MATA PENCAHARIAN PENDUDUK

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia melakukan segala aktivitas.

Kegiatan memenuhi kebutuhan

Mata Pencaharian adalah :
Segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Aktivitas Pertanian .

Aktivitas non pertanian .

Pertambangan b. Pariwisata . Peternakan e. Perikanan Aktivitas Non Pertanian : a. Perindustrian c. Pertanian b.Aktivitas Ekonomi : Aktivitas Pertanian : a. Kehutanan d. Perdagangan d. Perkebunan c.

. Sistem ini sangat merugikan karena mengakibatkan lahan kritis. sawah pasangsurut. sawah lebak d. biasanya dengan berpindah tempat apabila lahan sudah tidak subur. sawah irigasi b. Sawah : a. sawah tadah hujan c.Usaha Pertanian dibagi 2 : Ladang : sistem pertanian paling tua.

Ladang & Sawah ladang sawah .

berkali-kali panen d. umur pendek c. dataran rendah . sekali panen d. membutuhkan air b. dataran tinggi Perkebunan: a. umur panjang c. sedikit air b.Beda perkebunan dan pertanian: Pertanian : a.

Peternakan hewan kecil : kambing. Peternakan unggas : ayam itik. . kuda kerbau ( Jawa. babi. Sumatera. kelinci. angsa. domba. Kalimantan). burung puyuh. merpati.Peternakan : Peternakan hewan besar : sapi. Nusra. Sulawesi.

Peternakan .

dan sungai. Bandeng dan udang. mas.Perikanan : Perikanan air tawar: kolam. lobster. danau. lele. gurame. sawah. Tuna. Nila. empang. Perikanan air payau : di pesisir berupa tambak. Perikanan air asin : keramba dan rumpon. kakap. mujahir. tenggiri. .

Jenis perikanan : laut darat payau .

hidrologis. Fungsinya : Orologis. klimatologis. .Kehutanan Ada dua jenis yaitu: Homogen dan Heterogen.

Hutan Homogen Hutan yang hanya terdiri dari satu jenis tanaman s yang diusahakan manusia untuk keperluan industr Contoh : Hutan Bakau .ehutanan dalah segala usaha pemanfaatan hasil hutan erdasarkan jenis pohonnya hutan dibagi 2 : .

Hutan Heterogen Terdiri dari berbagai macam pohon. Contoh : Hutan Hujan Tropis di Kalimantan .2. Biasanya bersifat alami.

Fungsi Hidrologis : Mengatur tata air / cadangan air tanah 3. Fungsi Orologis : Menjaga / melindungi tanah dari bahaya erosi atau longsor 2. Fungsi Klimatologis : Menjaga udara tetap segar krn tumbuhan .Manfaat Hutan 1.

Aktivitas Non pertanian Antara Lain : a. Pertambangan adalah usaha memanfaatkan SDA tambang yang ada di bawah permukaan bumi Kegiatan penambangan Pasir di Timika. Papua .

Berdasarkan asal terjadinya. ada 3 jenis bahan tambang : 1. Barang tambang organik berasal sisa makhluk hidup (Fosil) Penambangan minyak bumi lepas pantai .

Barang tambang Anorganik Berasal dari benda mati. Penambangan belerang .2.

Barang Tambang logam Emas .3.

pesatnya perkembangan industri disebabkan oleh : 1.000 jiwa) . Sarana dan pra sarana yang tersedia 3. Jumlah penduduk yang besar (sekitar 250. Bahan baku yang melimpah 2.000. Daerah pemasaran yang luas 4.b. Perindustrian usaha mengolah bahan mentah menjadi barang ½ jadi / barang jadi.

tri berdasarkan jumlah tenaga kerja dibagi menjadi 4 : ustri rumah tangga iputi lingkungan rumah tangga yg tenaga kerjanya 4 orang Industri Kue Nastar .

Industri keramik .dustri kecil naga kerjanya antara 5 – 19 orang dengan sistem kerja masih tradisional.

tekhnologi modern.tri sedang al cukup besar. tenaga kerja 20 – 99 elah menjadi usaha pokok Industri rotan Percetakan .

tenaga kerjanya lebih dari 0 orang. bahkan hasil produksi dapat dijual keluar nege Industri rokok .dustri besar ah memiliki tata kerja yang teratur dan menggunakan khnologi modern / canggih.

Hal ini disesuaikan dengan fisik.Penggunaan lahan: Setiap bentuk lahan akan memiliki perbedaan pemanfaatannya. . sosial. budaya daerah yang bersangkutan.

Hal tersebut di atas disesuaikan dengan kondisi fisik daerah yang bersangkutan. peternakan. Sebagian lagi untuk perkantoran. Perkotaan : Di kota sebagian besar lahan digunakan untuk pusat-pusat bisnis/perdagangan. Selain itu juga untuk fasilitas-fasilitas pendukung . perikanan dan pemukiman. industri dan pemukiman. perkebunan.2 Macam Penggunaan lahan : Pedesaan : Pada umumnya lahan di pedesaan digunakan untuk pertanian.

Penggunaan lahan 1. Penggunaan lahan di perkotaan .

2. Penggunaan lahan di pedesaan .

Desa & Kota .

Pola Pemukiman 1. Pola pemukiman penduduk daerah pantai .

2. Pola pemukiman penduduk di tepi aliran sungai .

Pola pemukiman penduduk di tepi jalan .2.

.Pola Pemukiman Penduduk : Pantai : pola memanjang mengikuti pola aliran air laut. Tepi sungai : memanjang mengikuti aliran sungai. Gunung : berkelompok mencari lahan yang rata. Tepi jalan : memanjang mengikuti arah jalan. Daerah kapur : menyebar mencari daerah yang subur.

Pola Pemukimanpegunungan Pinggir jalan Pinggir sungai .

.KEGIATAN POKOK EKONOMI Seluruh kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

.Pengertian Konsumsi : Segala usaha yang untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan. baik berupa atau jasa.

Kegiatan konsumsi : .

Sosial budaya/adat istiadat.Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi : Tingkat pendapatan : faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumtif. Kemajuan IPTEK. Jumlah anggota keluarga : semakin banyak anggota keluarga semakin besar kebutuhan. Harga barang : semakin murah semakin banyak diperlukan. Persediaan barang : semakin banyak persediaan harga semakin murah. Lingkungan tempat tinggal . .

.Aspek positif perilaku konsumtif bagi konsumen : Terpenuhi segala kebutuhan Wawasan pengtahuan berkembang Menjamin kelangsungan kegiatan konsumsi.

Aspek positif kegiatan konsumsi bagi produsen : Kegiatan produksi terjamin Meningkatkan omzet Meningkatkan laba .

.Produksi : Setiap usaha untuk menciptakan baranga/menambah nilai suatu barang.

Produksi : .

Tujuan kegiatan Produksi : Menciptakan/menghasilkan barang Meningkatkan kegunaan barang Memenuhi kebutuhan manusia Bagi produsen untuk mendapatkan keuntungan. .

Jenis Usaha Produksi Ekstraktif Agraris Jasa industri perdagangan .

dengan mengolah sda. Agraris : meningkatkan nilai barang bersumber kesuburan tanah. . Perdagangan : kegiatan jual/beli barang untuk mendapat keuntungan. Industri : mengolah bahan baku/mentah menjadi setengah jadi/barang jadi. Jasa :kegiatan memberikan pelayanan kepada pihak lain.Jenis usaha Produksi : Ekstratif : kegiatan menghasilkan/meningkatkan nilai.

Jenis-jenis sumber daya ekonomi: Sumber Sumber Sumber Sumber daya daya daya daya alam manusia modal kewirausahaan. .

Sumber daya alam Tanah Air Udara Panas matahari .

Sumber Daya Manusia Menurut sifatnya: jasmani dan rohani Menurut tingkatannya: terdidik. dan tidak terdidik. terlatih. .

Sumber daya modal Sifatnya: tetap dan lancar. Fungsinya: perseorangan dan masyarakat Bentuknya: Nyata dan Abstrak Sumbernya: Intern dan ekstern .

Managerial b. Organizatio skill . Technical skill c.Sumber daya Pengusaha Keahlian yang harus dimiliki: a.

perbaikan. Ekstensifikasi : meningkatkan jumlah dan mutu dengan menambah/memperluas. penambahan jam. Diversifikasi : meningkatkan produksi dengan cara menambah keanekaragaman.Peningkatan jumlah dan mutu produksi : Intensifikasi : meningkatkan jumlah dan mutu dengan : pelatihan. . Rasionalisasi : meningkatkan produksi dengan penguasaan iptek.

Distribusi :
Kegiatan menyalurkan/menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Distribusi

Tujuan Distribusi :
Pemerataan pemenuhan kebutuhan masyarakat, semua mendapatkannya. Menstabilkan harga barang di pasar. Menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Menjaga kelangsungan produksi. Mempercepat tibanya barang/jasa.

Sistem Distribusi Sistem Sistem Sistem distribusi distribusi distribusi langsung semi langsung tidak langsung .

Sistem distribusi langsung .

Distribusi semi langsung .

Distribusi tidak langsung .

.PERUSAHAAN : Kesatuan proses kegiatan produksi dengan menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang/jasa.

Macam-macam Perusahaan : .

Jenis-jenis perusahaan menurut usahanya : Perusahaan Ekstraktif : perusahaan yang mengambil langsung kekayaan alam. Perusahaan Agraris : perusahaan yang melakukan kegiatan mengolah lahan/tanah. Perusahaan Industri : kegiatan ekonomi mengolah bahan mentah menjadi bahan baku/jadi. Perusahaan Jasa : kegiatan perusahaan dengan memberikan pelayanan/jasa. . Perusahaan Perdagangan : kegiatan ekoomi dengan jual/beli barang.

Jenis-Jenis Badan Usaha BUMD BUMN PERSERO .

PERUM : Perusahaan yang bergerak dalam usaha vital. . BUMD : Perusahaan milik Daerah .Jenis-jenis badan usaha : PERJAN : Perusahaan yang melayani kepentingan masyarakat. PERSERO : Perusahaan yang modalnya dari pemerintah. KOPERASI : Badan usaha yang beranggotakan orang-orang/badan hukum. BUMS : Perusahaan milik swasta.

.KREATIFITAS DAN INOVASI Kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan susuatu barang dan jasa sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

.CIRI KEWIRAUSAHAAN : Percaya diri dan mandiri Memiliki 7an yang jelas Berani menghadapi resiko Memiliki jiwa kepemimpinan Memiliki semangat berprestasi Bertanggung jawab Jujur. ulet.

.Penerapan kreativitas & inovasi : Bidang produksi : makanan dengan berbagai rasa dari bahan sama. Pakaian : dengan berbagai model/sesuai dengan keadaan yang up to date Distribusi : dengan berbagai macam cara beriklan dan pemasaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful