BAHAN DAN TEKSTUR Bahan yang kita manfaatkan dalam desain dapat menimbulkan kesan tertentu.

Bahan logam menimbulkan kesan dingin, keras, padat. Bahan kayu berpori menimbulkan kesan hangat. Bahan kaca yang bersifat tembus pandang dan memantulkan cahaya dapat memberikan kesan hidup dan ringan. Tekstur atau garis menunjukkan kualitas permukaan benda, baik benda alami maupun benda buatan manusia. Setiap benda memiliki tekstur atau gatra Contoh aplikasi tekstur dan bahan terhadap bangunan :

Pada contoh bangunan di atas penggunaan material batu, air , kayu dan kaca pada bangunan menimbulkan kesan alami ,natural, dan hidup.

Penggunaan kaca bervariasi untuk atap. juga untuk tangga. lantai. dinding. khususnya karena lebih banyak digunakan untuk rumah modern. sangat populer sebagai bahan bangunan.Kaca. Memang. Kaca muncul sebagai materi yang unik dengan karakter transparan untuk banyak aplikasi. kaca adalah material baru bahwa negara arsitektur modern. Kaca memiliki banyak spesifikasi yang membuatnya mudah digunakan untuk berbagai keperluan. jendela dan pintu. .

berbagai masalah dan rutinitas sehari-hari yang membuat kita menjadi penat. putih kekuningan seperti pasir atau beberapa alat sanitari yang benar-benar didesain dengan motif alam. suasana modern yang serba mudah lebih disukai. Seperti keramik dinding dan lantai dengan desain-desain yang elegan. . seperti dengan penutup dinding dari batu alam. Elemen-elemen beserta aksesoris kamar mandi banyak dijumpai di toko-toko yang menjual sanitari. Sehingga kamar mandi yang bernuansa alami akan membantu perasaan kita dalam melepaskan kelelahan serta mengembalikan keseimbangan tubuh dengan aktivitas mandi yang kita lakukan.Kesegaran mandi akan melepaskan diri dari stress akibat rutinitas sehari-hari. Sehingga mandi pun memiliki kualitas tidak hanya kuantitas dengan seberapa sering kita mandi. Namun nuansa alami akan memberikan ketenangan emosi bagi yang merasakannya. suasana kerja yang membuat stress. Untuk itu sebuah kamar mandi selayaknya memberikan sebuah tatanan maupun suasana yang menberikan ketenangan emosi. Tetapi untuk memberikan sentuhan alami adalah dengan memilih dan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari alam. bambu. Kehidupan manusia lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. bereksperimen. hijau daun. Selain itu juga dapat memberikan keseimbangan bagi tubuh maupun pikiran. Lingkungan yang bernuansa alami seringkali ditinggalkan. Alat-alat sanitari dapat dipilih yang menampilkan warna alam atau motif alam seperti warna coklat kayu.

tekstur. Dari segi arsitektural sendiri. Dengan beragam bentuk. .Ada banyak pilihan material yang dapat digunakan pada dinding dan rumah. pemakaian material batu alam merupakan terobosan untuk mengolah bentuk dan gaya desain. batu alam dapat memberi kesan alami dan sejuk pada ruangan di rumah. salah satunya yakni batu alam. motif dan warna.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful