FAKTOR PENYEBAB DAN PROSES TERJADINYA GANGGUAN JIWA

Team 4 Yogi saputra Irma jutia Hany nurcandra

Sebab di AS angka pasien skizofrenia cukup tinggi (lifetime prevalance rates) mencapai 1/100 penduduk.Florida. Sebagai perbandungan. 3/1000 penduduk.di Indonesia bila pada PJPT I angkanya adalah 1/1000 penduduk maka proyeksinya pada PJPT II.Amerika Serikat.LATAR BELAKANG SKIZOFRENIA SEBAGI BENTUK GANGGUAN JIWA Skizofrenia merupakan bahasan yang menarik perhatian pada konferensi tahunan “The American Psychiatric Association/APA” di Miami.Mei 1995 lalu. bahkan bisa lebih besar lagi . .

. Faktor genetik 2. Penyebab skizofrenia menurut penelitian mutakhir antara lain : 1.FAKTOR PENYEBAB SKIZOFRENIA Hingga sekarang belum ditemukan penyebab (etilogi) yang pasti mengapa seseorang menderita skizofrenia. Virus 3. Auto antibody 4. Malnutrisi.

• Gangguan pada otak janin juga mmpunyai peran bagi timbulnya skizofremia misalnya:Karena kekurangan gizi.infeksi.trauma.toxin. . dan kelainan hormonal • Penelitian menyebutkan meski ada gen yg abnormal skizofremia tidak akan muncul kecuali disertai dengan faktor faktor lain yang disebut epigenetik faktor.

. terutama pada trimester kehamilan.Skizofremia muncul bila terjadi interaksi antara abnormal gen dengan: Virus atau infeksi lain selama kehamilan yang dapat menganggu perkembangan otak janin Menurunnya autoimun yang mungkin disebabkan infeksi selama kehamilan Komplikasi kandungan Kekurangan gizi yang cukup berat.

jiwanya atau lingkungannya .Penyebab umum gangguan jiwa Manusia bereaksi secara keseluruhan. secara holistik. secara somato-psiko-sosial Gangguan jiwa artinya bahwa yang menonjol ialah gejalagejala yang patologik dari unsur psike. Hal ini tidak berarti bahwa unsur yang lain tidak terganggu. yang sakit dan menderita ialah manusia seutuhnya dan bukan hanya badannya. Sekali lagi. atau dapat dikatakan juga.

Faktor faktor penyebab gangguan jiwa yang terus menerus saling mempengaruhi Faktor-faktor somatik (somatogenik) Faktor-faktor psikologik ( psikogenik) Faktor-faktor sosiobudaya (sosiogenik) .

.

.

Proses Perjalanan Penyakit • Gejala mulai timbul biasanya pada masa remaja atau dewasa awal sampai dengan umur pertengahan dengan melalui beberapa fase antara lain : Fase Prodomal Fase Aktif Fase Residual .

Halusinasi dan Delusi yang meliputi beberapa tahapan antara lain : 1. Tahap Controling 4.1962 klien yang mengalami gangguan jiwa sebagian besar disertai. Tahap Conquering . Tahap Condeming 3.Proses Perjalanan Penyakit 1. TAHAPAN HALUSINASI DAN DELUSI YANG BIASA MENYERTAI GANGGUAN JIWA Menurut Janice Clack. Tahap Comforting 2.

2. . perasaan. dan perilaku yang menjelma dalam bentuk gejala-gejala positif dan negatif skizofrenia. PSIKOPATOLOGI DAN PATOFISIOLOGI perubahan-perubahan pada neurotransmiter dan resptor di sel-sel saraf otak (neuron) dan interaksi zat neurokimia dopamin dan serotonin. ternyata mempengaruhi alam pikir.

psikoeduktif organobiologi sosiokultural comforting condeming Life span history controlling Gangguan jiwa conquering .

Thanks to all .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful