ARTI SIMBOL RUMAH BATAK

Apa makna Cicak pada relief2 rumah adat Batak?". " Cicak adalah simbol Batak, orang Batak harus seperti Cicak, mampu hidup di rumah manapun ia berada, mampu menempel, melekat dan merayap, dan dalam keadaan genting tetap mampu menyelamatkan diri dengan mengecoh musuh memanfaatkan kecerdasannya". Sebuah metaphora dari Samosir.

", apa makna 4 bulatan dengan titik hitam di tengah pada relief tadi?". " Itu gambar payudara wanita. Lambang Ibu, Lambang Kasih Sayang, Lambang Kehidupan, Lambang Kesuburan. Untuk itulah orang Batak selalu menjunjung dan mengikuti apapun kata Inang (Ibu) nya. Karena itu dulu wanita idaman berpinggul & buah dada besar. Itu namanya TOMOK (Denok=Bahenol=Semok)"

" apa maksudnya pintu masuk rumah adat batak itu sedemikian kecilnya, sehingga masuk-pun harus dalam posisi membungkuk". "Dalam adat kami, semua orang itu Raja, dan rumah bagi seseorang adalah kerajaannya. Dengan ukuran pintu yang rendah dan tak begitu lebar, siapapun orang yang merasa dirinya "Tinggi" bila memang ingin masuk ke rumah kita akan "merendah" dan niat-niat & kuasa jahatnya pun musnah".

Pada zaman dahulu rumah bolon memiliki dua macam daun pintu. sehingga kemanapun mereka pergi. ". Ujung belakang lebih tinggi dari ujung depan. Namun seiring perkembangan zaman hanya yang vertical di pakai hingga saat ini Dinding rumah dibuat miring. kata si Opung Situmorang. . pantaslah sang anak untuk menjadi pengacara". dalam pemahaman leluhur kami agar terjadi kehidupan yang baik. dan penghormatan pula kepada sesama dan semesta". Tugas kami orang tua adalah memastikan agar generasi berikut mendapatkan kondisi sehingga mereka lebih baik dalam keahlian dan karya". . Bila orangtua adalah ahli bernegosiasi dalam acara2 adat. pintu. . maka generasi berikut harus lebih baik dari generasi kini. Bila orang hendak masuk rumah Batak Toba harus menundukkan kepala agar tidak terbentur pada balok yang melintang. "Tanamkan rasa pernghormatan kepada suku sendiri pada anak2 kita. "Ini adalah bentuk Somba (Sembah) penghormatan kepada Dzat yang maha tinggi yang menciptakan kita. lebarnya 80 cm dan tingginya 1. Untuk memasuki rumah harus menaiki tangga yang terletak di tengah-tengah rumah."Apakah ada makna perlambang dari atap rumah adat Batak. "Tentu saja. juga melembangkan rukut-sitelu. kecintaannya makin menghujam dan membesar" ". dan ini pun pertanda penghormatan kita kepada bumi tempat berpijak. namun umbinya mengkuat menghujam dan membesar di sini". dikelilingi dengan ukiran. biarkanlah ia tumbuh sulurnya dan daunnya menjalar ke mana-mana. ?". "Apa makna Rebung dan Bambu ? relief2 pucuk rebung ini menghiasi ragam hias rumah adat Batak?". berbentuk empat persegi panjang dan kadang-kadang dihuni oleh 5 sampai 6 keluarga. " Ibarat rebung yang tumbuh tak jauh dari induknya dan terlindungi oleh sang Bambu. horizontal dan vertikal. "Maksudnya. berkarier bagi orang Batak diutamakan adalah yang dekat dengan karir orangtua dan keluarganya. Atap rumah berbentuk segitiga dan bertingkat tiga.5 m. hal ini diartikan tamu harus menghormati si pemilik rumah. dalam Tarian Tor-tor ada gerakan kedua telapak tangan dikatupkan dan digerakgerakkan ke atas dan kebawah dengan cara ritmis. "Apa makna dari "UBI JALAR". dengan jumlah anak tangga yang ganjil. apa maksudnya itu?". berpintu dan jendela yang terletak di atas balok keliling. Rumah Adat Batak Toba (Rumah Bolon) Rumah Adat Batak Toba disebut Rumah Bolon. "Ibarat kau tanam benih Ubi Jalar di sini. lukisan dan tulisan dan dengan dua kepala singa pada ambang pintu.

maksudnya ialah cicak dikiaskan sebagai penjaga rumah. karena dalam rumah adat ini pembagian ruangan dibatasi oleh adat mereka yang kuat.Pada setiap puncak dan segitiga-segitiga terdapat kepala kerbau yang melambangkan kesejahteraan bagi keluarga yang mendiaminya. Biasanya dihiasi dengan ukiran telur dan panah. Di sudut kiri depan disebut Jabu Suhat. Dapat di lihat pada gambar di bawah ini ruang yang di atur berdasarkan modul grid. Hiasan lainnya adalah pada kusen pintu masuk. walaupun berdiam disitu lebih dari satu keluarga. yang ditempati oleh kepala rumah atau por jabu bong. Bentuk – bentukdan ruang – ruang dimana posisinya dala ruang di atur oleh pola Grid. Ruangan ini dahulu dianggap paling keramat. Sirkulasi ruang Pencapaian kebangnan tersarmar karenaarus melewati konfigurasi jalan yang lurus sebelum masuk ke bangunan Pintu masuk ke bangunan menjorok ke dalam . dengan warna tradisional merah. terbuat dari ijuk atau rotan. Keseimbangan pada rumah batak toba adalah Simetris. tapi bukan berarti tidak ada pembagian ruangan. Potongan yag lebih rendah dari dinding yang miring pada setiap sisi pintunya di penuhi dengan papan tiang jendela vertikal yang memberikan masuknya cahaya dan angin. Ruangan dalam rumah adat merupakan ruangan terbuka tanpa kamar-kamar. Biasanya pada lambe-lambe dilukiskan lambang pembuat dari sifat pemilik rumah tersebut. Apabila di tarik garis pada poros tengah maka akan terlihat jelas. Bagian atap yang berbentuk segitiga terbuat dari anyaman bambu disebut lambe-lambe. menggambarkan bahwa penghuni rumah mempunyai perasaan senasib sepenanggungan. dengan isteri dan anak-anak yang masih kecil. Pinggiran atap sekeliling rumah di semua arah sama. Ruangan di belakang sudut sebelah kanan disebut jabu bong. putih dan hitam. untuk anak laki-laki tertua yang sudah kawin dan di seberangnya disebut Tampar Piring diperuntukkan bagi tamu. Tali-tali penginkat dinding yang miring disebut tali ret-ret. Di sudut kiri berhadapan dengan Jabu bong disebut Jabu Soding diperuntukkan bagi anak perempuan yang telah menikah tapi belum mempunyai rumah sendiri. Tali pengikat ini membentuk pola seperti cicak yang mempunyai 2 kepala saling bertolak belakang. baik secara fasade bangunan maupun secara denah. dan 2 kepala saling bertolak belakang melambangkan semua penghuni rumah mempunyai peranan yang sama dan saling menghormati.