P. 1
FILSAFAT ADMINISTRASI

FILSAFAT ADMINISTRASI

|Views: 927|Likes:
Published by Amin Rip

More info:

Published by: Amin Rip on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2014

pdf

text

original

FILSAFAT ADMINISTRASI Apa Filsafat Administrasi itu?

Terdiri dari kata Filsafat dan Administrasi Apa itu Filsafat ? Arti dari kata Filsafat yang telah dipelajari sebelumnya, yaitu dari kata philos dan Sophia. Philos di terjemahkan dengan istilah cinta, gemar, senang dan Sophia sama artinya dengan kebijaksanaan, ilmu pengetahuan .Dari dua suku kata tersebut dapat di simpulkan bahwa filsafat adalah cinta kepada kebijaksanaan atau ilmu pengetahuan. Apa itu Administrasi ? Administrasi berasal dari bahasa latin yaitu Ad = Intensif dan ministrare = melayani, membantu, memenuhi. Jadi Administrasi merupakan kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan secara intensif atau teratur dalam usahanya tersebut. Dalam bahasa belanda “Administratie” merupakan administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai tata usaha kantor (mencatat, mengetik, menggandakan). Dalam bahasa Inggris “Administration” merupakan proses kerja sama antara dua orang atau lebih berdasarkan keadaan tertentu untuk mencapai tujuan bersama.

Mengapa ada Administrasi ? Timbulnya Administrasi disini bersamaan dengan adanya kemajuan pada manusia yang merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan dan membantu satu sama lainnya, sehingga manusia harus bekerja sama, sesuai dengan penjelasan diatas kerja sama antar sesama manusia dengan tujuan tertentu itulah yang kemudian timbullah administrasi sebagai sebutan dan juga ilmu dalam bekerja sama tersebut. Administrasi sebagai Ilmu ? Apa yang ada dalam Administrasi tersebut membuat Administrasi itu sendiri menjadi begitu penting baik dalam masyarakat dan pemerintahan, oleh karena itu Administrasi kemudian ditelaah dan dianalisis untuk dijadikan sebuah disiplin ilmu, sehingga jadilah Ilmu Administrasi dan Ilmu Administrasi itu sendiri berkembang

proses penyelenggaraan inilah yang disebut dengan administrasi dan pada masyarakat moden yaang makin berkembang ini makin penting pula tujuan-tujuan yang ingin dan hendak dicapainya maka makin baik dan tepat pula administrasi yang harus diarahkannya oleh karena itu semakin penting pula kedudukan administrasi sebagai kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam kaitan penyerapan katanya. Jadi Ilmu Administrasi adalah Pemahaman atau pengetahuan yang benar mengenai proses kerja sama dalam kelompok besar ataupun kecil dengan tujuan bersama yang telah diputuskan sebelumnya. yang mana administrasi akan mengajarkan .menjadi Ilmu-ilmu administrasi yang lebih khusus. Administrasi Perpajakan. untuk dapat memenuhi kebutuhan ini apa itu kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder . mencari kebenaran yang sebenarnya. mengerti. Didalam memenuhi kebutuhannya dalam banyak hal orang harus bekerja sama atau dengan kata lain orang harus melaksanakan suatu proses penyelenggaraan usaha kerja sama dalam mencapai tujuannya. Apa yang dimaksud dengan Kelompok atau Organisasi ? Kerja sama antara dua orang atau lebih dan bersama dalam satu kumpulan untuk pencapaian tujuan bersama sesuai keputusan apa yang telah ditentukan sebelumnya. Kedudukan administrasi penting dalam suatu negara yang telah maju apalagi bagi negara yang sedang berkembang. atau mengetahui. Kedudukan Administrasi Dalam kehidupan manusia serba membutuhkan kebutuhan. dalam kumpulan tersebut juga pada masing-masing anggota memiliki wewenang dan tugas sendiri-sendiri untuk kepentingan bersama. misal menjadi Administrasi Publik. Ilmu itu Apa ? Kata ilmu sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Arab "ilm"[3] yang berarti memahami. ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan yang mulanya ilmu itu sendiri didapatkan dari manusia yang berfilsafat. Administrasi Pembangunan.orang harus mengusahakan dengan perbuatan -perbuatan yang nyata berusaha seorang diri maupun secara bekerja sama dengan perbuatan yang nyata akan dengan perbuatan nyata maka kebutuhan itu secara tidak langsung menjadi tujuan . Administrasi Bisnis. dll.

sumber-sumber alam dan kekayaan bumi yang berlimpah. tetapi sangat dibutuhkan peranan/ kedudukan adminstrasi. . dan pengaturan semua kegiatan dalam suatu kumpulan orang baik mencakup kumpulan besar ataupun kecil untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan dan disepakati bersama. tenaga kerja manusia yang belebih-lebihan.kepada negara-negera itu bahwa masalah kemajuan negara bukanlah dititik beratkan hanya pada modal yang cukup. Administrasi merupakan modal yang berharga sekali bagi negara-negara tersebut untuk melaksanakan tugas dalam mencapai tujuan apalagi asas utama administrasi adalah daya guna kerja berarti bahwa manusia ingin mencapai suatu hasil secara maksimum atau terbaik dengan menyelenggarakan sesuatu keja atau usaha secara minimum atau teringan dalam mencapai tujuan yang telah diputuskan sebelumnya disamping administrasi penting bagi suatu negara maka administrasi juga penting bagi kelompok atau organisasi-organisasi yang ada. Kesimpulan Filsafat Administrasi adalah: Keinginan kuat untuk berusaha mencari. pelayanan. pengarahan. memahami kebenaran pengetahuan dalam hal kerja sama. bahkan orang matipun membutuhkan administrasi sehingga dapat dikatakan bahwa dimana ada terdapat kegiatan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama maka disana terdapat administrasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->