P. 1
Dis Minor

Dis Minor

|Views: 200|Likes:
Published by Aries Tika

More info:

Published by: Aries Tika on Apr 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2013

pdf

text

original

“Aduhhh, perut aku sakit banget nih. Biasa, lagi PMS.

” “Ah, biasa nih kalo lagi PMS, perut perih banget serasa keram. Bawaannya pengen tidur mulu…” Kata-kata tadi sangat sering terlontar oleh para perempuan terutama yang sudah mengalami masa pubertas. Sadarkah Anda, bahwa ada yang salah dari ucapan-ucapan mereka tersebut?

Banyak orang salah mengartikan apa itu PMS. Padahal, PMS atau Pre menstrual Syndrome (Sindrom Pra-Haid) itu terjadi sebelum masa menstruasi dimulai. Dilihat dari namanya saja, “Pre”, atau “sebelum”, itu berarti sindrom-sindrom tersebut terjadi sebelum masa haid, bukan pada saat haid. PMS atau Pre Menstrual Syndrome adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita (terkait bukan berarti terjadi pada saat haid). Gejala tersebut dapat diperkirakan dan biasanya terjadi secara regular pada dua minggu periode sebelum menstruasi. Hal ini dapat hilang begitu dimulainya pendarahan, namun dapat pula berlanjut setelahnya (setelah pendarahan selesai). Gangguan kesehatan berupa pusing, depresi, perasaan sensitif berlebihan sekitar dua minggu sebelum haid biasanya dianggap hal yang lumrah bagi wanita usia produktif. PMS memang kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan haid. Sindrom itu akan menghilang pada saat menstruasi dimulai sampai beberapa hari setelah selesai haid. PMS bisa ditandai dengan munculnya jerawat karena sekresi minyak yang berlebihan pada masa pra-menstruasi, emosi lebih tidak terkontrol, lebih mudah tersinggung, dan hal-hal lainnya yang menyangkut masalah psikologis perempuan. Jadi, kalau misalnya Anda mengatakan bahwa beberapa teman perempuan Anda itu jutek, atau galak…itu tandanya dia sedang mengalami PMS. Atau emang dasarnya temperamental, hehe. Mungkin, rasa perih yang Anda maksud disini adalah Dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah nyeri pada daerah panggul akibat menstruasi dan produksi zat prostaglandin. Seringkali dimulai segera setelah mengalami haid pertama (menarche). Nyeri berkurang setelah menstruasi, namun pada beberapa wanita nyeri bisa terus dialami selama periode menstruasi. Prostaglandins dibuat oleh lapisan dalam dari rahim. Sebelum menstruasi terjadi zat ini meningkat dan begitu haid terjadi, tingkat prostaglandin menurun. Hal ini dapat menjelaskan mengapa sakit cenderung berkurang setelah beberapa hari pertama haid. Dysmenorrhea terbagi jadi dua yaitu primer atau sekunder, primer murni karena proses kontraksi rahim tanpa penyakit dasar sebagai penyebab. Sedangkan dysmenorrhea sekunder disebabkan selain proses haid dan produksi prostaglandin secara alami. Ciri khasnya nyeri haid tidak berkurang pada hari-hari haid selanjutnya. Penyebab dysmenorrhea sekunder antara lain: endometriosis dan fibroids (miom).

bahkan ada yang sampai pingsan dan tidak dapat beraktivitas normal. masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi. Jika Anda mengalami nyeri pada perut bagian bawah pada saat haid. Perubahan Periode Menstruasi 2.html) Fase menstruasi Yaitu. Perubahan Lendir Servik 3. Apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan. namun. [sunting] Fase praovulasi Yaitu. mungkin menjadi salah satu penyebab mengapa ketika haid dan tidak sedang haid. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hormon seks.com/2011/11/yakin-pms-bukan-dysmenorrhea. endometriosis (radang endometrium. hehe. sebaiknya Anda cek ke dokter kandungan.blogtyo. perut bagian bawah Anda mengalami rasa sakit dan nyeri yang luar biasa.[1] [sunting] Menentukan masa subur Beberapa metode dalam menentukan masa subur dapat dilihat dengan beberapa cara: 1. luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh. (http://www. Hal ini terjadi secara bertahap pada hari ke-7 sampai 13. Hali ini secara bertahap terjadi pada hari ke-1 sampai 7. terjadi kenaikan produksi progesteron sehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio . Terkadang saya sedikit emosi melihat orang yang salah mengartikan apa PMS itu. Perubahan Suhu Basal Tubuh [sunting] Fase pascaovulasi Yaitu. Dan di sini saya mencoba meluruskan pemahaman Anda. jika nyeri pada perut terasa berlebihan. bukan Sindrom Pra-Haid. yang Anda alami selama masa menstruasi itu adalah Dysmenorrhea. dan meletakkan kata “PMS” di kalimat yang tepat. masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh.Jadi. Dengan tulisan ini semoga Anda tidak lagi salah mengartikan apa PMS itu sebenarnya. Pada tahap ini. itu terjadi karena peluruhan pada dinding rahim. Semoga bermanfaat. [sunting] Fase ovulasi Masa subur atau Ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. Adanya miom. atau sering disebut „kista‟).

Radang pada vagina. Bisa hanya samar-samar atau sangat nyeri. Keputihan. mual dan panas. Terasa nyeri saat buang air kecil. Jika tidak terjadi fertilisasi. Tubuh tidak fit. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut bagian bawah. Emosi meningkat. Nyeri dan bengkak pada payudara. Bau badan tidak sedap. Kondisi ini memang sedikit menggangu saat menstruasi. ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:  Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi:            Perut terasa mulas. maka hormon seks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali. [sunting] Penanggulangan Saat menstruasi. Sakit kepala dan pusing. .untuk berkembang. [sunting] Tanda dan gejala Nyeri pada perut merupakan salah satu gejala menstruasi. Gatal-gatal pada kulit. rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang.Untuk mengurangi nyeri saat haid. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Demam.

sereal. Menstruasi yang tidak dapat diprediksi datangnya termasuk normal.     Membuat ramuan jahe. namun gumpalan darah dalam jumlah besar merupakan tanda "heavy periods". merupakan sumber zat besi yang baik. Ketidakseimbangan hormon atau kelainan juga menyebabkan haid tidak teratur. atau menorrhagia. Ketidakseimbangan hormon atau kelainan rahim dapat menyebabkan volume darah menstruasi yang sangat tinggi. Kelainan menstruasi ini dapat menunjukkan ketidaksuburan. . sayuran hijau. Daging yang tidak berlemak.Kelainan reproduksi. maka kemungkinan ia menderita menorrhagia. kacang kedelai rebus. dan darah yang keluar tidak tertampung lagi oleh pembalut. namun hanya bila hal ini terjadi pada tahun pertama wanita mengalami menstruasi dan saat perimenopause (tahun-tahun menjelang menopause). [sunting] Kelainan menstruasi  Menstruasi yang menyakitkan atau dysmenorrhea. Darah yang menggumpal juga sebenarnya normal.  Menstruasi yang sangat hebat. Dysmenorrhea kedua ini mempengaruhi wanita yang belum pernah menstruasi sebelumnya. Dysmenorrhea kedua merupakan tanda suatu kelainan mendasar. kram perut. Gejala dysmenorrhea termasuk rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki. dan satu-satunya cara untuk mengetahui penyebabnya secara pasti adalah dengan memeriksakannya ke dokter. rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat. Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus.  Tidak mengalami menstruasi atau amenorrhea.Menorrhagia dapat menyebabkan anemia. Meminum teh beraroma mint.  Menstruasi tidak teratur. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat. namun pastikan bahwa dokter tahu jika misalnya Anda sedang berusaha hamil. yang menyebabkan rasa sakit. atau fibroids dapat menimbulkan menstruasi dengan rasa sakit. atau sakit pada tulang panggul. oatmeal. dan kacang-kacangan lain. yang dapat memengaruhi tingkat kesuburan dan kesempatan wanita untuk mendapatkan bayi. jadi pastikan Anda mengonsumsi cukup banyak zat besi. Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Caranya. Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan pereedaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu. namun Dr Minkin mengatakan bahwa penyebabnya tidak selalu jelas. endometriosis. atau oligomenorrhea. Anda mungkin membutuhkan obat-obatan dari dokter untuk mengatasi menstruasi yang berlebihan atau anemia. Jika wanita mengalami menstruasi selama tujuh hari atau lebih. Dysmenorrhea pertama biasanya dihubungkan dengan naiknya kadar kimia alami di dalam tubuh saat ovulasi.

Jika tidak berovulasi maka ia akan kesulitan hamil.wikipedia. latihan terlalu berat. Selain manusia. Pembalut harus diganti minimal dua kali sehari untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi pada vagina atau gangguan-gangguan lainnya. kemungkinan ia sedang hamil. perimenopause. menstruasi rata-rata terjadi 5 hari. atau turunnya berat badan yang terlalu banyak. http://id. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya. Jika wanita tidak menstruasi. Biasanya. periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi.org/wiki/Menstruasi . Namun penyebab lainnya bisa juga karena ia mengalami amenorrhea. Amenorrhea juga merupakan efek samping dari penyakit. tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. bisa jadi ia tidak berovulasi (tidak melepas telur setiap bulan). Penyebab yang paling umum dari absennya menstruasi adalah kehamilan. Gunakanlah pembalut yang anti-bakteri dan mempunyai siklus udara yang lancar. atau menopause. Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari. walaupun hal ini berlaku umum.Jika wanita tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan. kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Pada manusia. stres. Biasanya pada saat menstruasi wanita memakai pembalut untuk menampung darah yang keluar saat beraktivitas terutama saat tidur agar bokong dan celana tidak basah dan tetap nyaman. kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. Penderita sebaiknya menghindari diet dan latihan yang ketat. sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Siklus menstruasi normal meliputi interaksi antara komplek hipotalamus-hipofisi-aksis indung telur serta organ reproduksi yang sehat (lihat artikel menstruasi). Amenorea primer Amenorea primer adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada wanita usia 16 tahun. atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar antara 1 – 5% Penyebab Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:      Pubertas terlambat Kegagalan dari fungsi indung telur Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina) Gangguan pada susunan saraf pusat Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah menstruasi dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal . dan setelah menopause. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas.1 – 2. Amenorea sendiri terbagi dua. Amenorea sekunder Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea <jumlah darah menstruasi sedikit>). Amenorea primer terjadi pada 0.5% wanita usia reproduksi 2. yaitu: 1. kehamilan dan menyusui.Definisi Amenorea adalah keadaaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita.

Gejala lainnya tergantung dari apa yang menyebabkan terjadinya amenorea. olahraga berlebihan. penurunan berat badan berlebihan.Gambar 1. Komplek hipotalamus-hipofisi-aksis indung telur Tanda dan gejala Tanda amenorea adalah tidak didapatkannya menstruasi pada usia 16 tahun. perkembangan rambut pubis). menyusui. Perkembangan pubertas pada wanita normal digambarkan melalui Stadium Tanner yaitu : . obesitas Gangguan hipotalamus dan hipofisis Gangguan indung telur Obat-obatan Penyakit kronik dan Sindrom Asherman Gambar 2. maka penyebab lainnya adalah:       Stress dan depresi Nutrisi yang kurang. Himen Imperforata Penyebab terbanyak dari amenorea sekunder adalah kehamilan. setelah kehamilan. dan penggunaan metode kontrasepsi disingkirkan. dengan atau tanpa perkembangan seksual sekunder (perkembangan payudara. atau kondisi dimana wanita tersebut tidak mendapatkan menstruasi padahal sebelumnya sudah pernah mendapatkan menstruasi.

Usia Perkembangan Payudara Perkembangan Rambut Pubis Stadium Stadium Tanner Tanner (Perkembangan (perkembangan Payudara) rambut Pubis) Pertumbuhan Papila payudara Awal mulai (8-10 tahun) menggunung Belum ada rambut pubis 1 1 Thelarche (9-11) Seperti Seperti Adrenarche Adrenarche untuk Stadium 2 untuk Stadium 2 2 1 Adrenarche (9-11) 2 2 Puncak Pertumbuhan (11-13) 3 3 Menarche (12-14) 4 4 Dewasa (13-16) 5 6 .

Sindrom ini terjadi pada wanita yang memiliki indung telur normal namun tidak memiliki rahim dan vagina atau memiliki keduanya namun kecil atau mengerut. maka diet dan olahraga adalah terapinya. Saluran reproduksi 1. atau tuberkulosis. penyebab indung telur. Terapi amenorea diklasifikasikan berdasarkan penyebab saluran reproduksi atas dan bawah. Pemeriksaan dengan MRI atau ultrasonografi (USG) dapat membantu melihat kelainan ini. XY kariotipe. Secara fisik bervariasi dari wanita tanpa pertumbuhan rambut ketiak dan pubis sampai penampakan seperti layaknya pria namun infertil (tidak dapat memiliki anak) 5. Terjadi pada pasien dengan kromosom 46. Apabila kadar hormon TSH dan prolaktin normal. Terapi yang dilakukan berupa terapi nonbedah berupa dilatasi (pelebaran) dari tonjolan di tempat seharusnya vagina berada atau terapi bedah dengan membuat vagina baru menggunakan skin graft 4. perlekatan dalam rahim) melalui pemeriksaan USG. dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). A. Sindrom Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser. Diterapi dengan insisi atau eksisi (operasi kecil) 3. Belajar untuk mengatasi stress dan menurunkan aktivitas fisik yang berlebih juga dapat membantu.Pemeriksaan Penunjang Pada amenorea primer. Selanjutnya dapat dievaluasi dengan MRI. histerosalpingografi. rahim. dan penyebab susunan saraf pusat. apabila didapatkan adanya perkembangan seksual sekunder maka diperlukan pemeriksaan organ dalam reproduksi (indung telur. histeroskopi. Kelainan ini dapat dilihat dengan histerosalpingografi (melihat rahim dengan . Aglutinasi labia (penggumpalan bibir labia) yang dapat diterapi dengan krim estrogen 2. Parut pada rahim. rahim). Terapi Pengobatan yang dilakukan sesuai dengan penyebab dari amenorea yang dialami. Selain itu kadar hormon prolaktin dalam tubuh juga perlu diperiksa. Setelah kemungkinan kehamilan disingkirkan pada amenorea sekunder. maka dapat dilakukan pemeriksaan Thyroid Stimulating Hormone (TSH) karena kadar hormon tiroid dapat mempengaruhi kadar hormon prolaktin dalam tubuh. hymen imperforata (selaput dara tidak memiliki lubang). Parut pada endometrium (lapisan rahim) atau perlekatan intrauterine (dalam rahim) yang disebut sebagai sindrom Asherman dapat terjadi karena tindakan kuret. operasi sesar. septa vagina (vagina memiliki pembatas diantaranya). Sindrom feminisasi testis. maka Estrogen / Progestogen Challenge Test adalah pilihan untuk melihat kerja hormon estrogen terhadap lapisan endometrium dalam rahim. Pasien ini memiliki testis dengan fungsi normal tanpa organ dalam reproduksi wanita (indung telur. apabila penyebabnya adalah obesitas. Kelainan bawaan dari vagina. dan memiliki dominan X-linked sehingga menyebabkan gangguan dari hormon testosteron. miomektomi (operasi pengambilan mioma rahim). Apabila tidak didapatkan tanda-tanda perkembangan seksualitas sekunder maka diperlukan pemeriksaan kadar hormon FSH dan LH.

Hiperprolaktinemia (hormone prolaktin berlebih) akibat tumor. Tumor atau peradangan pada hipofisis dapat mengakibatkan amenorea. Hipogonadotropik. Gangguan Susunan Saraf Pusat 1. Pengobatan untuk kelainan fungsional membutuhkan bantuan psikiater Follow Us and Become a Fan e-NEWSLETTER Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter http://www. obat. Terapi dengan menggunakan agonis dopamin dapat menormalkan kadar prolaktin dalam tubuh. Terapi yang dilakukan dengan terapi penggantian hormon pertumbuhan dan hormon seksual 2. Gangguan hipofisis.com/kesehatankewanitaan/read/2010/07/05/4/amenorea . Gangguan Indung Telur 1. Sindrom polikistik ovari.klikdokter. Penyebabnya diperkirakan kerusakan sel telur akibat infeksi atau proses autoimun 3. Pengobatan sesuai dengan penyebabnya 3. dan Sindrom Cushing merupakan kelainan yang menyebabkan gangguan hipotalamus.menggunakan foto roentgen dengan kontras). Disgenesis gonadal. Kegagalan Ovari Prematur. hipogonadism. Gangguan hipotalamus. Terapi yang dilakukan mencakup operasi pengambilan jaringan parut. Sindrom Sheehan adalan tidak efisiennya fungsi hipofisis. Penyebabnya adalah kelainan organik dan kelainan fungsional (anoreksia nervosa atau bulimia). gangguan fungsi tiroid. Pengobatan berupa penggantian hormon agonis dopamin atau terapi bedah berupa pengangkatan tumor 2. Kelaianan ini merupakan kegagalan dari fungsi indung telur sebelum usia 40 tahun. atau kelainan lain dapat mengakibatkan gangguan pengeluaran hormon gonadotropin. Disgenesis gonadal adalah tidak terdapatnya sel telur dengan indung telur yang digantikan oleh jaringan parut. Pemberian dosis estrogen setelah operasi terkadang diberikan untuk optimalisasi penyembuhan lapisan dalam rahim B. Tumor indung telur dapat mengganggu fungsi sel telur normal C. Tumor ovarium.

dan menopause wajar jika wanita tersebut tidak mengalami haid. All rights reserved. penyakit ovarium polikistik. normal jika haid tidak datang. Gangguan produksi hormon akibat kelainan di otak. Penyebab Ada banyak hal yang menyebabkan gangguan haid ini. sindrom adrenogenital. seperti tumbuhnya buah dada dan bulu-bulu di bagian tubuh tertentu. kelenjar tifoid. Klikdokter does not provide medical advice. kelenjar hipofisis. hiperplasia adrenal mengentas. Pernah mendengar tentang Amenorea? Amenorea ini merupakan keadaan dimana menstruasi berhenti pada masa menstruasi teratur. Namun. dan tumor adrenal.About Us | Terms of Use | Privacy Policy | Sponsor Policy | Site_map | Link to Us Careers | Contact Us | Advertise With Us | P3K | Klikdokter Mobile | Newsletters ©2008-2010 Klikdokter. kelenjar adrenal. See additional information. . padahal sudah memasuki usia akil baligh. misalnya tumor ovarium. antara lain: 1. hipogonadotropik. Hal ini terjadi kemungkinan karena fungsi indung telur hormon tidak normal. fibrosis kistik. Ada dua jenis gangguan haid amenorea ini. kesehatan atau masalah tekanan jiwa dan emosi. sindrom penderas-willi. 2. Amenorea primer adalah keadaan seorang wanita yang belum pernah mengalami menstruasi. yaitu amenorea primer dan sekunder. berarti hal ini perlu diwaspadai dan mendapat perhatian. ovarium (indung telur) maupun bagian dari sistem reproduksi lainnya. dan sindrom cushing yang menghasilkan sejumlah asar hormon kortisol oleh kelenjar adrenal. hipotiroidisme. pada wanita hamil. menyusui. Misalnya hipogonadisme. amenorea sekunder terjadi ketika menstruasi tiba-tiba terhenti selama empat bulan atau lebih atau perlahanlahan menjadi jarang dan akhirnya berhenti. Sedangkan. jika usianya sudah menginjak 16 tahun dan belum haid. Penyakit pada indung telur (ovarium) atau uterus (rahim). Biasanya seorang wanita akan mengalami haid pertama sekitar usia 10 tahun hingga 16 tahun. Sebelum akil baligh. diagnosis or treatment. Hal ini menandakan adanya keterlambatan pertumbuhan seksual.

Pemeriksaan kadar hormon (T3. dan lainnya Sesudah itu dilakukan pemeriksaan fisik. 6. Penyakit yang berat misalnya penyakit ginjal kronik. dan bulimia. apakah ada gejala-gejala metabolik. Pemeriksaan mata 5. 5. tumor ovarium. estrogen. Pemeriksaan kromatin seks untuk mengetahui apakah penderita secara genetik seorang wanita 3. aplasia uteri. 9. Harus diketahui. T4. Pemeriksaan Anamnesis yang baik dan lengkap sangat penting. dari sella tursika untuk mengetahui adanya perubahan dari sella tursika tersebut 2. aplasia uteri. untuk mengetahui hipoplasia uteri. keadaan klitoris. berat badan. diet berlebihan. Obat-obatan untuk penyakit kronik atau setelah berhenti minum konstrasepsi oral. Olahraga yang berlebihan. 7. dan lubang pada selaput yang menutupi vagina terlalu sempit/himen imperforata. Pemeriksaan sitologi vagina 3. Pengangkatan kandung rahim (hysterectomy) atau indung telur (ovarium). hirsutisme. Tes toleransi glukosa 4. dan malnutrisi. 4. apakah amenorea primer atau skunder. adanya tumor. Lalu dilakukan pemeriksaan ginekologik untuk mengetahui adanya jenis ginatresi. FSH. adanya aplasia vagina. Pemeriksaan metabolisme basal (T3 dan T4) Pemeriksaan yang memerlukan fasilitas khusus : 1. Kerokan uterus 6. prolaktin. dilakukan pemeriksaan berikut : 1. disgenesis ovarium. anoreksia nervosa. Apabila pemeriksaan klinis tidak memberikan gambaran yang jelas. obesitas. serviks yang sempit. seperti tinggi badan. misalnya sindrom turner atau sindrom swyer (sel hanya mengandung satu kromosom X) dan hermafrodit sejati. ovarium polikistik 2. misalnya tidak memiliki rahim atau vagina. Penurunan berat badan yang drastis akibat kemiskinan. Laparaskopi. ciri-ciri kelamin skunder. 17-ketosteroid) . apakah penderita menderita penyakit akut atau menahun. LH. Kelainan bawaan pada sistem kehamilan. Kelainan kromosom. Dihubungkan antara amenorea dan faktor-faktor yang dapat menimbulkan gangguan emosional. adanya sekat pada vagina. Pembuatan kariogram dengan pembiakan sel-sel guna mempelajari kromosom 4. ovarium dan sebagainya. hipoglikemia. apakah ada kemungkinan kehamilan. Pemeriksaan foto rontgen thorak untuk TB pulmonem. 8.3.

Penanggulangan Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi penyakit ini adalah:        Tidak selalu memerlukan terapi. Pengurangan berat badan pada wanita obesitas Pemberian tiroid pada wanita dengan hipotiroid Pemberian kortikosteroid pada gangguan glandula suprarenalis (Penyakit Addison laten) Pemberian estrogen dan progesteron dapat menimbulkan perdarahan siklik. Tindakan memperbaiki keadaan kesehatan. atau sangat terganggu dengan tidak datangnya haid. dan perdarahan ini bersifat withdrawal bleeding. Sumber: Berbagai Sumber Rating: 4. yang memerlukan terapi adalah wanita-wanita muda yang mengeluh tentang infertilitas.com/amenorea-gangguan-haid/#ixzz1p4iftHt3 . misalnya pada wanita berumur > 40 th dengan amenorea tanpa sebab yang mengkhawatirkan tidak memerlukan pengobatan Dalam kategori ini.7/10 (3 votes cast) Rating: +1 (from 1 vote) Artikel Sejenis  Bagaimana Cara Me Read more: http://doktersehat. perbaikan gizi. kehidupan dalam lingkungan yang sehat dan tenang. bukan merupakan suatu haid yang didahului oleh ovulasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->