BAB 2

TINJAUAN TEORITIS 2.1 Cahaya Matahari Spektrum sinar matahari terdiri dari sinar tampak dan tidak tampak. Sinar tampak meliputi: merah, oranye, kuning, hijau dan ungu (diketahui sebagai warna pelangi). Sinar-sinar tidak tampak antara lain adalah: Sinar Ultraviolet, Sinar-X, Sinar Gamma, Sinar Kosmik, Mikrowave, Gelombang listrik dan Sinar Inframerah.

Gambar 2.1 Klasifikasi Cahaya Matahari Sinar Inframerah (infrared ray - FIR) juga merupakan sinar tidak tampak yang berada pada spektrum warna merah, mendekati spektrum sinar tampak. Dapat dikatakan bahwa 80% cahaya matahari adalah sinar inframerah karena lebarnya jangkauan gelombang sinar ini (0,75-1000 micron) dengan panjang gelombang 800

nm sampai 1200 nm. Sinar infra merah dikelompokkan dalam 3 zone : near infrared ray (0,75-1,5 micron), middle infrared ray (1,5-4 micron) dan far infrared ray (FIR 41000 micron).

Tabel 2.1 Spesifikasi Sinar – Sinar yang Terdapat pada Cahaya Matahari 2.2 Fotodioda sebagai sensor cahaya 2.2.1 Gambaran umum Sensor cahaya berfungsi untuk mendeteksi cahaya yang ada di sekitar kita. Sensor yang terkenal untuk mendeteksi cahaya ialah fotodioda. Fotodioda merupakan piranti semikonduktor dengan struktur p-n atau p-i-n untuk mendeteksi cahaya.

Gambar 2.2 Bentuk fisik fotodioda Fotodioda biasanya digunakan untuk mendeteksi cahaya. Fotodioda adalah piranti semikonduktor yang mengandung sambungan p-n, dan biasanya terdapat lapisan intrinsik antara lapisan n dan p. Piranti yang memiliki lapisan intrinsik disebut p-i-n atai PIN fotodioda. Cahaya diserap di daerah persambungan atau daerah intrinsik

menimbulkan pasangan elektron-hole, kebanyakan pasangan tersebut menghasilkan arus yang berasal dari cahaya. 2.2.2 Karakteristik bahan fotodioda Fotodioda terdiri dari beberapa jenis berdasarkan bahan pembuatannya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa karakteristik dari bahan pembuatan dioda. 1. Silikon (Si) : arus lemah saat gelap, kecepatan tinggi, sensitivitas yang bagus antara 400 nm sampai 1000 nm ( terbaik antara 800 sampai 900 nm). 2. Germanium (Ge): arus tinggi saat gelap, kecepatan lambat, sensitivitas baik antara 600 nm sampai 1800 nm (terbaik 1400 sampai 1500 nm).

Amp) adalah suatu rangkaian terintegrasi yang berisi beberapa tingkat dan konfigurasi penguat diferensial yang telah dijelaskan di atas. ( hal ini juga bagus untuk mengaplikasikan tegangan mendekati nol). Penguat operasional memilki dua masukan dan satu keluaran serta memiliki penguatan DC yang tinggi. integrator dan differensiator.3. Pada bagian ini akan dipaparkan beberapa aplikasi penguat operasional yang paling dasar. Bagaimanapun. 2. fotodioda diaplikasikan sebagai tegangan revers (tegangan balik) dari dioda (yaitu tegangan pada arah tersebut pada dioda tidak akan menhantarkan tanpa terkena cahaya) dan pengukuran menghasilkan arus foto. 2. Aplikasi penguat operasional popular yang paling sering dibuat antara lain adalah rangkaian inverter.3 Prinsip Kerja fotodioda Fotodioda dapat dioperasikan dalam 2 mode yang berbeda: 1. tegangan yang dihasilkan dari tenaga cahaya ini sedikit tidak linier. kecepatan tinggi sensitivitas baik pada jarak 800 sampai 1700nm (terbaik antara 1300 sampai 1600nm). dimana rangkaian feedback (umpan balik) negatif memegang peranan penting.Amp merupakan komponen analog yang popular digunakan dalam berbagai aplikasi rangkaian elektronika.3 Simbol Fotodioda 2.3. Secara umum. penyerapan pada fotodioda menghasilkan tegangan yang dapat diukur. Ketergantungan arus foto pada kekuatan cahaya dapat sangat linier .1 Gambaran umum Penguat operasional (Op . umpan balik positif akan menghasilkan osilasi sedangkan umpan balik negatif menghasilkan penguatan yang dapat terukur. . Gambar 2. Operational Amplifier atau di singkat Op . Indium Gallium Arsenida (InGaAs): mahal.2. dan range perubahannya sangat kecil.3 Penguat Operasioal (Penguat operasional) 2. non-inverter. Untuk dapat bekerja dengan baik. Mode Fotovoltaik: seperti solar sel. arus kecil saat gelap. Mode Fotokonduktivitas: disini. penguat operasional memerlukan tegangan catu yang simetris yaitu tegangan yang berharga positif (+V) dan tegangan yang berharga negatif (-V) terhadap tanah (ground).

Secara ideal.3.Tetapi dalam penerapannya tegangan keluaran VO tidak lebih dari tegangan catu yang diberikan pada Penguat operasional. Karena itu Penguat 12 operasional baik digunakan untuk menguatkan sinyal yang amplitudonya sangat kecil. harga AVOL adalah antara 5000 (sekitar 74 dB) hingga 100000 (sekitar 100 dB). impedansi keluaran yang rendah dan lain sebagainya.= 0) Inilah dua aturan penting penguat operasional ideal yang digunakan untuk menganalisa rangkaian penguat operasional.) Aturan 2 : Arus pada input Penguat operasional adalah nol (i+ = i.adalah nol (v+-v. Konsep tentang penguatan tegangan tak berhingga tersebut sukar untuk divisualisasikan dan tidak mungkin untuk diwujudkan. 2. impedansi masukan yang tinggi. Penguatan tegangan lingkar terbuka Penguatan tegangan lingkar terbuka (open loop voltage gain) adalah penguatan diferensial Penguat operasional pada kondisi dimana tidak terdapat umpan balik (feedback).¥ Tanda negatif menandakan bahwa tegangan keluaran VO berbeda fasa dengan tegangan masukan Vid.Penguat operasional pada dasarnya adalah differential amplifier (penguat diferensial) yang memiliki dua masukan. seperti penguatan yang tinggi. Berikut ini adalah karakteristik dari Penguat operasional ideal: 1. .¥ AVOL = Vo/(V1-V2) = .2 Karakteristik Ideal Penguat Operasional Penguat operasional banyak digunakan dalam berbagai aplikasi karena beberapa keunggulan yang dimilikinya.= 0 / v+ = v. Suatu hal yang perlu untuk dimengerti adalah bahwa tegangan keluaran VO jauh lebih besar daripada tegangan masukan Vid. Input (masukan) penguat operasional seperti yang telah dimaklumi ada yang dinamakan input inverting dan non-inverting. Penguat operasional ideal memiliki open loop gain (penguatan loop terbuka) yang tak terhingga besarnya. Aturan ini dalam beberapa literatur dinamakan golden rule. Ada dua aturan penting dalam melakukan analisa rangkaian penguat operasional berdasarkan karakteristik penguat operasional ideal. Dalam kondisi praktis. yaitu : Aturan 1 : Perbedaan tegangan antara input v+ dan v. penguatan tegangan lingkar terbuka adalah: AVOL = Vo / Vid = .

Tetapi dalam kondisi praktis. maka seluruh tegangan keluaran Penguat operasional akan timbul pada beban keluaran (RL). Tegangan ofset keluaran Tegangan ofset keluaran (output offset voltage) VOO adalah harga tegangan keluaran dari Penguat operasional terhadap tanah (ground) pada kondisi tegangan masukan Vid = 0. Hal ini dilakukan agar pada saat tegangan masukan Vid = 0. Secara ideal hambatan masukan Penguat operasional adalah tak berhingga. sehingga . Tetapi dalam kondisi praktis. tergantung pada tipe Penguat operasional. semakin baik penguat tersebut dalam menguatkan sinyal yang amplitudonya sangat kecil. Hambatan Masukan Hambatan masukan (input resistance) Ri dari Penguat operasional adalah besar hambatan di antara kedua masukan Penguat operasional. Dalam suatu penguat. harga VOO = 0 V. Apalagi apabila tidak digunakan umpan balik maka harga VOO akan menjadi cukup besar untuk menimbulkan saturasi pada keluaran. maka tegangan ofset VOO biasanya berharga sedikit di atas 0 V. akibat adanya ketidakseimbangan dan ketidakidentikan dalam penguat diferensial dalam Penguat operasional tersebut. Secara ideal. maka perlu diterapakan tegangan koreksi pada Penguat operasional. Untuk mengatasi hal ini. Apabila suatu umpan balik negatif (negative feedback) diterapkan pada Penguat operasional. harga hambatan masukan Penguat operasional adalah antara 5 kW hingga 20 MW. maka sumber sinyal masukan tidak terbebani terlalu besar. Secara ideal harga hambatan keluaran RO Penguat operasional adalah = 0. maka hambatan masukan Penguat operasional akan meningkat. Hambatan Keluaran Hambatan Keluaran (output resistance) RO dari Penguat operasional adalah besarnya hambatan dalam yang timbul pada saat Penguat operasional bekerja sebagai pembangkit sinyal. Penguat operasional yang dapat memenuhi harga tersebut disebut sebagai Penguat operasional dengan CMR (common mode rejection) ideal. Harga ini biasanya diukur pada kondisi Penguat operasional tanpa umpan balik. tegangan keluaran VO juga = 0. 3. Dengan hambatan masukan yang besar. 4.2. Apabila hal ini tercapai. hambatan masukan yang besar adalah suatu hal yang diharapkan. Semakin besar hambatan masukan suatu penguat.

Tetapi dalam prakteknya. Penguat operasional jenis ini juga harus didukung komponen eksternal yang dapat mengkompensasi frekuensi tinggi agar dapat bekerja dengan baik. Secara ideal harga waktu respon Penguat operasional adalah = 0 detik. hambatan keluaran yang kecil sangat diharapkan. Waktu Tanggapan Waktu tanggapan (respon time) dari Penguat operasional adalah waktu yang diperlukan oleh keluaran untuk berubah setelah masukan berubah.707 dari harga tegangan maksimum pada saat amplitudo tegangan masukan konstan. Tetapi ada juga Penguat operasional yang khusus dirancang untuk bekerja pada frekuensi beberapa MegaHertz. hal ini dapat diabaikan. suatu bahan semikonduktor yang akan berubah karakteristiknya apabila terjadi perubahan suhu yang cukup besar. Sebagian besar Penguat operasional serba guna memiliki lebar pita hingga 1 MHz dan biasanya diterapkan pada sinyal dengan frekuensi beberapa kiloHertz. 7.dalam suatu penguat. Lebar Pita Lebar pita (band width) BW dari Penguat operasional adalah lebar frekuensi tertentu dimana tegangan keluaran tidak jatuh lebih dari 0. Penguat operasional memiliki lebar pita yang tak terhingga. perubahan . Pada Penguat operasional yang ideal. 6. walaupun pada penerapan biasa. Tetapi pada penerapan biasa. hal ini jauh dari kenyataan. maka harga hambatan keluaran akan menurun hingga mendekati kondisi ideal. karakteristik Penguat operasional pada umumnya sedikit berubah. Waktu tanggapan Penguat operasional umumnya adalah beberapa mikro detik hal ini disebut juga slew rate. Dengan diterapkannya umpan balik. Tetapi dalam prakteknya. 5. Dalam kondisi praktis harga hambatan keluaran Penguat operasional adalah antara beberapa ohm hingga ratusan ohm pada kondisi tanpa umpan balik. Secara ideal. Tetapi dalam penerapannya. karakteristiknya tidak berubah terhadap perubahan suhu. yaitu keluaran harus berubah langsung pada saat masukan berubah. waktu tanggapan dari Penguat operasional memang cepat tetapi tidak langsung berubah sesuai masukan. Karakteristik Terhadap Suhu Sebagai mana diketahui. Perubahan keluaran yang hanya beberapa mikrodetik setelah perubahan masukan tersebut umumnya disertai dengan oveshoot yaitu lonjakan yang melebihi kondisi steady state.

maka didapat penguatan penguat operasional non-inverting : 2. Lalu tegangan jepit pada R1 adalah v.4.3. antara lain : vin = v+ v+ = v.3. Seperti namanya.tersebut dapat diabaikan. Hukum kirchoff pada titik input inverting merupakan fakta yang mengatakan bahwa : iout + i(-) = iR1 Aturan 2 mengatakan bahwa i(-) = 0 dan jika disubsitusi ke rumus yang sebelumnya. Gambar 2.= vin.= vin. penguat ini memiliki masukan yang dibuat melalui input non-inverting.4 Rangkaian dasar penguat non-inverting Dengan menggunakan aturan 1 dan aturan 2. Dengan demikian tegangan keluaran rangkaian ini akan satu fasa dengan tegangan inputnya. yang berarti arus iR1 = vin/R1. dimana sinyal masukannya dibuat melalui input inverting.= vout – vin. 2. atau iout = (voutvin)/ R2.3 berikut ini. kita uraikan dulu beberapa fakta yang ada.4 Penguat Inverting Rangkaian dasar penguat inverting adalah seperti yang ditunjukkan pada gambar 2. Dari sini ketahui tegangan jepit pada R2 adalah vout – v. Seperti tersirat pada . maka diperoleh iout = iR1 dan Jika ditulis dengan tegangan jepit masing-masing maka diperoleh (vout – vin)/R2 = vin/R1 yang kemudian dapat disederhanakan menjadi : vout = vin (1 + R2/R1) Jika penguatan G adalah perbandingan tegangan keluaran terhadap tegangan masukan.3 Penguat non-inverting Prinsip utama rangkaian penguat non-inverting adalah seperti yang diperlihatkan pada gambar 2.

5 Rangkaian dasar penguat inverting 17 Input non-inverting pada rangkaian ini dihubungkan ke ground. umpan balik negatif di bangun melalui resistor R2. iin + iout = vin/R1 + vout/R2 = 0 Selanjutnya vout/R2 = .= vin dan tegangan jepit pada reistor R2 adalah vout – v. 2.R2/R1 Jika penguatan G didefenisikan sebagai perbandingan tegangan keluaran terhadap tegangan masukan.namanya. input (-) dan (+).5 terminal inputnya ada dua.5 Penguat diffrensiator Penguat Differensial bisa mengukur maupun memperkuat sinyal-sinyal kecil yang terbenam dalam sinyal-sinyal yang jauh lebih besar. karena arus masukan penguat operasional adalah 0.pada rangkaian ini dinamakan virtual ground. dapat dihitung tegangan jepit pada R1 adalah vin – v. seperti terlihat pada gambar 2. . maka akan dipenuhi v. Pada rangkaian ini. Karena nilainya = 0 namun tidak terhubung langsung ke ground. Dengan fakta ini.vin/R1 atau vout/vin = . bahwa fase keluaran dari penguat inverting ini akan selalu berbalikan dengan inputnya. Karena input inverting (-) pada rangkaian ini diketahui adalah 0 (virtual ground) maka impendasi rangkaian ini tentu saja adalah Zin = R1. atau v+ = 0.3. maka dapat ditulis Impedansi rangkaian inverting didefenisikan sebagai impedansi input dari sinyal masukan terhadap ground. input penguat operasional v.= 0.= vout.= v+ = 0. Gambar 2. Empat tahanan presisi (1 %) dan penguat operasional membentuk penguat differensial. di ketahui bahwa : iin + iout = i. Kemudian dengan menggunakan aturan 2.2. Dengan mengingat dan menimbang aturan 1 (lihat aturan 1). dihubungkan dengan terminal penguat operasional yang terdekat.

sehingga terminal positif dari penguat operasional menerima tegangan sebesar mendapat penguatan pembalik sebesar -mR/R = -m.Sumber masukan penguat differensial ada 2.7 Rangkaian dasar penguat jumlah (summing amplifier) Rangkaian summing amplifier mempunyai penguatan tegangan sebanyak dua penguatan tegangan. 2. Pengali ini adalah merupakan gain diferensial yang ditentukan oleh perbandingan tahanannya. Berikut ini adalah gambar dari summing amplifier. dapat dilihat bahwa tegangan keluaran dari Penguat differensial sebanding dengan perbedaan tegangan masukan E1 dan E2. Jika E1 dihubung singkat. maka E2 akan terbagi antara R dan mR. Untuk penguatan tegangan 1 adalah sebagai berikut: Untuk penguatan tegangan 2 adalah sebagai berikut: Penguatan tegangan total dari summing amplifier adalah sebagai berikut: Universitas Sumatera Utara . maka E1 mendapat penguatan pembalik sebesar -mR/R = -m. dengan penguatan sebesar (1+m).6 Penguat jumlah (summing amplifier) Penguat operasional sering digunakan sebagai penjumlah berbagai input sinyal.6 Rangkaian dasar penguat differensial Karena itu tegangan keluaran akibat E1 adalah: Dengan demikian jika E1 dan E2 sama-sama dimasukan. Jika E2 dihubung singkat. maka tegangan keluaran Vo adalah: Dari persamaan diatas. Karena tegangan keluaran akibat E1 adalah mE2/(1+m). yaitu E1 dan E2. Gambar 2. Karena tegangan keluaran akibat E1 adalah -mE1. Gambar 2.3.

2 Fungsi pin (kaki) pada Mikrokontroler AT89S52 Adapun fungsi dari masing-masing pin (kaki) dari mikrokontroler AT89S52 akan dijelaskan berikut ini : 1. Pin 9 Merupakan masukan reset (aktif tinggi). Pulsa transisi dari rendah ke tinggi akan me-reset mikrokontroler ini.20 2. Port ini juga digunakan sebagai saluran alamat saat pemrograman dan verifikasi. Pin 1 sampai pin 8 Pin 1 – 8 adalah port 1 yang merupakan saluran atau bus I/O 8 bit dua arah dengan internal pull-up yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengendalikan empat input TTL. .4. Mikrokontroler AT89S52 merupakan versi terbaru dibandingkan mikrokontroler AT89S51 yang telah banyak digunakan saat ini.4 Mikrokontroler AT89S52 2. AT89S52 mempunyai kelebihan yaitu mempunyai flash memori sebesar 8Kbyte. 2. 2. Atmel AT89S52 adalah mikrokontroler yang sangat bagus dan fleksibel dengan harga yang relatif murah untuk banyak aplikasi sistem kendali berkerapatan tinggi dari Atmel ini sangat kompatibel dengan mikrokontroler MCS-51 misalnya mikrokontroler 8031 yang terkenal dan banyak digunakan dan telah menjadi standar industri baik dalam jumlah pin IC maupun set instruksinya.4. RAM 256 byte serta 2 buah data pointer 16 bit. Set instruksi dan kaki keluaran AT89S52 sesuai dengan standar industri 80C51 dan 80C52.1 Gambaran umum Mikrokontroler AT89S52 adalah mikrokomputer CMOS 8 bit yang memiliki 8 KB Programmable and Erasable Read Only Memory (PEROM).

. sedangkan XTAL 2 merupakan output dari inverting oscillator amplifier. Pin 21 sampai pin 28 Pin-pin ini adalah port 2 yang merupakan saluran atau bus I/O 8 bit dua arah dengan internal pull-ups. Pin 20 Pin 20 merupakan ground sumber tegangan dan diberi simbol “gnd”.8 Konfigurasi pin (kaki) pada mikrokontroler AT89S52 3. sebagian port 3 dapat berfungsi sebagai sinyal kontrol saat proses pemrograman dan verifikasi. 4. 5. Pin 10 sampai pin 17 Pin 10 – pin 17 merupakan saluran atau bus I/O 8 bit dua arah dengan internal pull-ups yang memiliki fungsi pengganti. Selain itu. pin 18 dan 19 ini sangat diperlukan untuk dihubungkan dengan kristal. Saat pengambilan data dari program memori eksternal atau selama pengaksesan data memori eksternal yang menggunakan alamat 16 bit (MOVX@DPTR). Bila fungsi pengganti tidak dipakai maka dapat digunakan sebagai port paralel 8 bit serbaguna. Oleh karena itu. 6. Mikrokontroler ini memiliki seluruh rangkaian osilator yang diperlukan pada chip. kecuali rangkaian kristal yang mengendalikan frekuensi osilator.Gambar 2. port 2 berfungsi sebagai saluran /bus alamat tinggi (A8-A15). Selain itu XTAL 1 juga dapat digunakan sebagai input untuk inverting osilator amplifier dan Universitas Sumatera Utara 22 input rangkaian internal clock. Pin 18 dan pin 19 Pin-pin ini merupakan jalur masukan ke penguat osilator berpenguat tinggi.

Pin 32 sampai pin 39 Pin 32-pin 39 adalah port 0 yang merupakan saluran bus I/O 8 bit open collector. . port 2 mengeluarkan isi P2 pada special function register. dapat juga digunakan sebagai multipleks bus alamat rendah dan bus data selama adanya akses ke memori program eksternal. Port ini juga berfungsi sebagai tegangan pemograman (Vpp=+12V) selama proses pemograman. 11. Pin ini juga berfungsi sebagai pulsa/sinyal input pemograman (PROG) selama proses pemograman. saat mengakses data memori eksternal yang menggunakan alamat 8 bit (MOVX@DPTR). termasuk dalam operasi aritmatika dan operasi logika. Pin 29 Pin 29 merupakan program Store Enable (PSEN) merupakan sinyal pengontrol untuk mengakses program memori eksternal agar masuk ke dalam bus selama proses pemberian/pengambilan instruksi (fetching).3 Register pada Mikrokontroler AT89S52 Register adalah penampung data sementara yang terletak dalam CPU. Pin 30 Pin 30 sebagai Adress Lacth Enable (ALE)/PROG merupakan penahan alamat memori eksternal (pada port 1) selama mengakses ke memori. port 0 digunakan sebagai saluran/bus data. 10.. 8. Register A ( Accumulator) Accumulator ialah register 8 bit yang merupakan pusat dari semua operasi accumulator.4. Pin 31 Pin 31 adalah External Access Enable (EA) merupakan sinyal kontrol untuk pembacaan memori program. Saat proses pemograman dan verifikasi. Pada mikrokontroler AT89S52. sedangkan jika diset tinggi (H) maka mikrokontroler akan melaksanakan seluruh instruksi dari Universitas Sumatera Utara 23 memori program internal. Pull-up eksternal diperlukan selama proses verifikasi. 2. register-registe-rnya adalah sebagai berikut : a. 7. 9.Akan tetapi. Apabila diset rendah (L) maka mikrokontroler akan melaksanakan seluruh instruksi dari memori program eksternal. Pin 40 Pin 40 merupakan sumber tegangan positif yang diberi simbol Vcc.

Register B Register ini memiliki fungsi yang sama dengan register A. e. h.b. Carry dimanfaatkan sebagai bit ke-8 untuk operasi pergeseran (shift) atau perputaran. Data pointer Data pointer atau DPATR merupakan register 16 bit yang terletak di alamat Universitas Sumatera Utara 24 82H untuk DPL dan 83H untuk DPH. g. Stack Pointer (SP) Stack Pointer adalah register 8 bit yang mempunyai fungsi khusus sebagai penunjuk alamat atau data paling atas pada operasi penumpukan di RAM. . tetapi digunakan oleh mikrokontroler secara implisit pada operasi aritmatika bilangan BCD. 2. Bit Carry Flag (CY) Bit carry merupakan bit ke 8 yang memiliki dua fungsi : 1. f. bit ini akan di set agar bernilai nol (0). Biasanya Data pointer digunakan untuk mengakses data atau source kode yang terletak di memori eksternal. Apabila operasi ini mengandung carry. sedangkan jika mengandung borrow. c. Carry akan menunjukkan apakah operasi penjumlahan mengandung carry (sisa) atau apakah operasi pengurangan mengandung borrow (kurang). Program counter (PC) Program counter (Pencacah program) merupakan register 16 bit yang selalu menunjukkan lokasi memori instruksi yang akan diakses. Penunjuk penumpukan selalu berkurang dua tiap kali data didorong masuk kedalam lokasi penumpukan dan selalu bertambah dua tiap kali data ditarik keluar dari lokasi penumpukan. Bit Auxiliary Carry (AC) Bit ini menunjukkan adanya carry (bawaan) dari bit ketiga menuju bit keempat atau dari empat bit rendah ke empat bit tinggi pada operasi aritmatika. Program Status Word Program Status Word merupakan register yang berisi beberapa bit status yang mencerminkan keadaaan mikrokontroler. Stack Pointer terletak di alamat 81H. Bit ini jarang digunakan dalam program. d. bit ini akan diset agar bernilai satu.

Bit Register Select (RS) RS0 dan RS1 digunakan untuk memilih bank register. Register ini dapat diakses melalui simbol assembler (R0.R2. Hal ini dikarenakan . Ketika instruksi mengakses lokasi internal diatas 7FH.R4. bit ini akan diset agar bernilai 1.R6 dan R7). Special Function Register berada di alamat 80H-FFH.R3. Mikrokontroler AT89S52 menggunakan 256 bytes RAM dimana 128 bytes bagian atas menempati alamat paralel ke special function register (SFR). Jika kedua data bernilai sama maka bit ini akan diset agar bernilai satu. j. Artinya 128 bytes bagian atas mempunyai alamat yang sama dengan SFR namun secara fisik terpisah dari SFR. Bit Flag 0 (F0) Bit ini menunjukkan apakah hasil operasi bernilai nol atau tidak. 2. sedangkan jika kedua data itu berbeda maka bit ini akan direset agar bernilai nol (0).4 Karakteristik Mikrokontroler AT89S52 Mikrokontroler AT89S52 mempunyai memori yang terdiri dari RAM internal dan Special Function Register (SFR). Lokasinya pada awal 32 byte RAM internal yang memiliki alamat dari 00H sampai 1FH. 2. mode Universitas Sumatera Utara 26 alamat yang digunakan pada instruksi menentukan apakah CPU mengakses 128 bytes atas atau SFR. Bit ini juga digunakan pada perbandingan dua buah data.4. Delapan buah register ini merupakan register serbaguna. Apabila hasil operasi adalah nol (0).R5. RAM internal pada mikrokontroler AT89S52 memiliki ukuran 256 byte dan beralamatkan 00H-7FH serta dapat di akses menggunakan RAM address register.5 Fasilitas pendukung mikrokontroler AT89S52 Mikrokontroler AT89S52 adalah mikrokomputer yang sangat bagus dan fleksibel dengan harga yang rendah untuk banyak aplikasi sistem kendali. Instruksi yang menggunakan pengalamatan langsung akan mengakses ruang SFR. RAM internal terdiri dari delapan buah register (R0-R7) yang membentuk register banks.4. RAM ini berbeda pada lokasi dengan Flash PEROM dengan alamat 000H7FFH. sedangkan apabila hasil operasinya bukan nol (0) maka bit ini akan di-reset.Universitas Sumatera Utara 25 i.R1.

Untuk mengetahui laser lebih lanjut. Adapun fasilitas pendukung dari mikrokontroler AT89S52 adalah sebagai berikut : a. Transisi dari suatu keadaan ke keadaan lainnya bisa dihalangi. Ini disebut pemancaran . lebih jelasnya lihat di bawah ini pengertian dan manfaat SINAR LASER PENGERTIAN SINAR LASER LASER merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emmission of Radiation ( penguatan cahaya dengan stimulasi emisi radiasi ). Beroperasi pada frekuensi 0 sampai 24MHz. dalam hal ini adalah fotonnya. energi foton h dapat menghalangi transfer elektron dari keadaan 1 ke keadaan 2 menghasilkan foton lainnya dengan energi hf = E1-E 2. d. sebenarnya apa pengertian dan manfaat sinar laser bagi kehidupan manusia selain untuk mengaburkan mata pemain sepak bola apabila disorotkan kemata. Memiliki 256 x 8 bit RAM internal. berubah dari suatu keadaan menjadi keadaan lain. Terdapat memori flash yang terintegrasi dalam sistem. Dengan kata lain. e. Tiga tingkat kunci memori program. j. Kanal serial terprogram. elektron tersebut memancarkan foton dengan energi sebesar persamaan diatas. Sesuai dengan produk-produk MCS-51. Proses ini disbut emisi spontan. Sinar Laser. Tiga pewaktu/pencacah 6-bit (untuk AT89S52) & dua pewaktu/pencacah 16bit (untuk AT89S51) h. Mode daya rendah dan mode daya mati. c. laser. b. Pengertian & Manfaat Sinar Laser . Memiliki 8 sumber interupsi (untuk AT89S52) & 6 sumber instruksi untuk AT89S51 i. Terdapat 32 jalur masukan/keluaran terprogram. g. Dapat ditulis ulang hingga 1000 kali. Selanjutnya kata LASER menjadi suatu kata yang baku. perhatikan persamaan berikut: Hf = E2 – E1 Jika elektron secara spontan meluruh. f.Baru baru ini sinar laser jadi topik hangat setelah Timnas Indonesia kalah versus Malayasia karena pengaruh sinar laser.mikrokontroler AT89S52 dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang membuatnya sangat banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Hemangioma merupakan kelainan bawaan yang umumnya melebar dan tampak menimbul di permukaan kulit. sebelum akhirnya dilakukan tindakan laser. sumber pemompa (pumping source). hemangioma bisa mengecil dengan sendirinya sehingga tidak perlu dilakukan tindakan medis apa pun. dan resonant cavity menyediakan jalur untuk foton. Udara . observasi diperlukan untuk memastikan perkembangan kelainan tanda lahir tersebut. Alasannya. tapi dari sisi kosmetik. termasuk tindakan pelaseran. Jadi sebenarnya koherensi dan monokromatisme secara umum digunakan untuk mengukur parameter yang sama. Gain media adalah keadaan energi yang berperan dalam perangsangan pancaran. Angka ini bukan patokan yang pasti. Dalam praktikum kali ini kita menggunakan laser Helium Neon (HeNe).terangsang (stimulated emmission ). dan lazim digunakan dalam panjang gelombang sekitar merah (633 nm). Secara medis biasanya tidak terlalu berbahaya. Diameter luas tabung secara tipikal memiliki waktu hidup 40. Bila ternyata menetap atau membesar. Lecutan arus hanya beberapa miliampere. secara umum diasumsikan bahwa sinar laser pada awalnya adalah terfase. Laser HeNe berbentuk gelas dengan katoda oksida-alumunium dingin sebagai emitter elektron. yaitu proses yang menghasilkan dua foton berenergi hf. media tambahan (gain media). akan ada observasi selama beberapa tahun. Meskipun demikian. tindakan laser akan dilakukan ketika usia anak 7 tahun. Menghapus Kelainan Tanda Lahir Tanda lahir yang dimaksud antara lain hemangioma atau bercak merah pada kulit yang disebabkan pembesaran pembuluh darah. Namun ada pula yang menetap dan bahkan malah membesar. dan inkoherensi laser timbul karena sifat monokromatis yang jelek dari sumber. Nah. ukurannya kecil. seperti wajah dan tangan. dan lubang resonansi (resonant cavity). laser yang ideal terbentuk dari suatu kumpulan foton berfrekuensi tepat sama dan semua foton tersebut terfase.000 jam MANFAAT LASER Berikut beberapa manfaat laser bagi anak-anak. Lebih jauh. pumping source menyediakan energi untuk melengkapi keadaan-keadaan sehingga perangsangan keadaan dapat terjadi. Citra yang terbatas pada usia operasionalnya adalah degenerasi pada katoda disebabkan oleh erosi pada oksida pelapis atas percikan alumunium. Laser HeNe ini adalah laser dengan biaya yang rendah. akan sangat mengganggu penampilan. kedua foton ini akan terfase. seperti dituturkan Nora: 1. Laser ini menghasilkan beberapa miliwatt daya keluaran.000 jam operasi). tabung dengan diameter lebih kecil secara tipikal berumur 10. Namun. Sifat yang terjadi akibat kesamaan frekuensi adalah monokromatisme dan sifat yang terjadi akibat kesamaan fase adalah koherensi. ketika mengarakterisasikan sistem laser yang sebenarnya. hemangioma terutama yang terjadi di bagian tubuh yang terlihat.000 jam operasional. Namun kenyataannya laser tidaklah monokromatik murni ataupun koheren murni. dan tegangan tabung discharge berkisar antara beberapa ratus volt sampai beberapa kiloVolt. dan sinarnya berkualitas tinggi. usia penggunaannya panjang (sekitar 50.kaca Kebanyakan laser dirancang dengan tiga elemen penting. Jadi syarat terbentuknya laser adalah sumber cahaya yang monokromatis dan koheren. Laser HeNe adalah peralatan bertegangan tinggi berarus rendah dalam pijaran tak normal pada discharge region. Usia tabung adalah fungsi dari diameter tabung. Dikhawatirkan anak akan merasa rendah diri karena hemangioma ini. Jadi. tapi di .

Pertimbangannya. Pembengkakan Jaringan Lunak Laser pun bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan atau meminimalkan jaringan lunak pada hidung atau telinga anak. Kalaupun bintil-bintil timbul pada usia belia.masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan „‟FOTO RONTGEN‟‟. dokter biasanya akan menggunakan sinar laser. mengidap tumor ganas yang dapat membawa risiko kematian.gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan langsung pada tubuh pasien. rasa sakit setelah operasi minimal. koreksi yang terlalu dini tidak akan menyelesaikan masalah karena kemungkinan anak masih memerlukan penanganan kembali kelak. Dalam Ilmu Kedokteran Sinar x dapat digunakan untuk melihat kondisi tulang. Namun sama dengan yang lainnya. atau mengecil. bila berlubang harus ditambal dengan baik karena tidak ada gantinya. penambahan minus selama masa kanak-kanak masih akan terus berlangsung.sinar x mempunyai efek/dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh kita yaitu apabila di gunakan secara berlebihan maka akan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. 3." tambah Nora. Proses khitan dengan memanfaatkan sinar laser biasanya hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. .misalnya kanker. Namun. tindakan laser untuk koreksi mata minus hanya dilakukan dalam keadaan mendesak. Untuk mempercepatnya. Tumor Tindakan laser umumnya juga digunakan dalam pengangkatan tumor jinak. proses operasi lebih cepat. Kelebihan. 2. 6. 5. 4. kecuali bila penyakit yang diderita anak sudah begitu membahayakan.Oleh sebab itu para dokter tidak menganjurkan terlalu sering memakai „‟FOTO RONTGEN‟‟ secara berlebihan. dan hasil secara estetik lebih baik. 7. Biasanya. kasus seperti ini sangat jarang terjadi pada anak. Penggunaannya bisa sangat efektif karena kesembuhan setelah operasi bisa berlangsung lebih cepat.nya. Misalnya.Selain bermanfaat. perdarahan tidak ada atau sangat sedikit. Oleh karena itu. "Itu pun kalau orang tua memilih operasi dengan sinar laser. tindakan penyinaran tetap akan ditunda. seperti untuk menghilangkan bintil-bintil pada kulit. pembengkakan pada hidung akibat sinusitis. Khitan/Sirkumsisi Saat ini sirkumisi dapat dilakukan dengan sinar laser (tepatnya laser CO2). Bila koreksi masih dapat ditunda maka sebaiknya dilakukan saat anak sudah tumbuh remaja bahkan dewasa. Dengan begitu. Gigi tetap akan digunakan hingga si anak dewasa.usia ini umumnya hemangioma sudah bisa dilihat lebih jelas apakah tumbuh membesar. penyembuhan cepat. Aplikasi ini baik bila dilakukan pada anak 8-12 tahun atau ketika gigi tetap harus ditambal. menetap. Umpamanya. salah satunya dengan cara operasi lasik. aman. Mata Sinar laser bisa digunakan untuk melakukan koreksi pada mata minus. Soalnya dengan tindakan pembedahan pun bisa saja pengangkatan tumor dilakukan. Mengeringkan Tambalan Gigi Agar tambalan gigi lebih kuat dan awet maka tambalan harus cepat kering.

