P. 1
Tetapan Gravitasi

Tetapan Gravitasi

|Views: 532|Likes:
Published by Toni Putra

More info:

Published by: Toni Putra on May 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2013

pdf

text

original

Tetapan Gravitasi Umum

Interaksi yang paling lemah di alam semesta adalah gravitasi dan yang paling kuat adalah elektromagnetik. Dari Semua yang berada disini, ada yang tau tidak berapa tetapan gravitasi universal di alam semesta ini ? Dari semua yang berada disitu ternyata tidak ada yang tahu. Yang mereka tau adalah tetapan gravitasi bumi yaitu . Padahal yang ditanyakan tetapan gravitasi universal. Sungguh malang nasib pendidikan di negara kita jika hanya tetapan gravitasi Universal saja kita sudah tidak tahu, apalagi menghitung yang lain-lain. celaka 15 namanya…. kata pemateri. disini saya hanya mengingatkan bahwa tetapan tersebut adalah

Perbedaannya adalah konstanta gravitasi universal, G, adalah bernilai tetap pada . Sedang konstanta gravitasi bumi, g, adalah sebesar . Konstanta, g, ini dipengaruhi oleh massa dan jaraknya terhadap benda bermassa lain. Perlu di ingat bahwa tetapan gravitasi universal (G) adalah bersifat tetap sama halnya seperti . untuk tetapan gravitasi bumi (g) sifatnya hanya berlaku di bumi dan jika perhitungannya di bawa ke bulan, maka tidak dapat digunakan lagi. Berikut sedikit penjelasan tentang gravitasi dari wikipedia… Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus. Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia. Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom.

dsn konstanta G kira-kira sama dengan 6.67 × 10−11 N m2 kg−2. m1 dan m2 dalam kilograms (kg). Dimana : F adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut G adalah konstanta gravitasi m1 adalah besar massa titik pertama m2 adalah besar massa titik kedua r adalah jarak antara kedua massa titik.Hukum Gravitasi Universal Newton Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut: Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. dan g adalah percepatan gravitasi = Dalam sistem Internasional. m adalah massa dan g adalah percepatan gravitasi. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut. . Percepatan gravitasi ini berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lain. F diukur dalam newton (N). W adalah gaya berat benda tersebut. Persamaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut: W = mg. r dalam meter (m). Dari persamaan ini dapat diturunkan persamaan untuk menghitung Berat. Berat suatu benda adalah hasil kali massa benda tersebut dengan percepatan gravitasi bumi.

2011-2012 Contoh soal dan pembahasan: .Tetapan Gravitasi Umum D I S U S U N Oleh: Nama: Bona Asa Sharon Situmorang Kelas: XI IPA-3 SMA Negeri 5 MEDAN T/A.

67 x 10−11 kg−1 m3 s−2 hitung: a) Besar gaya gravitasi yang bekerja pada benda B b) Arah gaya gravitasi pada benda B Pembahasan a) Benda B ditarik benda A menghasilkan FBA arah gaya ke kiri. B dan C berada dalam satu garis lurus. benda B juga ditarik benda C menghasilkan FBC arah gaya ke kanan. . Jika nilai konstanta gravitasi G = 6.Soal No. 2 Benda A dan C terpisah sejauh 1 meter. 1 Tiga buah benda A. hitung nilai masing-masing gaya kemudian cari resultannya b) Arah sesuai FBA ke kiri Soal No.

sehingga jaraknya dari benda C adalah (1−x) Posisi B adalah 1/3 meter dari A atau 2/3 meter dari B Soal No.Tentukan posisi benda B agar gaya gravitasi pada benda B sama dengan nol! Pembahasan Agar nol maka FBA dan FBC harus berlawanan arah dan besarnya sama. Posisi yang mungkin adalah jika B diletakkan diantara benda A dan benda C. Misalkan jaraknya sebesar x dari benda A. 3 Sebuah benda memiliki berat 600 N berada di titik q. .

tentukan berat benda pada posisi tersebut! Pembahasan Kata Pengantar Puji dan syukur senantiasa penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.Jika benda digeser sehingga berada di titik p. karena atas karunia dan rahmat-Nya saya dapat .

yang telah memberikan didikan dan motivasi dalam penyelesaian makalah ini. Pak S... ii Daftar Isi …………………………………………………………………….…………….O. iii Tetapan Gravitasi Umum……………………………………………………. tentu saja penulis tak lepas dari kesalahan dan kekurangan.Lubis. penulis mengharapkan kritik dan saran ytang membangun jika terdapat kesalahan atau kekurangan dalam makalah ini dan tentu saja bagi kebaikan kita bersama. Sebagai seorang manusia.. L. Penulis juga berterimakasih kepada guru bidang studi Fisika. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi setiap orang yang membacanya..menyelesaikan makalah saya yang berjudul “Tetapan Gravitasi Umum”.V. Oleh karena itu.E Penulis Daftar Isi Kata Pengantar…………………………………………………. 1 ..

wordpress.dkk.com/2011/11/contoh-soal-dan-pembahasan-gaya. Bandung.file-edu.Contoh Soal dan Pembahasan…. Fisika Bilingual. http://www.com/2011/07/28/tetapan-gravitasi-universal/ (13 april 2012) .html (13 april 2012) http://alfysta.Yrama Widya. 2011.………………………………………… 3 Daftar Pustaka………………………………………………………………… 6 Daftar Pustaka Sunardi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->