P. 1
Model Pembelajaran CORE 0,5 Ok

Model Pembelajaran CORE 0,5 Ok

|Views: 600|Likes:
Published by irdefebrimudhakarta

More info:

Published by: irdefebrimudhakarta on May 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

Model Pembelajaran CORE

1. Pengertian Model pembelajaran core yaitu model pembelajaran yang mencakup empat aspek kegiatan yaitu connecting, organizing, reflecting, dan extending. Adapun keempat aspek tersebut adalah: a. Connecting (C) Merupakan kegiatan mengoneksikan informasi lama dan informasi baru dan antar konsep. b. Organizing (O) Merupakan kegiatan mengorganisasikan ide-ide untuk memahami materi c. Reflecting (R) Merupakan kegiatan memikirkan kembali, mendalami, dan menggali informasi yang sudah didapat d. Extending (E) Merupakan kegiatan untuk mengembangkan, memperluas, menggunakan, dan menemukan.

2. Karakteristik Model pembelajaran Core merupakan model pembelajaran yang menekankan kemampuan berpikir siswa untuk menghubungkan, mengorganisasikan, mendalami, mengelola, dan mengembangkan informasi yang didapat. Dalam model ini aktivitas berpikir sangat ditekankan kepada siswa. Siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis terhadap informasi yang didapatnya. Kegiatan mengoneksikan konsep lama-baru siswa dilatih untuk mengingat informasi lama dan menggunakan informasi/konsep lama tersebut untuk digunakan dalam informasi/konsep baru Kegiatan mengorganisasikan ide-ide, dapat melatih kemampuan siswa untuk mengorganisasikan, mengelola informasi yang telah dimilikinya. Kegiatan refleksi, merupakan kegiatan memperdalam, menggali informasi untuk memperkuat konsep yang telah dimilikinya.

Organizing (O) 4) Pembagian kelompok secara heterogen(campuran antara yang pandai. memperluas. menggunakan. dengan kegiatan ini siswa dilatih untuk mengembangkan. 3. Keunggulan dan kelemahan a. dan kurang). Kelemahan Membutuhkan persiapan matang dari guru untuk menggunakan model ini Menuntut siswa untuk terus berpikir kritis Memerlukan banyak waktu Tidak semua materi pelajaran dapat menggunakan model core. Reflecting (R) 6) Pengembangan. dan menemukan. 5) Memikirkan kembali.Extending. Keunggulan     Siswa aktif dalam belajar Melatih daya ingat siswa tentang suatu konsep/informasi Melatih daya pikir kritis siswa terhadap suatu masalah Memberikan pengalaman belajar kepada siswa. dan menggali informasi yang sudah didapat dan dilaksanakan dalam kegiatan belajar kelompok siswa. 3) Pengorganisasian ide-ide untuk memahami materi yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. memperluas informasi yang sudah didapatnya dan menggunakan informasi dan dapat menemukan konsep dan informasi baru yang bermanfaat.melalui tugas individu dengan mengerjakan tugas. 2) Penyampaian konsep lama yang akan dihubungkan dengan konsep baru oleh guru kepada siswa. Connecting (C). Extending (E) . b. Sintaks 1) Membuka pelajaran dengan kegiatan yang menarik siswa yaitu menyanyikan yang mana isi lagu berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.karena siswa banyak berperan aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi bermakna. mendalami. sedang.terdiri dari 4-5 orang.

Ahmad Jufri. Drs. MPd OLEH: IRDE FEBRI MUDHAKARTA 08187 / 2008 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNP 2012 .TUGAS METODE MENGAJAR KHUSUS 2 Model Pembelajaran CORE Dosen Pembimbing .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->