungsi bilinear. . .  Jika S dan T masing-masing fungsi bilinear maka fungsi komposisinya juga fungsi bilinear. invers fungsinya merupakan fungsi bilinear. dengan Jadi. Bukti: Misalkan  dan dengan Jadi.  merupakan fungsi bilinear.Jadi. .

Contoh: Penyelesaian: Untuk menyelesaikannya digunakan tingkah laku khusus disamakan dengan tingkah laku balikan. . pada . fungsinya bernilai . Jadi.Sehingga fungsi komposisi merupakan fungsi bilinear. menghasilkan . yaitu pada titik pada yang yang terdapat pada fungsi untuk .

Santi. 2001. John D. 1987. Fungsi Kompleks Lanjut. Analisis Kompleks. Malang: Universitas Negeri Malang. Peubah Kompleks untuk Ilmuan dan Insinyur. Santi. Malang: UM Press. 2001.. . Irawati. Paliouras. Jakarta : Erlangga.Daftar Pustaka Irawati.