P. 1
Laporan Pengolahan Citra

Laporan Pengolahan Citra

|Views: 79|Likes:
Published by Ade Diana

More info:

Published by: Ade Diana on May 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

Image processing atau sering disebut dengan pengolahan citra digital merupakan suatu proses dari gambar asli menjadi gambar lain yang sesuai dengan keinginan kita.2 Landasan Teori Meskipun sebuah citra kaya informasi. Agar citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin).BAB I PENDAHULUAN 1. kabur (blurring). Secara garis besar bisa kita gambarkan seperti blok diagram pada gambar 1. Pengolahan Citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra lain. khususnya dengan menggunakan komputer. Pengolahan citra adalah pemrosesan citra.1 Tujuan Percobaan 1. 2. 1. warnanya terlalu kontras.1 Blok Diagram Pengolahan Citra . misalnya mengandung cacat atau derau (noise). maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik. Mahasiswa dapat membuat program untuk menampilkan gambar. Citra semacam ini menjadi lebih sulit diinterpretasi karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang. Mahasiswa dapat membuat program pengolahan citra menggunakan Visual C++ dengan MFC. Termasuk ke dalam bidang ini juga adalah pemampatan citra (image compression). namun seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi). Jadi. kurang tajam. Bidang studi yang menyangkut hal ini adalah Pengolahan Citra (image processing). Mahasiswa dapat membuat menu menggunakan Visual C++ dengan MFC. menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Misal suatu gambar yang kita dapatkan terlalu gelap maka dengan image processing gambar tersebut bisa kita proses sehingga mendapat gambar yang jelas. masukannya adalah citra dan keluarannya juga citra. namun citra keluaran mempunyai kualitas lebih baik daripada citra masukan.1 dibawah ini : Gambar 1. 3.

Tekan tombol Next.0  Pilih menu : Start->Programs->Microsoft Visual Studio 6. What compound document support would you like include.1 Menjalankan Visual C++ dengan MFC 1.2) Tekan tombol OK.2 Memberi nama program 3.0->Microsoft Visual C++ 6. Tekan tombol Next. Tekan tombol Next. (dokumen apa yang ingin dibuat) pilih None untuk pilihan standar.0 2. Memilih isi program    What tipe of application would you like to create (aplikasi apa yang ingin dibuat) pilih Multiple documents untuk pilihan standar. Memberi nama program    Pilih menu : File->New->Projects->MFC AppWizard(exe) Isi Project name misalnya dengan: Test (lihat gambar 1. Membuka Visual C++ 6. Gambar 1. .BAB II PEMBAHASAN 2. What database support would you like include (database apa yang ingin dibuat) pilih None untuk pilihan standar.

AppWizard creates the following classes for you (AppWizard akan membuat class seperti dibawah ini) CtestView CtestApp CmainFrame CchildFrame CtestDoc Gambar 1. prnting and print preview. What features would you like include (tampilan apa yang ingin dibuat) pilih Docking toolbar. Cara menjalankan program   Pilih menu : Build->Execute (!) Tekan tombol Yes.3 Memilih isi program 4. Tekan tombol Next.   What style of project would you like (gaya program apa yang ingin dibuat) pilih MFC standard untuk pilihan standar. 3D control untuk pilihan standar. Tekan tombol Next. . Initial status bar.

 Untuk Menambah menu: Tekan tombol keyboard Insert dan ketik misalnya Test kemudian dibawahnya ketik Hello seperti gambar 1.5 .]] Gambar 1.2.4 Membuat Menu 2. Menghapus dan menambah menu  Untuk menghapus menu : Pilih menu Edit kemudian tekan keyboard Delete kemudian tekan tombol OK.2 Cara membuat menu dengan MFC. Cara membuat menu. 1.      Buat aplikasi AppWizard seperti pada praktikum 1 dan beri nama project dengan Menus Pilih ResourceView pada workspace Pilih folder paling atas dengan cara klik pada tanda + Pilih folder menu dengan cara klik pada tanda + Klik 2 kali IDR_MENUSTYPES[English[U.S.

