P. 1
Pelanggaran Ham Internasional

Pelanggaran Ham Internasional

|Views: 392|Likes:

More info:

Published by: Aliya Rahmadewi Rezkita on May 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2014

pdf

text

original

PELANGGARAN HAM INTERNASIONAL a.

GENOSIDA Genosida atau genosid adalah sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau kelompok dengan maksud memusnahkan (membuat punah) bangsa tersebut. Kata ini pertama kali digunakan oleh seorang ahli hukum Polandia, Raphael Lemkin, pada tahun 1944 dalam bukunya Axis Rule in Occupied Europe yang diterbitkan di Amerika Serikat. Kata ini diambil dari bahasa Yunani γένος genos ('ras', 'bangsa' atau 'rakyat') dan bahasa Latin caedere ('pembunuhan'). KASUS:

Genosida Armenia
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa

Gambar mayat-mayat orang Armenia.
Genosida Armenia (bahasa Armenia Հայոց Ցեղասպանութիւն Hayoc' c'ejaspanut'iwn; bahasa Turki Ermeni Soykırımı) merujuk kepada sebuah peristiwa sekitar Perang Dunia I (dari tahun 1915 - 1917) ketika menurut laporan beberapa pihak banyak orang Armenia dibantai oleh tentara Kerajaan Ottoman Turki.[1] Turki sampai sekarang masih menyangkal adanya pembantaian atau genosida. Namun mereka mengakui bahwa memang terjadi kematian secara besar-besaran yang terjadi karena peperangan dan hal-hal yang bersangkutan seperti wabah penyakit dan kelaparan. Namun hal ini tidak terjadi secara sistematis.[2] Namun sebagian besar ilmuwan dari negara Barat dan Rusia menyatakan bahwa sebuah genosida pernah terjadi dan hal ini dilaksanakan secara sistematis oleh kaum Turki Muda. Sampai saat ini ada 22 negara yang mengakui adanya genosida ini.

Daftar isi
[sembunyikan]

yang mengakibatkan orang Armenia menderita akibatdiskriminasi.. dan Rusia.      1 Latar belakang 2 Posisi pemerintahan Turki 3 Pengakuan adanya Genosida Armenia 4 Lihat pula 5 Catatan kaki 6 Daftar pustaka [sunting]Latar belakang 1915 Rafael de Nogales Méndez (1879-1936). pajak yang berat dan tindakan kekerasan[3]. Persia. Sejak abad ke-17hingga masa Perang Dunia I. Armenia ditaklukkan oleh orang Yunani. menulis rekening rinci tentang pembantaian di bukunya Cuatro años bajo la media luna Selama berabad-abad. meski mereka merupakan salah satu suku bangsa minoritas terbesar di kerajaan Ottoman. Mongol.[4] . Arab. sebuah Venezuela petugas yang bertugas di tentara Ottoman. Romawi. penganiayaan agama. Bizantium. Turki Ottoman. sebagian besar tanah orang Armenia dikuasai oleh orang Turki Ottoman.

Fatma Muge Gocek. ditutup-tutupinya pembantaian ini sendiri — baik oleh orang Turki maupun pemerintahan Barat — konon memberikan inspirasi kepada Hitler untuk membantai orang Yahudi. (Selama bertahun-tahun. orang Turki membantai beribu-ribu orang Armenia antara tahun 1894 hingga 1896. Menurut perkiraan para sejarawan. Ketika itu orang Turki melakukan pembersihan etnis dengan menggiring orang-orang Armenia ke gurun pasir Suriah dan Mesopotamia. dan Halil Berktay. kebanyakan negara Barat sendiri menghindari isu ini demi menghormati Turki yang menjadi sekuler setelah pemerintahan Kemal Ataturk). antara 600.5 juta orang Armenia dibunuh atau mati kelaparan dalam peristiwa ini. [sunting]Pengakuan adanya Genosida Armenia Negara-negara dan daerah yang telah mengakui Genosida Armenia Negara-negara dan organisasi internasional berikut mengakui bahwa Genosida Armenia memang pernah terjadi: . meskipun hal ini masih menjadi kontroversi. [sunting]Posisi pemerintahan Turki Hingga sekarang pemerintahan Turki tidak mau mengakui kejahatan tersebut dengan menyatakan bahwa jumlah korban yang jatuh lebih kecil dan mereka mati karena perang saudara bukan karena pembersihan etnis. saat berlangsungnya Perang Dunia I. Di sisi lain ada semakin banyak pakar dan ilmuwan Turki yang mengakui pernah adanya genosida ini. Pembantaian terhadap orang Armenia konon merupakan genosida pertama pada abad ke-20. Mereka antara lain adalah Taner Akçam. Pada kenyataannya. Akan tetapi pembantaian yang paling mengerikan terjadi pada bulan April 1915. Sementara itu Uni Eropa menyatakan bahwa salah satu persyaratan bagi Turki untuk masuk ke Uni Eropa ialah dengan mengakuinya genosida ini.000 hingga 1.Akibat munculnya nasionalisme Armenia.

Vatikan b. Swedia 15. Belanda 5. Uni Eropa 17. Perancis 11. KEJAHATAN PERANG KASUS: Pelanggaran HAM AS di Irak: Mencengangkan! OPINI | 16 June 2010 | 15:07 370 19 4 dari 5 Kompasianer menilai Aktual Berikut ini saya turunkan fakta pelanggaran HAM AS di Irak terhadap anak-anak selama masa embargo ekonomi dan pendudukan negara tersebut di sebuah negara berdaulat dan anggota PBB. Libanon 10. Beberapa negara bagian Amerika Serikat 2. Kanada 9. Siprus 14. Rusia 13. Uruguay 18. Argentina 3.1. Armenia 4. Italia 8. berdasarkan tulisan Sajidah Mousawi di surat kabar mingguan „al-Arab al-Usbu‟i. Polandia 12. Yunani 19. . Belgia 6. Dewan Eropa 7. edisi 12-18 Juni 2010. Swiss 16.

Sebagai saksinya adalah jawaban Menlu AS pada saat itu Madeline Albright atas pertanyaan wartawan Lesly Stoll pada program acara „60 menit‟ pada tahun 1996. 3. Berdasarkan catatan UNICEF anak-anak dibawah usia 5 tahun meninggal dunia sebagai korban semakin meningkat tiap bulannya. antara lain: 1. 13 Februari 1991 telah menewaskan anak-anak lebih dari 300 orang bersama keluarganya. Kemudian menduduki dan menjajahnya setelah terlebih dahulu selama 13 tahun mengembargo ekonomi negeri tersebut. itulah yang pantas didapatkan dari anak-anak Irak”. Jawaban Albright.5 juta anak korban. 6 Agustus 1990. Antara tahun 19901998 mencapai 1. (pembunuhan terhadap anak tak berdosa tersebut dianggap sah dan wajar saja).5 juta bocah Irak sebagai harga yang pantas mereka dapatkan?‟. Selain itu. „Apakah kematian 1. Jumlah ini semakin besar pada saat pendudukan (penjajahan) AS terhadap Irak. anak-anak Irak juga terkena sasaran dan korban serangan udara bom AS dan sekutu (Inggris) terhadap kawasan padat penduduk baik pada serangan Teluk 1991 atau pada „larangan terbang di Utara dan Selatan Irak. serangan udara AS ke tempat pengungsian Amiriyah pada tgl. dan sepanjang masa tersebut hingga sekarang telah menyisakan kehancuran bagi negeri kaya minyak tersebut dan tercabik-cabik dalam pusaran perang etnis dan sektarian yang sengaja diciptakan oleh AS. “ya. 2.Sajidah membuka tulisan tersebut dengan mengatakan bahwa tidak ada di dunia ini kezaliman yang paling keji dan brutal selain dari pendudukan (penjajahan). Embargo ekonomi ini dapat dikatakan sebagai perang terbuka terhadap anak-anak Irak. Pelanggaran HAM Anak pada masa Embargo (1990-2003) Pada tahun 1990 AS memberlakukan embargo ekonomi terhadap Irak berdasarkan keputusan DK PBB pada tgl. bertambahnya penderitaan anak-anak . Pendudukan (Penjajahan) AS terhadap Irak sejak tahun 2003 lebih keji lagi karena didasarkan pada kebohongan publik yang dilakukan oleh Presiden Bush bahwa Irak mempunyai senjata pemusnah massal yang ternyata hanya isapan jempol belaka. sedikitnya ada beberapa catatan mengerikan hasil yang dicapai embargo ekonomi tersebut.‟ Sebagai contoh. Anak-anak Irak menjadi korban polusi udara dan pencemaran lingkungan sebagai akibat dari penggunaan senjata uranium yang dilakukan oleh tentara AS selama perang Teluk 1991. Akibatnya.

Menyebabkan menurunnya tingkat pendidikan anak di Irak akibat embargo. Nasiriyah. 4. Laporan UNICEF pada Oktober 1999 menegaskan bahwa gizi buruk akibat embargo yang diterapkan terhadap Irak menyebabkan besarnya angka kematian anak-anak Irak sehingga mencapai yang tertinggi di dunia. sdsb.terjangkit kanker jahat. PROSES PENGADILAN HAM . c. KEJAHATAN MANUSIA D. (Kejahatan perang AS dan sekutu). leukimia. Penggunaan senjata uranium tersbut merupakan tindak kriminal yang dilakukan oleh tentara AS karena radiasinya masih tertinggal hingga ribuan tahun. dan cacat fisik bayi di dalam kandungan di kotakota terkena polusi seperti Basrah. 5. Irak yang sebelumnya telah mencapai tingkat pendidikan yang hampir sama dengan negara maju. paska embargo telah turun kepada negara terbelakang dalam masalah pendidikan. Samawah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->