3.

IDEOLOGI PANCASILA DI TENGAH IDEOLOGI LAIN
Di dunia ada beberapa ideologi : 1. Liberal / kapitalis 2. Komunis 3. Agama 4. Pancasila Pancasila sebagai ideology Indonesia Sisi liberal Target Komunis bebas berpendapat tidak ada aturan

orang- orang yang mempunyai kemampuan Ideologi bersama semuanya disamakan konsepsi harus sama di

suatu Negara baik guru,perawat gajinya sama. Komunis laku di Negara miskin.       Bagaimana memberantas komunis jika Negara itu kaya maka system komunis akan hilang. Reception in complex=khusus Negara agama seperti arab Resalasi sejarah = 1945-2000 Ideology agama sangat luar biasa di dunia karena pada zaman sekarang semua kegiatan diatas namakan oleh agama. Komunis = Vietnam, laos dan unisovyet. Pancasila kita bebas Tapi kita memberikan hadiah tentang tingkah laku masyarakat baik maupun buruk dan itu semua sudah di bukukan di undangundang. Analisis 1. Kapitalis 2. Komunis 3. Agama bebas = intelektual komunal (kebersamaan)= poor komunikasi ibadah = para penganut agama
1

Liberalisme menghendaki adanya pertukaran gagasan yang bebas.a. Negara didirikan untuk menjamin kebebasan dan kepentingan warga negara. dan suatu sistem pemerintahan yang transparan. Ideologi Pancasila Ideologi pancasila mendasarkan hakikat sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang di dalamnya . Paham liberalisme menolak adanya pembatasan. khususnya dari pemerintah dan agama. Tuntunan kebebasan tersebut pertama kali tumbuh di Barat sesudah Revolusi Prancis bersamaan munculnya individualisme. yaitu kapitalisme. Kebebasan manusia dalam rangka demokrasi tidak melampaui hakikat nilai-nilai Ketuhanan. Sehingga. Seiring dengan perkembangan liberalisme. manusi dipandang Pancasila memiliki kodrati sebagai makhluk pribadi dan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. di dalam ideologi Pancasila mengakui atas kebebasan hak-hak masyarakat. Berdasarkan sifatnya ideologi pancasila bersifat terbuka yang berarti senantiasa mengantisipasi perkembangan aspirasi rakyat sebagai pendukung ideologi serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Secara umum. Dalam negara liberalisme. dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Ideologi Pancasila senantiasa merupakan wahana bagi tercapainya tujuan bangsa. tumbuh pula ideologi yang kini menjadi kekuatan raksasa dalam perkembangan dunia. liberalisme mencitacitakan suatu masyarakat yang bebas. serta menolak adanya pembatasan terhadap pemilikan individu. ekonomi pasar yang mendukung ekonomi pribadi (private enterprise) yang relatif bebas. negara itu di umpamakan sebagai penjaga malam atau polisi lalu lintas. Olehkarena itu. kepentingan dan hak warga negara lebih diutamakan daripada kepentingan negara.2 b. Tugas negara hanya menjaga. bahkan nilai Ketuhanan terjelma dalam bentuk moral dalam ekspresi kebebasan manusia. Selain itu. nilai-nilai ketuhanan senantiasa menjiwai kehidupan manusia dalam hidup negara dan masyarakat. Liberalisme Liberalisme adalah paham yang menuntut kebebasan bagi individu. Kapitalisme adalah liberalisme dalam bidang ekonomi yang lahir sejak abad XVIII di Eropa Barat. Pada negara liberalisme. Rakyat atau warganya mempunyai kebebasan untuk berbuat atau bertindak apa pun asal tidak melanggar tertib hukum. Dalam paham ini. kebebasan individu di tegakkan atas dasar kebebasan bergerak dan bertindak.

Tidak memberi kesempatan pada peran swasta f. Sistem pemerintah cenderung diktaktor h. Kehidupan beragama diserahkan setiap individu. Berbagai bidang kehidupan. Penguasaan atas alat produksi kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan pada negara e. Vietnam. bahkan negara membolehkan paham antiagama d. Negara tidak mengakui agama c. Agama menjadi urusan pribadi setiap warga negara. Esensi dari komunisme ini adalah masyarakat utopia. yang artinya. Kuba. Kekuasaan negara dikuasai satu partai dominan yaitu partai komunis i. bebas tidak beragama.3 c. dan bebas pula untuk propaganda antiagama. Laos. dan Korea Utara (komunis Juche. yang ekonominya tidak bergantung ke sesama negara .setiap warga negara secara bebas dapat menggunakan modal (kapital) milik pribadi untuk meraih keuntungan untuk sebesar-besarnya. Ciri2: a. Negara terpisah dengan agama. Sampai tahun 2005. Warga negara bebas beragama. memiliki tingkat kesejahteraan yang sama. Kurangnya jaminan perlindungan HAM dalam UUD negara. Ideologi komunisme adalah sebuah ideologi yang mengutamakan kepentingan negara dan mengesampingkan kepentingan individu. pendidikan. menghilangkan kesenjangan yang terjadi di suatu masyarakat negara. Dalam sistem liberalisme negara tidak mencampuri urusan agama. dilaporkan ada 5 negara yang berpaham komunis: Cina (sekarang sedang peralihan ke liberal). Penghapusan hak-hak individu b. Ideologi Komunisme Ideologi komunisme adalah ideologi yang menghendaki penghapusan pranata kaum kapitalis serta berkeinginan membentuk masyarakat kolektif agar tanah dan modal (faktor produksi) dimiliki secara sosial dan pertentangan kelas serta sifat kekuatan menindas dari negara tidak berlangsung lagi. sosial dan budaya dikuasai negara g.

kekuasaan (diktatorisme proletariat/pro rakyat kecil). komunisme di berbagai belahan dunia berhubungan satu sama lain) 7. basis komunis ada di beberapa negara: 1.komunis. Penyatuan ideologi masyarakat ke komunisme (tidak ada liberalisme) Jaman dahulu. dan demokrasi (Demokrasi Terpimpin) 4. Cina 4. Rasa nasionalisme dan internasionalisme antarnegara komunis yang tinggi (maka itu. Ideologi agama adalah sebuah faham dimana Negara mengerjakan sesuwatunya di atas dasarkan nama agama dan dalam penerapan system ini maka Negara tersebut tidak akan menghendaki dan menghargai tata nilai dari agama lain padahal di dunia ini banyak beragam agama. dan apabila ini di terapkan pada suatu Negara maka Negara tersebut tidak akan mempunyai toleransi dengan Negara lain yang mempunyai konsepsi ketuhanan seperti di Negara Asia. Berikut ini adalah asas komunisme: 1. Kesejahteraan rakyat yang sama (sama rata sama rasa) 2. Tidak hanya itu semua sistem yang berjalan menurut pandangan agama. Pemusatan ekonomi. Indonesia d. 5 . Soviet 2. Persamaan derajat/kelas masyarakat 3. Perencanaan Ekonomi oleh pemerintah 5. Pengakuan pemerintah atas pemilikan pribadi (jadi istilahnya "common ownership"/kepemilikan bersama) 6. Ideologi Agama Ideologi ini digunakan di negara2 agamis. Rusia 3. berdiri dengan kaki sendiri secara harfiah)4. kalau sistem ini digunakan maka Negara ini masyarakatnya sangat dirugikan karena pasti t idak boleh mengikuti suatu karya baru yang terus berkembang misalnya adanya sistem teknologi yang sedang berkembang semua Negara mengikutinya sedangkan Negara yang fahamnya agama pasti memandang itu sebuah maksiat dimana pandangan kita mengenai tuhan di alihkan oleh objek lain. Seperti di timur tengah.

komunis. Dilihat dari sisi liberal yang sangat menghargai penafsiran dan semua tata nilai baik dari agama sekalipun meski dalam prakteknya beda secara umum liberal menganggap adil terhadap potensi akal. Apabila suatu Negara menganut sistem liberal yang artinya ideologi yang bebas tetapi tetap mengutamakan kepentingan individu / masyarakat dan menyampingkan kepentingan Negara. meskipun sistem ini bebas teteapi tetap menghendaki pertukaran gagasan dan pendapat dari suatu sistem pemerintah yang transparan.karena semua masyarakatnya hanya beragama satu agama dan akibatnya Negara ini tidak menghargai agama lain padahal di dunia banyak beragam agama. lihat tabel 3.6 Perbandingan lebih lanjut antara ideologi Pancasila dengan ideologi lain.jadi menurut kelompok kami ini sangat baik dari pada sistem komunis yang apabila suatu Negara dan menggunakan sistem dimana mengutamakan kepentingan Negara menyampingkan kepentingan masyarakat apabila suatu Negara menerapkan sistem ini maka masyarakat miskin akan semakin miskin dan yang kaya akan semakin kaya.1 .dilihat dari sisi komunis yang tidak menghendaki agama.Perbandingan apabila suatu Negara menganut sistem liberal . dan agama. Dan di bandingkan lagi dengan sistem agama apabila ini diterapkan di Negara maka Negara tersebut akan berjalan menggunakan dan mengatas namakan agama baik dari pembentukan pemerintah dan petinggi-petingginya.

1 Perbandingan Ideologi Pancasila dengan Ideologi Lain 7 .Tabel 3.

.

.

isomwebs.ac.gunadarma./pengertian-ideologi-liberalisme-dan-komunisme freetechebooks..ac.com/..com/../pengertian-ideologi-liberalisme-dan-komunisme 2 3 4 www..id/..pancasila/bab4-pancasila_sebagai_ideologi freetechebooks.2012) elearning.com/tag/pengertian-ideologi-komunisme/ 5 mustathok.....id/.ac.id/./agama-sebagai-ideologi elearning.gunadarma.Daftar Pustaka 1 (Koesoemadji...pancasila/bab4-pancasila_sebagai_ideologi elearning.blogspot..pancasila/bab4-pancasila_sebagai_ideologi 6 7 .gunadarma.com/2008/.