6 kemudian tekan tombol OK. Mengaktifkan menu    Pilih menu Hello dan klik kanan Pilih menu ClassWizard dan klik kiri Pilih message dengan COMMOND dan klik kiri dua kali seperti gambar 1.  Untuk mengedit isi program tekan tombol Edit Code.5 Menghapus dan menambah menu 3.Gambar 1. Gambar 1.6 Mengaktifkan menu .

}  2.cpp Tambahkan program untuk membuka file seperti dibawah ini : ///////////////////////////////////////////////////////////////////////////// // COpenFileView message handlers // Menampilkan file yang akan dibuka . Menampilkan fungsi.    Buat Menu seperti pada praktikum 2 dengan tambahan Test dan submenunya OpenFile Untuk mengedit isi program tekan tombol UEUdit Code atau buka file OpeFileView.5.3 Jalankan program dengan memilih menu Build->Execute (!) Menampilkan File Gambar 1.  Tambahkan program untuk menampilkan pesan seperti dibawah ini : ///////////////////////////////////////////////////////////////////////////// //CMenusView message handlers void CMenusView::OnTestHello() { // TODO: Add your command handler code here // Menampilkan pesan untuk pemakai MessageBox(“Hello”).  Buat aplikasi AppWizard seperti pada praktikum 1 dan beri nama project dengan OpenFile. Cara membuka file.

CDC dcMem. OFN_HIDEREADONLY|OFN_OVERWRITEPROMPT. CFileDialog m_ldFile(TRUE. } } // Menampilkan gambar hasil dari open file void COpenFileView::LoadGambar(void) { CDC* pDC = GetDC(). LoadGambar(). if(hBitmap) { . 0.DoModal()==IDOK) { name=m_ldFile. szFilter). IMAGE_BITMAP. name.bmp)|*. "*. LR_LOADFROMFILE|LR_CREATEDIBSECTION). if(m_ldFile. 0. HBITMAP hBitmap=(HBITMAP)::LoadImage(AfxGetInstanceHandle().bmp".bmp||".GetPathName(). name.void COpenFileView::OnTestOpenfile() { // TODO: Add your command handler code here static char BASED_CODE szFilter[]="Bitmap Files (*.

0.Detach().Attach(hBitmap).250.if(m_bmpBitmap. // Operations public: void LoadGambar(void).DeleteObject()) m_bmpBitmap. dcMem.CreateCompatibleDC(pDC).SRCCOPY). Menambah header file   Buka file OpenFileView.0. m_bmpBitmap. CBitmap m_bmpBitmap. . } dcMem.0. pDC->BitBlt(0. CString name. } 2.SelectObject(&m_bmpBitmap).&dcMem.210.h Tambahkan program seperti dibawah ini // Attributes public: COpenFileDoc* GetDocument().

bmp Hasilnya seperti gambar 1.7 Gambar 1. Cara menjalankan program    Pilih menu : Build->Execute (!) Pilih menu : Test->OpenFile ->pilih salah satu gambar misalnya gambar.7 Membuka file gambar .3.

0. Pada tugas ini penulis dapat mengerjakan tugas untuk membuat program pengolahan citra dengan menggunakan MFC. Program di buat di dalam sebuah workspace untuk memudahkan penulis mengelompokkan tugas yang di berikan. Pada latihan pertama dan kedua penulis tidak mengalami hambatan yang berarti dikarenakan masih jelas dan dimengerti.BAB III ANALISA 3. . akhirnya setelah beberapa kali mencoba penulis menemukan bahwasannya dalam pembuatan program juga diperlukan ketelitian baik dalam membuat logika program maupun dalam penulisan/pembuatannya.1 Analisa Program penulis buat dengan menggunakan Microsoft Visual C++ 6. Inti lainnya dalam latihan tugas citra ini adalah untuk dapat mengerti dan paham dengan apa yang disampaikan dari modul yang telah kita berikan. Beberapa masalah yang sering di alami adalah seringnya tertinggal tanda kurung penutup ( “{“ dan “}” ) . Pada latihan yang ketiga yaitu membuat menu untuk memanggil gambar penulis sempat bingung dikarenakan belum menguasai banyak interface Visual C 6. Dan apabila kita membuat kopian modul untuk di pakai dalam praktek dalam bentuk fotokopi usahakan agar terlihat jelas agar tidak terjadi kesalah penulisan fungsi-fungsi dalam pemrograman. kesalahan penulisan akibat case sensitive ( a ≠ A ) hingga masih belum banyak menguasai fungsi-fungsi yang akan di pergunakan dalam program seperti “MessageBox” adalah fungsi yang di pakai untuk menampilkan kotak pesan berisi pesan yang dapat kita atur. kesalahan yang terjadi hanya pada saat salah penulisan yang mengakibatkan error.0.

tidak ditemukan masalah dalam pembuatan. Kendala hanya pada pencarian cara menampilkannya dikarenakan merupakan materi baru yang belum dipelajari sebelumnya. Job 1 Dalam pembuatan tugas job 1 dilakukan dengan membuat program MFC seperti biasa dan memunculan message box dengan mengklik sub menu.  Job 3 Dalam pembuatan tugas job 3 merupakan tingkatan selanjutnya dari job 2 dimana kali ini membuat sebuah garis lurus vertical tanpa diklik dengan tetap memanfaatkan fungsi CDC & pDC.  Job 2 Dalam pembuatan tugas job 2 yang dilakukan adalah menggunakan fungsi CDC dan pDC untuk tanpa di klik menampilkan tulisan yang telah di tentukan. garis ini di buat dengan menggunakan koordinat yang berlaku di bahasa C .

Pada job 6 ini gambar yang sebelumnya hanya 250x210 pixel kali ini diperbaharui lagi. Efek yang didapatkan gambar lebih besar ukurannya. dan kemudian gambar baru akan tampil .  Job 6 Dalam pembuatan tugas job 6 masuk kepada peningkatan dari latihan sebelumnya yaitu loading gambar. Job 4 Dalam pembuatan tugas job 4 merupakan tingkatan selanjutnya dari job 3 dimana kali ini tidak terbatas garis lurus namun sudah berbentuk sumbu x dan y tanpa diklik untuk menampilkan persamaan yang telah di tentukan  Job 5 Dalam pembuatan tugas job 5 merupakan tingkatan selanjutnya dari job 4 dimana kali ini untuk menampilkan gambar persamaan yang di buat harus dengan mengklik sub menu yang telah di buat. .

1 Kesimpulan Kesimpulan yang dapat saya tarik dari tugas ini adalah :   Gunakanlah workspace agar dapat lebih leluasa mengatur program-program yang dibuat. Jangan lupa untuk menyimpan hasil kerja selagi pemrograman untuk menghindari hilangnya data saat pembuatan program dikarenakan hal tak di duga.  Teliti dalam memahami modul tugas yang di berikan juga pada saat menulis dari modul ke program agar menghindari terjadinya kesalahan dalam pemuatan fungsi-fungsi yang akan di pakai  Waspadalah bahwasannya program ini memakai mode “case sensitive” di mana perbedaan karakter baik itu huruf besar dengan kecil ataupun beda symbol akan mempengaruhi hasil. .BAB IV PENUTUP 4.

Hendaknya kita bekerja dengan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang dinginkan dan dapat tercapai dengan baik 2. .4.2 Saran 1. Program yang telah kita buat dapat kita eksekusi dengan mengklik tombol execute pada icon C++. Sebelum melakukan percobaan pelajari teori yang akan dipraktekan 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->