P. 1
Kalor Dan Perubahan Wujud Zat

Kalor Dan Perubahan Wujud Zat

|Views: 85|Likes:
Published by Dhyja Rina

More info:

Published by: Dhyja Rina on May 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2012

pdf

text

original

KALOR DAN PERUBAHAN WUJUD ZAT 1.

Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Wujud Zat Salah satu pengaruh kalor pada suatu zat adalah perubahan wujud zat tersebut. Jumlah kalor yang digunakan suatu zat untuk berubah wujud pada suatu suhu (titik) transisinya disebut kalor laten (kalor tersembunyi). Suhu saat zat berubah dari wujud padat ke wujud cair disebut titik lebur, sedangkan suhu saat zat berubah wujud dari cair ke padat disebut titik beku. Suhu saat zat berubah wujud dari cair ke gas disebut titik didih, sedangkan suhu saat zat berubah wujud dari gas ke cair disebut titik embun. Berikut bagan perubahan wujud zat

Kalor yang diperlukan untuk berubah wujud dari padat ke cair disebut kalor lebur (L), sehingga: Q=mxL Kalor yang diperlukan untuk berubah wujud dari cair ke gas disebut kalor uap U, sehingga: Q=mxU Perubahan wujud zat dapat digambarkan sebagai berikut:

Contoh Soal 1

Penguapan Penguapan terjadi pada saat molekul-molekul zat mengalami gerakan cukup besar sehingga meninggalkan permukaan zat. Pada tekanan udara di atas 76 cm Hg. Penguapan dapat terjadi pada semua suhu. Meniupkan udara di atas permukaan zat/bahan sehingga tekanan di atasnya berkurang d. air dapat mendidih pada suhu di atas 100oC. Pengaruh Tekanan Terhadap Titik Didih Air Mendidih hanya terjadi pada suhu tertentu. 3. Memperluas permukaan zat/bahan yang akan diuapkan sehingga lebih banyak molekul berkesempatan meninggalkan permukaan zat/bahan b. Penguapan dapat dipercepat dengan cara: a. Mengurangi tekanan udara di atas permukaan zat. Titik didih suatu zat juga tergantung pada tekanannya. . titik didih air pada tekanan normal (76 cm Hg) adalah 100oC. Misalnya.Contoh Soal 2 2. Menaikkan suhu sehingga kecepatan molekul-molekul zat semakin bertambah c. Titik didih zat cair berbeda-beda tergantung jenis zatnya. yaitu titik didihnya. sedangkan titik didih alkohol pada tekanan normal adalah 78oC.

Berapakah kalor yang diperlukan oleh 4 kg es 0oC agar melebur menjadi air 0oC? (L = 334 kJ/kg). Berapa kalor yang diperlukan untuk menguapkan 250 gram air pada titik didihnya? (U = 2. banyaknya energi kalor yang diperlukan untuk menguapkan alkohol itu adalah ..SOAL-SOAL LATIHAN 1..27×106 J/kg) 6.. Berapa kalor yang diperlukan untuk memanaskan 500 gram air dari suhu 25º C menjadi 100º C pada titik didih minimalnya? (Uair = 2.. Tentukan kalor yang dilepaskan oleh sebuah benda yang massanya 20 kg dan suhunya 100°C yang mendingin menjadi 20°C. Kalor jenis benda tersebut adalah 540 J/kg°C . 3. cair = 4200 J/kg º C) 7.. Jika kalor jenis air 4. Seseorang akan menguapkan alkohol yang massanya 400 gram..000 J/kg) 5.27 × 106 J/kg.(diketahui U = 1.. 4. 2.200 J/kgoC. maka kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 4 kg air dari 35oC menjadi 45oC adalah ..100. Hitung panas yang diperlukan oleh 500 gram es –5oC untuk menjadi air 70oC.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->