MATA KULIAH WAKTU DOSEN TOPIK

Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil

Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal

Asuhan Antenatal. 3. Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta 3. 2. Jakarta 5. Departemen Kesehatan RI. Jakarta Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . riwayat kebidanan.Riwayat kesehatan: sosial. Buku 2.Pemeriksaan laboratorium .R. Departemen Kesehatan RI. 1999. Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan Fisiologi Bagi Dosen Diploma III Kebidanan.Mengidentifikasi kemungkinan kebutuhan belajar OBJEKTIF PERILAKU SISWA Setelah membaca akhir perkuliahan.Membedakan antara ketidaknyamanan dalam kehamilan dan kemungkinan komplikasi . W. Jakarta.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 1 SUB TOPIK 1. mahasiswa dapat : 1.Mengidentifikasi tanda dan gejala penyimpangan dari keadaan normal .Pemeriksaan fisik . 2003.Menetapkan normalitas kehamilan . Neil. Dian Rakyat 2. 2001. Modul Diklat Jarak Jauh.Pengkajian emosional Menentukan Diagnosa . Jakarta 4. keluarga.. Asuhan Keperawatan Ibu Hamil (Antematal). Departemen Kesehatan RI. Tujuan kunjungan Pengkajian data kesehatan ibu hamil . 1992. 2.Pemeriksaan panggul . Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Dalam Konteks Keluarga. Menjelaskan tentang asuhan kehamilan kunjungan awal Menjelaskan tentang menentukan diagnosa REFERENSI 1. penyakit . Buku Acuan Pelatihan Asuhan Persalinan Dasar. Panduan Lengkap Perawatan Kehamilan. 1998.

Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 2 ASUHAN KEHAMILAN KUNJUNGAN AWAL A. Riwayat kehamilan ini  Usia ibu hamil  HPHT / siklus haid  Perdarahan pervaginam  Keputihan  Mual dan muntah  Masalah / kelainan pada kehamilan sekarang  Pemakaian obat-obatan termasuk jamu-jamuan 2. dsb) Nasihat perawatan selama hamil Membina hubungan saling percaya PENILAIAN KLINIK 1. Riwayat obstetric lalu        Jumlah kehamilan Jumlah persalinan Jumlah persalinan cukup bulan Jumlah persalinan premature Jumlah anak yang hidup Jumlah keguguran Jumlah aborsi Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah .       Mengkaji tingkat kesehatan Menetapkan catatan dasar standar pembanding kemajuan kehamilan Identifikasi faktor risiko Diskusi kehamilan yg sdg berlangsung (kekhawatiran. dan merencanakan asuhan khusus yang dibutuhkan. mendeteksi komplikasi. TUJUAN ASUHAN KUNJUNGAN AWAL Mengumpulkan informasi mengenai ibu untuk membantu kita dalam membangun hubungan kepercayaan dengan ibu.

Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 3     Perdarahan pada kehamilan. nifas terdahulu 3. persalinan. Riwayat Penyakit            Jantung Hipertensi DM TBC Pernah operasi Alergi obat atau makanan Ginjal Asma Epilepsy Penyakit hati Pernah kecelakaan 4. persalinan dan nifas terdahulu Adanya hipertensi dalam kehamilan pada kehamilan terdahulu Berat bayi < 2500 gr atau berat bayi > 4000 gr Adanya masalah-masalah selama kehamilan. Riwayat Sosial Ekonomi            Status perkawinan Respon ibu dan keluarga terhadap kehamilan Jumlah keluarga di rumah yang membantu Siapa pembuat keputusan dalam keluarga Kebiasaan makan dan minum Kebiasaan merokok. menggunakan obat-obat dan alcohol Kehidupan seksual Pekerjaan dan akrivitas sehari-hari Pilihan tempat untuk melahirkan Pendidikan Penghasilan Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah .

Palpasi untuk menentukan letak janin (atau lebih 28 minggu) d. c.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 4 PEMERIKSAAN FISIK ANC PERTAMA Pemeriksaan fisik yang dilakukan pada ANC pertama 1. nadi. Mengukur TFU c. Auskultasi DJJ e. i. karies. d. f. g. pembesaran Abdomen  bekas operasi Ekstremitas  oedema. Tanda-tanda vital ibu  TD. e. Pemeriksaan panggul  hanya pada kunjungan pertama b. Gerakan janin 3. tonsil Tiroid/gondok Tulang belakang/punggung Payudara  putting susu. suhu. pernapasan BB/TB Muka  oedema. Pemeriksaan vulva/perineum      Varises Kandiloma Edema Hemoroid Perineum Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . tumor. Pemeriksaan luar a. refleks patella Kulit  kebersihan/penyakit kulit 2. Pemeriksaan fisik umum a. b. varises. j. pucat Mulut dan gigi  kebersihan. Pemeriksaan dalam a. h.

Kehamilan yang terakhir ini akan mempengaruhi viabilitas (kelangsungan hidup) bayi yang dilahirkan. bau. Pemeriksaan dengan speculum untuk menilai     Serviks Tanda-tanda infeksi Cairan dari OU Posisi uterus 4. Urin    Warna. Kehamilan 40 minggu ini disebut kehamilan matur (cukup bulan). dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Pemeriksaan laboratorium a. Kehamilan antara 28 dan 36 minggu disebut kehamilan prematur.kejernihan Protein Glukosa HB Glukosa Golongan darah PP test MENENTUKAN DIAGNOSA Menentukan normalitas kehamilan Lamanya kehamilan mulai dari ovulasi sampai partus adalah kira-kira 280 hari (40 minggu). karena bayi yang terlalu muda mempunyai prognosis buruk.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 5 b. Bila kehamilan lebih dari 43 minggu disebut kehamilan postmatur. Darah     b. Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah .

Bila hasil konsepsi dikeluarkan dari kavum uteni pada kehamilan di bawah 20 minggu. disebut abortus (keguguran). 2. Dalam batas-batas tertentu keadaan ini masih fisiologik. Bila terlampau sering. supaya dapat ditentukan tuanya kehamilan. Keadaan ini lazim disebut morning sickness. janin yang dilahirkan dalam trimester terakhir telah viable (dapat hidup). Mengidam sering terjadi pada bulan-bulan pertama akan tetapi menghilang dengan makin tuanya kehamilan. disertai kadang-kadang oleh emesis. Pada wanita hamil terdapat beberapa tanda atau gejala. Kelahiran dari 38 minggu sampai 40 minggu disebut partus aterm. 2) kehamilan triwulan kedua (antara 12 sampai 28 minggu). masing-masing 1) kehamilan triwulan pertama (antara 0 sampai 12 minggu). tetapi belum sempurna dan viabilitas janin masih disangsikan. Gejala ini sangat penting karena umumnya wanita hamil tidak dapat haid lagi. Dalam triwulan kedua alat-alat telah dibentuk. kehamilan dibagi dalam 3 bagian. dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan disebut hiperemesis gravidarum. terakhir (antara 28 sampai 40 minggu). terjadi di bawah 36 minggu disebut partus prematurus (persalinan prematur). tetapi tidak selalu. Dalam triwulan pertama alat-alat mulai dibentuk. antara lain sebagai berikut: 1. Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . Penting diketahui tanggal hari pertama haid terakhir. dan bila persalinan diperkirakan akan terjadi. Sering terjadi pada pagi hari. 3. 3) kehamilan triwulan.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 6 Ditinjau dari tuanya kehamilan. Bila hal ini. Mengidam (mengingini makanan atau minuman tertentu). Amenorea (= tidak dapat haid). Nausea (enek) dan emesis (muntah). Enek terjadi umumnya pada bulan-bulan pertama kehamilan.

tetapi setelah itu nafsu makin timbul lagi. Daerah leher menjadi lebih hitam. Keadaan ini disebabkan oleh pengaruh estrogen dan progesteron yang merangsang duktuli dan alveoli di mamma. sehingga kenaikan berat badan tidak sesuai dengan tuanya kehamilan. Demikian pula linea alba di garis tengah abdomen menjadi lebih hitam (= linea grisea).Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 7 4. Pada pipi. Pigmentasi ini terjadi karena pengaruh darl hormon kortiko-steroid plasenta yang merangsang melanofor dan kulit. Dianjurkan untuk tidak pergi ke tempat-tempat ramai pada bulan-bulan pertama kehamilan. 8. Hilang sesudah kehamilan 16 minggu. 9. Hendaknya dijaga jangan sampai salah pengertian makan untuk "dua orang". Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . 5. dikenal sebagai kloasma gravidarum. Pada bulan-bulan pertama terjadi anoreksia. Pada triwulan kedua umumnya keluhan ini hilang olch karena uterus yang membesar keluar dari rongga panggul. Areolae mammae juga menjadi lebih hitam karena didapatkan deposit pigmen yang berlebih. 7. Mamma menjadi tegang dan membesar. Pada akhir triwulan gejala bisa timbul karena janin mulai masuk ke ruang panggul dan menekan kemball kandung kencing. Anoreksia (tidak ada nafsu makan). Sering dijumpai bila berada pada tempat-tempat ramai. Pigmentasi kulit terjadi pada kehamilan 12 minggu ke atas. hidung dan dahi kadang-kadang tampak deposit pigmen yang berlebihan. Pingsan. Glandula Montgomery tampak lebih jelas. Sering kencing terjadi karena kandung kencing pada bulan-bulan pertama kehamilan tertekan oleh uterus yang mulai membesar. Obstipasi terjadi karena tonus otot menurun yang disebabkan oleh pengaruh hormon steroid. 6.

Pada keadaan uterus yang membesar tetapi tidak ada kehamilan misalnya pada mioina uteri. Sering dijumpai pada triwulan terakhlr. Pada multigravida kadang-kadang varises ditemukan pada kehamilan yang terdahulu. Tanda Piscaseck. Tanda Cbadwick 14. Sering terjadi pada triwulan pertama. kaki dan betis. Bila uterus dirangsang mudah berkontraksi.8' adalah salah satu tanda akan adanya kehamilan. Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . Tanda Hegar 13. Varises. Tanda Braxton-Hicks. Suhu basal yang sesudah ovulasi tetap tinggi terus antara 37. Dengan tes kehamilan tertentu air kencing pagi hari ini dapat membantu membuat diagnosis kehamilan sedini-dininya. 17. Kadang-kadang timbulnya vanises merupakan gejala pertama kehamilan mucla. Uterus membesar ke salah satu jurusan hingga menonjol jelas ke jurusan pembesaran tersebut. timbul kemball pada triwulan pertam2. Tanda ini khas untuk uterus dalam masa hamil. Pada kehamilan muda bisa pula ditemukan: 12.2' sampai 37. Epulis adalah suatu hipertrofi papilla ginggiva . fossa poplitea. tanda Braxton-Hicks tidak ditemukan.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 8 10. 16. Cara khas yang dipakai untuk menentukan adanya buman chorionic gonadotropin pada kehamilan muda adalah air kencing pertama pagi hari. 11. 15. Geja1a ini sering dipakai dalain pemeriksaan kemandulan. Didapat pada daerah genitalia eksterna.

Wanita tersebut mengaku. Terdapat amenorea.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 9 Tanda pasti kebamilan 1) dapat diraba dan kemudian dikenal bagian-bagian janin. perut penderita makin besar. Mioma uteri. 2. Menopause. Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . kehamilan ganda. Pula dapat dipakal bila ada kecurigaan dalam kehamilan mola. dan diameter biparietalis hingga dapat diperkirakan tuanya kehamilan. 5. tetapi tanda-tanda kehamilan lain dan reaksi kehamilan negatif. Kistoma ovarii. tanda-tanda kehamilan dan reaksi kehamilan negatif. Uterus sebesar biasa. panjangnya janin (crown-rump). 3. perut penderita makin besar. Diferensial diagnosis kehamilan I . 3) dapat dirasakan gerakan janin dan balotemen. Uterus sendiri blasa besarnya. Akan tetapi tanda-tanda kehamilan seperti tanda Braxton-Hicks dan reaksi kehamilan negatif. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang ingin sekali hamil. dan tumor pelvis. tetapi uterusnya sebesar biasa. 6) fetoskopi. dan selanjutnya dapat dipakal untuk menilai perturnbuhan janin. Pseudosiesis. perut membesar. plasenta previa. 2) dapat dicatat dan didengar bunyl jantung janin dengan beberapa cara. tanda-tanda kehamilan dan reaksi kehamilan negatif. Vesika urinaria dengan retensio urinae. tetapi sebenarnya t1dak hamil. 4. Mungkin ada amenorea. uterusnya makin besar. 5) dengan ultrasonografi (scanning) dapat diketahui ukuran kantong janin. blighted ovum. 4) pada pemeriksaan dengan sinar rontgen tampak kerangka janin. dirinya hamil. Dapat terjadi amenorea. hidramnion. Uterus sendiri sebesar biasa. kadang-kadang tidak merata. Terdapat amenorea. Umur wanita kira-kira di atas 43 tahun. kematian janin intra uterin . anensefali. Pemeriksaan dengan ultrasonografi pada kehamilan 16-18 minggu yang diperkirakan aman memang menjadi pegangan untuk pasien dan dokternya untuk pengawasan kehamilan lebih yakin dan mantap.

 Aspek fisiologis. anatomis.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 10 KETIDAKNYAMANAN UMUM SELAMA KEHAMILAN Ketidak nyamanan Umum selama kehamilan dan tindakan mengatasinya  Tidak semua wanita mengalami semua ketidaknyamanan yang umum muncul selama kehamilan  Banyak wanita mengalaminya dalam tingkat ringan hingga berat. Contoh Ketidaknyamanan selama kehamilan  Nausea  Ptialisme (Salivasi Berlebihan)  Keletihan  Nyeri Punggung Bagian Atas (Nonpatologis)  Leukorea  Peningkatan Frekuensi Berkemih (Nonpatlogis)  Nyeri Ulu Hati  Flatulen  Konstipasi  Hemoroid  Kram Tungkai  Edema Dependen  Varises  Dispareunia  Nokturia  Insomnia  Nyeri pada Ligamentum Teres Uteri  Nyeri Punggung Bawah (Nonpatologis)  Hiperventilasi dan sesak nafas (nonpatologis)  Kesemutan dan baal pada jari  Sindrom Hipotensi Telentang Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . dan psikologis yang mendasari setiap ketidaknyamanan (jika diketahui) dijelaskan untuk merangsang pikiran anda mencari upaya lebih lanjut untuk mengatasinya.

tes laboratorium. pemeriksaan fisik. kemungkinan. dan positif kehamilan yang dapat dialami selama pengkajian riwayat. Berikut adalah daftar semua tanda praduga. dan penelitian tambahan yang dilakukan dan diprogramkan pemeriksaan. panggul. Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah .Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 11 Diagnosis didasarkan pada kombinasi tanda praduga dan tanda kemungkinan kehamilan.

Tujuan asuhan kunjungan awal . Uterus membesar ke salah satu jurusan hingga menonjol jelas ke jurusan pembesaran tersebut. Amenorhea b. dsb) Mempengaruhi menentukan tempat persalinan Jawab D Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah . Pernafasan d. Tanda Braxton-Hicks b. Palpasi Jawab D 2. kecuali: a. a. Tanda Cbadwick Jawab B 4. Tanda pasti kehamilan dapat diketahui bila: a. Tes kehamilan positif c. Tanda Hegar d. Pemeriksaan tanda vital ibu pada kunjungan awal meliputi. TD b.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 12 EVALUASI 1. Menetapkan catatan dasar standar pembanding kemajuan kehamilan Identifikasi faktor risiko Diskusi kehamilan yg sedang berlangsung (kekhawatiran. d. c. Tanda Piscaseck c. Suhu c. b. Tanda chadwick Jawab C 3. Pada pemeriksaan dengan sinar rontgen tampak kerangka janin d. kecuali: a.

untuk menentukan: a. d. Pemeriksaan laboratorium pada darah. c.Asuhan Kehamilan Kunjungan Awal 13 5. b. HB Keasaman vagina Protein urine Warna Jawab A Materi Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Akbid Pemkab Aceh Tengah .