BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Manusia memiliki berbagai macam kebiasaan. Mulai dari berolahraga, membaca, menulis, mengarang,dan sebagainya.Di antara sekian banyak kebiasaan manusia, ada salah satu kebiasaan manusia yang sangat merugikan bagi kesehatan mereka.Anehnya, kebiasaan yang tidak baik ini sering dilakukan oleh masyarakat kita, yakni kebiasaan merokok. Merokok sendiri bukanlah hal yang dianggap tabu oleh masyarakat kita,meskipun yang melakukannya adalah anak yang masih duduk di bangku sekolah.Hal ini sangat memprihatinkan, karena sebagaimana kita ketahui bahwa di dalam rokok terdapat banyak zat beracun yang nantinya akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Untuk itu dengan dibuatnya makalah ini diharapkan warga masyarakat dapat sadar dan segera meninggalkan atau mengurangi kebiasaan mereka yang tidak baik.Karena bagaimanapun juga dampak rokok bagi kesehatan pelaku (perokok aktif) maupun kesehatan orang yang terkena paparan asap rokok perokok aktif (perokok pasif) sangat besar,karena zat beracun yang terkandung di dalamnya.

B. Tujuan Melihat semakin banyaknya jumlah perokok setiap tahunnya, yang nantinya dampak negatifnya akan kita rasakan juga baik cepat ataupun lambat. Sehingga dengan dibuatnya makalah ini masyarakat diharapkan dapat: 1. Mengetahui tentang seluk beluk rokok dan zat racun yang dikandungnya 2. Mengetahui seberapa besar dampak rokok bagi kesehatan tubuh 3. Mengurangi bahkan berhenti merokok setelah mengetahui dampak yang di timbulkan

1

2 .C. di dalam makalah ini akan membahas “ Bahaya Rokok Bagi Kalangan Pelajar ”. Batasan Masalah Agar pembahasan masalah menjadi lebih fokus dan berbobot.

Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika. dan emfisema. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Pada abad 16. Sejak beberapa tahun terakhir. bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. efek buruk bagi kelahiran. penyakit pencernaan. Pengertian Rokok Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. 3 .BAB II PEMBAHASAN A. sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. jarang sekali dipatuhi). di samping menyebabkan banyak tipe kanker. untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. penyakit jantung. misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan. Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan. penyakit pernapasan. Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika.

Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok. Rokok berdasarkan bahan baku atau isi. dan penggunaan filter pada rokok. Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Mesin pembuat rokok. c. Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung. Rokok berdasarkan bahan pembungkus. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. cengkeh. biasanya. Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau. Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas. c. Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana. 3. 1. b. material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. d. Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau. a. b. a. 2. Jenis Rokok Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. bahan baku atau isi rokok. Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren. dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun 4 .B. b. a. proses pembuatan rokok. Sederhananya. Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Rokok berdasarkan proses pembuatannya. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin.

Surya Slims dan lainlain. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres. urethan. Tapi diantara zat – zat yang disebutkan tadi. asetilen. Star Mild. Lights.telah dalam bentuk pak. nitrogen oksida. b. hidrogen sianida. Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas (85 persen) dan partikel. Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus. gas karbonmonoksida. belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. Sayangnya. L. Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian : 1) Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. ortokresoldan perylene adalah sebaian dari beribu – ribu zat di dalam rokok. C. 2) Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. Djarum Super dan lainlain. Pada SKM. Zat . a. ada 3 zat yang paling berbahaya yang terkandung di dalam sebatang rokok. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. benzen. satu pres berisi 10 pak. Rokok berdasarkan penggunaan filter. tidak kurang dari 4000 zat kimia beracun.Zat Beracun Yang Terdapat Dalam Rokok Sebagaimana kita ketahui di dalam asap sebatang rokok yang dihisap oleh perokok. methanol. Clas Mild. Contoh: A Mild. 4 etilkatekol.A. lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar. Zat – zat itu adalah: 5 . benzaldehid. U Mild. Nikotin. kumarin. akrolein. 4. Contoh: Gudang Garam International. Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus. amoniak.

