P. 1
Biosfer Dan Aspek

Biosfer Dan Aspek

|Views: 73|Likes:
Published by Dolphin White

More info:

Published by: Dolphin White on May 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2012

pdf

text

original

TUGAS GEOGRAFI

“BIOSFER DAN ASPEK SEBARAN HEWAN DAN TUMBUHAN”

Nama Kelas

: UMMAINI KURNIA GUSTIss : IPS 1

SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL TAUN AJARAN 2010/2011

Persebaran itu tergantung pada beberapa faktor seperti berikut. air tanah. Perbedaan iklim (klimatik). Jadi. Tindakan manusia (faktor biotik) mengubah bentangan alam yang sudah ada. dan kandungan udara. kelembaban. a. Keadaan tanah (edafik). ukuran butir tanah (tekstur).Pengertian Biosfer Ditinjau dari epistemologinya. curah hujan.BAB 1 BIOSFER DAN ASPEK SEBARAN HEWAN DAN TUMBUHAN A. IDENTIFIKASI SEBARAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI PERMUKAAN BUMI 1. Misalnya tanah tandus menjadi daerah hutan. suhu. Tinggi rendahnya permukaan bumi (relief) mempengaruhi pola penyinaran matahari (disebut juga factor fisiografi). mineral hara (mineral organik). d. yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berate lapisan. humus tanah. dan angin. besar kecilnya ukuran tanah. istilah biosfer terdiri dari dua kata. c. tingkat kegemburan. . b. secara harfiah biosfer berarti lapisan hidup atau organisme. Persebaran makhluk hidup di permukaan bumi tidak merata.

Hutan. c. tumbuhan utama dan kondisi iklimnya. b. Jenis komunitas. tumbuhan utama berupa pohon – pohon besar. Gurun. afrika tengah. dan amerika tengah. Sepanjang tahun hutan basah cukup mendapat air dan keadaan alamnya. Macam tumbuhan tersebar sepanjang tumbuhan kekeringan atau penurunan kelembaban. daerah Australia bagian utara. Pohon – pohon utama memiliki ketinggian antara 20-40 meter dengan cabang – cabangnya yang berdaun lebat sehingga .2. pembagiannya dan kondisi iklimnya : 1. tumbuhan utama adalah rumput. a. Misalnya. Tiga macam komunitas tumbuhan tersebut adalah sebgai berikut. Padang rumput. Sehingga komunitas hutan tersebut akan kompleks. terdapat didaerah tropika dan subtropika yang ada di Indonesia. persebaran komunitas tumbuhan di dunia Komunitas organisme tumbuhan secara umum di dunia dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu : tumbuhan berdasarkan perubahan naik garis lintang (yang berarti pula penurunan temperaturnya) dalam pembagian mintakat (zona) temperatur. papua (irian jaya) bagian timur. Hutan Tropis Hutan – hutan basah tropika diseluruh dunia mempunyai persamaan.

Tumbuhan yang tahan dingin dapat berkecambah menjelang musim panas. birch (betula). 3. yang disebabkan oleh hal – hal berikut. Pohon – pohon yang terdapat di hutan taiga misalnya konifera. sedangkan anggrek adalah jenis epifit. Curah hujan merata sepanjang tahun. a. Taiga Taiga adalah hutan pohon pinus yang daunnya seperti daun. terutama pohon spruce (picea). alder (alnus). yaitu liana dan epifit. Hutan gugur Di dearah yanh briklim sedang. Musim yang mendahului musim dingin disebut musim gugur. Rotan adalah jenis liana. Taiga kebanyakan terdapat dibelhan bumi . b. yaitu antara 750 sampai 1000 mm per tahun serta adanya musim dingin dan musim panas. yang paling khas adalah adanya hutan gugur. 2. terdapat yang khas. dan juniper (juniperus). selain terdapat banyak padang rumput dan jading – kadang ada gurun.membentuk suatu tudung (canopy) yang mengakibatkan hutan menjadi gelap. Pada hutan bawah tropika selain pepohonan yang tinggi.

Tumbuhan yang biasa tahan hidup didaerah sabana adalah jenis tumbuhan yang tahan terhadap kelembaban rendah. b. Stepa terdapat didaerah dengan curah hujan tinggi. a. 4.bagian utara (Siberia utara. Praire (padang rumput) terdapat di daerah dengan curah hujan yang berimbang dengan musim panas. Daerah stepa umumnya terdiri dari rumput – rumput pendek dan diselingi oleh semak belukar. Tundra terdpat di daerah bersuhu dingin dan bercurah hujan rendah. dengan masa pertumbuhan pada musim panas berlangsung antara 3 sampai 6 bulan. Rumput di praire lebih tinggi dibandingkan rumput tundra. kanada tengah. Padang Rumput Daerah padang rumput ini terbentang dari dearah tropika Sampai ke daerah subtropika. Padang rumput terdiri dari beberapa macam seperti berikut. rusia. Contohnya adalah rumput buffalo grasses dan rumput grama. . c. dan utara). Curah hujan di daerah padang rumput pada umumnya antara 250 mm – 500 mm/tahun.

Tundra Daearah tundra hanya terdapat dibelahan bumi utara dan kebanyakan terletak di daerah lingkungan kutub utara. Gurun Daerah gurun banyak terdapat di daerah tropis dan berbatasan dengan padang rumput. pemandangannya sangat indah.Sabana terdiri dari : a. Sabana d. tumbuhan digurun segera tumbuh berbunga. yaitu sekitar 250 mm/tahun atau kurang. dan berbuah dengan cepat. Belukar tropik b. Curah hujan digurun adalah rendah. Hutan sabana c. 6. Apabila hujan turun.i daerah tundra ini banyak terdapat lumut. Semi arid 5. . Biasanya berbunga dengan warana yang menyolok dengan masa pertumbuhan yang sangat pendek sehingga pada musim pertumbuhan. terutama sphagnum dan lichenes (lumut kerak).

hewan padang rumput (sabana). Penyebaran Komunitas Hewan Di Dunia Keadaan hewan ditiap – tiap daerah (bioma) tergantung pada kemungkinan – kemungkina yang dapat diberikan daerah itu untuk member makanan. baik sejenis burung Mau pun mamalia. Akibat pengaruh iklim terdapatlah hewan pegunungan. dll. Hewan besar sukar menyesuaikan diri terhadap suhu tinggi dan ketiadaan air. Hewan Di Daerah Tundra Hewan yang tetap di daerah ini.3. Bulu tebal ini berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari suhu rendah. hewan dataran rendah. . Jumlah spesies makhluk hidup yang menetap di daerah tundra sangat sedikit. a. hewan hutan tropis. c. Hewan Di Daerah Padang Rumput Spesies – spesies hewan bila dibandingkan dengan habitat darat lainnya hewan pemakan rumput yang besar – besar. b. Terdapat juga predator. mempunyai bulu atau rambut yang tebal. Hewan Di Daerah Gurun Hewan – hewan gurun beradaptasi terhadap lingkungan yang panas dan gersang. misalnya zebra di afrika dll merupakan konsumen primer dipadang rumput.

Contoh karnivora didaerah Asia-afrika adalah macan tutul. rusa. e. . Hewan di daerah hutan gugur Beberapa hewan yang hidup di daerah hutan gugur adalah beruang.sedangkan di Amerika adalah jaguar.d. Hewan Di Daerah Hutan Basah Suatu contoh keadaan ekologi yang sama walaupun letak geografis daerahnya berjauhan adalah bahwa herbivore menjadi buruan dari karnivora. Hewan di daerah taiga Kebanyakan burung yang hidup di daerah taiga adalah burung yang berimigrasi ke selatan pada waktu musim gugur. raccoon. Hewan khas yang terdapat di taiga adalah moose. dan burung pelatuk. tupai. f.

 Pada musim penghujan mulai bertunas. Banyak terdapat pohon memanjat. a.Persebaran Tumbuhan di Indonesia Pembagian hutan di Indonesia berdasarkan iklim menurut W.B. ANALISIS INDONESIA SEBARAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI 1. Rata – rata ketinggian pohon adalah 60 m. Indonesia Bagian Tengah Wilayah Indonesia bagian tengah termasuk dalam wilayah iklim Am (tropis sedang). Di wilayah ini terdapat hutan musim dengan ciri antara lain :  Pohon lebih rendah dari hutan hujan tropis. Banyak tumbuh pohon epifit (pakis dan anggrek). c. Di wilayah ini terdapat hutan hujan tropis dengan cirri antara lain : a. Hewan Bagian Barat Wilayah Indonesia bagian barat termasuk dalam wilayah iklim Af (tropis basah). d. b.Koppen dapat dibedakan menjadi tiga wilayah.  Pada musim kemarau daunnya gugur. Daun lebat b. .

Indonesia Bagian Barat Di wilayah Indonesia bagian barat terdapat hewan – hewan yang mirip hewan di daerah asia. terdapat di jawa. dan Bali  Beruang. terdapat di sumatera dan Kalimantan . terdapat di jawa dan Kalimantan  Mawas (orang utan). India. terdapat di hutan – hutan sumatera. terdapat di Sumatera dan Kalimantan  Gajah. dan Myanmar  Banteng. mirip gajah di india  Badak. Contohnya :  Harimau.c. a. 2. Thailand. Persebaran Hewan di Indonesia Seperti pada pembagian tumbuhan. Di wilayah ini terdapat hutan sabana dengan cirri antara lain :  Padang rumput. terdapat semak – belukar. Badak ini mirip badak di Malaysia. Madura. dan pohon – pohon rendah. terdapat di sumatera dan jawa. Indocina. Indonesia bagian timur Wilayah Indonesia bagian timur termasuk dalam wilayah iklim Aw (tropis kering). Indonesia dibagi menjadi tiga daerah hewan.

terdapat di Sulawesi dan kepulauan Sangihe. terdapat di sumatera  Tapir. terdapat di pulau komodo. Contohnya : . di Indonesia bagian tengah terdapat hewan – hewan khas Indonesia. terdapat di Sulawesi. Indonesia Bagian Tengah Hewan – hewan yang terdapat di wilayah Indonesia bagian tengah adalah campuran dari hewan Indonesia bagian barat dan timur. terdapat di Sulawesi dan Maluku bagian barat.  Babi rusa dengan taring panjang dan melengkung.  Anoa (mirip lembu dan hidup liar).  Biawak dan komodo. Siamang (kera berwarna hitam dan tidak berekor). Nusa Tenggara Timur. Selain itu. seperti berikut ini. C. terdapat di sumatera dan Kalimantan b.  Burung Maleo merupakan burung yang sangat langka. Indonesia Bagian Timur Hewan – hewan di wilayah Indonesia bagian timur mirip dengan hewan – hewan di Australia. terdapat di sumatera dan Kalimantan  Kera gibbon.

berjambul merah dan berjambul putih. a. 2) Hutan heterogen. Berdasarksn ketinggian tempat 1) Hutan Payau 2) Hutan Rawa 3) Hutan dataran rendah 4) Hutan Pegunungan . terdapat di Papua (Irian Jaya)  Burung Cendrawasih. yaitu hutan yang terdiri dari satu jenis tumbuhan utama saja. 3. yaitu hutan yang terdiri dari berbagai jenis tumbuh – tumbuhan. b. Berdasarkan Jenis Tumbuhan 1) Hutan homogeny.  Burung kakaktua. Penggolongan Hutan Hutan dapat di golongkan atau dibedakan atas beberapa bagian seperti berikut ini. terdapat di Maluku. terdapat di Papua (Irian Jaya) dan kepulauan Aru. Kangguru pohon (binatang berkantung.

Hutan bakau d. Di Indonesia terdapat beberapa macam hutan. Hutan musim b. Berdasarkan Manfaat dan Tujuan 1) Hutan Produksi 2) Hutan Lindung 3) Hutan Rekreasi 4) Hutan Suaka Alam 4. Jenis – jenis Hutan di Indonesia dan Pemanfaatannya Oleh karena Indonesia beriklim tropis dan banyak mendapat hujan. Hutan Sabana .c. seperti berikut ini. wilayah ini mempunyai hutan – hutan lebat yang disebut hutan hujan tropis. a. Berdasarkan Keadaan Iklim 1) Hutan hujan tropis 2) Hutan musim 3) Hutan daerah sedang d. Hutan hujan tropis c.

perusakan oleh manusia. tingkat adaptasi terhadap lingkungan.C. dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih sempurna. Pengaruh Evolusi Evolusi adalah peribahan makhluk hidup secara perlahan – lahan dalam jangka waktu yang sangat lama. 1. 2. seleksi alam. dan bencana alam. KERUSAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN Faktor – faktor yang menyebabkan kerusakan hewan dan tumbuhan antara lain karena pengaruh evolusi. . yaitu sebagai berikut. Seleksi Alam Seleksi adalah penyaringan suatu lingkungan hidup sehingga hanya makhluk hidup tertentu yang dapat bertahan hidup atau mampu menyesuaikan diri untuk tetap hidup dan tinggal di lingkungan hidup tersebut. Ada dua faktor utam yang menentukan seleksi.

3. 4. Hewan – hewan tersebut kalah bersaing dengan manusia yang merupakan makhluk terpandai. mengakibatkan hutan menjadi . Inilah yang dimaksud dengan adaptasi. B. Perusakan Oleh Manusia Tindakan manusia yang membabi buta tanpa mengedepankan pembangunan berkelanjutan akan menyebabkan banyak hewan – hewan mati dan bahkan punah. Misalnya di daerah gurun atau padang pasir hanya terdapat jenis tumbuhan tertentu yang tahan terhadap iklim panas dan jumlah air yang sangat sedikit. Begitu juga hewan – hewan tertentu tidak dapat hidup pada keadaan alam tertentu. Faktor Lingkungan Akibat persaingan tersebut. Adaptasi inilah yang terutama menyebabkan terjadinya keanekaragaman makhluk hidup. yang kalah akan punah sedang yang menang akan tetap bertahan hidup.A. Sementara penebangan pohon – pohon di hutan – hutan tanpa perhitungan. Adaptasi Lingkungan Penyesuaian diri terhadap lingkungan yang berbeda akan menghasilkan makhluk baru yang berbeda pula. Faktor alam Faktor alam tertentu membatasi kemampuan hidup suatu organisme.

tanah longsor. angin topan. banjir. sehingga pada musim hujan dapat terjadi bencana tanah longsor dan banjir.gundul dan mata air kering. . Bencana Alam Berbagai bencana alam yang terjadi di permukaan bumi mempercepat rusaknya lingkungan dan kehidupan hewan dan tumbuhan. 5. musim kemarau yang berkepanjangan dan lain. Bencan alam tersebut antara lain gempa bumi. letusan gunung api.lainnya.

siamang. a. Suaka Margasatwa yang terkenal. b. Binatang menyusui: mawas. kuntul. harimau gajah. b. pelatuk besi. kambing hutan. berbagai jenis burung: dara laut. d. Cagar Alam Cibodas di kaki Gunung Gede Jawa Barat. b. USAHA – USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN Hewan – hewa yang dilindungi. Cagar Alam Ujung Kulon di Banten. bangau putih. antara lain sebagai berikut. bangau hitam. . tapir. f. c. Suaka Margastawa Sumatera Selatan I di sumatera selatan. dan lain – lain. dan lain – lain. Cagar Alam Pulau Dua di Jawa Barat. badak. e. Cagar alam yang terkenal di Indonesia. orang utan. Suaka Margasatwa Pulau Moyo di Sumbawa. Suaka Margasatwa Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. c. Suaka margasatwa Gunung Leuser di Nanggroe Aceh Darussalam.D. Suaka Margasatwa Kutai di Kalimantan Timur. antara lain adalah : a. antara lain adalah : a. Suaka Margasatwa Baluran di Jawa Timur.

Cagar Alam Rafflesia di Bengkulu. e. . g. h. Cagar Alam Rimbo Panti di Sumatera Barat. Cagar Alam Lalijiwo di Jawa Timur. Cagar Alam Penanjung – Pangandaran di Banten.d. f. Cagar Alam Sibolangit di Sumatera Utara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->