P. 1
MACAM Virus

MACAM Virus

|Views: 172|Likes:
Published by Nerly Aprilyani

More info:

Published by: Nerly Aprilyani on May 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2012

pdf

text

original

Tugas Biologi

Virus

MACAM-MACAM VIRUS
1. VIRUS HIV

Virus imunodifisiensi manusia human immunodeficiency virus; HIV ) adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan dapat menyebabkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun. HIV dapat ditularkan melalui injeksi langsung ke aliran darah, serta kontak membran mukosa atau jaringan yang terlukan dengan cairan tubuh tertentu yang berasal dari penderita HIV. Cairan tertentu itu meliputi darah, semen, sekresi vagina, dan ASI. Beberapa jalur penularan HIV yang telah diketahui adalah melalui hubungan seksual, dari ibu ke anak (perinatal), penggunaan obat-obatan intravena, transfusi dan transplantasi, serta paparan pekerjaan. Penularan HIV dari ibu ke anak dapat terjadi melalui infeksi in utero, saat proses persalinan, dan melaui pemberian ASI.

2. VIRUS FLU BURUNG

Penyebab flu burung adalah virus influenza tipe A yang menyebar antar unggas. Virus ini kemudian ditemukan mampu pula menyebar ke spesies lain seperti babi, kucing, anjing, harimau, dan manusia. Virus influenza tipe A memiliki beberapa subtipe yang ditandai adanya Hemagglutinin (H) dan Neuramidase (N). Ada 9 varian H dan 14 varian N. Virus flu burung yang sedang berjangkit saat ini adalah subtipe H5N1 yang memiliki waktu inkubasi selama 3-5 hari. Burung liar dan unggas domestikasi (ternak) dapat menjadi sumber penyebar H5N1. Di Asia Tenggara kebanyakan kasus flu burung terjadi pada jalur transportasi atau peternakan unggas alih-alih jalur migrasi burung liar.

Ester Sibarani

Kelas X.5

Dibandingkan virus HIV.Tugas Biologi Virus Virus ini dapat menular melalui udara ataupun kontak melalui makanan. transfusi darah. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan virus Hepatitis B ini menular. dan hewan harus dimasak dengan matang untuk menghindari penularan.dll) atau luka yang mengeluarkan darah) serta hubungan seksual dengan penderita. dapat terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar. virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infectious). dan sepuluh kali lebih banyak (sering) menularkan. Namun demikian. Mula-mula dikenal sebagai "serum hepatitis" dan telah menjadi epidemi pada sebagian Asia dan Afrika. suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati. Tangan harus dicuci sebelum dan setelah memasak atau menyentuh bahan makanan mentah. Oleh karena itu daging. Kebanyakan gejala Hepatitis B tidak nyata.[3] Hepatitis B telah menjadi endemik di Tiongkok dan berbagai negara Asia. 3. Virus dapat bertahan hidup pada suhu dingin. Kebersihan tubuh dan pakaian juga perlu dijaga. Kebersihan diri perlu dijaga pula dengan mencuci tangan dengan antiseptik. Penderita Hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur. dan sentuhan. VIRUS HEPATITIS B Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB). minuman. gusi berdarah. penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut (sariawan. Hepatitis B merupakan bentuk Hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya.   Secara vertikal.5 . telur. Secara horisontal. tindik telinga. VIRUS INFLUENZA Ester Sibarani Kelas X. virus ini akan mati dalam suhu yang tinggi. tusuk jarum. cara penularan vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan. Bahan makanan yang didinginkan atau dibekukan dapat menyimpan virus. 4.

Virus influenza merupakan penyebab influenza (flu). tetapi tidak memicu epidemi. biasanya pada kaki. gedung-gedung bioskop dikunci. Tipe A virus ditemukan dalam berbagai jenis hewan seperti bebek. babi.5 . babi. Di dalam virus influenza ada delapan segmen RNA -untai tunggal (asam ribonukleat). mengifeksi saluran usus. Di sana para orang tua tidak membiarkan anak mereka keluar rumah. Poliovirus adalah virus RNA kecil yang terdiri atas tiga strain berbeda dan amat menular. Virus polio menyerang tanpa peringatan. yang memungkinkan virus (berbentuk) untuk sel dan memulai infeksi. Sejumlah besar penderita meninggal karena tidak dapat menggerakkan otot pernapasan. lima puluh persen kasus terjadi pada anak berusia antara 3 hingga 5 tahun. Virus influenza berbentuk bulat. Fitur yang paling mencolok dari virus influenza adalah lapisan yang terproyeksi dari permukaannya.yang mengandung instruksi genetik untuk membuat salinan baru dari virus. Agen pembawa penyakit ini. sekolah dan bahkan gereja tutup. 6. VIRUS CACAR AIR Ester Sibarani Kelas X. paus. karena menjangkiti anak-anak terutama yang berumur di bawah lima tahun. atau C berdasarkan komposisi protein mereka. penyakit itu disebut ‘momok semua orang tua’. terutama ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. tetapi juga bisa berbentuk memanjang atau tidak teratur. Polio menyerang tanpa mengenal usia. yang memungkinkan virus baru terbentuk untuk keluar dari sel inang. Tipe B beredar secara luas pada manusia.Tugas Biologi Virus Virus Influenza merupakan virus yang sangat menular. yang pertama adalah protein hemagglutinin (HA). termasuk manusia. Masa inkubasi polio dari gejala pertama berkisar dari 3 hingga 35 hari. sebuah virus yang dinamakan poliovirus (PV). Ketika polio menyerang Amerika selama dasawarsa seusai Perang Dunia II. masuk ke tubuh melalui mulut. Virus influenza diklasifikasikan sebagai tipe A. 5. merusak sistem saraf menimbulkan kelumpuhan permanen. Virus akan menyerang sistem saraf dan kelumpuhan dapat terjadi dalam hitungan jam. adalah penyakit paralisis atau lumpuh yang disebabkan oleh virus. dan anjing menyebabkan infeksi saluran pernapasan ringan. B. Tipe C telah ditemukan pada manusia. menyebar dengan mudah dari orang ke orang. yang lain adalah protein yang disebut neuraminidase (NA). Virus ini dapat memasuki aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat menyebabkan melemahnya otot dan kadang kelumpuhan (paralisis). kolam renang. ayam. VIRUS POLIO Poliomielitis atau polio.

rakun. maka dia akan memiliki kekebalan dan tidak akan menderita cacar air lagi. sebaiknya penderita diisolasi (diasingkan). Rabies disebabkan oleh virus rabies yang masuk ke keluarga Rhabdoviridae dan genus Lysavirus. kera. hewan yang terinfeksi tampak galak. Penyakit ini bersifat zoonotik. agresif.Tugas Biologi Virus Cacar Air (Varicella. VIRUS RABIES Rabies adalah penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. mengalami kejang dan sulit bernapas. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah penderita atau melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit. [2][1] Setelah infeksi. Penyebabnya adalah virusvaricella-zoster. virus akan masuk melalui saraf-saraf menuju ke sumsum tulang belakang dan otak dan bereplikasi di sana. Jika seseorang pernah menderita cacar air. Infeksi juga dapat terjadi melalui jilatan hewan perantara pada kulit yang terluka. Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing. untuk mencegah penularan. hewan yang terinfeksi mengalami kelumpuhan lokal atau kelumpuhan total. Penderita bisa menularkan penyakitnya mulai dari timbulnya gejala sampai lepuhan yang terakhir telah mengering. dan kelelawar. VIRUS GONDONG Ester Sibarani Kelas X. Karena itu. 8. suka bersembunyi di tempat gelap. kucing. misalnya kelenjar liur dan masuk ke dalam air liur. air liur terus menetes. meraung-raung gelisah kemudian menjadi lumpuh dan mati. Chickenpox) adalah suatu infeksi virus menular yang sering timbul dan menyebabkan ruam kulit berupa sekumpulan bintik-bintik kecil yang datar maupun menonjol. Hewan yang terinfeksi bisa mengalami rabies buas/ ganas ataupun rabies jinak/ tenang. serta menunjukkan kegalakan. lalu kadang menjadi aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster.5 . Selanjutnya virus akan berpindah lagi melalui saraf ke jaringan non saraf. Rabies disebut juga penyakit anjing gila. 7. menggigit dan menelan segala macam barang. Pada rabies jinak/tenang. Tetapi virusnya bisa tetap tertidur di dalam tubuh manusia. lepuhan berisi cairan serta keropeng. Pada rabies buas/ ganas. yang menimbulkan rasa gatal. Karakteristik utama virus keluarga Rhabdoviridae adalah hanya memiliki satu utas negatif RNA yang tidak bersegmen. yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

lemas. Terdapat 4 jenis virus dengue yang diketahui dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Sistem imun yang sudah terbentuk di dalam tubuh setelah infeksi pertama justru akan mengakibatkan kemunculan gejala penyakit yang lebih parah saat terinfeksi untuk ke dua kalinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa monyet juga dapat terjangkit oleh virus dengue. yang merupakan virus dari famili Flaviviridae. karena bila daya tubuh korban bagus malah tidak akan timbul gejala sama sekali. apalagi kondisi badannya memang lagi bagus.5 . Nyamuk betina juga dapat menyebarkan virus dengue yang dibawanya ke keturunannya melalui telur (transovarial). nyamuk yang terinfeksi dapat mentransmisikan virus dengue tersebut ke manusia sehat yang digigitnya. Gejala dari Gondongan antara lain. Gejala demam berdarah baru muncul saat seseorang yang pernah terinfeksi oleh salah satu dari empat jenis virus dengue mengalami infeksi oleh jenis virus dengue yang berbeda. peradangan pada pankreas. Karena cara infeksi yang demikian mudah. dan DEN-4. Gondongan diderita kompak satu kelas. Virus dengue dapat masuk ke tubuh manusia melalui gigitan vektor pembawanya. Nyamuk dapat membawa virus dengue setelah menghisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut.Tugas Biologi Virus Gondongan sendiri disebabkan oleh infeksi virus Paramiksovirus RNA yang ditularkan melalui percikan air ludah pembawa virus. Sesudah masa inkubasi virus di dalam nyamuk selama 8-10 hari. Pengobatan pasien gondongan sebenarnya tidak begitu spesifik seperti halnya infeksi virus yang lain. Seseorang dapat terinfeksi oleh sedikitnya dua jenis virus dengue selama masa hidup. susah membuka mulut. yaitu nyamuk dari genus Aedes seperti Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus. Masa inkubasi atau masa sejak masuknya kuman ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala adalah 18 hari. maka penyakit Gondongan akan sangat mudah menyebar terutama di lingkungan yang padat. Walaupun saya sebutkan banyak. serta dapat pula berperan sebagai sumber infeksi bagi monyet lainnya bila digigit oleh vektor nyamuk. namun jenis virus yang sama hanya dapat menginfeksi satu kali akibat adanya sistem imun tubuh yang terbentuk. Ester Sibarani Kelas X. demam. Diharapkan penyakit ini akan sembuh sendiri selama 3 sampai 4 hari. Sering kejadian pada anak anak sekolah. VIRUS DEMAM BERDARAH Penyebab utama penyakit demam berdarah adalah virus dengue. Keempat virus tersebut adalah DEN-1. tapi tidak semua gejala bisa ditemukan pada penderita gondongan. DEN-3. DEN-2. Namun hal itu pun tidak merupakan angka pasti. pembengkakan pada kelenjar parotis di pipi. 9. pada laki laki dewasa juga bisa terjadi pembengkakan pada buah zakar. Aedes aegypti adalah vektor yang paling banyak ditemukan menyebabkan penyakit ini. Pengobatan hanya untuk menghilangkan gejala.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->