Selain itu Nikotin berperan dalam memulai terjadinya penyakit jaringan pendukung gigi karena nikotin dapat diserap oleh jaringan lunak rongga mulut termasuk gusi melalui aliran darah dan perlekatan gusi pada permukaan gigi dan akar. Selain itu Tar dapat meresap dalam aliran darah dan mengurangi kemampuan sel . 2. Tar Zat berbahaya ini berupa kotoran pekat yang dapat menyumbat dan mengiritasi paru . Kadar nikotin 4-6 mg yang dihisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan. 3. emphysema dan dalam beberapa kasus menyebabkan kanker paru .Selain itu zat ini paling sering dibicarakan dan diteliti orang. Karbon Monoksida (CO) Zat ini dapat meresap dalam aliran darah dan mengurangi kemampuan sel . sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap sistem peredaran darah. menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya. sehingga menambah resiko terkena penyakit jantung.TAR yang tersisa di kantung kemih juga dapat menyebabkan penyakit kanker kantung kemih. Nikotin dapat ditemukan pada permukaan akar gigi dan hasil metabolitnya yakni kontinin dapat ditemukan pada cairan gusi. Nikotin Adalah suatu zat yang dapat membuat kecanduan dan mempengaruhi sistem syaraf. meningkatkan tekanan darah.sel darah merah untuk membawa Oksigen ke seluruh tubuh.1. mempercepat detak jantung ( melebihi detak normal ) .Racun kimia dalam TAR juga dapat meresap ke dalam aliran darah dan kemudian dikeluarkan di urine.paru ( penyakit maut yang hampir tak dikenal oleh mereka yang bukan perokok ).sel darah merah untuk membawa Oksigen ke seluruh tubuh. karena dapat meracuni saraf tubuh.paru dan sistem pernafasan. sehingga menyebabkan penyakit bronchitis kronis. sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap sistem peredaran 6 .

Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1999. Studi menunjukkan bahwa siswa lebih mungkin untuk merokok daripada orang dewasa. Sehingga tanpa mereka sadari racun berlahan menggerogoti tubuhnya. Menurut survei di beberapa SMP di Jakarta. 7 . termakan iklan atau terbujuk rayuan teman. Pada umumnya mereka mengaku sudah mulai merokok antara usia 9 hingga 12 tahun.640 juta remaja. diperkirakan 4 juta orang meninggal dunia karena kasus yang berhubungan dengan tembakau. D.Efek terakhir ini membuat para wanita perokok lebih beresiko ( daripada wanita non perokok ) mendapat efek samping berbahaya bila meminum pil kontrasepsi ( pil KB).darah. Bahaya Merokok Bagi Pelajar Remaja cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar. Tahun 2025 diperkirakan akan bertambah hingga mencapai 1. karbonmonoksida memudahkan penumpukan zat .Karena itulah sebabnya mengapa para dokter kandungan ( ginekolog ) umumnya segan memberi pil KB pada wanita yang merokok.100 juta penghisap rokok di dunia yang 45% masih pelajar.zat penyumbat pembuluh nadi. Dan berdasarkan pemantauan lanjutan dari para pelajar yang merokok itu sebanyak 25% Drop Out.Selain itu. Apalagi berdasarkan hasil riset terbaru mengatakan bahwa remaja merokok setiap tahun semakin meningkat. setiap siswa di sekolahnya mulai mengenal bahkan mencoba merokok dengan presentase 40% sebagai perokok aktif yang terdiri atas 35% putra dan 5% putri. Kebiasaan merokok bagi para pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi. yang dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal selain itu juga dapat menimbulkan gangguan sirkulasi darah di kaki. Saat ini terdapat 1. Diperoleh dari hasil angket Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77% siswa merokok karena ditawari teman. sekitar 250 juta anak-anak di dunia akan meninggal karena tembakau apabila konsumsi tembakau tidak dihentikan secepatnya. Setiap tahunnya.

E. Bukti medis menunjukkan bahwa merokok tidak menenangkan. Penyebab Remaja Merokok 1.2. 8 . Diantara remaja perokok terdapat 87% mempunyai sekurang-kurangnya satu atau lebih sahabat yang perokok begitu pula dengan remaja non perokok (Al Bachri. pertama remaja tadi terpengaruh oleh temantemannya atau bahkantemanteman remaja tersebut dipengaruhi oleh diri remaja tersebut yang akhirnyamereka semua menjadi perokok. Dari segi reproduksi. Pengaruh orang tua Salah satu temuan tentang remaja perokok adalah bahwa anak-anak muda yang berasal darirumah tangga yang tidak bahagia. merokok di usia dini bisa menyebabkan impotensi dan mengurangi jumlah sperma pada pria dan mengurangi tingkat kesuburan pada wanita.Pengantar psikologi. Kulit akan menua sebelum waktunya atau biasa disebut penuaan dini. Ini hanya efek sementara nikotin yang memberikan rasa tenang sesaat. Pengaruh teman Berbagai fakta mengungkapkan bahwa semakin banyak remaja merokok maka semakin besar kemungkinan teman-temannya adalah perokok juga dan demikian sebaliknya. Setelah itu jika sudah selesai merokok stress akan kembali lagi. Dari fakta tersebut adadua kemungkinan yang terjadi. Jangan menganggap merokok bisa membantu menghilangkan stress saat ujian. Selain itu kesehatan kulit tiga kali lipat lebih beresiko terdapat keriput di sekitar mata dan mulut. 1999:294).1991)3.Bahaya merokok bagi pelajar diantaranya dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru dan penyakit jantung di usia yang masih muda. dimana orang tua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya danmemberikan hukuman fisik yang keras lebih mudah untuk menjadi perokok dibanding anak-anak muda yang berasal dari lingkungan rumah tangga yang bahagia (Baer & Corado dalam Atkinson. 2.

Namun satu sifat kepribadian yang bersifat prediktif pada pengguna obat-obatan (termasuk rokok) ialah konformitas sosial. Dalam rokok banyak mengandung Nikotin yang dapat merusak organ tubuh manusia.3. Tarbiyah atau pedidikan keimanan yang sungguh – sungguh untuk setiap individu masyarakat agar mereka sadar betapa bahaynya menghisap rokok. 3. di sekolah.daintaranya yaitu Kanker. 4. Orang yangmemiliki skor tinggi pada berbagai tes konformitas sosial lebih mudah menjadi penggunadibandingkan dengan mereka yang memiliki skor yang rendah (Atkinson. (Mari Juniarti. impotensi. Melarang Oknum guru untuk merokok di depan siswa saat mengajar. 1999).Mengapa? karena kita ketahui bahwa tugas guru adalah sebagai suri tauladan bagi siswanya di sekolah. Pengaruh Iklan Melihat iklan di media massa dan elektronik yang menampilkan gambaran bahwa perokok adalahlambang kejantanan atau glamour. tahun IX. Jadi wajar saja kalau guru harus memberi contoh yang baik bagi siswanya. Cara Mengatasi Permasalahan Yang Ada Beberapa cara yang dapat kita lakukan supaya kita dapat terhindar dari bahaya asap rokok adalah sebagai berikut : 1. dan gangguan kehamilan dan janin. F. 9 . Faktor Kepribadian Orang mencoba untuk merokok karena alasan ingin tahu atau ingin melepaskan diri dari rasasakit fisik atau jiwa. Adanya teladan yang baik bagi sang anak baik di rumah. membuat remaja seringkali terpicu untuk mengikuti perilakuseperti yang ada dalam iklan tersebut. Buletin RSKO.4. maupun di sekitar lingkungannya. 2. serangan jantung.Merokok pada umumnya sangat berbahaya pada diri kita maupun diri orang lain disekitar kita.1991). membebaskan diri dari kebosanan.

Upaya Pemerintah Untuk itu. Penyuluhan yang gencar dan intensif dari Instansi terkait. Masih minimnya kesadaran masyarakat akan bahaya rokok bagi kesehatan tubuh mereka. berbagai langkah perlu segera dilakukan pemerintah. Menciptakan Undang – Undang seperti yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang larangan merokok di tempat umum seperti sekolah. G. Karena hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu: 1. sehingga jumlah produsen rokok meningkat. 3. Hambatan Dalam prakteknya di lapangan. rumah sakit. 2. dan sebagainya. 6. 5. sehingga masyarakat tidak tahu seberapa besar bahaya rokok bagi kesehatan mereka. karena mereka memperoleh pengetahuan langsung tentang bahaya rokok bagi kesehatan mereka. 10 . Dan bagi yang melanggar akan dikenakan sangsi atau denda sejumlah 50ribu rupiah. H. Dengan jalan ini diharapkan jumlah perokok akan berkurang. Langkahlangkah tersebut bisa ditempuh dengan: 1.4. tidak mudah untuk menerapkan peraturan yang melarang tentang merokok. baik upaya penanganan terhadap zona perokok aktif maupun pasif. Karena dengan jalan ini masyarakat akan berfikir lagi untuk merokok. sehingga sulit diadakannya pembinaan untuk mereka. sekolah kedokteran atau sekolah paramedis. Kurangnya sosialisasi dari instansi terkait mengenai bahaya merokok. taman bermain. Kurang ketatnya pengawasan terhadap peredaran rokok di negara kita. Membuat dan memasukkan materi bahaya merokok pada kurikulum di sekolah dasar dan menengah. Menyebarluaskan fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) tentang haramnya rokok.

kecanduan rokok. Membangkitkan kesadaran tentang bahaya merokok. Melakukan counter marketing guna mengurangi atau meniadakan keterlibatan industri rokok. 4. 11 . Membuat kegiatan yang mendukung antirokok dan bahaya merokok pada usia sekolah.2. terutama pada usia anak dan remaja. 3. dampak sosial ekonomi akibat rokok pada publik (terutama anak-anak dan remaja).

Mulai belajar hidup sehat dan teratur. 2. Kebiasaan merokok bagi para pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi. Apabila hal ini dibiakan terus berlangsung. 3. dapat dikatakan rokok itu lebih banyak mudharatnya (dampak negatifnya) dari pada dampak positifnya.BAB III PENUTUP A. Dan seharusnya masyarakat sadar akan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh mereka. Pencegahan harus lebih diutamakan dari pada pengobatan. Saran 1. Kesimpulan Melihat kenyataan yang ada pada uraian sebelumnya. maka akan mengakibatkan permasalahan yang serius pada kesehatan tubuh manusia. Diperoleh dari hasil angket Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77% siswa merokok karena ditawari teman. di rumah dan melibatkan pihak pihak lain.Namun hal itu masih sulit dilakukan di Indonesia. Jangan sekali kali mencoba untuk merokok karena hamper dari semua yang terjerumus berawaldari coba coba Pikirkan bentuk pergaulan Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. 12 . B. Siapa bilang hidup sehat itu sulit? Hidup tanpa rokok berarti hidup tanpa racun. Menekan pada pencegahan maka perlu dipikirkan upaya upaya yang lebih sungguh sungguhdan terpadu : di sekolah. Sehingga tanpa mereka sadari racun berlahan menggerogoti tubuhnya. termakan iklan atau terbujuk rayuan teman. Setahap demi setahap hilangkan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan bahaya kesehatan yang kronis.

com/doc/24479678/Bahaya-Merokok-BagiKesehatan 13 .wikipedia.html 4. Http://www.com/2009/03/makalah-bahaya-rokok. Http://moebienye. Http://id.html 3.scribd. Http://bahayamerokok.org/wiki/Rokok 2.net/bahaya-merokok-bagi-pelajar.DAFTAR PUSTAKA 1.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful