BENDA-BENDA SEJARAH ISLAM DAN SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA

“The desert sun plays a fundamental role, transforming the architecture into a play of light and shadows.” Itulah sebait quote dari seorang arsitek besar yang berada dibalik sukses sebuah rancang bangun museum islam yang sangat luar biasa, Museum of Islamic Art. Museum yang menelan biaya 300 juta US$ Dollar merupakan rumah bagi 1000 lebih artefak peninggalan sejarah islam dari berbagai penjuru bumi. Secara resmi, museum ini dibuka oleh Emir Qatar Shaikh Hamad bin Khalifa Al Thani pada 22 November 2008.

Museum of Islamic Art Qatar | foto by Sugeng Riyadi Museum of Islamic Art atau biasa disingkat MIA, diarsiteki seorang berdarah China American yang bernama Leoh Min Pei. Arsitek yang berusia lanjut ini biasa dikenal dengan sebutan I.M.Pei. Karya besarnya ini terinspirasi sebuah bangunan tempat wudhu di komplek masjid Ahmed Ibn Tulun di Kairo, Mesir. Bangunan ini merefleksikan sebuah ekspresi bangunan geometri kubus. Benar-benar sebuah bangunan yang sangat elegan dan menghadap langsung terik mentari diatas perairan persia.

Idenya yang brilliant telah terwujud menjadi sebuah bangunan tempat belajar dan juga perpustakaan keislaman ini.800 M2 merupakan ruang galeri. Suasana pencahayaan didalam ruang galeri museum memang sengaja diredupkan untuk mendapatkan kesan bersejarah dan hening. Palm Trees line up in front of MIA .Ahmad-ibn-Tulun-mosque-in-Old-Cairo | foto by iamegypt. tempat sholat [masjid] untuk kaum pria dan wanita. Fasilitas dalam museum ini termasuk 200 kursi auditorium. dikelilingi oleh taman seluas 20 hektar. dengan tambahan 2. Pria ini adalah seorang writer. dan ruang terbuka.com Bangunan baru yang menampung benda-benda purbakala dan bersejarah dalam dunia islam ini. halaman. eksterior bangunan ini terdiri dari 5 lantai.500 M2. Seluas 3. menutupi area seluas 35. Interior dan pencahayaan didesain oleh Jean-Michelle Wilmotte dan semakin memperckantik suasana bagian dalam museum. sebuah fountain café. illustrator dan pemerhati di dunia seni islam [Islamic art]. gift dan bookshop.700 M2 yang berfungsi sebagai Education Wings [sayap pendidikan]. Dibalik kemegahan museum ini ada nama Sabiha Al Khemir [pria kelahiran 1959] yang berkebangsaan Tunisia. sebuah restaurant bintang lima. Dilihat secara eliptik.

Tepat diujung barisan pohon korma tadi terdapat sebuah kolam kecil yang ditengahnya terdapat air mancur yang memperindah komplek museum ini. . untuk memasuki museum ini tidak dipungut biaya alias Gratis alias Free. anda harus merelakan diri untuk diperiksa oleh scanning machine. Sesaat setelah mendapatkan tiket masuk. Di depan bangunan utama terdapat sekitar 200 pohon kurma yang berjajar rapi disisi kanan kiri sebuah jalan utama menuju MIA. anda cukup menghubungi pihak information atau multimedia guide. Untuk alasan keamanan museum. museum ini juga dijaga oleh security yang standby di setiap lantai dan ruangan museum. Museum of Islamic Art Qatar Tak seperti layaknya museum-museum lainnya di Negara lain. Tapi jangan naik dulu ya.anda bisa menikmati keindahan teluk Persia yang membalut kemegahan kota Doha.Bangunan ini hanya berjarak 60 meter dari tepian pantai Corniche Doha. Anda cukup menyerahkan kartu identitas dan anda akan mendapatkan tiket masuk. Bila anda ingin mendapatkan travel guide yang berbentuk gadget yang dilengkapi headset. Tak jauh dari MIA juga terdapat MIA Park yang baru dibuka untuk public sejak 6 Januari 2012. Memastikan tidak ada benda-benda tajam atau benda-benda yang bisa membahayakan museum atau pengunjung lainnya. MIA berdiri kokoh di atas tanah reklamasi yang berada di Persian gulf [teluk Persia]. Maka anda akan mendapatkan alat informatif ini dan telah siap berkeliling memutari interior museum. lewatkan sejenak untuk memandang langsung ke arah pantai atau teluk Persia. Melalui dinding kaca di Main Hall.

org. Uniknya.mia. Bantul pada tanggal 11 Desember 1973 oleh seorang nelayan setempat.qa Al qur’an Di area Sendang Seliran Kotagede. Bulus Kiai Dhudha merupakan kura-kura berwarna kuning keputihan ini pada mulanya ditemukan di Pantai Samas. Temuan ini kemudian oleh Bupati Bantul diserahkan kepada penjaga Kompleks Sendhang Seliran untuk dipelihara. terdapat sebuah patung yang berdiri tegak di tepi dinding pemisah antara area Kompleks Sendang Seliran dengan Makam Raja-Raja Imogiri. kura-kura tersebut hanya memiliki tiga kaki. Patung setinggi satu meter yang disebut Patung Bulus Kiai Dhudha ini merupakan peringatan keberadaan bulus (kura-kura) di area sendang ini.Museum of Islamic Art 1st Floor | http://www. .

Menurut informasi pihak Kraton Yogyakarta. Untuk mengabadikan keberadaan Kiai Dhudha. Mereka diberi nama Kiai Dhudha. Ketiga kura-kura tersebut sekarang sudah mati. bulus atau kura-kura berwarna kuning keputihan adalah jenis satwa langka dan perlu dilindungi. Home > Dunia Islam > Islam Mancanegara Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman? Senin. terakhir yang mati adalah bulus Kiai Dhudha. Kiai Jaka. 21:13 WIB Candi Borobudur Berita Terkait . Keanehan ciri-ciri fisik kura-kura tersebut. di dalam Sendang Seliran Wadon tersebut dipelihara tiga ekor bulus (kura-kura) putih besar-besar. dibuatlah patung Kiai Dhudha di timur laut Sendhang Seliran Kakung. Pada awalnya. dan Mbok Rara Kuning. 27 September 2010. oleh masyarakat sekitar dianggap binatang yang gaib dan suci.

2009). sebagai tanda ketidakpercayaannya. buah maja yang pahit. Lalu. dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS. sedangkan Borobudur . Dalam bukunya. wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut. dan lainnya. Saba [34]: 12-16. dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman. makna Saba. Nabi Sulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah. Bahkan. Sementara itu. dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul. Matematika Islam 3 (Republika. dan lainnya. hutan atau negeri Saba. tentu banyak orang yang akan mengernyitkan dahi. atau sekitar 3. Tentu saja. burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman. Dalam Alquran. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa. al-Anbiya [21]: 78-81. Bahkan. Candi Kalasan.000 tahun yang lalu. dan lainnya. Sebab.200 tahun yang lalu. JAKARTA--Membaca judul diatas. geli. didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1. tempat berkumpulnya Ratu Saba. benar. Namun.Candi Prambanan Siap Terima Kunjungan Wisatawan Puasa Para Nabi Azab Bagi Kaum Homoseksual Wapres Minta Pengusaha Tiru Cara Berdagang Nabi Muhammad SAW Ketika Bilal tak Sanggup Menyebut Nama Rasulullah dalam Adzannya REPUBLIKA. kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 1544. apa hubungannya dengan Sulaiman? Benarkah Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang hebat dan agung itu? Apa bukti-buktinya? Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu? Tentu perlu penelitian yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak untuk membuktikan validitas dan kebenarannya. Candi Plaosan. ahli matematika Islam itu akan menjawabnya. bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin. Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM). bila pertanyaan di atas diajukan kepada KH Fahmi Basya. Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional. Di antara alasannya. banyak yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. mungkin demikian pula dengan Anda. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi. Candi Borobudur merupakan candi Budha. karena Sulaiman hidup pada abad ke-10 SM. KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah. Candi Sari. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. nama Sulaiman. Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur. Di antaranya.CO. Karena itu.ID. terdapat Candi Prambanan.

dan Tingkat Musa. "Jangankan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain. (QS Saba [34]: 13). Tentu saja hal ini menimbulkan penasaran. para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. serta memberikan ketenangan." katanya menjelaskan. Menurut Fahmi Basya. manusia saja ketika berada di atas pesawat. Pada relief yang terdapat di Borobudur. peristiwa dan kisah Sulaiman itu terjadi di wilayah Palestina. apa bukti sahih andai Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman atau bangunan yang pembuatannya merupakan perintah Sulaiman? Menurut Fahmi Basya. ialah kembalinya tabut kepadamu." (QS Al-Baqarah [2]: 248). kuda. monyet. jika kamu orang yang beriman'. Pertama adalah tentang tabut. menurut Fahmi. Bahkan. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang. Ketiga. karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan. dan seperti yang penulis lihat melalui relief-relief yang ada. Kedua. KH Fahmi Basya menunjukkan buktibuktinya berdasarkan keterangan Alquran. (QS An-Naml [27]: 22). Kemudian. dan lainnya. Apalagi. Dalam kamus bahasa Jawi Kuno. (QS Saba [34]: 14). tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu.dibangun pada abad ke-8 Masehi. Saba ada di Indonesia. tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Keenam. Ditambahkan Fahmi Basya. wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba. menurut banyak pihak. seperti gajah. kata 'Wana' bermakna hutan. pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. Keempat. Seperti diketahui. Di Borobudur. anjing. Konon. "Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: 'Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja. yang disusun oleh Dr Maharsi. sebagaimana keterangan Alquran. babi. (QS Saba [34]: 15). Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Saat mengetahui Sulaiman wafat. yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. para jin pun menghentikan pekerjaannya. yakni Wonosobo. wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. Kelima. Dalam Alquran. Reliefnya juga ada. tabut itu dibawa malaikat. kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. memang terdapat beberapa simbol. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba. Lalu. di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun. Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 2022). banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. dan Saba di Yaman Selatan. terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. . tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri. Jadi. sedangkan Borobudur di Indonesia. yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon. di dalamnya terdapat kitab Zabur. Taurat.

masih banyak lagi bukti lainnya yang menunjukkan bahwa kisah Ratu Saba dan Sulaiman terjadi di Indonesia. Dengan bukti-bukti di atas. Kedelapan. Kecamatan Salaman. Masjid yang menjadi pusat komunitas muslim Hui di Tibet. Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. Wallahu A'lam. Kawasan Hebalin dan Masjid Agung mengalami kerusakan disana sini akibat rusuh massa.Ketujuh. "Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman. bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Kesepuluh. Desa Salam. Bagaimana dengan pembaca? Hanya Allah yang mengetahuinya. di pusat kota Lasha. nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. buah 'maja' yang pahit. ejarah Masjid Agung Lasha Masjid Agung Lhasa juga dikenal dengan nama Masjid Hebalin. pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr. pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya. kisah istana yang hilang atau dipindahkan. Masjid Agung Lasha dengan gerbang nya yang sangat khas (foto dari flikr." (QS An-Naml [27]: 28). "Tetapi. Ditambahkannya. Dan. Lihat surah Saba [34] 16). kawasan muslim quarter di Hebalin termasuk Masjid Agung Lhasa ini sempat dirusak massa pendemo anti China di Tibet. Awalan kata 'su'merupakan nama-nama Jawa." (QS Saba [34]: 16). Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba. surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko. mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit. dialog Ratu Bilqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32). Bangunan masjid pertama itu kemudian diperluas tahun 1793M ketika banyak tentara muslim yang menetap di Lhasa. kata Fahmi. Bangunan yang kini kita lihat di pusat kota Lasha adalah bangunan setelah renovasi terahir tersebut. Polisi setempat sempat menutup kawasan tersebut. "Pergilah kamu dengan membawa suratku ini. Masjid ini pertama kali dibangun tahun 1716M dimasa pemerintahan Kaisar Kangxi dari dinasti Qing. Fahmi Basya meyakini bahwa Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman.com) . Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang. Selain bukti-bukti di atas. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. Bangunan masjid tersebut hancur dalam kebakaran di tahun 1959 dan kemudian dibangun lagi ditahun yang sama. Menurut Fahmi. karena lokasinya yang berada di kawasan Hebalin. Di bulan Maret tahun 2008. nama Kabupaten Sleman. melarang siapapun masuk kesana kecuali warga asli Hebalin dan muslim dari area lain yang akan menunaikan sholat di Masjid Agung. Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah Candi Ratu Boko. Pertama kali dibangun masjid Agung tersebut hanya seluas 200 meter persegi." kata Fahmi menegaskan. Kesembilan. Seperti terjadinya angin Muson yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12). dan lainnya. yang namanya berawalan 'Su'.

Satu hal yang unik dari masjid ini adalah adanya Tasbih yang banyak bertebaran di permadani disediakan . Masjid lainnya disebut masjid kecil (Lhasa Small Mosque) adalah masjid yang dibangun untuk para muslim pendatang dari Kashmir. dan atap khas yang terdiri dari tiga undakan atap. masjid ini memang dibangun oleh muslim etnis Hui. memberikan nuansa lain di kota Lasha. menara air. dikelola oleh muslim Hui. Gedung bunker atau gedung Xuanli. Masjid Agung Lasha memiliki tiga pintu masuk menuju halaman tengah nya. Chengbing District. Fasad depan Masjid Agung Lasha dengan ornamen khas etnis Hui (foto pbase. Seperti kebanyakan bangunan relijius di Tibet Masjid Agung Lasha juga dilengkapi dengan sebuah pintu gerbang besar menuju halaman masjid. Ornamen gerbang ini didominasi polesan warna merah. dan ruang terbuka. ada 63 keluarga yang tinggal disana termasuk 11 keluarga warga asing dengan total populasi sekitar 315 jiwa. Hebalin. dalam sentuhan warna biru. Di kanan kiri mimbar terpampang gambar Masjidil Haram dalam ukuran besar. Keseluruhan bangunan masjid ini menempati area seluas 2600 meter persegi termasuk bangunannya seluas 1300 meter persegi. Pembedanya dengan bangunan relijius lainnya adalah sebuah papan nama besar yang bila di Indonesia-kan artinya adalah “Masjid Agung Lasha di Tibet”. Masjid Agung Lasha merupakan masjid besar. pertama kali dibangun tahun 1863M. masyarakat umum lebih mengenalnya sebagai masjidnya muslim Hui. namun karena letaknya yang berada di tengah tengah komunitas muslim Hui di kota Lasha. lukisan floral. Ruang sholat masjid ini seluas 285 meter persegi terdiri dari ruang inti. Masjid Kecil Lasha terletak di Balang Steet. merupakan bangunan utama masjid ini. Dekorasi masjid didominasi oleh ukiran dan lukisan bunga bunga dan flora. Masjid ini berukuran 130 meter persegi dilengkapi dengan bangunan sekolah Islam dibangun tahun 1952 dan menginduk ke sekolah Islam di masjid Agung Lhasa. Gerbang dengan arsitektural khas Tibet. tempat wudhu dan lain lainnya. kamar mandi. Salah satu menara masjid Agung Lasha (foto dari pbase. yang ditulis dengan tiga aksara sekaligus. lantainya terbuat dari kayu yang ditutupi permadani berwarna merah berpola shaf demi shaf sholat. meskipun sebenarnya etnis manapun boleh menggunakan masjid ini. dan bangunan penunjang termasuk bangunan bunker. dua menara dan Kubah utama di atap masjid terlihat sampai jauh. mirip seperti gerbang sebuah vihara Budha. Lhasa. Arsitektur masjid ini cukup sederhana namun cukup menyolok diantara bangunan bangunan lain di pusat kota Lasha.com) Interior nya sederhana. “Masjid Besar” dan “Masjid Kecil”. Di sekitar Masjid Kecil. Aksara dan bahasa arab serta dua aksara setempat.com) Arsitektural Masjid Agung Lhasa Masjid Agung Lasha dibangun dalam arsitektural tradisional Tibet dengan bentuk bentuk lengkungan sirkular dan dua menara kecil menyatu dengan atap masjid di atap sisi depan masjid.Secara tradisional kota Lhasa mengenal dua jenis masjid. Masjid kecil. Bangunan utama nya terdiri dari ruang sholat utama.

