PROPOSAL SAFARI ‘IDUL QURBAN 1432 H STIT SYARIF ABDURRAHMAN SINGKAWANG

A. DASAR PEMIKIRAN Qurban dalam istilah keagamaan berarti “Segala aktivitas dan sarana yang dibenarkan untuk digunakan mendekatkan diri kepada Allah SWT”. Qurban yang dinamai buddiah (karena dilaksanakan dalam suasana Idhul Adha), sehingga pengertian Qurban menjadi binatang tertentu yang disembelih pada Hari Raya Adha dan tiga hari sesudahnya. Dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW, telah memberikan contoh ketika Hari Raya Qurban, Dia mengambil seekor domba besar dan berwarna putih bersih lalu diambilnya pisau yang tajam dan melakukan penyembelihan dengan atas nama ummatku yang belum mampu berqurban, seekor lagi diambil dan disembelih atas nama dirinya dan keluarganya, lalu dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang tidak mampu (orang miskin). Menurut pengetahuan kami, orang-orang yang miskin masih banyak di desa-desa dan mereka jarang menikmati daging kurban, bagi mereka kenikmatan yang luar biasa setiap „Idul Qurban mereka dapat merasakan meskipun setahun sekali. Sehubungan dengan itu, lewat Pengurus BEM STIT SYARIF ABDURRAHMAN Singkawang berkerja sama dengan HMI Cabang Singkawang, kami mengetuk pintu Bapak/Ibu/Saudara/i dalam penyediaan hewan Qurban yang akan kami sampaikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Dan memang perintah tersebut telah disinyalir dalam Al-Quran Surah AL-Kautsar : 1-3 yang artinya : “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu

nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan

1

D. dan sekaligus beramal sesuai dengan perintah agama. Adapun tujuan yang akan dicapai adalah : a. C.berkorbanlah. LOKASI PELAKSANAAN KEGIATAN Adapun yang menjadi lokasi dalam kegiatan ini ditentukan oleh panitia dan penyumbang hewan kurban yang sebelumnya telah dilakukan peninjauan tentang studi kelayakan untuk dilasanakannya kegitan di lokasi tersebut. BENTUK HEWAN QURBAN Adapun hewan qurban yang akan disalurkan yaitu berupa tiga ekor sapi dan dua ekor kambing yang diperoleh dari donatur.” B. Terlaksanakannya kegiatan BEM STIT Syarif Abdurrahman Singkawang dan HMI Cabang Singkawang dalam rangka belajar mengenal masyarakat lebih dekat. TEMA Tema yang kami sampaikan pada safari „Idul Adha ini ialah “Dengan Safari Idul Qurban Eratkan tali persaudaraan menuju ummat yang bertaqwa”. Sesungguhnya orang yang membencimulah yang putus (sejarahnya). 2 . E. Menyampaikan hewan qurban kepada masyarakat yang berhak menerimanya. TUJUAN DAN TARGET 1. dan di anggap oleh panitia layak kiranya untuk dilaksanakan. b.

000 (Tiga Juta Delapan Ratus Lima Ribu Rupiah) dengan rincian sebagaimana terlampir yang diperoleh dari para donatur. BIAYA Anggaran biaya yang diperlukan dalam kegiatan ini sebesar Rp. peserta dan sumber-sumber lain yang tidak mengikat.2.805. Singkawang sebagaimana yang terlampir dalam struktur kepanitiaan. Mahasiswa STIT Syarif Abdurrahman Singkawang 2. b. Terlaksananya kegiatan dengan lancar dan tepat sasaran. F. Memberikan pengaruh dan motivasi di lingkungan Mahasiswa STIT dan anggota HMI Serta mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi Kota Singkawang. 3. H. G. KEPANITIAN Adapun kepanitiaan safari Idul Qurban ini terdiri dari Pengurus BEM STIT Syarif Abdurrahman Singkawang serta pengurus dan kader-kader HMI Cab. Pengurus dan Anggota HMI Cabang Singkawang 3 . PESERTA Jumlah peserta adalah sebanyak 50 orang yang terdiri dari : 1. Target yang akan dicapai adalah : a.

00 WIB hewan Qurban 7 Perpisahan / persiapan pulang 13.00 WIB 07.30 WIB WAKTU 07. AGENDA KEGIATAN LAPANGAN Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 10 DzulHijjah 1432 H NO 1 2 KEGIATAN Keberangkatan dari Singkawang Silaturrahim dengan masyarakat 15.00 WIB 19.00 WIB 4 .30 WIB setempat & Penyaluran Bantuan 3 4 5 6 Dialog Keagamaan Takbir Keliling Sholat „Idul Adha 1432 H Penyerahan & Penyembelihan 09.I.30 -22.30 -22.00 WIB 19.

PENUTUP Demikianlah proposal Safari Idul Qurban ini kami buat. 1 November 2011 Panitia Safari Qurban 1432 H MARLINO Ketua BUDIAN Sekretaris Mengetahui. Singkawang. Pengurus BEM STIT SUHARNO Ketua Bem 5 . Amin. semoga Allah SWT selalu memberikan Ridha kepada kita semua.J.

NOVITA SARI 2.AMRAN .HARTONO (KOOR) .Lampiran 1 : STRUKTUR KEPANITIAAN SAFARI ‘IDUL QURBAN 1432 H PENASEHAT : PENANGGUNG JAWAB : KETUA SEKRETARIS BENDAHARA DIVISI-DIVISI 1.JIHAD : : : KETUA KAHMI KETUA UMUM HMI CAB.SYAHRUDDIN (KOOR) . SINGKAWANG MARLINO BUDIAN TATDI 6 .ANA MARIANA . ACARA : . HUMAS : .

000 x 2 buah Dokumentasi Obat-obatan JUMLAH Rp.000 x 3 x 45 Spanduk @ Rp. 1 November 2011 Panitia Safari Qurban 1432 H TATDI Bendahara 7 . Rp. Rp.000 400.000 320. 160.000 - Dana yang tersedia Dana yang masih kurang Singkawang.000 3. 1 2 3 4 5 6 URAIAN Transportasi peserta @ Rp.Lampiran 2 : ESTIMASI BIAYA NO. 7. Rp. Rp. JUMLAH 1.000 50. 40. Rp.000 x 45 org Transportasi hewan qurban Konsumsi @ Rp.000 600.000 3. Rp.405. Rp.800.805.000 100.000 945. Rp.

DAFTAR DONATUR NO NAMA ALAMAT PARAF 8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.