Namun. Hal ini disebabkan karena paparan sinar laser yang terserap ke jaringan tubuh akan diubah menjadi energi panas sehingga timbul perasaan panas. dan lama pajanannya. minyak wangi. Padahal biaya untuk sekali penyinaran relatif mahal. antiseptik. sebaiknya bersih dari bahan-bahan tersebut. "Penggunaan laser harus sesuai dengan jenis kelainan. Efek samping penggunaan laser yang sering dilaporkan adalah munculnya rasa panas setelah dilakukan penyinaran. hal itu dapat dihindari karena jaringan pembuluh darah yang dirusak hanyalah bagian-bagian yang tidak diinginkan atau tanpa menciutkan dan merusak jaringan serta pembuluh darah lain. tak mustahil akan membakar benda atau bagian-bagian yang mengandung alkohol." tandas Nora. . di ruang penyinaran sebaiknya tidak terdapat alkohol dan produk lain yang mengandung alkohol seperti hair spray. Misalnya oleh dokter yang memang sudah mendalami penggunaan teknologi laser. Lebih Cepat Normal Meski tindakan laser memungkinkan terjadinya kerusakan pada jaringan lain. Hal ini baru diketahui setelah dilakukan observasi. laser pun memiliki kekurangan: 1. inilah beberapa kelebihan teknologi laser dalam dunia kedokteran: Lebih Efektif Laser dapat mengobati kelainan-kelainan yang tidak mungkin dilakukan oleh tindakan operasi. KEKURANGAN SINAR LASER Meskipun ada kelebihannya. atau lainnya. Bila sinar laser ini memantul. Penyinaran dengan laser biasanya tidak bisa dilakukan hanya sekali melainkan berulang kali. Misalnya. Bila keliru maka efek samping bisa saja muncul. "Jadi penanganannya lebih fokus karena hanya mengenai target yang diinginkan. kekuatan laser. Tindakan laser membutuhkan syarat tertentu. 3. 2. Dengan tindakan laser. pasien. tetapi kerusakan pascalaser atau bekas lukanya bisa diminimalkan. Sementara tindakan pembedahan umumnya akan mengakibatkan kerusakan lebih luas yang akan memperlambat proses penyembuhan. Untuk itu baik dokter.KELEBIHAN SINAR LASER Berdasarkan keterangan Nora." tambah Nora. Operasi dengan pisau bedah akan merusak jaringan yang cukup luas sehingga menyulitkan dokter untuk menjahitnya kembali. maupun orang tua pasien. hal ini bisa diatasi dengan keakuratan penyinaran. misalnya mengatasi hemangioma yang cukup lebar. Untuk itulah penyinaran laser harus dilakukan oleh ahli terlatih. Penentuan jumlah tindakan ini sifatnya sangat individual tergantung pada jenis penyakit dan tingkat keparahannya.

Berkas cahaya dalam cahaya biasa mengalir ke arah yang berbeda. Beberapa laser menghasilkan berkas yang sangat kuat sehingga dapat membakar lubang kecil di dalam selembar besi dalam waktu kurang dari satu detik. Setiap panjang gelombang yang berbeda menghasilkan warna yang berbeda. sinar laser menjadi alat komunikasi penting dalam berkomunikasi dalam jaman angkasa luar. Ilmuwan menganggap cahaya sebagai gelombang yang bergerak. dan industri. Laser dapat mengambil berkas cahaya yang lemah dan membuatnya menjadi berkas yang kuat. . Laser memperkuat cahaya. Banyak kegunaan laser sudah ditemukan dalam ilmu kedokteran. Sinar laser bergerak dalam arah yang sama persis. Cahaya dari matahari atau dari lampu adalah campuran banyak panjang gelombang.LASER (singkatan dari bahasa Inggris: Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) . Karena itulah. Sinar laser terbuat dari cahaya yang semuanya terdiri dari panjang gelombang yang sama. Sinar laser tidak menyebar dan tidak melemah. Sinar laser dapat mencapai jarak jauh melalui angkasa luar tanpa menyebar dan menjadi lemah. ilmu pengetahuan. Jarak dari kulit sebuah gelombang ke kulit berikutnya disebut panjang gelombang.

Itu merupakan maser dengan satu tingkat energi. Setelah memasuki tahun 1960. Charles H. Selanjutnya ide emisi dua tingkat untuk mempertahankan inversi pada maser telah dikembangkan oleh dua orang ilmuwan Sovyet. Nikolai Basov dan Alexander Prokhorov. Townes. Dan dikenal lah apa yang disebut sebagai radiasi. Pada tahun-tahun berikutnya. Tapi Ruby Laser hanya mampu bekerja pada energi tingkat ketiga. terlebih pada perang dunia kedua. James Gordon. dan Alexander Prokhorov berbagi hadiah Nobel bidang Fisika pada tahun 1964. Townes memang orang yang berperan penting dalam dunia maser. tapi juga bermuatan partikel dan energi. Sebelumnya beliau bersama Arthur Schawlow telah meneliti kemungkinan pembuatan maser optik (yang kemudian berkembang menjadi laser) dan sinar infra merah. Dan inilah maser yang pertama kali dibuat orang. Tapi itu pun . Townes. Namun mereka berdua masih menemui kesulitan dan pembuatan laser (maser optik). Dan orang yang disebut-sebut pertama kali mengungkapkan keberadaan maser adalah Albert Einstein antara tahun 1916 . yaitu untuk pengembangan radar. banyak ilmuwan yang menganggap teori dari Eisntein itu sebagai teori yang kontroversial. Karena sumbangannya yang sangat penting ini dalam pengembangan maser. Ilmuwan yang terkenal eksentrik ini juga yang pertama kali berpendapat bahwa cahaya atau sinar bukan hanya terdiri dari gelombang elektromagnetik. Nikolai Basov. Peter Sorokin dan Mirek Stevenson mulai mengembangkan laser tingkat keempat yang pertama. Charles H. Maiman menggunakan silinder batu Ruby untuk memicu timbulnya laser hingga laser buatannya dikenal sebagai Ruby Laser. disamping itu. Para ahli masa itu menyebutnya sebagai MASER (Microwave Amplification by the Stimulated Emission of Radiation. Teknologi pada dekade kedua abad 20 belum mampu mewujudkannya.Pada awal perkembangannya. Keberhasilan itu dipublikasikan pada tahun 1954. orang tidak menyebut dengan nama laser. berhasil membuat maser dengan menggunakan gas Amoniak. Tapi maser dari Einsten ini baru sebatas teori. Hingga akhirnya Charles H.1917. Rincian penelitian itu diterbitkan pada bulan Desember 1958. Hingga akhirnya sebelum memasuki tahun 1960 Theodore Maiman bisa mewujudkan kerja sinar laser. maser lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer. dan Herbert Zeiger.

Pada tahun 1958. Misalnya Ali Javan. laser Excimer (nama ini berasal dari istilah excited dan dimers) menggunakan gas reaktif. Laser dan serat optik memang dua penemuan yang sangat saling mendukung. serat optik banyak digunakan dalam bidang komunikasi. cair atau semikonduktor.064 nanometer (nm). Earl Bell membuat laser dengan bantuan helium dan merkuri. gas. merupakan laser gas yang paling umum) memiliki output utama dari lampu inframerah. Mereka berdua memang tidak membuat laser. Laser biasanya ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan oleh penguatnya Solid-state laser material telah dikuatkan terdistribusi dalam matriks padat (seperti ruby atau neodymium: yttrium-aluminium garnet laser yag). dicampur dengan gas inert seperti argon. Ketika lased. sistem komunikasi yang menggunakan serat optik. dan digunakan untuk memotong material keras. hene. Laser neodymium-yag memancarkan cahaya inframerah pada 1. Para ilmuwan ini dianggap pembuat untuk laser gas karena bahan-bahan yang mereka gunakan untuk membuat laser pada umumnya berupa zat gas. Patel membuat laser dengan perantaraan karbondioksida. Perkembangan yang cukup penting terjadi pada tahun 1962 ketika seorang ilmuwan yang bekerja pada perusahaan General Electric. Biasanya mesin atau peralatan pemroduksi sinar laser berukuran besar. drive pada CPU. Tapi sebenarnya ada orang lain yang telah mendahuluinya yaitu Gordon Gould. . dan sebagainya. Tapi Gordon gagal mendaftarkan paten laser-nya pada tahun 1959. Hingga pada tahun 1977 Gordon memenangkan paten tersebut. Kumar N.masih sebatas teori dan tujuan untuk merealisasikannya masih belum tercapai. printer laser. Robert Hall. Ketika elektrik dirangsang. tapi penemuannya sangat penting dalam penggunaan aplikasi laser. Bidang inilah yang memang dianggap sebagai pengguna terbesar aplikasi laser. Dan pada tahun yang sama juga (1964). Pada masa yang hampir bersamaan juga beberapa ilmuwan lain berhasil membuat laser dengan menggunakan bahan yang berbeda. Medium laser bisa padat. Ada berbagai jenis laser. William Bennet dan Donald Herriot yang membuat laser dengan media gas helium dan neon pada tahun 1960 dan keberhasilannya baru dipublikasikan pada tahun 1961. dan helium pada tahun 1964. kripton atau xenon. CO2 laser memancarkan energi jauh dr inframerah. Dan seperti kita tahu. pembaca kode bar. Sebuah penemuan yang revolusioner dibuat pada tahun 1970 ketika Charles Kao dan George Hockham berhasil membuat apa yang sekarang disebut serat optik (fiberglass). Gordon Gould kabarnya telah berhasil membuat maser optik (laser) bahkan dia juga yang dianggap sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah Laser (Light Amplification by the Stimulated Emission of Radiation). Sekilas bahwa Theodore Maiman dianggap sebagai orang yang pertama kali berhasil membuat laser (bukan maser). menemukan laser semikonduktor berukuran mini dengan biaya murah. Laser buatan Rober Hall inilah yang hingga kini digunakan pada perangkat vcd dan dvd player. Namun demikian sejak saat itu lah era laser dimulai. Butuh waktu 8 tahun untuk mendapatkan pengakuan itu. dimer menghasilkan cahaya dalam kisaran ultraviolet. molekul pseudo (dimer). laser Gas (helium dan helium-neon. nitrogen. seperti klorin dan fluorin.

Mereka dapat dibangun menjadi array yang lebih besar. laser digunakan pada berbagai bidang. Dalam kehidupan sehari-hari. laser yg tidak solid-state.Dye laser menggunakan pewarna organik kompleks. Perangkat elektronik yg menggunakan ini umumnya sangat kecil dan menggunakan daya yang rendah. Dalam penggunaannya. pelayanan (jasa). Besarnya energi laser yang dipilih bergantung pada penggunaannya. industri. astronomi. dalam larutan cair atau suspensi sebagai media penguat. fotografi. Semiconductor laser. dan komunikasi. seperti rhodamine 6g. kadang-kadang disebut dioda laser. elektronika. . Pemanfaatan sinar laser misalnya pada bidang kedokteran. seperti sumber penulisan dalam beberapa printer laser atau CD player. energi laser yang terpancar tiap satuan waktu dinyatakan dengan orde dari beberapa mW(Laser yand digunakan dalam system audio laser disk) sampai dengan beberapa MW(Laser yang digunakan untuk senjata).

disebut holografi. pengobatan penyakit. sinar laser bermanfaat untuk pengelasan.Dalam bidang kedokteran dan kesehatan. Dalam bidang elektronika. Dalam bidang komunikasi. Pada bidang astronomi. laser solid state berukuran kecil digunakan dalam system penyimpanan memori optik dalam computer. serta untuk pengeboran. pemotongan lempeng baja. laser berfungsi untuk memperkuat cahaya sehingga dapat menyalurkan suara dan sinyal gambar melalui serat optik . sinar laser digunakan antara lain untuk mendiagnosis penyakit. dan perbaikan suatu cacat serta penbedahan. sinar laser berdaya tinggi dapat digunakan untuk mengukur jarak Bumi Bulan dengan teliti. Dala bidang fotografi. Pada bidang industri. laser mampu menghasilkan bayangan tiga dimensi dari suatu benda.