Perkembangan Islam menyebar disebelah barat Tibet dan Kashmir pada abad ke 11 masehi. secara berkesinambungan mereka tinggal di Suing dan Kawasan Kokonor di bagian barat Tibet. Jemaah masjid Agung Lhasa yang sebagian besar adalah muslim Hui yang hadir di masjid dengan pakaian khas muslim Tibet . Sebagian dari mereka merupakan pedagang dan tinggal secara permanen di kawasan timur Tibet. Jas dan celana warna hitam lengkap dengan peci putih. biasa disebut masjid Khasmiri (masjidnya muslim Kharsmir) yang berada di Gyangda Linka (taman Muslim) dan Masjid Khasmiri di pusat kota Lasha. Sejarah Islam Di Tibet Saudagar muslim dari negara negara Arab sudah mencapai Tibet pada sekitar abad ke 8 ~ 9 masehi. Dari arah utara dan timur. Turk dan Tibet berlomba untuk menguasai kawasan tersebut terutama dari penguasa Kabul. Interior Masjid Agung Lasha (foto dari pbase. dimasa ketika Persia. Islam mencapai China di abad ke 7 masehi melalui jalur perdagangan kuno yang kini kita kenal sebagai jalur sutera (silk road) yang melintasi kawasan Asia tengah. dengan kata Kha-che. Berbagai sumber di Tibet menunjukkan bahwa penguasa Tibet pernah menguasai kawasan luas di Asia Tengah sebelah barat hingga ke Persia di abad ke 8 dan 9 Masehi. Pernikahan antara pria muslim pendatang dengan wanita Tibet serta interaksi sosial diantara muslim dan warga asli mengukuhkan eksistensi mereka disana. Dari propinsi utara Ningxia dan titik lain di china. Masjid pertama itu yang kini dikenal sebagai Masjid Agung Lasha. Bahkan bahasa Tibet memiliki kosa kata sendiri untuk menyebut Muslim.com) Islam menyebar di Tibet dari dua arah. keturunan mereka masih dapat ditemui hingga kini. islam kemudian bergerak ke selatan masuk ke kawasan Tibet. masih ada dua Masjid Lagi di Kota Lasha. Di abad ke 12M kelompok saudagar muslim dari Kashmir dan Ladakh masuk ke Tibet dan menetap di Lasha. dan menjalankan perdagangan dengan Tibet Tengah. yang semula . Bergerak dari semenanjung Arabia melalui Persia dan Afganistan. selain dari 4 yang sudah disebutkan tadi masih ada satu masjid di Shigatze dan satu masjid di Changdu di bagian Timur Tibet. Masjid Khasmiri dan muslim Khasmir di Lasha memiliki sejarah yang unik. yakni dua masjid yang dikelola oleh Muslim Khasmir.oleh pengurus masjid untuk para jemaah. Uigur. Muslim China di Tibet merupakan Muslim dari marga Hui. Selain Masid Agung Lasha dan Masjid Kecil Lhasa. Masjid pertama di Tibet dibangun pada tahun 1716M dimasa pemerintahan Kaisar Qing dari dinasti Kangxi. Menetap disana mempertahan akidah dan persaudaraan yang erat satu sama lainnya. karena Gyangda linka (Taman Muslim) yang menjadi kampung muslim Khasmir pertama di Lasha merupakan hadiah dari Dalai Lama ke-5 untuk muslim Khasmir. beberapa diantaranya juga datang dari barat secara berkesinambungan kemudian pindah ke Lhasa. Di seluruh wilayah Tibet ada 6 Masjid. kebiasaan muslim Tibet bertasbih dengan suara yang agak keras tidak seperti di Indonesia yang biasanya bertasbih dengan suara yang nyaris tak terdengar.

Sedangkan orang Muslim China dari marga Hui dipanggil Gya Kha Che. Khasmir.cn) Sebagian besar Muslim Hui berpropesi sebagai tukang jagal hewan ternak atau petani sayur mayor. sedangkan Orang Hui menggunakan Masjid Bara atau Masjid Besar. namun baru pada saat naiknya Dalai lama ke lima (1617-1682) menjadi titik balik bagi Islam di Tibet. Hal terebut membuka peluang bisnis bagi muslim disana untuk menjadi pemasok daging bagi warga Tibet yang membutuhkannya. keduanya menjadi warisan budaya di masyarakat China (Tibet). raja Kabul kala itu memberi hadiah kepada AlMa’mun berupa kepingan emas yang merupakan hasil dari peleburan patung emas Budha. Kha-Ce. Nepal. Masjid Chota dan Gya Kha Che. Muslim Khasmir (Khasmiri) dan muslim non China menggunakan Masjid Chota atau Masjid Kecil. mengurus administrasi mereka masing masing kepada pemerintah lokal Tibet. Masjid Bara Komunitas muslim di Lhasa saat ini terdiri dari dua kelompok yang berbeda.com. . Masing masing komunitas kecil tersebut menggunakan dan mengelola masjid mereka sendiri. penyebaran Islam tersebut tak lepas dari dua orang ulama besar yang telah disinggung di dua tulisan sebelumnya yakni Ali Hamadani dan putranya Bakhsh Muhammad Nur yang berhasil menyebarkan Islam di kawasan Baltistan di Abad ke 14M. lokasinya sekitar 15Km diluar kota Lhasa. Kepingan emas tersebut kemudian dikirimkan kepada khalifah. jemaah sholat jum’at di Masjid Agung Lasha (peopledaily. Ladakh. Sebagai suatu penghormatan kepada khalifah Islamiyah. Komunitas kecil muslim kurang dari 1000 jiwa yang kini disebut Kha-Che merupakan merupakan keturunan dari para pedagang muslim di abad ke 12M. dan tunduk kepada Khalifah Al-Ma’mun dari dinasti Abbas. Tukang jagal hewan menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan masyarakat Budha Tibet. Masing masing komunitas memiliki pemuka agama dari kalangan mereka sendiri. Hadiah Lahan “Sejauh Jangkauan Anak Panah” Meskipun para saudagar muslim pendatang sudah lama hadir di Lhasa dan kota kota lain di Tibet. karena ajaran mereka melarang penyembelihan binatang. Sikh atau bahkan bagi masyarakat non China. hingga pemakaman umum yang mereka sebut Kygasha. gerbang Masjid Agung Lasha (cnr. jumlah mereka ada sekitar 2000 jiwa.cn) Bagian lain dari arus masuknya Islam ke Tibet ini berasal dari Turkistan. Sama seperti muslim Khasmir (Khasmiri). mengola sekolah Islam. muslim Hui juga bermazhab ke Mazhab Hanafi.merupakan pengikut raja Tibet namun kemudian berganti keyakinan dari Budha dan masuk Islam di sekitar tahun 812 – 814M. Baltistan (Pakistan) dan Kashmir melalui Ladakh (India) kemudian menyebar ke Tibet hingga ke Lhasa. Itu sebabnya Kawasan yang kini kita kenal sebagai Afganistan dan beberapa Negara baru di kawasan asia tengah merupakan kawasan yang tak tersentuh oleh pengaruh Tibet selama beberapa abad.

seluas itulah lahan yang kemudian diberikan oleh Dalai Lama ke-5 kepada kaum muslimin untuk mendirikan Masjid dan sebagainya.Berdasarkan sejarah lisan disebutkan bahwa beberapa ulama Islam yang hidup di Lhasa pada masa itu selalu melaksanakan sholat di bukit bukit terpencil di pinggir kota. prasasti di Muslim Park kota Lasha . jemaah Masjid Agung Kota Lasha. Kebijakan yang dalam bahasa Tibet disebut sebagai mi sna mgron po atau “undangan kepada masyarakat”. Sikap positif Dalai lama ke Lima tersebut sepertinya menjadi bagian dari kebijakan pemerintah untuk mendorong tumbuhnya ke aneka ragaman etnis. Sampai kemudian masjid baru bagi muslim Khasmir (masjid kecil / chota masjid) dibangun di pusat kota Lhasa. tapi beliau juga memberikan perlindungan resmi dari Negara kepada 14 tokoh masyarakat dan 30 pemuda muslim yang merupakan penghuni awal lahan tersebut. Dalai Lama kemudian mengutus seorang pemanah ke bukit dimana kaum muslimin sering sholat berjamaah disana dan memerintahkannya untuk menembakkan anak empat panahnya ke empat penjuru mata angin. budaya dan memacu pertumbuhan ekonomi di Tibet ketika itu. Dalai Lama menjumpai mereka saat mereka sholat setiap hari. (foto dari booked1. Kini. Dari tempat dimana dimana anak panah dilepaskan hingga ke tempat dimana ke empat anak panah tersebut jatuh. Muslim dari komunitas Khasmir ketika itu harus berjalan cukup jauh beberapa kilometer setiap hari Jum’at untuk mencapai masjid dari rumah mereka di pusat kota menuju masjid di Kha Che Gling Ga dan kemudian berbagi roti bersama jemaah yang lain setiap bakda sholat Jum’at. Selain itu ummat Islam juga diberi kebebasan untuk mengurus masalah hukum sesuai aturan Islam bagi komunitas mereka sendiri. Sebagian dari roti yang tidak habis disantap kemudian dibawa kembali ke pusat kota dibagikan kepada mereka yang tidak dapat hadir di masjid hari itu sebagai “tshogs” atau roti berkat. dan mereka melaksanakannya di bukit terpencil karena ketiadaan masjid di pusat kota untuk mereka jadikan sebagai tempat sholat berjamaah. dalam 4 bahasa. Terkesan dengan penjelasan tersebut. Dulunya masjid di Kha Che Gling Ga (taman muslim / muslim park) merupakan satu satunya tempat bagi Muslim Khasmir untuk berkumpul melaksanakan sholat Jum’at secara rutin.cn) Dalai lama ke Lima tidak saja memberikan lahan tanah kepada kaum Musimin Khasmir.blogspot) . Salah satu Ulama kemudian menjelaskan bahwa mereka sedang melaksanakan sholat sesuai dengan ajaran Islam. bahkan dibebaskan dari pajak atas segala usaha perdagangan mereka. lahan yang dihadiahkan oleh Dalai Lama Ke-Lima tersebut dikenal sebagai Che Kha Gling Ga atau Taman Muslim (Muslim Park) yang digunakan oleh komunitas muslim sebagai tempat piknik. Sebuah bangunan berbentuk lengkungan khas Tibet (sgo) dibangun untuk menandai di masjid pertama yang dibangun tempat itu sekaligus untuk mengenang kebaikan Dalai Lama ke Lima. sampai suatu hari beliau bertanya tentang apa yang mereka lakukan. mengenang kebaikan Dalai Lama ke-5 yang memberikan lahan bagi kaum muslimin di tahun 1650 (cnr. Tempat tersebut kemudian dikenal sebagai “sejauh jangkauan anak panah” yang kemudian menjadi tempat bagi bangunan masjid dan lahan pemakaman muslim pertama di kota Lhasa hingga kini.

Setahun setelah itu pemerintah India menyatakan bahwa seluruh Muslim Khasmiri di Tibet adalah warga Negara India. Semoga Islam semakin bersemi di negeri istananya para dewa itu dan menjadi rahmat bagi Tibet dan China secara keseluruhan. Kehadiran Islam. Amin. Muslim Khasmir di Tibet mengajukan gugatan kewarganegaraan kepada pemerintah India berdasarkan asal usul nenek moyang mereka yang berasal dari Khasmir (India). muslim dan masjid di kota Lhasa. muslim Tibet pun mengalami masa masa sulit sejak pencaplokan wilayah Tibet oleh tentara China. Sherpa salah satu suku bangsa yang hidup di . Habibullah Bat. berbeda warna kulit. Meski berbeda suku bangsa. April 20. Proyek proyek pembangunan berskala raksasa diluncurkan pemerintah China di kawasan itu. selama berabad abad menjadi tempat yang penuh misteri bagi para petualang karena ketertutupannya dari dunia luar. Jalur kereta api yang dibangun pemerintah China melintas di kawasan Tibet dari wilayah China lainnya menjadi lintasan kereta api di tempat tertinggi di bumi. No comments Muslim Nepal Friday. bahasa dan budaya. Paska tahun 1959 setelah Dalai Lama Terahir melarikan diri dari Tibet. interior lantai-1 Masjid Agung Lasha (foto dari Panoramio) Penutup Tibet dengan ibukotanya Lhasa. tapi Islam mempersatukan kita dalam satu ikatan ukhuwah. Tempat yang begitu terpencil di ketinggian pegunungan Himalaya ini menjadi salah satu perlintasan sepanjang jalur sutera di abad pertengahan. Tak jauh dari masjid di Che Kha Gling Ga terdapat kediaman bagi Imam muslim Khasmiri. Tentara menjaga setiap sudut kota Lhasa termasuk di kawasan Masjid Agung Kota Lhasa.Kini Chota Masjid di pusat kota menjadi masjid utama untuk sholat lima waktu bagi muslim Khasmir. Sebagaimana masyarakat Tibet lainnya. Meskipun situasinya kini sudah berangsur angsur membaik dari sebelumnya. masjid di Che Kha Gling Ga atau Taman Muslim (Muslim Park) masih digunakan untuk acara acara khusus seperti sholat dua hari raya dan sebagainya. 2012 5:47:47 PM Para pendaki gunung mengenang Nepal dengan puncak tertinggi di dunia dipegunungan Himalaya yang berdiri kokoh diperbatasan Negara tersebut dengan China. bahwa di negeri atas langit yang mayoritas penduduknya beragama Budha itu ada saudara saudara kita sesama muslim. Sampai kemudian Tibet takluk dibawah kekuasaan China tahun 1950 Tibet mulai terbuka dan dikenal secara luas oleh dunia Internasional. Namun begitu pasukan merah China senantiasa mengawasi semua aktivitas warga Tibet dalam upaya mencegah segala bentuk upaya separatisme kemerdekaan Tibet dari China. Kini mereka sudah sedikit menikmati kebebasan untuk menjalankan agamanya dibandingkan masa masa sebelumnya. ibukota Tibet itu membuka mata kita.

Magar. berbatasan dengan dua negara besar. Nepal merupakan tanah kelahiran Sidharta Budha Gautama tokoh paling penting agama Budha.Nepal secara tradisi merupakan para pemandu ulung bagi para penakluk puncak Himalaya. Berpenduduk lumayan padat.8%) dan lainnya 2. sedikit lebih kecil dari luas propinsi Kalimantan Barat (147. sekitar 27. Wilayah Negara Nepal seluas 140. Tibet (Tibetan) dan Muslim asli Nepal (Nepali). Cina dan India. Setara dengan 3. Rai. Limbu.8% dari keseluruhan penduduk Nepal. Perbedaan etnis tersebut secara kasar dapat terlihat dari penampilan fisik mereka. mereka merupakan keturunan dari orang tua campuran dan rata rata merupakan keturunan dari ibu yang merupakan orang Nepal gunung.2%).800km2). terdiri dari berbagai suku. Agama Budha pernah menjadi agama mayoritas di Nepal dan menjadi agama Negara. Selain itu masih ada lagi muslim Nepal gunung yang memang tinggal di kawasan pegunungan. Sidharta Budha Gautama lahir di Nepal pada tahun 563SM. Beriklim dingin menyengat di bagian utara dan sedikit hangat di bagian selatan. Nepal merupakan wilayah yang terkunci dari wilayah laut berada di ketinggian Himalaya menjadikannya sebagai Negara dengan letak geografis tertinggi di Bumi. Dan sejak tahun 2008 lalu Nepal mengesahkan dirinya sebagai sebuah Negara Republik Demokratik Federal. Di negeri dengan penduduk mayoritas Hindu ini.547 orang. Chetri. Sampai kemudian berubah menjadi Kerajaan Hindu di tahun 200SM paska invasi dinasti Gupta dari India utara yang beragama Hindu ke wilayah Nepal. Dua masjid besar tersebut adalah Masjid Kashmiri Taqiya yang akan kita ulas dalam artikel ini dan Jama Masjid Kathmandu.800km2. Negara republik paling baru terbentuk setelah selama 250 tahun berbentuk monarki Hindu dibawah pimpinan seorang raja. Dua masjid berada di kawasan yang sama dan hanya terpisah beberapa blok bangunan. Newar. antara lain Brahman. Budha (7. Lokasi dan Alamat Masjid Kashmiri Taqia . Secara garis besar muslim Nepal dibagi ke dalam 4 etnis besar masing masing adalah Muslim India. Angka tersebut ditengarai jauh lebih kecil dari angka sebenarnya. seiring dengan jatuhnya kekuasaan Raja Nepal terahir Raja Gyanendra shah. Tamang.340 jiwa dibawah pemeluk agama Hindu dan Budha. Nepal. Ibukota Nepal berada sebuah lembah di ketinggian rata rata 1400 meter dari permukaan laut.Nepal Dunbar Marg.8%). mayoritas menganut agama Hindu (86. Kathmandu. Khasmir (Khasmiri). bahasa sehari hari .2%. Nepal Telepon : 0097-98415373657 Islam di Nepal Merujuk kepada hasil sensus penduduk Nepal tahun 1991 penduduk muslim di Nepal menempati urutan ke 3 dengan jumlah populasi sebesar 591. Di kota Kathmandu kini berdiri dua masjid besar bersejarah yang lokasinya berada di kawasan bergengsi dipusat kota Kathmandu tak jauh dari (bekas) Istana Raja Nepal. Islam (3. Islam hadir sejak lebih dari 480 tahun yang lalu. Sherpa dan Tharu. Ratna Park. Kathmandu.676. Gurung.

com) Islam pertama kali diperkenalkan di Nepal oleh para saudagar Arab di abad ke 5 Hijriah/11 Masehi yang datang ke lembah Kathmandu untuk berniaga. 5 Agustus 2011 (foto dari sawbeirut.org) Kini muslim Khasmir di Nepal dikenal sebagai kalangan muslim terpelajar dan masuk dalam kelasnya para pebisnis sukses. Kasta Masyarakat Nepal Paling Bawah Gelombang kedua muslim India masuk ke Nepal dan tinggal di di wilayah Terai (perbatasan India dan Nepal) pada abad ke 19 tepatnya di tahun 1857M. Muslim khasmir bahkan memiliki lahan pemakaman yang khusus diperuntukkan bagi muslim Khasmir (khasmiri) di daerah Shayambhu. Ikhtiyar Uddin adalah panglima pasukan Sultan Qutb uddin Aybak dari Kesultanan Delhi. Tahun 1857 wilayah Terai diakuisisi oleh Nepal di bawah Perdana Menteri Jung Bahadur bersama kerajaan Inggris. sholat jum’at di masjid Khasmiri Taqia 5 Agustus 2011 (foto dari ccoro. Setelah itu sebagian tentara muslim dari pasukan Ikhtiyar Uddin Muhammad bin Bakhtiyar Khilji yang menginvasi Tibet di tahun 1206 pernah menjejakkan kaki di Nepal untuk beberapa waktu. Dan muslim pendatang dari Tibet bertambah di era 1960-an sebagai akibat gejolak politik di Tibet. Muslim di daerah perbatasan mengungsi ke wilayah Terai yang dijadikan wilayah Nepal. Sedangkan muslim Kashmir (India) dipercaya sebagai muslim pertama yang bedomisili di Nepal.yang digunakan. Muslim dari Tibet masuk ke Nepal awalnya juga untuk berdagang dan kemudian menetap di Nepal. yang menguasai kawasan barat laut India berpusat di Delhi. budaya dan juga mereka memang tidak berbaur satu dengan yang lainnya. Di bawah tekanan penjajah Inggris. Sejak saat itu Muslim tunduk pada undang-undang Kerajaan Nepal tahun 1853 sebagai warga Negara dengan kasta terendah. Mereka merupakan para saudagar yang melakukan perdagangan dengan Tibet lalu juga berdagang di Nepal. . bahan bahan kulit binatang dan bahan bahan yang terbuat dari woll. Gelombang pertama muslim Khasmir masuk dan menetap di Nepal pada masa kekuasaan Raja Ratna Malla (1482-1520) dari dinasti Malla. beliau juga mengundang para pengusaha muslim Tibet untuk membuka usaha di Kathmandu. Beberapa dari mereka bahkan sudah masuk ke dalam jajaran birokrasi dan politik. Barang dagangan mereka berupa karpet. Dalam sebuah kunjungan kenegaraan Raja Ratna Malla ke Lhasa. Sebagian besar muslim di wilayah Terai tersebut bukanlah pendatang namun menjadi bagian muslim Nepal karena 4 distrik territorial mereka yang tadinya merupakan wilayah India utara dimasukkan ke dalam teritori Nepal oleh Inggris sebagai hadiah untuk raja Nepal yang membantu Inggris dalam perang terhadap kerajaan Nawab dari Oudh yang ingin merdeka. sholat jum’at di masjid Khasmiri Taqia Kathmandu. Hal tersebut sebenarnya upaya Inggris agar muslim tidak terkonsentrasi di India yang semakin membahayakan penjajahan Inggris atas India.

au) Sejarah Masjid Khasmiri Taqia . Bangunan utama Masjid Khasmiri Taqia. Serangan tersebut menyusul terjadinya insiden terbunuhnya 12 pekerja Nepal yang diculik oleh milisi bersenjata di Iraq. Kerusuhan ini dikenal dengan sebutan black Wednesday di kupas tuntas dalam tabloid nepali times edisi 10-16 September 2004.Masjid Khasmiri Taqia yang terbakar saar rusuh massa 1 September tahun 2004 lalu (theage. menjalankan bisnis perdagangannya dengan Tibet dan India dengan berpusat di Kathmandu. Polisi juga sempat menutup kawasan tersebut yang tak jauh dari (bekas) istana Kerajaan Narayanhity dan memberlakukan jam malam selama beberapa waktu. Khutbah jum’at disampaikan dalam bahasa Arab.Nepal Bangunan utama Masjid Khasmiri Taqia merupakan bangunan masjid yang sangat kental dengan sentuhan India utara sebagai tanah leluhur dari muslim Khasmiri di Nepal. melarang penduduk keluar rumah di malam hari dan mengeluarkan perintah tembak di tempat bagi pelaku kerusuhan lanjutan. Meski masjid ini dibangun dan dikelola oleh muslim khasmir. Menara menara kecil menghias atap masjid. dihalaman tengah masjid Khasmiri Taqia (foto source) Arsitekrual Masjid Kashmiri Taqia . namun terbuka untuk semua kalangan. Merusak dan menyeret keluar perabotan masjid dan membakar ruangan utama masjid Khasmiri.com. Kelompok massa yang sama sebelumnya juga telah mendemo dan merusak lusinan kantor perusahaan pengerah tenaga kerja yang dipersalahkan karena telah mengirim warga Nepal ke Iraq. Masjid yang sudah berumur lebih dari 480 tahun ini sempat mengalami kerusakan parah akibat serangan sekitar 4000 massa pada tanggal 1 September 2004 lalu. Jabatan Imam saat ini dipegang oleh Ali Manzar. Beliau merupakan salah satu dari pedagang khasmir yang sukses di Kathmandu.Nepal Masjid Khasmiri Atau Masjid Khasmiri Pancha Taqia dibangun pertama kali oleh seorang ulama Islam Khasmir pada tahun 1524M di masa kekuasaan raja Rama Malla (1484-1520).com) Beruntung aksi tersebut berhasil dibubarkan oleh pasukan polisi anti huru hara Nepal hingga tindak anarkis tersebut tak meluas. Tiga kubah batu menghias atap bangunan utama. Masjid ini merupakan masjid pertama dan terbesar di Nepal. . Keturunan beliau dan para pengikutnya kini masih eksis di Kathmandu. Di saat penyelenggaraan sholat jum’at dan dua sholat hari raya masjid ini penuh sesak oleh jemaah pria sampai ke atap dan areal sekitar masjid. Warga Nepal kemudian melampiaskan kemarahan atas insiden tersebut dengan menyerang Masjid Khasmiri Takiya. Sholat idul adha 7 November 2010 yang lalu (jafrianews. Beliau dan para pegadang Khasmir lainnya ketika itu mendapatkan izin dari raja untuk berdagang dan menetap di Kathmandu dengan satu syarat agar tidak menyebarkan Islam kepada pemeluk agama Hindu. Masjid yang dibangun hanya untuk kepentingan ibadah bagi muslim yang ada dan tidak untuk dijadikan sebagai pusat pengembangan Islam kepada pemeluk agama Hindu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful