P. 1
Alat Evaluasi

Alat Evaluasi

|Views: 31|Likes:

More info:

Published by: Mochamad Kemal Akbar on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

Alat Evaluasi Alat evaluasi ini dikenal dengan instrument evalausi.

Penggunaan alat evaluasi ini adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sesuai kenyataan yang di evaluasi. Ada dua jenis alat evaluasi dalam pembelajaran yaitu : 1. Tes : adalah penilaian komprenhensive terhadap seseorang individu atau usaha keseluruhan usaha evaluasi program. Ada dua jenis alat yang digunakan dalam program pembelajaran : a. Tes baku (standard) artinya tes tersebut telah melalui validasi dan reliabilitas untuk suatu tujuan tertentu. b. Tes buatan guru umumnya belum distadirisasi tetapi harus telah dipertimbangkan factor validasi dan reliabilitasnya. 2. Non tes : untuk menilai aspek-aspek tingkahlaku seperi sikap, minat, perhatian, karakteristik dan lain-lain yang sejenis. a. Mengidentifikasi siapa diantara kelompok siswa yang leaders dan siapa yang isolates dengan sosiometri b. Menidentifikasi minat siswa membaca atau kegiatan pendidikan menggunakan interest inventory c. Mengetahui atau mengenal sikap-sikap sikap individu terhadap kelompoknya menggunakan skala sikap (attitude scale) .

Dalam menggunakan alat evaluasi dikenal dengan teknik evaluasi. Teknik-teknik ini adalah :

1. Teknik Tes : a. Tes tulisan : obyektif tes : 1) Benar/salah 2) Pilihan berganda 3) Menjodohkan 4) Melengkapi b. Lisan : 1) satu penguji menilain satu calon 2) Satu penguji menilai sekelompok

check list hampir menyerupai rating scale hanya pada check list tidak disusun kriterium dari yang positf ke negative cukup kemungkinan kemungkinan h. f. 4) Membuat analisis diagnose tentang kesulitan siswa dan menilai pertumbuhan. dan lambat belajar.3) Kelompok penguji menilai satu calon 4) kelompok penguji menilai sekelompok calon c. Rating Scale : (skala penilaian) : salah satu alat p enilaian yang menggunakan skala yang telah didsusun dari ujung yang negative sampai yang ujung positif. Wawancara : Berkomunkasi langsung antara yang menginterview dengan yang di c. 3) Mengelompokkan siswa di dalam kelas untuk tujuan pembelajaran. b. Observasi : pengamatan kepada tingkah laku pada suatu situasi tertentu melalui observasi langsung dan tidak langsung. Jenis non tes ini adalah : a. sedang. Studi Kasus : mempelajari individu dalam periode tertentu secara terus menerus e. dan karakteristik lain yang sejenis. jawaban yang akan kita minta dari yang dinilai i. Teknik Non tes : untuk menilai aspek-aspek tingkah laku seperti sikap minat. Interview. Inventori : memilih alternatif jawaban diantara setuju. d. . Dengan mengetahui pengertian alat evaluasi tes dan dan non tes hasil-hasil tes dalam evaluasi ini pada prinsipnya digunakan untuk : 1) Menentukan status masing-masing siswa dalam berbagai tujuan kurikulum. 2) Mengidentifikasi siswa-siswa yang pandai. perhatian. atau tidak setuju j. untuk melihat perkembangannya. g. Tindakan : 1) Perorangan 2) kelompok 2. kurang setuju. 5) Menentukan status individu murid atau kelas pada permulaan atau akhir tahun ajaran atau kuartal.

Dicatat hanya sebagai profil siswa. Diberikan pada saat satu satuan pengalaman belajar telah selesai (satu mata pelajaran). d. Untuk memperkirakan bidang-bidang yang menjadi kesulitan bagi siswa. Mengetahui keterampilan yang diperlukan untuk mengikuti suatu program belajar. 4. pelaksanaan berdasarkan hasil test formatif sebelumnya.Bentuk Penilaian 1. Tes Formatif Tes ini digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang memerlukan perbaikan pembelajaran. d. Pengamatan dan daftar checklist e. Tes Diagnostik a. Tes Penempatan a. Memilih tujuan program pembelajaran f. Ulangan umum. Penilaian mengunakan kriteria Acuan Patokan. Mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa. di angka raport (EBTA. Penilaian menggunakan criteria Acuan Normatif. 3. mental dan perasaan lainnya. Ujian Akhir Semester). g. c. h. Untuk memilih tingkah laku mental fisik. bukan untuk keperluan membuat grade (tingkatan) siswa. b. Tes Sumatif a. . Mengukur tujuan instruksional khusus (Pembelajaran)/sasaran belajar 2. Menentukan angka berdasarkan grade tingkatan hasil belajar siswa selanjutnya. Test buatan guru. b. c. Mengukur tujuan instruksional umum. Test prestasi belajar yang sudah distarisasikan. b. Mengetahui sampai dimana siswa telah mencapai tujuan seperti di programkan dalam satu satuan pembelajaran sebelum mereka memulai kegiatan untuk program pembelajaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->