P. 1
Kondisi Umum Fisiografis Indonesia

Kondisi Umum Fisiografis Indonesia

|Views: 2,405|Likes:
Published by Arrizaqu Elsavitri

More info:

Published by: Arrizaqu Elsavitri on May 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/11/2013

pdf

text

original

KONDISI UMUM FISIOGRAFIS INDONESIA PEMBAHASAN A.

KONDISI GEOLOGI INDONESIA Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 5 pulau besar dan sekitar 300 kelompok pulau yang lebih kecil. Selain itu, ada 13.667 pulau dan 6000 diantaranya tak berpenghuni. Letak kepulauan Indonesia adalah di antara 2 samudra, yaitu Pasifik dan Hindia, serta terletak antara pertemuan Benua Asia dan Australia. Indonesia memiliki luas total 9,8 juta km, dan lebih dari 7,9 juta km berupa perairan. Secara fisik, Sumatra, Jawa, dan Kalimantan berada di Dangkalan Sunda. Pada daerah ini kedalaman air tidak sampai 200m. di sebelah timur,ada Pulau Irian Jaya dan Aru yang terletak pada Dangkalan Sahul yang merupakan bagian dari Benua Australia. Diantara kedua Dangkalan tersebut terdapat kelompok kepulauan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Halmahera. Pulau-Pulau tersebut dikelilingi oleh Laut dalam yang mencapai 5000m kedalamannya. Sekitar 60 palung tersier tesebar dari Sumatra sampai Irian. Sejauh ini hanya 38 palung yang tereksplor dan dibor untuk keperluan industri minyak dan 14 diantaranya menghasilkan minyak dan gas. 73% dari palung tersebut terletak di offshore, sepertiganya terletak di Laut yang lebih dalam dengan kedalaman lebih dari 200m 1. Kerangka Tektonik Regional Indonesia Kepulauan Indonesia berada di lempeng Eurasia sebelah tenggara. Dibatasi oleh lempeng Indo-Australia di sebelah selatan dan barat. Sedangkan di sebelah di timur oleh lempeng Pasifik. Bagian pinggir lempeng-lempeng tersebut mengalami tumbukan dan menghasilkan zona subduksi, busur vulkanis, dan struktur formasi yang terentuk akibat tekanan dan penunjaman. Secara umum, fisiografis Indonesia didominasi oleh 2 Dangkalan. Yaitu Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul yang tersusun dari kenampakan geolog berupa Laut dalam, Palung, dan Busur Kepulauan. Kedua dangkalan tersebut memiliki perana yang penting dalam menjaga stabilitas lempeng Benua. Dangkalan Sahul merupakan bagian dari Lempeng Australia yang terdiri dari Irian Jaya, Laut Arafuru, dan bagian selatan kea rah Australia. Sedangkan dangkalan Sunda merupakan bagian dari lempeng Eurasia yang terdiri dari bagian selatan Malaka, sebagian besar Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, sebagian Laut Jawa, dan bagian selatan Laut China Selatan.

Kai. dan Pulau-pulau kecil di Laut Banda.Daerah dangkalan ini tersusun atas batuan sedimen Pre-Tertier dan batuan beku kristalin. Flores. dan Seram. Gambar 1 kondisi tektonik kepulauan Indonesia . Busur luar vulkanik terdiro dari Pulau Sumatra bagian barat dan Pegunungan dasar laut di selatan Pulau Jawa sampai Kepulauan vulkanik di Timor. Daerah busur luar vulkanik antara lain: Sumatra. dan sampai di bagian Sunda dalam yaitu Bali. Tanimbar. Sumbawa. Jawa. Lombok. serta batuan metamorf yang stabil sejak zaman Tertier. Bagian pinggir yang tidak stabil disebabkan oleh tumbukan maupun pergerakan lempeng sehingga terbentuk magmatic arc dan busur luar vulkanik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->