Nama NRP

: Romi Manaf : F14100004

Cara membuat power supply (adaptor) untuk pemula
Power supply atau adaptor adalah perangkat yang bisa mengkonversi tegangan AC menjadi DC. Alat ini bisa dibilang sebagai kebutuhan primer untuk para pecinta elektronik. Komponen-komponen adaptor adalah: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Trafo (Transformator) Dioda Elco (Elektrolit Condensator) Saklar jack ac led (pilihan) resistor (pilihan) Jepit buaya (pilihan) chasing (pilihan)

Trafo Trafo atau transformator berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC. Trafo dibagi menjadi 2 yaitu treafo CT dan Bukan CT. Trafo ini harganya cukup mahal tergantung dari besarnya Arus (ampere), semakin besar arus semakin mahal pula harganya.

atau untuk menghilangkan riak riak gelombang arus DC. SaklarSaklar seperti kita ketahui digunakan untuk mnyambung atau memutus kontak listrik. .Dioda Dioda digunakan untuk menyearahkan arus. dari arus AC menjadi arus DC Elco Elco (Elektrolit Condensator) digunakan untuk memfilter tegangan yang keluar dari dioda.

Berikut merupakan rangkaian adaptor dengan trafo CT dan bukan CT Rangkaian adaptor dengan trafo non CT Rangkaian adaptor dengan trafo CT http://arjun-service.com/2011/01/cara-membuat-power-supply-adaptor-untuk.blogspot.html .

semakin cepat arus berjalan dan melalui rangkaian. Semakin besar dan lebar jalan tol yang ada.Cara Membuat Power Supply Sederhana Gambar rangkaian di atas dapat anda aplikasikan untuk membuat adaptor atau power suplly dengan tegangan keluaran (V output 12V DC). tapi saya belum membahasnya. + Transformator 18 V – CT minimal 1 A + Capasitor minimal 35 V http://adhygokil34.com/2011/10/cara-membuat-power-supply-sederhana. Paling tidak dioda bridge saya sarankan memakai 1 Ampere.blogspot. anda dapat mengganti volt regulator di atas dengan tipe 7805 dan 7905. Dioda bagaikan jalan tol. semakin besar ampere diodanya semakin bagus jalannya arus di dalam rangkaian. Untuk variasi rangkaian seperti fuse ataupun switch on/off dapat anda coba sendiri. Untuk rangkaian power supply 5 V. Untuk dioda bridge dapat anda susun dari 4 dioda kemudian anda solder menjadi satu bridge rectifier atau anda dapat membeli jadi bridge rectifier yang berbentuk sisir (menyamping) atau kotak. dan arus sebagai mobil yang melewatinya. dalam rangkaian adaptor.html . Untuk daya pengaman power supply yang lebih kita bisa menggunakkan transistor TIP. Maka dari itu saya sarankan memakai capasitor dengan minimal spesifikasi 35V. Aplikasi ini berlaku sama pada rangkaian ini. Power supply di atas hanya dilindungi oleh capasitor sebagai pengaman apabila power supply ini dihubungkan dengan beban pada rangkaian.