PRAKATA

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan kasih-Nya sehingga kami sebagai kelompok 4 dapat menyelesaikan makalah Asuhan Keperawatan (ASKEP) Pada Pasien Gagal Jantung ini dengan keadaan yang sehat dan diberkati. Kami merasa sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan Asuhan Keperawatan ini, walaupun begitu banyak tantangan baik dari dalam maupun dari luar tapi karena kasih dan penyertaan Tuhanlah sehingga kami dapat melewati tantangan tersebut.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) ini tidak akan selesai tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak–pihak yang telah

membantu dalam pembuatan Asuhan Keperawatan ini, yaitu: 1. Dosen pembimbing Ilmu Keperawatan Dasar III, Natalia Elisa Rakinaung S. Kep, Ns yang telah membimbing kami dalam proses pembuatan makalah Asuhan Keperawatan ini. 2. Teman-teman kelompok yang bekerja sama dan memberikan ide-ide dalam pembuatan makalah Asuhan Keperawatan ini.

Semoga makalah Asuhan Keperawatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi mahasiswa keperawatan sebagai calon perawat.

Manado, 02 Maret 2011

Penyusun

ii

Pengkajian keperawatan Analisa data Diagnosa keperawatan IV. II. II. BAB II Latar belakang Tujuan penulisan Metode penulisan : LAPORAN PENDAHULUAN I. III. Penatalaksanaan X. II. Diagnosa banding VIII. III. Komplikasi VII. Pemeriksaan diagnostik IX. Patofisiologi V. BAB III Askep teori : PROSES ASUHAN KEPERAWATAN I.DAFTAR ISI Halaman Judul Prakata Daftar Isi BAB I : PENDAHULUAN I. Definisi Etiologi Klasifikasi IV. III. Evaluasi keperawatan BAB IV : PENUTUP I. Manifestasi klinik VI. Rencana asuhan keperawatan V. Daftar Pustaka Kesimpulan Saran ii . Implementasi keperawatan VI. II.

ii .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful