KATEGORI DAN KRITERIA TUMBUHAN LANGKA

Oleh :

Dra. Yayu Widiawati, MS.

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS BIOLOGI PURWOKERTO 2011

Kemakmuran Bangsa Pembangunan Keberadaan SDM Sumberdaya Hayati (Keanekaragaman) = ASET Potensi Kelestarian .

Membuka Hutan Aset Eksploitasi Penebangan Pohon Berburu secara Berlebih Krisis Glogal + Masalah Lingkungan Makin menurun. langkanya berbagai jenis tumbuhan Perlu Pengelolaan dan Konservasi .

1992. KKH (Indonesia) Tujuan : 1. Pelestarian Keanekaragaman hayati 2. KKH (PBB) 1994. Pemanfaatan berkelanjutan 3. Pembagian keuntungan yang adil dari pemanfaatan sumberdaya alam Pengelolaan dan Konservasi Data yang akurat tentang status kelangkaan jenis .

3. 4 dan 5) Merupakan jenis yang terancam kepunahannya dan harus mendapat perlindungan yang ketat untuk menyelamatkannya  NT dan LC : Kategori yang memiliki resiko yang relatif rendah terhadap kepunahan  DD dan NE : Kategori yang belum diketahui resiko kepunahanannya karena belum didievaluasi (NE) atau kurang informasi/data (DD) . 6.Kategori menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) 1. 8. 3. 2. 7.rawan Near Threatened (NT) Least Concern (LC) Data Deficient (DD) Not Evaluated (NE) Punah / mati Threatered categories (Kategori terancam )  Kategori terancam (No. 4. 9.genting Vulnereable (VU) . 5. Extinct (EX) Extinct in the Wild (EW) Critically Endangered (CR) Endangered (EN) .

habitat spesifik (endemik).LANGKA : Jarang didapat. dieksploitasi berlebihan) . jarang ditemukan/ dijumpai  Tumbuhan Langka : Jenis tumbuhan yang sulit dijumpai. tetapi populasinya tidak terganggu sehingga tidak terancam  Tumbuhan langka terancam Apabila populasinya di alam cenderung menurun/sedikit akibat berbagai tekanan / ancaman (pengalihan habitat. baik secara alami maupun karena mengalami gangguan atau ancaman  Tumbuhan langka secara alami Apabila populasinya di alam cenderung sedikit karena memiliki sebaran terbatas.

hanya satu atau dua kali dikoleksi berdasarkan publikasi flora .Kategori tumbuhan LANGKA TERANCAM ( Yulita. sulit dibudidaya TERKIKIS : Jenis tumbuhan yang bukan endemik dan tidak memiliki sebaran terbatas di area yang relatif kecil. regenerasi lambat. 2008)  KRITIS : Jenis tumbuhan yang hampir punah di alam dan tidak dibudidayakan  RAWAN : Jenis tumbuhan yang memiliki sebaran terbatas atau endemik di area yang relatif kecil dan berada dalam tekanan / ancaman (eksploitasi. tetapi sebagian besar populasinya hidup di daerah terganggu (banyak konversi lahan)   KURANG DATA : Jenis tumbuhan yang hanya diketahui berasal dari spesimen tipe.

Tumbuhan yang tumbuh bergerombol .Tumbuhan yang tumbuh soliter .Nilai ekonomi.Daya regenerasi . Pembuatan Daftar Tumbuhan Langka Indonesia (DTLI) dikumpulkan dari publikasi ilmiah legal dari berbagai sumber. Saat ini telah tercatat 1. Status kelangkaan mempertimbangkan : indikator biologis .Tumbuhan yang sudah punah (Extinct)  Punah secara alami Akibat proses evolusi dan kejadian alam yang tidak dapat diprediksi  Punah di alam Sudah tidak ada lagi di alam walaupun sudah berhasil dibudidaya.Kaitannya dengan organisme lain .735 jenis tumbuhan langka Indonesia dan 223 jenis diantaranya adalah anggrek .