O L E H PERKUMPULAN KAMEDA

“MENUJU KEMANDIRIAN BERSAMA”

SULAWESI TENGAH 2012

36 Kelurahan Tipo Kecamatan Palu Barat Nomor Lampiran Perihal : 001/KMD-ST/I/2012 : 1 (satu) Berkas : Permohonan Bantuan Dana Kepada Yth. Guberbur Sulawesi Tengah di Tempat Dengan hormat. Malonda No. Yth. Arsip .PERKUMPULAN KAMEDA “MENUJU KEMANDIRIAN BERSAMA” Jln. SPt Faisal Badru Kamal Tembusan : 1. bersama ini kami lampirkan bundel proposal beserta akta notaris lembaga kami. Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak. sikap dan keterampilan masyarakat khususnya keluarga peternak dalam menjadikan usaha peternakannya yang tidak hanya sebagai usaha sampingan tetapi dapat menjadi usaha utama keluarga khususnya di perdesaan. 04 Januari 2012 Ketua Sekretaris Zainal Effendi. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Daerah Sulawesi Tengah 2. Palu. Demikian atas perkenan Bapak kami ucapkan terima kasih. Kegiatan ini meliputi pelatihan dan sosialisasi tatalaksana perbibitan ternak sapi potong (daftar agenda terlampir pada proposal) yang dilakukan demi meningkatkan perilaku. Bersama surat ini kami sampaikan permohonan bantuan dana dalam rangka percepatan pembangunan di Sulawesi Tangah khususnya bagi kelompok-kelompok yang bergerak di sektor peternakan.

tak bisa lepas dari peran masyarakat. . pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak yang ada di Sulawesi Tengah. bukan tidak mungkin target tersebut tidak tercapai mengingat PSDS-K 2014 merupakan lanjutan dari program Percepatan Pencapaian Swasembada Daging Sapi pada tahun 2010 (P2SDS 2010). birokrat. Artinya. Sikap dan Keterampilan diperlukan dukungan dari semua pihak baik masyarakat. Merubah perilaku peternak dari yang hanya menjadikan ternak sebagai tabungan keluarga (subsisten) menjadi usaha peternakan intensif yang dapat diandalkan keluarga sebagai sumber penghasilan. berarti tinggal 2 tahun lagi program yang dicanangkan oleh negara ini dalam mencapai swasembada daging sapi dan kerbau akan berakhir (PSDS-K 2012). Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat merubah perilaku (mainstream berfikir yang berorientasi agribisnis). minimal semi intensif. utamanya peternak dan kelompok-kelompok ternak dalam pemenuhan kebutuhan daging tersebut. kami dari Perkumpulan KAMEDA mengajukan permohonan/proposal dalam rangka melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada kelompok-kelompok ternak yang ada di Sulawesi Tengah dalam hal tatalaksana perbibitan ternak sapi potong. Peternak sebagai ujung tombak keberhasilan program PSDS-K 2014 diharapkan dapat menjadi penyumbang terbesar dalam pemenuhan kebutuhan daging tersebut. yakni tercapainya pemenuhan ekspor daging dari luar negeri tinggal 10%. Malonda No. Maksud Dengan adanya bantuan ini diharapkan masyarakat peternak dan kelompok-kelompok ternak dapat menjadikan usaha ternak sapi potong menjadi usaha yang tidak hanya sampingan tetapi dapat menjadi usaha utama keluarga. swasta terlebih pemerintah daerah sebagai pemegang mandat keberhasilan pembangunan. minimal 90% pemenuhan kebutuhan daging dalam negeri harus bisa disediakan sendiri oleh bangsa ini. B. Besaran kuota tersebut tidaklah mudah untuk dicapai. Sehingga untuk merubah Perilaku. Meningkatkan pendapatan keluarga peternak sebagai bagian tugas bersama dalam mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat marjinal (low akses).PERKUMPULAN KAMEDA “MENUJU KEMANDIRIAN BERSAMA” Jln. Pada waktu itu pula akan dilakukan evaluasi terhadap apa yang telah dicita-citakan sejak tahun 2010. b. Dengan demikian. II. Merubah sikap peternak dari yang sistem beternak tradisional (ternak diberi makan dan minum seadanya. sikap (tatalaksana pemeliharaan) dan keterampilan dalam memelihara ternak khususnya ternak sapi potong. Tujuan Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah : a. dilepas begitu saja tanpa memperhatikan kualitas hidup ternak) menjadi sistem yang intensif. politisi. 36 Kelurahan Tipo Kecamatan Palu Barat I. Maksud dan Tujuan A. Olehnya. Dasar Pemikiran Memasuki tahun 2012. Pemenuhan kuota 90% tersebut. c.

PERKUMPULAN KAMEDA “MENUJU KEMANDIRIAN BERSAMA” Jln. Besar harapan kami hal tersebut dapat terkabul dan terealisasikan. Pelatihan manajemen/pengelolaan kelompok peternakan yang mandiri IV. 04 januari 2012 Ketua Sekretaris Zainal Effendi. Sosialisasi program pencapaian swasembada daging sapi dan kerbau 2014 b. Palu. Kegiatan Dalam rangka mencapai tujuan tersebut. meliputi : a. SPt Faisal Badru Kamal . Waktu Pelaksanaan Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan akan dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2012 VI. V. Malonda No. direncanakan untuk melakukan serangkaian kegiatan. 36 Kelurahan Tipo Kecamatan Palu Barat III. atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Lokasi Kegiatan Sosialisasi program Swasembada Daging Sapi/Kerbau dan pelatihan tatalaksana pemeliharaan ternak sapi potong serta pelatihan manajeman pengelolaan kelompok ternak akan dilaksanakan di desa Watukilo kecamatan Kulawi Selatan kabupaten Sigi. PENUTUP Demikianlah proposal ini kami susun mohon maaf atas segala kekuarangannya. semoga proposal ini dijadikan bahan pertimbangan bagi Bapak. Pelatihan tatalaksana pemeliharaan peternakan sapi potong c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful