P. 1
Ciri Khas Batik Cirebon

Ciri Khas Batik Cirebon

|Views: 1,331|Likes:
Published by Naea Rrokhmanie

More info:

Published by: Naea Rrokhmanie on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

Batik Cirebon

Batik Cirebon lebih cenderung menerima pengaruh budaya dari luar yang dibawa oleh pendatang. Sehingga batik Cirebon lebih cenderung untuk bisa memenuhi atau mengikuti selera konsumen dari berbagai daerah (lebih kepada pemenuhan komoditas perdagangan dan komersialitas), sehingga warna-warna batik Cirebon lebih atraktif dengan menggunakan banyak warna. Produksi batik Cirebonan pada masa sekarang terdiri dari batik Tulis, batik Cap dan batik kombinasi tulis cap. Pada tahun 1990 – 2000 ada sebagian masyarakat pengrajin batik Cirebon yang memproduksi kain bermotif batik Cirebonan dengan teknik sablon tangan (hand printing), namun belakangan ini teknik sablon tangan hampir punah, dikarenakan kalah bersaing dengan teknik sablon mesin yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang

Batik Madura
Ciri batik madura adalah memiliki warna yang cerah dan beragam seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Warna-warna tersebut dihasilkan dari pewarna alam yaitu soga alam seperti mengkudu dan tingi untuk warna merah. Daun tarum untuk warna biru, kulit mundu ditambah tawas untuk efek warna hijau. Warna terang dan gelapnya dihasilkan melalui lamanya perendaman kain selama 1 hingga 3 bulan, bahkan ada yang mencapai 1 tahun. Perendaman ini juga akan membuat warna kain batik lebih awet dari biasanya.

Batik Indramayu
Ciri ragam hias Batik Indramayu adalah ungkapan rupa yang datar, lugas, sederhana dan tidak mengandung makna simbolis. Sedangkan pada ragam hias batik Cirebon kebanyakan berdasarkan makna perlambangan, aturan tertentu, pola penggambaran persfektif seperti lukisan, karakter garis halus dan detil. Warna khas kuning Cirebon.

Batik Solo
Pada awalnya, paduan warna yg digunakan hanyalah putih dan satu warna saja, contohnya paduan warna merah tua – putih atau biru tua – putih, yg sangat terkenal di Jawa Barat, atau warna cokelat – putih batik sogan yg terkenal dari Yogyakarta dan batik Solo, serta paduan warna hijau – putih pada motif Mega mendung dari Cirebon. Seiring perkembangan waktu dan kemampuan para perajin batik bertambah, sehelain kain batik – terutama yg kain batik pesisir – dibuat dgn motif yg terdiri dari beberapa warna, contohnya adalah batik solo dan pekalongan, yg “kaya” warna cerah; paduan hijau,kuning, merah dan ungu.

Tanaman daun rante adalah tanaman yang tumbuh dikolam-kolam penduduk yang ada diciamis. Sejak dahulu. yg sangat terkenal di Jawa Barat. .baik motif daun rante atau daun kelapa menjadi ilham bagi perajin batik untuk dijadikan motif dalam batik yang mereka buat. Batik Ciamis Cirri khas gambar batik ciamis antara lain tanaman daun ranted an tanaman dau kelapa. Yang dimana teknik batik ikat dikombinasikan pada gradasi warna lembut dengan banyak motif. banyak dijumpai juga batik Pekalongan yang memiliki hingga 7 warna dengan kombinasi yang dinamis. yg “kaya” warna cerah.Batik Yogyakarta Pada awalnya.kuning. Batik Jlamprang adalah salah satu motif batik Pekalongan yang populer dan telah diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Pekalongan. Seiring perkembangan waktu dan kemampuan para perajin batik bertambah. sehelain kain batik – terutama yg kain batik pesisir – dibuat dgn motif yg terdiri dari beberapa warna. Batik Pekalongan Meskipun ciri-ciri batik Pekalongan motifnya mirip dengan batik Yogya atau batik Solo namun batik Pekalongan sangat bebas dan menarik karena dimodifikasi dengan banyak variasi warna yang atraktif. serta paduan warna hijau – putih pada motif Mega mendung dari Cirebon. batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah penduduk. Kadang. merah dan ungu. contohnya paduan warna merah tua – putih atau biru tua – putih. Ini mengakibatkan batik Pekalongan menyatu erat dengan kehidupan masyarakatnya. contohnya adalah batik solo dan pekalongan. atau warna cokelat – putih batik sogan yg terkenal dari Yogyakarta dan batik Solo. paduan hijau. Batik Pekalongan menjadi sangat khas karena bertopang pada banyak pengusaha kecil. paduan warna yg digunakan hanyalah putih dan satu warna saja. Ada yang menyebut batik ciamis adalah batik sarian karena motifnya tidak ramai namun terlihat elegan Batik Bali Kain batik bali memiliki ciri khas yaitu dari segi warna yang cerah dan bergelombang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->