KATEGORI DAN KRITERIA TUMBUHAN LANGKA

Oleh :

Dra. Yayu Widiawati, MS.

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS BIOLOGI PURWOKERTO 2011

Kemakmuran Bangsa Pembangunan Keberadaan SDM Sumberdaya Hayati (Keanekaragaman) = ASET Potensi Kelestarian .

Membuka Hutan Aset Eksploitasi Penebangan Pohon Berburu secara Berlebih Krisis Glogal + Masalah Lingkungan Makin menurun. langkanya berbagai jenis tumbuhan Perlu Pengelolaan dan Konservasi .

KKH (Indonesia) Tujuan : 1. Pemanfaatan berkelanjutan 3. Pelestarian Keanekaragaman hayati 2. KKH (PBB) 1994. Pembagian keuntungan yang adil dari pemanfaatan sumberdaya alam Pengelolaan dan Konservasi Data yang akurat tentang status kelangkaan jenis .1992.

rawan Near Threatened (NT) Least Concern (LC) Data Deficient (DD) Not Evaluated (NE) Punah / mati Threatered categories (Kategori terancam )  Kategori terancam (No. 7. 4. 6. 5. 2. 3. 4 dan 5) Merupakan jenis yang terancam kepunahannya dan harus mendapat perlindungan yang ketat untuk menyelamatkannya  NT dan LC : Kategori yang memiliki resiko yang relatif rendah terhadap kepunahan  DD dan NE : Kategori yang belum diketahui resiko kepunahanannya karena belum didievaluasi (NE) atau kurang informasi/data (DD) .Kategori menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) 1. 3. 9. 8. Extinct (EX) Extinct in the Wild (EW) Critically Endangered (CR) Endangered (EN) .genting Vulnereable (VU) .

habitat spesifik (endemik). jarang ditemukan/ dijumpai  Tumbuhan Langka : Jenis tumbuhan yang sulit dijumpai. dieksploitasi berlebihan) . baik secara alami maupun karena mengalami gangguan atau ancaman  Tumbuhan langka secara alami Apabila populasinya di alam cenderung sedikit karena memiliki sebaran terbatas. tetapi populasinya tidak terganggu sehingga tidak terancam  Tumbuhan langka terancam Apabila populasinya di alam cenderung menurun/sedikit akibat berbagai tekanan / ancaman (pengalihan habitat.LANGKA : Jarang didapat.

hanya satu atau dua kali dikoleksi berdasarkan publikasi flora .Kategori tumbuhan LANGKA TERANCAM ( Yulita. 2008)  KRITIS : Jenis tumbuhan yang hampir punah di alam dan tidak dibudidayakan  RAWAN : Jenis tumbuhan yang memiliki sebaran terbatas atau endemik di area yang relatif kecil dan berada dalam tekanan / ancaman (eksploitasi. tetapi sebagian besar populasinya hidup di daerah terganggu (banyak konversi lahan)   KURANG DATA : Jenis tumbuhan yang hanya diketahui berasal dari spesimen tipe. sulit dibudidaya TERKIKIS : Jenis tumbuhan yang bukan endemik dan tidak memiliki sebaran terbatas di area yang relatif kecil. regenerasi lambat.

Tumbuhan yang tumbuh soliter .Tumbuhan yang sudah punah (Extinct)  Punah secara alami Akibat proses evolusi dan kejadian alam yang tidak dapat diprediksi  Punah di alam Sudah tidak ada lagi di alam walaupun sudah berhasil dibudidaya. Status kelangkaan mempertimbangkan : indikator biologis .735 jenis tumbuhan langka Indonesia dan 223 jenis diantaranya adalah anggrek . Saat ini telah tercatat 1.Daya regenerasi .Tumbuhan yang tumbuh bergerombol . Pembuatan Daftar Tumbuhan Langka Indonesia (DTLI) dikumpulkan dari publikasi ilmiah legal dari berbagai sumber.Nilai ekonomi.Kaitannya dengan organisme lain .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful