P. 1
Museum Dan Iptek

Museum Dan Iptek

|Views: 104|Likes:
Published by Puguh Arief

More info:

Published by: Puguh Arief on May 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2012

pdf

text

original

Koleksi Purbakala Menghiasi Museum Geologi Bandung

18
POSTED BY TRANSMEDIA20 IN BANDUNG, DUNIA

MingguSEP 2011
≈ TINGGALKAN SEBUAH KOMENTAR

MUSEUM Geologi Bandung bukan hanya memiliki ratusan ribu batuan dan puluhan ribu fosil purba berumur puluhan jutaan tahun, tetapi juga memiliki koleksi langka yang tidak dimiliki museum lain di dunia seperti museum di Amerika atau di Eropa. Sekretaris Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Minelar (ESDM), DR. Yun Yunus Kusumabrata, didampingi Kabag Umum, Ir. Agung Pribadi mengatakan, Museum Geologi memiliki berbagai fosil hewan bertulang belakang (vertebrata) yang berasal dari Indonesia. Fosil itu di antaranya fosil gajah purba “sinomastodon bumiayuensis”, gajah purba berumur 1,2 hingga 1,5 juta tahun lalu yang bentuk badannya lebih kecil dan gading lurus. Disamping itu, juga memiliki koleksi fosil gajah purba generasi berikutnya, yakni “stegodon trigonocephaus” yang hidup sekitar 1 hingga 1,2 juta tahun lalu, dengan ukuran lebih besar dan gadingnya melengkung. Koleksi gajah purba lainnya adalah jenis “elephus lysudrindicus” yang hidup sekitar 800 ribu tahun lalu, dengan bentuk badan lebih besar dan gading melengkung dan “elephus maximum” kelompok gajah yang masih ada saat ini. Pada tahun 2010 lalu, di Jawa Tengah ditemukan fosil gajah dengan panjang sekitar dua belas meter, tinggi sekitar 4 meter, dan berat sekitar 12 ton. Fosil gajah purba ini sedang direkonstruksi. Dperkirakan, tahun 2014 nanti sudah bisa dipamerkan kepada publik dan menjadi fosil gajah paling unik di dunia. Selain memiliki koleksi fosil gajah purba, Museum Geologi juga memiliki berbagai koleksi hewan purba lainnya seperti Dinosaurus, yang menguasai daratan pada zaman “Mesozoikum”, jauh sebelum manusia ada. Dinosaurus muncul pada zaman Trias, berkembang pada zaman Jura, dan punah pada zaman Kapur. Koleksi lainnya adalah Badak Sunda “Rhinoceros Sondaicus”, Kuda Nil “Hippopotamus Simplex”, Kerbau “Bubalus Palaeokeraba” dan kura-kura raksasa “Geochelone Atlasi”. Fosil – fosil ini sebagian besar ditemukan di situs sekitar aliran Bengawan Solo. Fosil lain yang tak kalah menarik adalah babi rusa “Celebochoerus Heekereni”, Komodo

Berbagai fosil manusia purba juga meghiasi ruang pamer Museum Geologi. yaitu teori Multi Regional dan teori Out of Africa. Ernest Haeckel. gajah kerdil “Stagodon Sompoensis. juga bisa mendapat pengetahuan tentang evolusi manusia yang dicetuskan Charles Darwin.“Varanus Komodoensis”. dan Lampung seberat 3. Stegodon Sondari”. Eugine Dubois. dan “Eleephas Celebeensis”. yang baru diresmikan sekitar dua bulan lalu. Waykambas. serta fosil evolusi bebatuan. Fosil batu Indian Berdoa. semuanya hidup di luar Palau Jawa. Di Taman ini dipamerkan aneka fosil batu. . Fosil lainnya adalah fosil manusia purba “Pithecantrophus” II dan “Pithecantropus” VII. di antaranya fosil manusia yang ditemukan di sepanjang aliran Bengawan Solo. Di samping itu dipamerkan fosil manusia Ngandong. berumur 2 sampai 3 juta tahun dan fosil batu tangan. yakni fosil “Pithecanthroupus Erectus” yang disebur-sebut sebagai “The Missing Lin” oleh penemunya Eugine Dubois yang melakukan eskavasi tahun 1891 – 1893. Pengunjung juga bisa menikmati fosil kekayaan alam Indonesia berupa aneka bebatuan yang disimpan secara terbuka di halaman Gedung Museum Geologi dan diberi nama Taman Situs Batu.6 ton. Para pengunjung selain bisa menyaksikan berbagai fosil tadi. dan dua teori evolusi yang dianut dunia. Sangiran 17. “Homo Javanthropus Soloensis”. serta sejumlah penjelasan seputar manusia. di antaranya fosil batu lumba-lumba asal Kasui.

Tak heran. Bandung. Tiket masuk museum ini pun gratis. Museum ini buka setiap hari. Geologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bumi. berkunjunglah Museum Geologi Bandung. baik itu dari komposisinya. Museum ini terletak di Jl Dipenogoro no 57. kecuali Jumat dan hari libur nasional. griyawisata. di sana juga terdapat fosil-fosil purbakala dan replika fosil Tyranosaurus Rex atau T-Rex! Jika Anda bingung untuk menghabiskan akhir pekan. sifat-sifat fisik bumi. Museum Geologi sudah menjadi daya tarik Kota Bandung setelah Gedung Sate. Selain dapat mempelajari perkembangan geologi di Indonesia. .Bandung. kehidupan bumi dan sejarah terbentuknya bumi. di museum ini terdapat banyak fosil. struktur bumi.com -.Museum Geologi Bandung adalah tempat yang unik untuk menghabiskan akhir pekan Anda.

Di Museum Geologi terdapat fosil gajah purba dan kerbau purba. Anda bisa melihat tentang sejarah letusan-letusan gunung berapi terbesar di Indonesia. Selain itu. di sana juga terdapat beberapa fosil kerang di museum ini. Walaupun sebenarnya hanya merupakan replika fosil. fosil T-Rex sangat tinggi dan besar. Selain itu. tempat ini telah menjadi museum yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi. Museum ini menyimpan banyak fosil yang bersejarah. Di dalam museum juga terdapat ruang pameran sejarah gunung berapi. Fosil-fosil manusia purba tersebut antara lain rahang gigi dan tengkorak manusia purba yang ditemukan di Sangiran. Salah satu fosil yang paling populer adalah fosil Tyranosaurus Rex atau T-Rex. Seiring berjalan waktu.bebatuan. sejarah-sejarah tentang gunung berapi. dan masih banyak lagi. . museum ini adalah tempat laboratorium dan penelitian untuk perkembangan geologi di Indonesia. Awalnya. lembah Bengawan Solo. juga terdapat beberapa batuan-batuan purba yang dipamerkan. Ada juga beragam fosil manusia purba di Pulau Jawa yang dipajang di sini. Tingginya mencapai 5 meter dan replika fosil T-Rex ini lah yang paling banyak dilihat oleh pengunjung.

. Berfungsi untuk mengetahu luas daerah bangun tidak beraturan. bisa gunakan formulasi berikut: L = 1/2 D + T – 1 Dengan: L = Luas daerah bangun datar T = Jumlah patok/ paku yang tidak terkena tali/ karet gelang D = Jumlah patok/ paku yang terkena tali/ karet gelang 2.PUZZLE Alat peraga ini adalah bentuk puzzle berupa kepingan-kepingan bangun datar yang harus disusun menjadi bentuk persegi atau palang. Dengan menggunakan tali atau karet gelang (menggunakan karet gelang tentu akan lebih mudah!) buatlah berbagai macam bentuk bangun datar. Persegi dan Palang PERSEGI DAN PALANG . Papan Berpaku PAPAN BERPAKU Alat Peraga “Papan Berpaku” ini dilengkapi dengan tali atau karet gelang agar bisa digunakan. dengan cara mengaitkanya pada paku-paku yang tersedia di papan itu.1. Untuk menghitung luas daerah bangun yang kamu buat itu.

Susunan Bangun Alat peraga ini terdiri atas kepingan-kepingan kayu yang berwarna hitam dan merah. Persegi ajaib adalah matriks persegi yang memuat bilangan-bilangan yang jumlah bilangan-bilangan tersebut pada setiap baris. Pada persegi ajaib di atas. kolom. bilangan pada setiap baris. dan diagonalnya harus berjumlah 24. dan diagonalnya sama. 5 kepingan kayu berwarna hitam dapat disusun menjadi sebuah bangun persegi (hanya persegi!). Penjumlahan Persegi Penjumlahan Persegi Merupakan alat peraga “Persegi Ajaib” . Sedangkan kepingan berwarna merah yang jumlahnya ada 4. . kolom. dapat disusun menjadi sebuah persegi dan segitiga sama sisi. 5.PUZZLENYA TELAH TERSUSUN 4.

gunakanlah cara coba-coba yang terarah! 7. . 2. Segitiga Bilangan SEGITIGA BILANGAN Alat peraga ini digunakan seperti alat peraga “Bintang Bilangan” di atas. hanya bentuk dan bilangan-bilangan yang akan dipasangkanya saja. Untuk mengerjakannya. yaitu 10. Bedanya. tetapi jumlahnya tetap pada semua sisinya yaitu sama dengan jumlah tertentu. 40. Anda harus mengisikan bilangan-bilangan kepada lingkaran-lingkaran kosong pada bintang (Perhatikan gambar! Lingkaran-lingkaran bertuliskan bilangan di atasnya itu bisa dibuka dan dipasang). Bintang itu mempunyai bilangan ajaib. Dapat ditunjukkan pula bahwa bilangan-bilangan itu dapat disusun dalam susunan berbeda pada segitiga itu. 4.6. 3. 5. sehingga bilanganbilangan pada setiap garis mempunyai jumlah yang sama. Bintang Bilangan BINTANG BILANGAN Cara menggunakannya adalah. dan 6 dalam bentuk sebuah segitiga sehingga bilangan-bilangan pada setiap sisinya berjumlah sama. Anda harus menyusun bilangan-bilangan 1. seperti halnya bilangan-bilangan pada persegi ajaib di atas. Bilangan-bilangan itu sering juga disebut bilangan ajaib.

8. 9. Anda bisa menyusun ketujuh kepingan tangram itu membentuk bangun-bangun seperti terpampang di depan meja tangram itu. 10. Tabung Urai dan Apollo Puzzle Tabung Urai dan Apollo Puzzle Tabung Urai dan Apollo Puzzle Merupakan bentuk puzzle berupa potongan-potongan kayu yang harus disusun membentuk tabung dan apollo. Bola . Dalam menyusun satu bangun harus menggunakan ketujuh kepingannya sekaligus. Tangram terdiri dari 7 buah keping bangun datar yang dapat disusun atau dipasang bersama membentuk beberapa pola bangun. Tangram TANGRAM Tangram adalah permainan teka-teki berumur sangat tua yang berasal dari negeri Cina.

Entah sedang diperbaiki ataukah hilang. Seharusnya di meja ini ada satu alat peraga lain. Sebenarnya ada alat peraga lain yang mestinya ada (karena ada meja display nya) tetapi saya tidak dapat menemukannya. entah sedang diperbaiki ataukah hilang sehingga tidak bisa dipajang. yaitu “Kubus Rentang”. Seperti yang saya bilang tadi. saat itu kubus rentang nya tidak ada di sana.BOLA Bola Merupakan puzzle bentuk bola dari potongan-potongan kayu. . Itulah beberapa alat peraga matematika yang saya temui di Puspa Iptek.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->