MATA PENCAHARIAN PENDUDUK

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia melakukan segala aktivitas.

Kegiatan memenuhi kebutuhan

Mata Pencaharian adalah :
Segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Aktivitas Pertanian .

Aktivitas non pertanian .

Perdagangan d. Pertambangan b. Kehutanan d. Pertanian b. Pariwisata . Perindustrian c. Perikanan Aktivitas Non Pertanian : a. Perkebunan c. Peternakan e.Aktivitas Ekonomi : Aktivitas Pertanian : a.

Sistem ini sangat merugikan karena mengakibatkan lahan kritis. sawah tadah hujan c.Usaha Pertanian dibagi 2 : Ladang : sistem pertanian paling tua. . sawah lebak d. Sawah : a. biasanya dengan berpindah tempat apabila lahan sudah tidak subur. sawah irigasi b. sawah pasangsurut.

Ladang & Sawah ladang sawah .

berkali-kali panen d. sekali panen d. umur pendek c. sedikit air b. dataran rendah . umur panjang c. dataran tinggi Perkebunan: a. membutuhkan air b.Beda perkebunan dan pertanian: Pertanian : a.

Sumatera. Nusra. Kalimantan). Sulawesi. . domba.Peternakan : Peternakan hewan besar : sapi. kelinci. babi. merpati. Peternakan unggas : ayam itik. burung puyuh. Peternakan hewan kecil : kambing. angsa. kuda kerbau ( Jawa.

Peternakan .

Perikanan air asin : keramba dan rumpon. mujahir. Nila. gurame. sawah. dan sungai.Perikanan : Perikanan air tawar: kolam. empang. Perikanan air payau : di pesisir berupa tambak. . Tuna. mas. lele. tenggiri. lobster. kakap. Bandeng dan udang. danau.

Jenis perikanan : laut darat payau .

hidrologis. klimatologis. Fungsinya : Orologis.Kehutanan Ada dua jenis yaitu: Homogen dan Heterogen. .

Hutan Homogen Hutan yang hanya terdiri dari satu jenis tanaman s yang diusahakan manusia untuk keperluan industr Contoh : Hutan Bakau .ehutanan dalah segala usaha pemanfaatan hasil hutan erdasarkan jenis pohonnya hutan dibagi 2 : .

Biasanya bersifat alami. Contoh : Hutan Hujan Tropis di Kalimantan . Hutan Heterogen Terdiri dari berbagai macam pohon.2.

Manfaat Hutan 1. Fungsi Hidrologis : Mengatur tata air / cadangan air tanah 3. Fungsi Orologis : Menjaga / melindungi tanah dari bahaya erosi atau longsor 2. Fungsi Klimatologis : Menjaga udara tetap segar krn tumbuhan .

Pertambangan adalah usaha memanfaatkan SDA tambang yang ada di bawah permukaan bumi Kegiatan penambangan Pasir di Timika.Aktivitas Non pertanian Antara Lain : a. Papua .

ada 3 jenis bahan tambang : 1.Berdasarkan asal terjadinya. Barang tambang organik berasal sisa makhluk hidup (Fosil) Penambangan minyak bumi lepas pantai .

Barang tambang Anorganik Berasal dari benda mati. Penambangan belerang .2.

3. Barang Tambang logam Emas .

b. Sarana dan pra sarana yang tersedia 3. Daerah pemasaran yang luas 4. Jumlah penduduk yang besar (sekitar 250. Bahan baku yang melimpah 2.000. Perindustrian usaha mengolah bahan mentah menjadi barang ½ jadi / barang jadi. pesatnya perkembangan industri disebabkan oleh : 1.000 jiwa) .

tri berdasarkan jumlah tenaga kerja dibagi menjadi 4 : ustri rumah tangga iputi lingkungan rumah tangga yg tenaga kerjanya 4 orang Industri Kue Nastar .

dustri kecil naga kerjanya antara 5 – 19 orang dengan sistem kerja masih tradisional. Industri keramik .

tekhnologi modern.tri sedang al cukup besar. tenaga kerja 20 – 99 elah menjadi usaha pokok Industri rotan Percetakan .

tenaga kerjanya lebih dari 0 orang. bahkan hasil produksi dapat dijual keluar nege Industri rokok .dustri besar ah memiliki tata kerja yang teratur dan menggunakan khnologi modern / canggih.

budaya daerah yang bersangkutan. . sosial.Penggunaan lahan: Setiap bentuk lahan akan memiliki perbedaan pemanfaatannya. Hal ini disesuaikan dengan fisik.

perkebunan. Hal tersebut di atas disesuaikan dengan kondisi fisik daerah yang bersangkutan. Sebagian lagi untuk perkantoran. perikanan dan pemukiman. peternakan. industri dan pemukiman. Selain itu juga untuk fasilitas-fasilitas pendukung . Perkotaan : Di kota sebagian besar lahan digunakan untuk pusat-pusat bisnis/perdagangan.2 Macam Penggunaan lahan : Pedesaan : Pada umumnya lahan di pedesaan digunakan untuk pertanian.

Penggunaan lahan di perkotaan .Penggunaan lahan 1.

2. Penggunaan lahan di pedesaan .

Desa & Kota .

Pola Pemukiman 1. Pola pemukiman penduduk daerah pantai .

2. Pola pemukiman penduduk di tepi aliran sungai .

2. Pola pemukiman penduduk di tepi jalan .

Tepi jalan : memanjang mengikuti arah jalan. . Daerah kapur : menyebar mencari daerah yang subur.Pola Pemukiman Penduduk : Pantai : pola memanjang mengikuti pola aliran air laut. Gunung : berkelompok mencari lahan yang rata. Tepi sungai : memanjang mengikuti aliran sungai.

Pola Pemukimanpegunungan Pinggir jalan Pinggir sungai .

.KEGIATAN POKOK EKONOMI Seluruh kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

. baik berupa atau jasa.Pengertian Konsumsi : Segala usaha yang untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

Kegiatan konsumsi : .

Jumlah anggota keluarga : semakin banyak anggota keluarga semakin besar kebutuhan. Lingkungan tempat tinggal .Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi : Tingkat pendapatan : faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumtif. Sosial budaya/adat istiadat. . Harga barang : semakin murah semakin banyak diperlukan. Persediaan barang : semakin banyak persediaan harga semakin murah. Kemajuan IPTEK.

Aspek positif perilaku konsumtif bagi konsumen : Terpenuhi segala kebutuhan Wawasan pengtahuan berkembang Menjamin kelangsungan kegiatan konsumsi. .

Aspek positif kegiatan konsumsi bagi produsen : Kegiatan produksi terjamin Meningkatkan omzet Meningkatkan laba .

.Produksi : Setiap usaha untuk menciptakan baranga/menambah nilai suatu barang.

Produksi : .

Tujuan kegiatan Produksi : Menciptakan/menghasilkan barang Meningkatkan kegunaan barang Memenuhi kebutuhan manusia Bagi produsen untuk mendapatkan keuntungan. .

Jenis Usaha Produksi Ekstraktif Agraris Jasa industri perdagangan .

Jenis usaha Produksi : Ekstratif : kegiatan menghasilkan/meningkatkan nilai. Jasa :kegiatan memberikan pelayanan kepada pihak lain. . Industri : mengolah bahan baku/mentah menjadi setengah jadi/barang jadi. Agraris : meningkatkan nilai barang bersumber kesuburan tanah. Perdagangan : kegiatan jual/beli barang untuk mendapat keuntungan. dengan mengolah sda.

Jenis-jenis sumber daya ekonomi: Sumber Sumber Sumber Sumber daya daya daya daya alam manusia modal kewirausahaan. .

Sumber daya alam Tanah Air Udara Panas matahari .

Sumber Daya Manusia Menurut sifatnya: jasmani dan rohani Menurut tingkatannya: terdidik. . terlatih. dan tidak terdidik.

Fungsinya: perseorangan dan masyarakat Bentuknya: Nyata dan Abstrak Sumbernya: Intern dan ekstern .Sumber daya modal Sifatnya: tetap dan lancar.

Sumber daya Pengusaha Keahlian yang harus dimiliki: a. Organizatio skill . Technical skill c. Managerial b.

perbaikan. Ekstensifikasi : meningkatkan jumlah dan mutu dengan menambah/memperluas. Diversifikasi : meningkatkan produksi dengan cara menambah keanekaragaman. .Peningkatan jumlah dan mutu produksi : Intensifikasi : meningkatkan jumlah dan mutu dengan : pelatihan. Rasionalisasi : meningkatkan produksi dengan penguasaan iptek. penambahan jam.

Distribusi :
Kegiatan menyalurkan/menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Distribusi

Tujuan Distribusi :
Pemerataan pemenuhan kebutuhan masyarakat, semua mendapatkannya. Menstabilkan harga barang di pasar. Menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Menjaga kelangsungan produksi. Mempercepat tibanya barang/jasa.

Sistem Distribusi Sistem Sistem Sistem distribusi distribusi distribusi langsung semi langsung tidak langsung .

Sistem distribusi langsung .

Distribusi semi langsung .

Distribusi tidak langsung .

PERUSAHAAN : Kesatuan proses kegiatan produksi dengan menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang/jasa. .

Macam-macam Perusahaan : .

Perusahaan Agraris : perusahaan yang melakukan kegiatan mengolah lahan/tanah. Perusahaan Industri : kegiatan ekonomi mengolah bahan mentah menjadi bahan baku/jadi. . Perusahaan Perdagangan : kegiatan ekoomi dengan jual/beli barang.Jenis-jenis perusahaan menurut usahanya : Perusahaan Ekstraktif : perusahaan yang mengambil langsung kekayaan alam. Perusahaan Jasa : kegiatan perusahaan dengan memberikan pelayanan/jasa.

Jenis-Jenis Badan Usaha BUMD BUMN PERSERO .

BUMD : Perusahaan milik Daerah . . PERSERO : Perusahaan yang modalnya dari pemerintah. PERUM : Perusahaan yang bergerak dalam usaha vital. KOPERASI : Badan usaha yang beranggotakan orang-orang/badan hukum.Jenis-jenis badan usaha : PERJAN : Perusahaan yang melayani kepentingan masyarakat. BUMS : Perusahaan milik swasta.

.KREATIFITAS DAN INOVASI Kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan susuatu barang dan jasa sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

CIRI KEWIRAUSAHAAN : Percaya diri dan mandiri Memiliki 7an yang jelas Berani menghadapi resiko Memiliki jiwa kepemimpinan Memiliki semangat berprestasi Bertanggung jawab Jujur. . ulet.

Pakaian : dengan berbagai model/sesuai dengan keadaan yang up to date Distribusi : dengan berbagai macam cara beriklan dan pemasaran. .Penerapan kreativitas & inovasi : Bidang produksi : makanan dengan berbagai rasa dari bahan sama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful