TUGAS AKUNTANSI LANJUTAN 1

YUNI MULYASARI IDRUS
A31109109
LAPORAN KEUANGAN DALAM MATA UANG ASING

2012

UNIVERSITAS HASANUDDIN

LAPORAN KEUANGAN DALAM MATA UANG ASING TUJUAN TRANSLASI DAN KONSEP MATA UANG FUNGSIONAL Tujuan translasi adalah untuk: a) Menyediakan “informasi yang umumnya kompatibel dengan pengaruh ekonomi yang diharapkan dari perubahan kurs terhadap arus kas dan ekuitas perusahaan. mata uang fungsional entitas asing adalah mata uang yang diterima entitas tersebut dari pelanggannya dan yang dikeluarkan untuk membayar kewajibannya. dapat mengindikasikan bahwa mata uang perusahaan induk merupakan mata uang fungsional. Volume transaksi dan kesepakatan antarperusahaan yang tinggi menunjukkan bahwa mata uang perusahaan induk dapat menjadi mata uang fungsional.” (FASB Statement No. Jika mata uang fungsional perusahaan anak di Jerman adalah euro. dolar A. atau kontrak penjualan yang biasanya didenomasi dalam mata uang perusahaan induk. 2. 52. 3. maka mata uang lokal entitas asing tersebut dapat menjadi mata uang fungsional. Biasanya. paragraf 4). KONSEP MATA UANG FUNGSIONAL Mata uang fungsional adalah mata uang yang digunakan dalam lingkungan ekonomi utama di mana entitas tersebut beroperasi. Beban seperti tenaga kerja dan bahan yang kebanyakan adalah biaya lokal menyediakan sejumlah bukti bahwa mata uang lokal entitas asing merupakan mata uang fungsional.S. Jika pembiayaan terutama didenomasi dalam mata uang lokal entitas asing dan dana yang dihasilkan oleh operasinya sudah cukup untuk melunasi utang yang ada dan diharapkan. merupakan mata uang asing bagi . maka mata uang lokal entitas asing itu dapat menjadi mata uang fungsional. dan bukan oleh perubahan kurs jangka pendek atau pasar dunia.” dan b) Merefleksikan “pada laporan konsolidasi hasil keuangan serta hubungan setiap entitas konsolidasi seperti yang diukur dalam mata uang fungsionalnya sesuai dengan prinsipprinsip akuntansi yang diterima umum A. 5. Faktor-faktor lainnya yang juga dipertimbangkan dalam mendefinisikan mata uang fungsional adalah: 1.S. Pasar penjualan yang terutama berada di negara perusahaan induk. 4. Mata uang/valuta asing adalah mata uang selain mata uang fungsional entitas.onomi utama di mana entitas tersebut beroperasi. Jika harga jual produk entitas asing ditentukan oleh persaingan lokal atau regulasi pemerintah lokal.

Tujuan dari pengukuran kembali adalah untuk menghasilkan laporan keuangan yang sama seolah-olah pembukuan diselenggarakan dalam mata uang fungsional. pengukuran ulang. piutang usaha. Prosedur akuntansi yang diperlukan untuk mengonversi laporan keuangan entitas asing ke dalam mata uang perusahaan induk tergantung pada mata uang fungsional perusahaan anak di luar negeri atau asing itu. aktiva. penggabungan atau pengonsolidasian tersebut mungkin memerlukan translasi. Mata uang pelaporan adalah mata uang yang akan digunakan untuk menyusun laporan keuangan konsolidasi. laporan dalam mata uang asing adalah laporan yang disusun dalam mata uang yang bukan merupakan mata uang pelaporan (dolar A. laporan keuangan dalam mata uang asing harus diukur kembali ke dalam mata uang fungsional. dan utang usaha. baik kurs historis maupun kurs saat ini akan digunakan dalam proses pengukuran kembali menurut metode temporal. euro merupakan mata uang asing bagi perusahaan anak di Jerman.S. yang mungkin merupakan mata uang fungsional atau mata uang yang berbeda dari mata uang fungsional.S. APLIKASI KONSEP MATA UANG FUNGSIONAL Menurut tujuan konsep mata uang fungsional. Karena pembukuan entitas asing diselenggarakan dalam mata uang lokal. Aktiva dan kewajiban moneter adalah akun di mana jumlah yang akan diterima atau dibayarkan bersifat tetap dalam unit mata uang tertentu. Selanjutnya.) bagi investorperusahaan induk A. dan operasi suatu entitas asing harus diukur dalam mata uang fungsionalnya. Yang berlokasi di Kanada. kewajiban. dan aktiva serta ekuitas lainnya diukur kembali pada kurs historis.. Apabila pembukuan entitas asing diselenggarakan dalam mata uang fungsionalnya. Pengukuran kembali .S. dolar Kanada adalah mata uang perusahaan anak dari sebuah perusahaan AS. Jadi. Pembukuan dan laporan keuangan perusahaan anak tersebut akan dibuat dalam mata uang lokal di hampir semua kasus yang melibatkan laporan keuangan dalam mata uang asing. Contoh aktiva dan kewajiban moneter adalah kas. dan keduanya. Untuk mencapai tujuan ini. dan perusahaan anak di luar negeri adalah dolar A. Jika mata uang fungsional perusahaan anak di Jerman adalah dolar A.S. neraca dan laporan laba rugi entitas asing itu dikonsolidasi dengan milik perusahaan induk dalam mata uang pelaporan perusahaan. Mata uang pelaporan untuk laporan konsolidasi antara perusahaan A. aktiva dan kewajiban moneter diukur kembali pada kurs saat ini.perusahaan anak di Jerman. Mata uang lokal adalah mata uang negara yang menjadi referensi.S. tanpa memandang penentuan mata uang fungsional.

kedua perusahaan afisiliasi tersebut telah melakukan transaksi dalam valuta asing. Pound Inggris Dolar A.S.S. TRANSAKSI DALAM VALUTA ASING ANTARPERUSAHAAN Transaksi antarperusahaan akan dianggap sebagai transaksi dalam valuta atau mata uang asing jika menghasilkan saldo piutang atau utang didenominasi dalam mata uang selain mata uang fungsional entitas (perusahaan induk atau perusahaan anak).600. Transaksi antarperusahaan memerlukan analisis untuk melihat apakah transaksi itu merupakan transaksi dalam valuta asing bagi salah satu.000 dari perusahaan anaknya di Inggris. yaitu apabila penyelesaian tidak diharapkan terjadi dalam waktu yang dapat diramalkan di masa depan. Analisis berikut menunjukkan bahwa baik perusahaan induk maupun perusahaan anak akan melakukan transaksi dalam valuta asing jika mata uang lokal perusahaan anak (pound) merupakan mata uang fungsionalnya. Transaksi dalam valuta asing antarperusahaan semacam itu akan menghasilkan keuntungan dan kerugian kurs yang umumnya dimasukkan dalam laba. merupakan mata uang fungsional perusahaan anak. atau tidak satupun dari perusahaan afisiliasi. yang akan saling mengoffset satu sama lain (kasus 2).S.S. atau transaksi antarperusahaan bukan merupakan transaksi dalam valuta asing (kasus 4). Pound Inggris Dolar A. asumsikan bahwa perusahaan induk A. Untuk mengilustrasikannya. Satu-satunya kasus di mana mata uang fungsional perusahaan anak merupakan mata uang lokalnya (kasus 1 dan 3) berpotensi mempengaruhi laba konsolidasi. Tidak Ya Ya Tidak Perusahaan Induk? Ya Ya Tidak Tidak Transaksi dalam valuta asing Apabila dolar A.S. Dolar A. Mata uang di mana pinjaman Didenomasi Mata uang fungsional perusahaan anak Perusahaan Anak? Kasus 1 Kasus 2 Kasus 3 Kasus 4 Pound Inggris Pound Inggris Dolar A. keduanya.S. meminjam $1.menghasilkan penyesuaian kurs yang akan dimasukkan dalam laba karena ada dampak langsung yang diharapkan terhadap arus kas perusahaan. Pengecualian hanya akan diberikan apabila transaksi tersebut menghasilkan saldo antarperusahaan yang merupakan investasi jangka panjang. penyesuaian translasi akan dilaporkan sebagai penyesuaian ekuitas dari translasi pada neraca jika . Dalam kasus tersebut.

140.000 untuk mengakuisisi semua saham perusahaan Inggris Star Company ketika nilai buku aktiva bersih Star sama dengan nilai wajarnya. jika bukan. ILUSTRASI: TRANSLASI MENURUT STATEMENT NO. penyesuaian itu akan dilaporkan sebagai keuntungan dan kerugian kurs pada laporan laba rugi. sehingga FASB menetapkan alternatif yang praktis. Tidak adanya unit pengukuran yang stabil akan menimbulkan masalah khusus ketika mengonversi laporan dalam mata uang asing ke dalam dolar A. Ingat bahwa inflasi adalah determinan kurs yang utama untuk merefleksikan dampak hiperinflasi dalam laporan keuangan konsolidasi.S.pinjaman bersifat investasi jangka panjang. Penggabungan usaha melalui pembelian tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Desember . Secara umum. dengan menggunakan kurs saat ini yang berlaku pada tanggal penggabungan usaha. mata uang pelaporan (dolar A.) akan digunakan untuk mengukur kembali laporan keuangan entitas asing dalam perekonomian yang sangat inflasioner.S. Laporan keuangan yang disesuaikan dengan tingkat harga bukan merupakan laporan keuangan dasar menurut GAAP.S. membayar tunai $525. ENTITAS ASING YANG BEROPERASI DALAM PEREKONOMIAN YANG SANGAT INFLASIONER Dalam perekonomian yang sangat inflasioner. PENGGABUNGAN USAHA Aktiva dan kewajiban entitas asing ditranslasi ke dalam dolar A. mata uang lokal itu juga melemah terhadap mata uang lainnya. Keuntungan dan kerugian kurs akibat pengukuran kembali laporan keuangan milik entitas asing akan diakui sebagai laba periode berjalan. Setiap perbwdaan antara biaya investasi dan translasi aktiva bersih yang diakuisisi akan diperhitungkan sebagai goodwill atau kelebihan aktiva bersih yang diakuisisi melampaui biayanya. sehingga menimbulkan eskalasi harga barang dan jasa. sebuah perusahaan A. seperti yang diharuskan FASB statement No. Aktiva dan kewajiban yang dapat diidentifikasi dari operasi di luar negeri akan disesuaikan dengan nilai wajar mata uang lokalnya dan ditranslasi pada kurs yang berlaku pada tanggal penggabungan usaha melalui pembelian.S.52 Informasi Latar Belakang Pat Corporation. sehingga merefleksikan dampak hiperinflasiterhadap entitas konsolidasi. nilai mata uang lokal akan cepat menyusut. FASB mengakui bahwa translasi dengan metode kurs saat ini akan menimbulkan masalah bagi entitas asing yang beroperasi di negara yang tingkat inflasinya tinggi.

000 oleh Star kepada Pat yang dilakukan pada tanggal 4 Januari 2007.000 50.000 140.S. Uang muka tersebut didenominasi dalam dolar A.000 $570.50 1. Kurs rata-rata untuk tahun 2007 adalah $1. ketika kurs adalah $1.000 120.2006.000 60. ketika kurs untuk pound Inggris adalah $1.000) $570.50 1. Aktiva dan ekuitas star pada tanggal 31 Desember 2006 adalah sebagai berikut: Pound Inggris Aktiva Kas Piutang usaha Persediaan (biaya) Aktiva tetap Dikurangi: akumulasi penyusutan Total Aktiva (20. pound Inggris melemah terhadap dolar A.50 1..50 1.000) 380.000 200.S.50 1.) per pound Inggris.000 100.000 40.50 1.50 Dolar A.50 (30.S.50 $45.000 150.000 Ekuitas Utang usaha Utang obligasi Modal saham Laba ditahan Total ekuitas 30. dengan asumsi bahwa mata uang .50.000 300.000 Selama tahun 2007.000 pada tanggal 1 Desember 2007. 210.000 150.40.S.000 180.000 $1.50 1.45.000 75.42 (A.000 Kurs $1. Transaksi antarperusahaan Satu-satunya transaksi antarperusahaan yang terjadi adalah pembayaran uang muka tanpa bunga sebesar $84.000 100.000 380. Star membayar dividen sebesar 30.000 1. ketika kurs masih 1. sehingga menghasilkan kurs saat ini akhir tahun sebesar $1.50.

Keuntungan dan kerugian yang berasal dari transaksi dalam valuta asing yang dianggap sebagai.000. Peraga 13-2 diukur dengan mengurangi saldo debet sebesar $1.396. LINDUNG NILAI INVESTASI BERSIH DALAM ENTITAS ASING Perusahaan A. lindung nilai ekonomi atas investasi bersih dalam entitas asing akan dicatat sebagai penyesuaian translasi ekuitas pemegang saham. → translasi akun perusahaan anak di Luar negeri ke dalam dolar A. dan keuntungan kurs sebesar 4. Star mencatat keuntungan kurs karena tidak ada bukti bahwa uang muka tersebut merupakan investasi jangka panjang.40. dan efektif sebagai. yang akan dimasukan dalam laba komprehensif.S.000 (untuk menyesuaikan piutang yang didenominasi dalam dolar). . laporan dalam mata uang pelaporan perusahaan anak yang dihasilkan akan diilustrasikam pada peraga 13-3 untuk Star company pada halaman 59.367. Perlakuan ini diperlukan karena translasi laporan keuangan milik perusahaan anak di luar negeri dengan mata uang fungsional selain dolar A.000 4.S.S.fungsional Star ditentukan sebagai pound Inggris. Klasifikasi sebagai penyesuaian translasi berarti bahwa keuntungan dan kerugian transaksi tersebut dimasukkan dalam laba komprehensif dan tidak dilibatkan dalam penentuan laba bersih. ada pada peraga 13-2 halaman 58.000. Star meneysuaikan Uang Muka kepada Pat pada akhir tahun 2007 untuk merefleksikan kurs saat ini sebesar 1. Jadi.200 di kolom dolar A. penyesuaian akibat lindung nilai investasi bersih dalam entitas asing akan mengoffset penyesuaian akibat mentranslasi laporan keuangan investee asing ke dalam dolar A. uang muka kepada Pat merupakan transaksi dalam valuta asing dari perspektif Star tetapi bukan bagi Pat karena hal itu didenominasi dalam dolar. dapat saja mengadakan kontrak kurs forward atau transaksi dalam valuta asing lainnya dengan investee asing untuk mengoffset pengaruh fluktuasi mata uang asing terhadap investasi bersihnya dalam investee asing. dan bukan membebankan atau mengkredit laba bersih. Neraca saldo yang disesuaikan milik Star per 31 Desember 2007 merefleksikan uang muka kepada Pat sebesar 60.600 dari saldo kredit sebesar $1. Ayat jurnal pada pembukuan Star adalah sebagai berikut: Uang Muka kepada Pat Keuntungan kurs 4.S.S. juga menimbulkan penyesuaian translasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful